Home » Anjing » Anjing Alaskan Malamute, si Tangguh yang Tahan Dingin

Anjing Alaskan Malamute, si Tangguh yang Tahan Dingin

daftarhewan.com. Jika pernah menyaksikan film Disney berjudul Eight Below dan film-film lain yang mengambil setting serupa, tentu Anda akan familiar dengan Alaskan Malamute.

Telah marak diketahui, bahwa anjing Alaskan Malamute memiliki kekuatan dan ketangguhan di area bersalju. Karena itulah, mereka kerap menjadi hewan peliharaan di wilayah bercuaca dingin yang ekstrem, terutama untuk bekerja sebagai penarik kereta luncur.

anjing alaskan malamute, anjing alaskan malamut, anjing alaskan adalah, ciri ciri anjing alaskan malamute, cari anjing alaskan malamute, perbedaan anjing alaska dan husky, foto anjing alaskan malamut, foto anjing alaskan malamute

Anjing Alaskan Malamute – via : wikimedia.org

Hanya saja, anjing jenis ini nyatanya belum begitu dikenal secara luas. Alaskan Malamute kerap dianggap dan disalahpahami sebagai Anjing Siberian Husky.

Sekilas, penampilan mereka memang mirip. Namun, tentu saja Alaskan Malamute memiliki ciri khas dan keistimewaan tersendiri.

Yuk, mengenal Alaskan Malamute lebih dekat!

A. Informasi umum Tentang Anjing Alaskan Malamute

Nama populer: Alaskan Malamut

Asal: Amerika Utara

Jenis: anjing pekerja

Tinggi rata-rata: 63 cm

Berat rata-rata: 38 kg

Masa hidup: 14 tahun

Variasi warna: putih, hitam, abu-abu

Temperamen: penuh kasih sayang, ramah, dan setia

Ciri khas: wajah meruncing dan ekor yang berbalik

B. Asal-muasal Alaskan Malamute

Ras Alaskan Malamute dikembangkan oleh suku Innuit yang dikenal dengan sebutan Mahlemut. Diyakini, leluhur Alaskan Malamute berasal dari anjing domestik primitif yang menemani orang-orang prasejarah pada migrasi antara Asia dan Amerika.

Baca Juga:   5 Jenis Anjing Kecil yang Tidak Tumbuh Besar

Para Mahlemut ingin membentuk anjing yang kuat menarik beban, membantu perburuan, serta tahan terhadap cuaca dingin yang ekstrem. Jadi, meski tetap dirawat dengan baik dan diperlakukan dengan penuh kasih sayang, Alaskan Malamute juga sering kali bekerja untuk menarik kereta luncur, berburu anjing laut, hingga melawan beruang kutub. Dan, ketika memasuki Amerika Serikat pada awal 1900-an, Alaskan Malamute semakin populer sebagai ras pekerja, yang bahkan bertugas ketika Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

C. Karakteristik fisik Anjing Alaskan Malamute

Alaskan Malamute bertubuh besar dan nyaris menyerupai serigala. Namun, telah disebutkan sebelumnya, bahwa Alaskan Malamute bukanlah hibrida dari serigala, melainkan ras domestik.

Mereka memiliki tubuh yang kekar, cenderung memanjang, dan bertulang besar, sehingga begitu kuat dan tangguh menarik beban. Alaskan Malamute juga tahan dingin, karena memiliki dua lapis rambut yang tebal dan bertindak sebagai lapisan anti-air, untuk menjaga kulit Alaskan Malamute tetap hangat dan kering.

Karena pesebaran ras yang semakin luas, warna Alaskan Malamute bervariasi, mulai dari hitam, abu-abu, hingga kemerahan, namun dengan pola warna putih yang khas dan serupa. Bentuk kepala Alaskan Malamute cenderung meruncing, dengan telinga yang tegak dan lancip. Ekor Alaskan Malamute menjadi salah satu fitur yang unik, karena melengkung ke atas dengan strukur rambut yang menyerupai bulu.

gambar anjing lucu, gambar anjing alaskan malamut, anjing jenis alaskan malamute, jenis anjing alaskan malamut, anjing ras alaskan malamute, tipe anjing alaskan malamute, asal usul anjing alaskan malamute

Anak anjing alaskan malamute lucu

D. Perilaku Anjing Alaskan Malamute

Alaskan Malamute tergolong anjing yang cerdas. Mereka membutuhkan stimulasi mental dan fisik yang cukup, agar tidak merasa bosan. Meski begitu tangguh dalam menghadapi cuaca Arktik yang keras, Alaskan Malamute memiliki sikap yang lembut, penuh kasih sayang, ramah, dan setia. Mereka sangat loyal dengan pemiliknya, terutama sebagai pemimpin kawanan.

Baca Juga:   Apa Saja Penyakit Kulit Pada Anjing?

Selain itu, Alaskan Malamute juga bersahabat dengan anak-anak dan berbagai jenis hewan, namun kerap menunjukkan dominasi terhadap ras anjing lainnya. Meski membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjalani pelatihan, mereka akan mampu melaksanakan tugas dengan cakap ketika sudah mahir.

E. Pengembangbiakkan Anjing Alaskan Malamute

Alaskan Malamute merupakan hasil pengembangbiakkan anjing pekerja, yang terbentuk saat momen migrasi antara Asia dan Arktik. Proses ini berlangsung selama ribuan tahun, dan menghasilkan variasi yang luas, pada wilayah yang berbeda. Misalnya, anjing-anjing yang ditemukan di Greenland ditengarai memiliki bulu yang lebih pendek dibandingkan anjing yang hidup di sekitar danau Kanada.

Variasi yang berbeda juga terbentuk setelah anjing-anjing pekerja lainnya memasuki lingkaran Arktik selama masa penambangan emas. Anjing-anjing tersebut lantas disilangkan dengan Alaskan Malamute, dan membentuk varietas yang lebih luas, seperti yang kita jumpai saat ini. Sementara Alaskan Malamute dengan ras murni hanya dapat ditemukan di wilayah asli mereka, yang terpencil dan cenderung terisolasi dari belahan dunia lainnya.

Baca Juga:   Karakteristik dan Dasar Pemeliharaan Alaskan Malamute

F. Fakta menarik tentang Anjing Alaskan Malamute

Meski mampu bekerja sebagai penarik beban dengan jarak jauh, kecepatan lari Alaskan Malamute kalah jauh jika dibandingkan dengan ras anjing yang lebih kecil dan lebih cepat dalam balap kereta luncur.

Alaskan Malamute termasuk salah satu ras yang relatif tidak berubah, karena tetap mempertahankan bentuk dan fungsi aslinya. Sifat Alaskan Malamute yang penuh kasih tidak membuat mereka cocok menjadi anjing penjaga, dan akan lebih baik untuk memilih jenis anjing yang lebih patuh.

Secara genetik, Alaskan Malamute merupakan anjing yang sempurna untuk mendampingi kehidupan manusia di wilayah bersalju dan hutan belantara, bersama hewan-hewan lain yang berukuran hampir serupa.

Namun, untuk memelihara Alaskan Malamute, Anda tidak harus hijrah ke Arktik atau hidup terisolasi di bawah langit beraurora. Pesebaran ras Alaskan Malamute telah meluas, dan merea juga dapat hidup di negara tropis, seperti Indonesia. Kini, alih-alih menjadi anjing pekerja, Alaskan Malamute kerap bertindak sebagai anjing peliharaan dan anjing pertunjukkan yang menakjubkan.

error: