12 Pengetahuan Dasar Setting Akuarium Ikan Koki

Posted on

daftarhewan.com. Ikan koki adalah ikan mas yang cantik dengan banyak varietas dan warna, tetapi semuanya membutuhkan perawatan dan komitmen yang sama.

Ikan koki, terlepas dari kepercayaan populer, tidak mudah untuk merawat ikan yang tinggal di akuarium mangkuk bulat berukuran 30 cm yang kebanyakan orang kenal.

Akuarium Ikan Koki

Ikan koki membutuhkan minimal 84 liter, dan akuarium dengan kapasitas seperti itu pun hanya cocok untuk dua ikan. Alasan kebutuhan ikan koki dengan pengaturan besar adalah karena ikan koki bisa tumbuh besar. Baca Juga : Ikan Koki Terbesar

Selain itu, ikan mas menghasilkan banyak bio-limbah dengan cepat, dan tangki yang lebih besar membantu menjaga air tetap sehat dengan memberikan ruang yang cukup bagi ikan untuk berenang.

cara budidaya ikan koki di akuarium, budidaya ikan koki di akuarium, ternak ikan koki di aquarium, filter aquarium ikan mas koki, set up aquarium ikan koki, konsep aquarium ikan koki, dekorasi aquarium ikan mas koki

1. Setting Aquarium Ikan Koki

Mengetahui bagaimana ikan koki Anda hidup dengan senang adalah kunci keberhasilan kepemilikan ikan koki.

Ikan koki adalah ikan yang tidak membutuhkan pemanas. Ikan koki lebih suka air mereka antara 16 – 22 derajat Celsius. Juga, ikan koki dapat hidup baik jika ditempatkan di air lunak, yang artinya alkalinitasnya lebih tinggi dibanding keasamannya. Ikan mas tumbuh berkembang pada pH air diantara 7,0 dan 7,4.

Baca Juga:   Ikan Red Tail Catfish si Lele Ekor Merah

Mereka tumbuh dengan baik di akuarium dengan tanaman. Tanaman hidup ataupun tanaman palsu. Tetapi jika Anda memilih tanaman hidup untuk akuarium ikan koki Anda, pastikan untuk memilih tanaman yang cocok dengan ikan koki, suhu air serta pH-nya.

Ikan ini juga merupakan ikan yang sangat aktif, jadi dekorasi tangki adalah suatu keharusan agar ikan mas tetap terhibur. Juga dekorasi akuarium membuat akuarium ikan koki terlihat lebih menyatu.

akuarium ikan koki, aquarium ikan koki, ikan koki di aquarium, aquarium ikan mas koki, setting aquarium ikan koki, desain aquarium ikan koki, aquarium ikan koki tercantik, cara memelihara ikan koki di akuarium, cara ternak ikan koki di akuarium, aquarium untuk ikan koki

2. Air stone, Aerasi, Gelembung udara atau Aerator

Sebuah Air stone adalah item yang melekat pada tabung plastik yang melekat pada pompa udara.

Pompa udara kemudian mendorong udara melalui tabung dan keluar dari air stone atau batu udara melalui lubang yang sangat kecil. Aliran gelembung kemudian keluar dari batu udara menambahkan sumber oksigen yang vital.

Kadar oksigen yang tinggi sangat baik karena membantu membantu ikan bernapas dengan benar. Air dengan kadar oksigen rendah dapat menyebabkan ikan kesulitan bernapas dan akhirnya mati karena kekurangan oksigen.

3. Menjaga Akuarium Ikan Koki Tetap Bersih

Menjaga akuarium ikan koki tetap bersih relatif sederhana. Langkah pertama adalah penyaringan. Filtrasi biologis adalah cara yang sangat populer dan efektif untuk menjaga siklus air dan bebas dari kotoran.

4. Filtrasi

Yang Anda butuhkan untuk filtrasi biologis adalah filter biologis. Setiap filter khusus untuk ukuran akuarium, jadi pastikan Anda membeli filter berukuran tepat. Filter juga membutuhkan kartrid filter yang memiliki karbon di dalamnya. Kartrid ini juga memiliki ukuran tertentu dan perlu diganti sebulan sekali.

Baca Juga:   17 Penyakit Ikan Mas Koki, Gejala dan Cara Mengatasinya

5. Siphon

Sebuah Siphon atau penyedot pada dasarnya adalah ruang hampa untuk kerikil. Mengeluarkan kotoran berlebih dari tangki akan membantu menjaga air tetap jernih.

6. Teman Ikan Koki

Ikan koki jinak dan dapat dipelihara dengan jenis ikan tertentu yang tidak keberatan dengan suhu dingin.

Seperti Ikan Corydoras adalah pemakan makanan di dasar akuarium dan melakukan pekerjaan luar biasa dalam menjaga kebersihan kerikil. Baca Juga : Ikan yang Cocok dengan Ikan Koki

7. Produk Pembersih Akuarium

Toko hewan peliharaan menjual berbagai macam produk pembersih tangki akuarium. Kadang-kadang mereka tidak diperlukan karena sebagian besar waktu, masalah dalam lingkungan akuarium akan menyelesaikan sendiri dari waktu ke waktu.

8. Cara Membersihkan Akuarium Ikan Koki

Melakukan penggantian air 10% mingguan dan penggantian air 25% bulanan.

Ikan koki seperti ikan lainnya, mengeluarkan amonia ketika mereka membuang kotoran dan kadar amonia yang tinggi di dalam air sangat beracun bagi ikan. Penggantian air akan membantu menjaga kadar amonia berbahaya ini tetap rendah.

9. Memiliki Akuarium dengan Sirkulasi yang benar

Sirkulasi berarti menyiapkan akuarium Anda dengan filter yang menyala sebelum menambahkan ikan apa pun dan membiarkan bakteri baik tumbuh di dalam tangki sehingga dapat menangani limbah biologis.

Untuk ikan air tawar, tangki harus didaur ulang selama sebulan sebelum menambahkan ikan. Menambahkan ikan terlalu cepat ke tangki yang tidak didaur ulang dengan benar dapat menyebabkan kematian ikan.

10. Berapa Banyak Ikan Koki dalam Satu Akuarium?

Itu tergantung pada ukuran akuarium Anda. Aturan untuk ikan koki adalah 2 inci ikan per galon air.

Baca Juga:   Penyakit Ikan Mas Koki Busuk Sirip “Fin Rot”

Mengingat ikan mas bisa tumbuh cukup besar, semakin sedikit ikan mas yang Anda miliki di tangki besar akan lebih baik.

Satu ikan mas untuk setiap 37 liter air juga merupakan aturan lain yang baik untuk diikuti. Meskipun tangki 37 liter dengan 2 ikan mas kecil di dalamnya mungkin terlihat kosong, ini sangat bermanfaat bagi ikan mas karena mereka tumbuh dengan cepat.

Dalam waktu 2 tahun seekor ikan koki telah tumbuh dewasa jadi itu adalah hal lain yang perlu dipikirkan.

11. Berapa Lama Ikan Koki Hidup?

Bila disimpan dalam pengaturan akuarium yang benar, ikan mas koki dapat hidup hingga 10 tahun bahkan lebih.

12. Porsi Makan Ikan Mas Koki

Ikan mas bisa diberi makan dua kali sehari. Jika Anda melihat makanannya habis dalam beberapa detik, tidak apa-apa untuk memberi mereka sedikit lagi dengan makanan ikan koki agar cepat besar.

Jangan memberi makan ikan Anda secara berlebihan, karena sebenarnya perut mereka lebih kecil dari mata mereka, jadi mereka tidak membutuhkan terlalu banyak makan. Selain itu, semua kelebihan makanan yang tenggelam ke dasar akan membuat air menjadi keruh.

Persyaratan lain untuk ikan mas adalah untuk merendam makanan mereka terlebih dahulu. Siapkan gelas plastik berisi air akuarium dan putar makanan di dalamnya. Tuang ke dalam tangki. Makanan yang sudah direndam ini tidak akan mengeringkan kantung renang mereka. Kandung kemih berenang yang kering akan mengakibatkan kematian.