Home » Pengetahuan » 3 Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna dan Gambarnya

3 Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna dan Gambarnya

daftarhewan.com. Mengenal tahapan metamorfosis serta 3 Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna, gambar dan penjelasannya Sebagian serangga dan amfibi akan mengalami beberapa kali perubahan bentuk dari awal sampai menjadi hewan dewasa. Perubahan-perubahan yang terjadi disebut juga metamorfosis.

Salah satu perubahan tersebut terjadi secara sempurna atau dikenal juga dengan sebutan metamorfosis sempurna. Masing-masing hewan akan mengalami hal tersebut walaupun dengan kondisi yang berbeda-beda. Untuk informasi lebih jelasnya, simak uraian berikut ini.

4 Tahap Metamorfosis Sempurna

Pada metamorfosis sempurna (Holometabola), binatang amfibi dan serangga mengalami proses pertumbuhan fisik mulai dari larva hingga menjadi binatang dewasa. Adapun tahapan dari proses metamorfosis sempurna terdiri dari 4 tahap, yaitu:

1. Telur (Ovum, Plural Ova)

Perubahan bentuk yang pertama dari hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan gambarnya adalah berupa telur yang merupakan hasil pertemuan antara sel sperma dengan sel telur. Pada fase awal ini, peran induk hewan sangat penting. Induk hewan tersebut akan menghasilkan telur yang kemudian akan disimpan atau diletakkan pada tempat yang mendukung perkembangan telur tersebut.

2. Larva

Setelah berada ditempat yang aman, telur-telur tersebut akan mengalami fase yang kedua yaitu menjadi larva. Pada fase ini, hewan muda tersebut akan mengalami peningkatan pada nafsu makannya yang berguna untuk menunjang pertumbuhan organ-organ tubuh.

3. Pupa

Fase yang ketiga merupakan fase peralihan dari larva menjadi bentuk baru yang dinamakan pupa. Pada fase ini kebutuhan pakan mengalami penurunan namun tetap berkembang hingga menjadi dewasa.

Baca Juga:   Metamorfosis Sempurna, Penjelasan dan Contohnya

4. Hewan Dewasa atau Imago

Tahap yang terakhir disebut juga fase imago, yaitu bentuk baru yang berbeda dengan saat hewan tersebut masih muda. Hewan dewasa ini akan mengalami fase yang sama dengan induknya, yaitu siap untuk berkembang biak dengan memproduksi telur baru.

Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

1. Kupu-kupu

tahapan metamorfosis kupu-kupu adalah, metamorfosis kupu kupu cantik, contoh gambar metamorfosis kupu kupu, metamorfosis kupu kupu dan fakta menarik, eksplanasi metamorfosis kupu kupu, teks eksplanasi metamorfosis kupu kupu, fase metamorfosis kupu kupu, foto metamorfosis kupu kupu, daur hidup kupu kupu dan penjelasannya, daur hidup kupu kupu meliputi, siklus hidup kupu kupu adalah, jenis daur hidup kupu-kupu adalah

Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan gambarnya yang cantik adalah kupu-kupu. Spesies yang satu ini mengalami 4 tahapan atau fase yang diawali dari telur yang menjadi larva berupa ulat, kemudian berubah menjadi kepompong atau pupa hingga akhirnya menjadi imago yang berupa kupu-kupu dengan warna dan bentuk yang bervariasi.

Sebagai tahap awal, telur (ovum, plural ova) calon kupu-kupu ini akan membutuhkan waktu sekitar 3-5 hari untuk bisa menetas menjadi larva. Bentuk dari larva kupu-kupu ini adalah ulat atau caterpillar yang tumbuh dan berkembang dengan memakan daun-daunan. Namun, ada sebagian larva yang akan memakan cangkang telurnya sebagai bahan makanan yang pertama.

Ulat sebagai hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan gambarnya tersebut akan mengalami proses pergantian kulit atau molting 4 sampai 6 kali. Proses molting ini disebut juga dengan instar. Ketika pertumbuhannya sudah maksimal, maka ulat akan berhenti makan. Kemudian, ulat tersebut akan mencari daun atau ranting sebagai tempat berlindung dan menempel dengan kuat disana.

Itu artinya, ulat akan molting untuk terakhir kalinya dan memasuki tahap pupa yang berupa kepompong atau kokon (chrysalis). Butuh waktu sekitar 7 -20 hari bagi pupa untuk berubah menjadi imago (plural imagines). Ini tergantung dari jenis spesies kupu-kupu itu sendiri.

Baca Juga:   Metamorfosis: Daur Hidup Kupu-kupu dan Penjelasannya

Setelah memasuki fase keempat, kepompong akan terbuka dan keluarlah seekor kupu-kupu muda. Kemudian kupu-kupu tersebut akan mengambil posisi menggantung ke bawah. Ini dilakukan agar sayapnya yang masih agak basah, lemah,dan kusut bisa kering dan mengembang secara normal. Setelah kering, kupu-kupu akan belajar terbang hingga tumbuh menjadi kupu-kupu dewasa yang siap untuk berkembang biak.

2. Lebah

ok google contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, ok google sebutkan hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, hewan yang mengalami proses metamorfosis sempurna, tahap perkembangan hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, sebutkan perbedaan hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, hewan yang mengalami metamorfosis secara sempurna, 3 hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah

Merupakan salah satu hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan gambarnya yang sangat mudah ditemukan di berbagai media. Seperti halnya kupu-kupu, lebah juga mengalami 4 tahapan,yaitu telur, larva, pupa dan imago. Perbedaannya adalah, ketika telur lebah sudah menjadi larva, induk lebah masih memberi makan larva tersebut. Ini dikarenakan larva lebah tidak memiliki kaki, mata, dan rahang.

Setelah mengalami pergantian kulit atau molting, larva tersebut akan berubah menjadi kepompong. Seperti halnya kupu-kupu, lebah muda juga akan menunggu sampai sayapnya kering agar bisa mencari makan sendiri.

Sebagai gambaran, siklus yang terjadi pada lebah dimulai dari ratu lebah yang bertelur dan disimpan dalam sel-sel sampai berubah menjadi larva atau ulat. Setelah larva membesar dan mengalami molting, larva akan masuk ke tahap pupa. Hingga akhirnya, pupa akan berproses menjadi bentuk seekor lebah.

3. Katak

tahap perkembangan hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, penjelasan contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna selain kupu kupu, siklus hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, tuliskan hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, 7 hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, hewan yang melakukan metamorfosis sempurna, hewan yang mengalami metamorfosis, 10 contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, 2 hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, sebutkan 2 hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, 2 contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, sebutkan 2 contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, tuliskan 2 contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, 3 hewan yang mengalami metamorfosis sempurna

Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan gambarnya yang sering Anda jumpai adalah katak. Bahkan, banyak anak-anak yang sering memanfaatkan telur katak sebagai bahan mainan. Ciri telur katak ini adalah berada di tempat yang sama atau berkelompok yang dilapisi dengan cairan berbentuk gel.

Induk katak akan membiarkan telur tersebut berkembang secara alami. Pada tahap awal, telur katak akan membutuhkan waktu sekitar 21 hari untuk menuju fase kedua menjadi larva. Untuk bertahan hidup, embrio atau telur-telur katak tersebut akan memakan kuning telur yang berguna untuk pertumbuhan organnya sampai siap menetas menjadi kecebong (fase larva).

Baca Juga:   10 Contoh Metamorfosis Paling Dramatis di Dunia Hewan

Ketika memasuki tahap menjadi larva, calon katak (kecebong atau berudu) sebagai hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan gambarnya ini tumbuh dan memiliki ekor kecil yang panjang dan bernapas menggunakan insang. Ekor ini sangat berguna untuk membantu pergerakan larva di air. Untuk warna berudu itu sendiri tergantung dari lingkungan sekitar yaitu berwarna hitam, hijau, atau merah. Penyesuaian warna berudu ini sangat membantu untuk berkamuflase.

Perbedaan antara kupu-kupu dan lebah dengan katak ini adalah, katak tidak mengalami fase pupa. Walaupun demikian, makhluk amfibi yang satu ini mengalami proses perkembangan sehingga terjadi perubahan yang nyata pada organ katak.

Dalam waktu 5 minggu, larva akan berubah baik secara bentuk morfologis maupun fungsi fisiologis organ. Maksudnya adalah perubahan pada hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan gambarnya tersebut akan memunculkan kaki depan dan belakang serta. Selain itu, sistem pernapasannya pun berubah, yaitu dari insang berubah menggunakan paru-paru.

Seekor katak muda akan membutuhkan waktu sekitar 3 minggu hingga akhirnya tumbuh menjadi katak dewasa. Perubahan yang terjadi adalah insangnya akan hilang, mulutnya bertambah lebar, ekornya menjadi lebih pendek dan paru-parunya semakin berfungsi. Semakin dewasa, kakinya akan semakin kuat dan ekornya akan benar-benar hilang.

Ketiga contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan gambarnya tersebut sering Anda jumpai di berbagai media. Baik itu kupu-kupu yang cantik, lebah maupun katak memiliki ciri khasnya masing-masing saat melalui empat fase metamorfosis sempurna.

error: