30 Ide Akuarium Ikan Hias untuk Dekorasi Rumah

daftarhewan.com. Akuarium Ikan hias. Memelihara ikan menjadi hobi yang menyenangkan bagi sebagian orang. Di sisi lain, menyiapkan lingkungan hidup berupa akuarium yang estetis, akan memberi benefit lebih terhadap hunian.

Segala komponen dalam akuarium, berupa bebatuan, tanaman, gelembung dari aerator, serta ikan yang berenang kian kemari, akan menciptakan nuansa yang harmonis, dan dekorasi yang sangat manis.

Lebih dari sekadar tampilan, eksistensi akuarium di dalam rumah, juga berpengaruh pada suasana hati penghuni dan tamu yang berkunjung. Ketentraman yang timbul dari suara gemercik air dan kehidupan di dalamnya, akan memberi dampak positif, berupa penurunan stres, dan kestabilan tekanan darah.

Tapi, ada beberapa hal yang perlu Anda cermati. Sebelum mengandalkan akuarium sebagai elemen dekoratif, berikut ini poin-poin yang perlu Anda penuhi:

  • Pertama, pastikan Anda dan penghuni rumah lainnya suka merawat hewan, terutama ikan.
  • Kedua, Anda bisa berkomitmen menyediakan waktu dan biaya, untuk upaya pemeliharaan akuarium, dan menjaga ikan-ikan tetap sehat dan hidup sejahtera.
  • Ketiga, buatlah akuarium dengan desain yang unik, namun tetap selaras dengan kondisi ruang dan tema pada hunian.

Untuk poin pertama dan kedua, tentu hanya Anda yang dapat memastikannya. Namun, untuk poin ketiga, bagaimana cara membuat akuarium yang tampak berkelas, dan layak menjadi bagian dari interior rumah?

Simak 30 ide akuarium terbaik yang bisa jadi inspirasi Anda, berikut ini:

1. Tidak ada salahnya untuk sedikit eksentrik, dengan memilih bentuk akuarium unik, seperti di bawah ini. Penggunaan kerikil dengan warna mentereng juga cukup berhasil menarik mata, memberi semangat, dan menambah keindahannya.

aquarium unik, akuarium unik, aksesoris aquarium unik, model aquarium unik, aquarium unik dan kreatif, aquarium unik buatan sendiri, aquarium pemula, aquarium unik ikan cupang, aquarium unik cupang, aquarium kecil unik

2. Penggunaan akuarium air tawar berukuran besar, dengan beragam jenis ikan tropis, dapat menghadirkan atmosfer sungai dan danau di dalam rumah. Terutama, jika memasang latar belakang gelap, yang memberi efek kedalaman, sekaligus menonjolkan kecerahan warna ikan dan komponen akuarium.

Selain itu, kerikil yang berkilauan pada dasar akuarium, juga bisa menambah kesejukan pada hunian Anda.

gambar ikan dalam akuarium

3. Menggabungkan tangki toilet dan akuarium ikan hias unik, merupakan ide yang sangat brilian. Terlebih, latar belakang bernuansa perairan, serta penataan komponen akuarium yang apik, juga turut memancarkan pesona keindahan, yang dapat memicu perasaan bahagia.

toilet akuarium, akuarium WC, toilet akuarium

4. Pencahayaan dapat memberi efek yang luar biasa pada atmosfer akuarium. Maka, pastikan Anda memosisikan dan memilih lighting yang tepat, sesuai kesan yang ingin Anda berikan.

Misalnya, akuarium berbentuk rumah di bawah ini, telah berhasil mengoptimalkan lighting, untuk memancarkan aura magis, seolah-olah kita tengah memasuki dunia mimpi.

aquarium unik, akuarium unik rumah rumahan

5. Material yang Anda gunakan untuk mendesain tangki, turut berkontribusi dalam tampilan dan kesan yang ingin disuguhkan. Misalnya, pada akuarium air laut di bawah ini.

Selain instalasi dan komponen yang mahal, susunan terumbu karang dan pencahayaan menjadi poin utama yang membuatnya tampil spektakuler.

cara membuat aquarium unik, aquarium cantik dan unik, hiasan aquarium unik, ikan unik aquarium, aquarium minimalis unik, aquarium unik dan keren, membuat aquarium cupang unik, cara bikin aquarium unik, ikan aquascape unik

6. Tanpa perlu proses yang rumit dan mahal, kreativitas Anda bisa membentuk akuarium yang luar biasa. Untuk mengalahkan keterbatasan ruang, akuarium di bawah ini justru tampil memukau, dengan furnitur yang multifungsi. Keunikan akuarium semacam ini tentu akan memantik kekaguman dari para tamu yang berkunjung ke rumah Anda.

Baca Juga:   Cara Merawat Ikan Hias Angelfish Air Tawar

akuarium yang dibikin meja, aquarium meja, table aquarium

7. Ketika Anda berkreasi, ingatlah bahwa fungsi dasar akuarium bukan sebagai dekorasi, melainkan tempat tinggal bagi ikan. Maka, pikirkan kesejahteraan makhluk hidup yang ada di dalamnya. Apakah tangki akuarium cukup luas dan membuat ikan leluasa untuk bergerak?

Apakah Anda bisa melakukan pemeliharaan rutin dengan mudah? Sekalipun bisa menggunakan toples hias seperti akuarium di bawah ini, tolong pertimbangkan kembali kelayakannya bagi ikan yang menggantungkan hidup pada Anda.

toples ikan cupang unik

8. Pemberian komponen berupa tanaman-tanaman air yang tumbuh tinggi atau mengapung, dapat menciptakan kesan natural. Dengan penataan dan perawatan yang baik, ikan-ikan yang hilir mudik di antara rimbunnya bingkai tanaman, akan menampilkan pesona yang menakjubkan.

akuarium keren

9. Menikmati pemandangan biota air di hunian yang nyaman, bisa menjadi sumber kebahagiaan. Dengan penataan tanaman dan bebatuan yang apik, akuarium berikut ini berhasil menyajikan taman air yang memberikan kesejukan dan ketenangan, bagi orang yang menatapnya.

akuarium ikan hias cantik bagus sekali

10. Ketika memilih dan menata tanaman dalam akuarium, Anda perlu memastikan bahwa tampilan yang didapatkan akan meningkatkan pesona dari interior hunian. Terutama, terkait kesejukan dan suasana hati yang positif bagi penghuni rumah.

contoh aquarium cantik, aquarium cantik minimalis, aquarium tercantik, aquarium cantik sederhana, hiasan aquarium cantik, aquarium paling cantik, akuarium cantik dalam rumah

11. Pertimbangkan aspek pemeliharaan ketika Anda memilih tanaman yang akan menjadi bagian dari akuarium. Anda dapat memilih tanaman artifisial yang cenderung murah dibersihkan dan tidak mengalami pertumbuhan. Namun, Anda juga dapat menggunakan tanaman asli, yang dapat menciptakan ekosistem alami dan menjaga kualitas air.

akuarium besar banget

12. Tidak masalah jika Anda memilih komponen artifisial untuk mempermudah pemeliharaan dan mengurangi risiko kematian. Namun, biota laut asli, tentu memiliki keistimewaan dan keindahan yang tidak tergantikan.

Tentu akan menyenangkan dan membahagiakan melihat terumbu karang dan ikan-ikan hidup dengan baik dan menjadi bagian dari rumah Anda, seperti pada desain di bawah ini.

model aquarium unik

13. Bebaskan diri Anda dari stereotip dasar laut yang biasa saja. Tidak perlu sungkan untuk menuangkan sedikit imajinasi pada desain akuarium. Lihat saja, bumbu fantasi pada panorama di bawah ini, pastinya tidak akan gagal mencuri perhatian, bukan?

aksesoris aquarium

14. Mendesain tangki berukuran kecil, dengan jenis ikan yang mungil, bisa menjadi langkah yang cukup eksentrik. Menggunakan sedikit batu alam dan tanaman, akuarium ini telah utuh dengan segenap keindahannya.

Meski tidak signifikan untuk ruangan yang besar, akuarium ini akan mengundang kekaguman dan memancing orang untuk mendekat, jika Anda letakkan di tempat yang tepat.

akuarium terkecil, smallest aquarium, aquarium terkecil

15. Perpaduan antara vas bunga dan akuarium, menjadi salah satu pilihan yang cukup menarik. Keduanya, dapat memberikan keindahan yang paripurna bagi hunian Anda. Namun, pastikan Anda dapat melakukan perawatan secara rutin, untuk memastikan bahwa ikan di dalamnya bisa hidup dengan layak dan bebas bergerak.

akuarium toples ikan cupang

16. Tampil dinamis dan kompleks, akuarium yang satu ini tentu akan menghadirkan aura spektakuler pada interior Anda. Baca : Akuarium Ikan Cupang

Baca Juga:   Warna Ikan Discus Pudar, Bagaimana Agar Tetap Cerah?

Pencahayaan yang tepat, juga berhasil menunjukkan seluruh pesona biota laut yang menakjubkan. Sementara ikan-ikan mendapatkan ruang hidup yang lapang, kita pun bisa menikmati kesatuan dengan mereka, jika melintas di antaranya.

akuarium sekat ruangan rumah

17. Jika Anda menyukai desain akuarium yang tinggi dan fungsional sebagai pembatas atau sekat ruangan dalam rumah seperti di bawah ini, pastikan Anda memilih tanaman dengan ukuran yang selaras. Tentunya, untuk menjaga keseimbangan visual dan menciptakan pesona yang menarik pandangan.

aquarium minimalis

18. Penataan tanaman tidak harus memenuhi bagian tepi. Membangun “menara” terumbu karang dan tanaman di bagian tengah seperti pada akuarium ikan hias air laut di bawah ini, justru akan memberi ruang yang lapang bagi ikan. Dengan perawatan yang baik, akuarium ini akan menghadirkan hawa kehidupan yang megah dan dinamis pada hunian Anda.

aquarium terdekat

19. Selaraskan bentuk tangki dengan tema ruangan. Untuk ruangan formal yang cenderung kaku dan elegan, tentu tidak tepat jika memilih akuarium seperti di bawah ini. Akuarium dengan bentuk lucu, akan lebih tepat diletakkan pada ruang yang bersifat lebih playful.

aquarium unik seperti boneka kaca

20. Penggunaan latar belakang yang gelap, akan memberi efek kedalaman yang menakjubkan. Selain itu, warna dan bentuk biota laut yang ada di dalamnya pun menjadi lebih mencolok dan bersinar, seperti yang tampak pada akuairum di berikut ini.

akuarium di tengah rumah

21. Terdapat suatu keuntungan pada akuarium ikan hias transparan yang tidak menggunakan latar belakang. Cahaya akan menerebos dengan mudah dari semua sisi, sehingga Anda tidak memerlukan pencahayaan khusus.

akuarium unik ukuran kecil minimalis

22. Tidak ada salahnya memberi sedikit sentuhan ilusi optik pada akuarium. Misalnya, dengan bereksplorasi pada sudut dan kemiringan dinding tangki, seperti akuarium di bawah ini. Terdapat efek visual yang memukau, dan dinamisasi yang manis, laiknya keriuhan di kedalaman lautan.

ikan di akuarium

23. Sederhana, tapi memesona. Akuarium dengan desain unik di bawah ini sangat cocok untuk hunian bertema eklektik atau vintage. Namun, pastikan Anda memilih jenis ikan berukuram mungil, sehingga ia dapat leluasa bergerak di dalamnya.

akuarium kecil

24. Meletakkan akuarium besar di tengah ruangan, dapat menjadi fitur yang menarik perhatian. Dengan peletakkan terumbu karang di bagian tengah, tamu dan penghuni rumah pun dapat lebih mudah menikmati lanskap dasar laut, dari seluruh sisi akuarium.

aquarium sekat ruangan

25. Tersusun laiknya galeri, akuarium semacam ini akan menjadi fitur yang luar biasa pada hunian Anda, terutama jika diletakkan di area foyer. Dengan sentuhan kreativitas, akuarium persegi biasa pun dapat disulap menjadi sebuah karya yang memesona.

aquarium tembok, aquarium dinding

26. Nuansa ruangan yang minimalis, berpadu sempurna dengan warna-warni dalam akuarium air laut 28. yang dinamis. Terlebih, pencahayaan yang tepat, turut membuat akuarium ini tampil stunning, seolah-olah ruangan tersebut benar-benar ada di dasar lautan.

akuarium dinding tembok

27. Menata akuarium ikan hias, tak ubahnya seni yang memerlukan kepekaan tinggi terhadap visual dam komposisi. Sebagai bagian penting dalam interior hunian, akuairum air laut ini tampil maksimal di sebelah tangga, dengan bingkai yang selaras dengan tema ruangan.

Baca Juga:   12 Ikan Hias Predator Air Tawar Terbaik untuk Pemula dan Expert!

akuarium di bawah tangga

28. Meletakkan akuarium di ruang pertemuan, akan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan nyaman. Dengan begitu, interaksi pun akan berlangsung lebih hangat dan menyenangkan. Lebih dari itu, kesan mewah pada akuarium air laut juga dapat Anda hadirkan, untuk membuat setiap orang merasa berharga dan istimewa.

akuarium tengah rumah

29. Untuk hunian bertema eklektik dan playful, akuarium unik berikut ini akan menjadi elemen dekorasi yang amat menarik. Namun, pastikan Anda memilih jenis ikan berukuran kecil, agar mereka tetap dapat hidup dengan nyaman di ruang yang terbatas.

akuarium dari tv bekas, akuarium mainan

30. Bermain-main dengan sentuhan extravaganza, akan membuat hunian Anda tampil beda. Akuarium yang terbalut dalam desain futuristik dan pertunjukkan ini, memicu semangat yang luar biasa bagi orang-orang yang menatapnya.

aquarium unik dan keren

Kesimpulan

Begitu banyak ide, kreativitas, dan karya akuarium yang dapat menjadi inspirasi Anda. Namun, terdapat 5 poin kunci yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Pemilihan Dekorasi yang Menarik

Beragam aksesori dapat Anda tambahkan pada akuarium, untuk mempercantik penampilan, sekaligus memberi manfaat pada ikan. Terdapat banyak pilihan yang dapat Anda gunakan, seperti: karang, batuan, tanaman, hingga miniatur rumah atau kapal, yang dapat menjadi tempat persembunyian ikan-ikan.

  • Tanaman dan Nuansa Alam

Penambahan tanaman akan menciptakan atmosfer natural yang menyejukkan. Selain indah dipandang, tanaman air juga dapat mendukung kesejahteraan hidup ikan.

  • Memilih Ukuran Tangki

Ketika memilih ukuran tangki, pertimbangkan jumlah dan jenis ikan, serta luas ruangan tempat akuarium diletakkan. Meski tampil dengan indah, akuarium kecil tidak akan menjadi dekorasi yang signifikan pada ruangan berukuran besar. Sementara itu, akuarium besar justru akan menghabiskan ruang gerak pada ruangan sempit.

  • Pemilihan Ikan

Ketika mendesain akuarium, Anda perlu terlebih dahulu memutuskan jenis ikan yang akan dipelihara. Seiring dengan komitmen terhadap kehidupannya, jenis ikan yang Anda pilih akan berimplikasi pada kebutuhan komponen dan utilitas akuarium.

Bagi Anda yang sudah berpengalaman, tentu bebas saja memilih ikan tropis, ikan perairan dingin, ikan air tawar, atau ikan air laut. Namun, bagi Anda yang baru ingin mencoba, ada baiknya memilih jenis-jenis ikan yang relatif murah, karena cenderung mudah beradaptasi dan memiliki daya tahan tinggi.

Bagi pemula, akan lebih baik untuk tidak memilih akuarium air laut, karena membutuhkan instalasi dan teknik pemeliharaan yang rumit, serta biaya yang tidak sedikit.

  • Pemberian Makan Ikan

Memelihara ikan dalam akuarium, merupakan komitmen dan tanggung jawab yang besar. Ikan-ikan tersebut akan menjadi bagian dari keluarga Anda. Mereka memerlukan ruang hidup yang layak, serta pemberian makan secara rutin, setidaknya 3 kali sehari.

Pastikan, Anda memberi makan dalam jumlah yang tepat, agar mereka tetap sehat dan tidak saling memakan, satu sama lain.

Nah, siapkah Amda meghadirkan akuarium sebagai bagian dari interior hunian?

error: