Anemon Laut: Cara Berkembangbiak dan Simbiosis dengan Ikan Badut

daftarhewan.com. Anemon laut terkenal karena hubungannya dengan ikan badut, tetapi hewan unik ini lebih dari sekadar tempat tinggal bagi hewan lain.

Mereka hadir dalam berbagai ukuran dan bentuk serta ciri khasnya sendiri-sendiri. Berikut informasinya :

anemon laut, anemon laut berkembang biak dengan cara, simbiosis yang terjadi antara ikan badut dan anemon laut adalah, anemon laut termasuk dalam filum, gambar anemon laut, simbiosis ikan badut dan anemon laut, ikan badut dan anemon laut, anemon laut adalah, makanan anemon laut, jenis anemon laut

Anemon laut dan Ikan badut – via : divescotty.com

Anemon Laut Adalah

Anemon laut adalah salah satu hewan laut predator yang termasuk dalam ordo Actiniaria. Karena penampilannya yang berwarna-warni, mereka dinamai anemon, tanaman berbunga terestrial.

Saat melihat anemon laut, Kita akan melihat bahwa mereka mempunyai bentuk memanjang dengan tentakel mengelilingi tubuhnya, membuat tampak seperti bunga yang sedang mekar. Dari sanalah makhluk ini mendapatkan namanya yaitu anemon yang berarti bunga dalam bahasa Yunani.

Baca Juga:   10 Hewan Laut Prasejarah Terbesar dan Terganas di Dunia

Klasifikasi anemon laut termasuk dalam filum Cnidaria, kelas Anthozoa, subkelas Hexacorallia. Sebagai cnidaria, anemon laut berkerabat dengan ubur-ubur, karang dan Hydra.

Mereka adalah hewan predator, yang melumpuhkan mangsanya dengan nematocysts menyengat dengan menembakkan struktur seperti tombak yang memberikan dosis neurotoksin atau racun.

Untuk memakan ikan, atau krustasea, mereka memindahkan mangsanya ke dalam perut mereka. Anemon bersifat sessile (tetap di satu tempat), tetapi mereka bisa bergerak jika diperlukan.

Anemon memiliki cakram oral di bagian atas tubuhnya. Kepala anemon laut berada di tengah-tengah cakram mulut. Tentakel mengelilingi cakram mulut. Cakram pedal berada di dasar anemon laut.

Beberapa anemon laut hidup bersimbiosis dengan hewan lain seperti Ikan badut, Bucchich’s goby, dan kepiting Laba-laba. Hewan-hewan tersebut menemukan perlindungan di antara tentakel anemon.

1. Ikan Badut Dan Anemon Laut Termasuk Simbiosis Apa?

Simbiosis ikan badut dan anemon laut adalah simbiosis mutualisme, di mana masing-masing spesies saling mendapat keuntungan.

Ikan Badut, Clownfish atau yang disebut juga ikan nemo dapat menahan tentakel menyengat dari anemon, serta menggunakan anemon untuk perlindungan dari predator.

Sedangkan anemon mendapatkan nutrisi yang dikeluarkan dari Ikan badut, seperti amonia, belerang, dan fosfor. Selain itu ikan badut juga menyingkirkan parasit berbahaya dari anemon, dan seringkali mengusir ikan kepe-kepe yang bisa memakan anemon.

Baca Juga:   8 Jenis Spons Laut, Penghasil Bakterisida Alami

2. Habitat Anemon Laut

Habitat anemon laut adalah di perairan pantai yang dangkal hingga perairan dalam lebih dari 10.058 meter dan perairan dingin.

Dengan bantuan cakram pedal, mereka menempel pada permukaan yang keras seperti batu, kerang, atau terkadang sampai pada punggung kepiting. Beberapa spesies tidak memiliki cakram pedal, ditemukan menggali diri di pasir dengan tentakel terbuka di luar.

3. Makanan Anemon Laut

Karena mereka tinggal di badan air yang luas, spesies ini memiliki banyak sumber makanan untuk diandalkan.

Makanan anemon laut terutama terdiri dari plankton, ganggang, kepiting, kerang, rumput laut, dan varietas ikan kecil yang ditemukan di lautan. Beberapa anemon laut memakan bintang laut dan ubur-ubur.

4. Anemon Laut Berkembang Biak Dengan Cara?

Anemon laut ini berkembang biak setiap beberapa hari. Reproduksi pada spesies ini adalah seksual atau aseksual.

Dalam reproduksi seksual, pembuahan internal dan juga eksternal terjadi. Dalam reproduksi eksternal, sel-sel reproduksi, sperma, dan telur dikeluarkan ke dalam air dan digabungkan berdifusi untuk membuahi.

Dalam fertilisasi internal, anemon laut betina membuahi telur. Sedangkan larva tetap berada di dalam tubuh betina sampai mereka mengembangkan tentakel.

Setelah tentakel berkembang, yang dewasa berenang keluar dari rongga mulut anemon laut betina dan mulai hidup secara individual.

Dalam reproduksi aseksual, tubuh anemon laut pecah menjadi dua bagian dengan tunas atau dengan pembelahan.

Baca Juga:   10 Hewan yang Hidup di Air dan Penjelasannya

5. Berapa Lama Umur Anemon Laut

Anemon laut adalah salah satu makhluk laut yang hidup paling lama. Mereka dapat mengkloning diri mereka sendiri, yang membuat mereka abadi.

Mereka dapat hidup hingga 60-80 tahun tanpa adanya predator dan penyakit. Anemon laut yang pernah diketahui paling lama hidup adalah 100 tahun.

6. Ciri-Ciri Anemon Laut

Anemon laut adalah penghuni laut yang termasuk dalam filum Cnidaria (Coelenterata). Tubuh mereka dikenal dengan simetri radial (susunan tentakel dalam fusi melingkar, di poros tengah).

Anemon laut menyerupai bunga anemon dan dapat menunjukkan warna pelangi dalam suhu hangat.

Anemon laut terbesar berdiameter hingga 3 meter. Struktur luar anemon laut lunak dengan bentuk tubuh seperti polip.

Mulut anemon laut membantu mengambil makanan dan melepaskan limbahnya. Mereka tidak memiliki organ indera seperti mata dan otak. Mereka memiliki sistem saraf terpusat.

error: