Home » Pengetahuan » Alat Pernapasan Pada Hewan

Alat Pernapasan Pada Hewan

Apakah pernapasan hewan itu sama dengan manusia?

Respirasi atau pernapasan adalah proses oksidasi yang bisa menurunkan senyawa organik kompleks. Sehingga ada produksi air, karbon dioksida, dan energi. Pernapasan sendiri terbagi ke dalam dua fase atau tahap.

apa saja alat pernapasan pada hewan, apa nama alat pernapasan pada hewan selain insang, apa nama alat pernapasan pada hewan, apa sistem pernapasan hewan, apakah sistem pernapasan hewan, apa alat pernapasan pada hewan, apa alat pernapasan pada hewan selain insang, bagaimana sistem pernapasan hewan, nama alat pernapasan pada hewan, nama hewan dan alat pernapasan, nama hewan beserta alat pernapasan, nama hewan dan alat pernapasan yang digunakan

Foto rusa bernapas di musim dingin – via : pinterest.com

I. Bernapas atau Respirasi Eksternal

Bernapas adalah proses menghela oksigen dan membuang karbon dioksida. Proses ini memiliki dua tahap. Ada inspirasi, di mana paru-paru mengambil oksigen. Lalu ada ekspirasi, di mana organ pernapasan membuang karbon dioksida ke lingkungan.

II. Respirasi Seluler atau Respirasi Internal

Proses ini menunjukkan penggunaan oksigen dalam reaksi kimia yang terjadi di dalam sel. Reaksi ini merilis zat makanan dan energi. Sebagai produk sampahnya yaitu berupa zat karbon dioksida dan air.

Baca Juga:   COVID-19: Mematikan atau Bisa Disembuhkan?

Berikut ini Alat Pernapasan Pada Hewan :

1. Membran Plasma

Pada hewan yang bersel tunggal (uniseluler), misalnya amuba, pertukaran gas dilakukan melalui permukaan sel. Caranya dengan menyerap oksigen atau air, kemudian melalui difusi, mereka mengeluarkan zat karbon dioksida menggunakan membran plasma.

2. Kulit atau Dinding Tubuh

Contoh hewan yang memanfaatkan kulit untuk bertukar gas yaitu cacing tanah, cacing pita, dan lintah. Kulit cacing tanah memiliki banyak sel darah yang dikenal sebagai kapiler. Kulitnya lembap dan tipis. Jika kulitnya mengering, mereka bisa mati lemas.

Sedangkan amfibi seperti katak memanfaatkan lebih dari satu organ pernapasan. Ketika masih dalam berudu, mereka akan bernapas lewat insang. Lalu setelah dewasa, mereka akan bernapas dengan paru-paru. Mereka juga melakukan pertukaran gas dengan lingkungan lewat kulitnya.

Baca Juga:   Menelusuri Eksositem Air Tawar yang Menakjubkan, Simak Yuk!

3. Sistem Trakea

Para serangga, seperti belalang dan kecoak, melakukan pertukaran gas menggunakan sejenis tabung khusus mereka yang halus, yang biasa disebut trakea. Oksigen yang terkandung dalam udara akan merangsek melalui spirakel, lalu masuk ke dalam tabung trakea. Kemudian terjadi difusi ke dalam jaringan tubuh, sampai akhirnya bisa menggapai setiap sel yang ada dalam tubuh. Sementara itu, sel mengeluarkan karbon dioksida dan masuk ke dalam tabung trakea, lalu merangsek keluar melalui spirakel.

4. Insang

Kebanyakan hewan air, seperti udang dan ikan, mengandalkan organ pernapasan khusus bernama insang. Organ ini berupakan proyeksi kulit yang berperan memanfaatkan oksigen dalam air. Di dalamnya terdapat darah yang memperlancar proses pernapasan.

Baca Juga:   Ketahui, Hubungan antara Hewan dan Penyebaran COVID-19

Karena hidup di air, ikan tentu mesti memeroleh oksigen di dalam air juga. Caranya dengan menelan air, lalu memompanya ke atas insang. Air tersebut masuk melalui celah insang ke dalam ruangan insang. Kemudian air akan melewati filamen.

ikan akan menyerap oksigennya, lalu mengeluarkan karbon dioksida. Airnya akan mengalir lewat bukaan insang. Proses terus berulang lagi dan lagi.

5. Paru-Paru

Mamalia, amfibi, dan burung menjalani proses respirasi melalui organ paru-paru. Organ spesial ini merupakan struktur mirip kantung yang berada di rongga dada dan berisi udah. Paru-paru terhubung ke luar melalui serangkaian lubang kecil dan tabung.

Proses dasar pernapasan atau yang disebut sebagai respirasi seluler makhluk hidup itu sama saja. Hanya saja, masing-masing organisme memiliki perbedaan cara atau mode pernapasan eksternal. Demikian, Alat Pernapasan Pada Hewan. #RD

error: