Tips Perawatan Anjing Imut Pembroke Welsh Corgi

daftarhewan.com. Anjing Corgi. Pembroke Welsh Corgi ialah anjing yang terkenal. Awalannya dibiakkan untuk menggembalakan ternak, mereka saat ini jadi ras anjing pengiring.

Berdiri dengan tinggi hanya sekitaran 25 cm, tapi beratnya sampai 13 kg, anjing kecil berkaki pendek ini populer dengan kepandaiannya dan performanya yang lucu.

corgi anjing, corgi adalah, karakter anjing pembroke welsh corgi, jenis anjing pembroke welsh corgi, sifat anjing pembroke welsh corgi, anjing corgis, anjing corgi mix

Anjing Corgi

Pembroke Corgi ialah anjing yang ramah dan setia, tapi menanggung derita beberapa permasalahan kesehatan. Baca terus artikel ini untuk mengenali apa itu anjing Pembroke Welsh Corgi, apakah pas untuk peliharaan Anda dan keluarga Anda.

1. Sejarah Anjing Corgi

Sama dengan namanya, Pembroke Welsh Corgi datang dari Wales. Anjing-anjing kecil ini sudah dipakai sebagai penggembala, penjaga pertanian, dan sebagai teman dekat keluarga di Wales semenjak abad ke-10.

Mereka kemungkinan di turunkan dari Vallhund, yang disebut anjing ternak Swedia. Atau nenek moyang mereka kemungkinan Flemish Schipperke dan Pomeranian yang dibawa ke Wales oleh penenun Flemish, diundang ke Inggris oleh Raja Henry I di tahun 1107.

Pada 1920-an, Corgi dianggap sebagai trah oleh Club Kennel Inggris. Dan di tahun 1934, Pembroke dan Cardigan Corgi dianggap sebagai ras yang terpisah. Di tahun 1934, American Kennel Klub mengakui ke-2 ras tersebut.

Corgi dari Cardiganshire ialah ras yang lebih tua, diperbedakan dari ras Pembrokeshire lewat telinga yang semakin besar dan bulat, mata yang lebih kecil, dan ekor non-docked. Anjing-anjing ini sedikit bertulang lebih berat.

Anjing Corgi Saat Ini

Dengan riwayat panjang dan terhormat sebagai ras anjing penggembala dan pengiring, Pembroke Corgi saat ini ialah anjing pendamping terpopuler di dunia. Sekarang ini, Pembroke Welsh Corgi ialah tipe anjing ke-13 terpopuler di AS.

2. Fakta Menarik Mengenai Pembroke Welsh Corgi

Corgi mempunyai background magic. Legenda menjelaskan jika anjing-anjing ini dipakai oleh peri dan elf untuk menarik kereta, mengolah ternak mereka, dan sebagai kuda tunggangan. Kata “Corgi” semestinya memiliki arti “anjing kerdil” dengan bahasa Wales.

Anjing-anjing ini mendapatkan banyak sorotan publik. Itu bukan karena hanya mereka periang dan penyayang, tapi juga karena Ratu Inggris, Elizabeth II, menyukai mereka. Sebuah artikel belakangan ini di tabloid Inggris, The Sun, bahkan juga menyebutkan Corgi peliharaannya sebagai “kekuatan yang dibalik takhta.”

3. Performa Pembroke Welsh Corgi

Pembroke Welsh Corgi ialah anjing yang rendah, kuat, dan tangguh. Mereka mempunyai penampilan yang paling khas karena badan panjang dan pendek mereka.

Kepala satu ekor anjing Welsh Corgi mempunyai wujud dan performa seperti rubah. Mereka mempunyai tengkorak yang lebar dan rata serta telinga yang seperti kelelawar yang bisa kelihatan besar, khususnya pada anak-anak anjing Welsh Corgi.

Badan panjang memberinya keselarasan keseluruhnya dan mereka mempunyai dada yang dalam. Ekor Pembroke Welsh Corgi didocking. Performa mereka membuat jadi tipe anjing yang terkenal.

Baca Juga:   15 Jenis Anjing yang Paling Setia Pada Pemiliknya

4. Berat badan Anjing Corgi

Corgi dewasa mempunyai berat tubuh sekitaran 12-13 kg. Mereka seperti anjing besar dalam kawanan kecil yang paling solid dan berotot! Tetapi mereka seimbang. Corgi tidak kasar atau bertulang berat.

Untuk Corgi atraksi, berat yang dicintai ialah sekitaran 12 kg untuk pejantan dan 11 kguntuk betina. Anjing yang pada keadaan pameran harus mempunyai susunan tulang sedang yang baik.

Tinggi untuk anjing umumnya dihitung dari tanah ke pundak. Pada Corgi, tinggi untuk anjing dewasa umumnya sekitaran 25-30 cm. Sudah pasti, langkah terbaik untuk mengetahui potensi tinggi Pembroke Welsh Corgi Anda dengan melihat orangtua dan kakek-neneknya.

Menyaksikan garis genetik bisa memberikan Anda range peluang tinggi yang lebih tepat. Sebagian orang mencoba mengembangbiakkan Miniature Corgi, tapi kesehatan mereka sekarang ini jadi topik yang banyak dipermasalahkan.

a. Bulu-bulu

Bulu-bulu Corgi mempunyai panjang sedang, dengan susunan bawah tahan terhadap air yang pendek tetapi tebal dan susunan luar yang lebih panjang dan kasar yang rebah. Rambut mereka umumnya lurus atau bergelombang.

b. Warna

Pada umumnya, warna Pembroke Welsh Corgi mencakup:

  • Merah
  • Hitam
  • Coklat kekuningan
  • Hitam
  • Tan

Beberapa warna ini bisa datang tanpa atau dengan tanda putih.

c. Karakter Anjing Show

Bila Anda merencanakan untuk memamerkan Corgi, “bulu-bulu halus” – mantel panjang dengan bulu-bulu dalam telinga – dipandang seperti kekeliruan.

Begitupun “whitelies” – anjing putih dengan marking gelap / merah – dan “bluies,” di mana sisi warna dari mantel mempunyai gips kebiruan (kerap terpasangkan dengan mata jelas).

Mismark terhitung warna “diri” dengan warna putih pada bagian belakang di antara pundak dan ekor, disamping di antara siku dan sisi belakang, atau dalam telinga.

Hitam dengan tanda putih dan tanpa tan sebagai mismark.

5. Temperamen Pembroke Welsh Corgi

Banyak yang memandang Welsh Corgi satu diantara ras anjing rumahan kecil yang paling dicintai, karena mereka manis dan penuh kasih-sayang tanpa menuntut. Anjing-anjing ini ialah hewan yang pintar, penuh rasa ingin tahu, dan peka.

Karena mereka terlatih menggembalakan ternak (dengan menggigit kaki mereka), mereka relatif tidak takut dan pemberani. Mereka kemungkinan menampilkan beberapa kecondongan menggembala pada anak kecil atau hewan lain.

Pembroke Corgi ialah anjing-anjing kecil yang aktif dan semangat dengan sejumlah stamina. Mereka mempunyai indera yang tajam dan menjadi anjing penjaga yang bagus. Corgi tidak agresif. Mereka ceria dan setia. Tetapi sebagai anjing penjaga yang bagus, anjing Corgi akan menggonggong untuk mengingatkan manusia. Mereka mempunyai gonggongan yang lumayan keras dan kuat untuk ukuran mereka karena kedalaman dada mereka.

Mereka dapat menggonggong bila mereka sendirian di dalam rumah atau bosan. Bila mereka tidak memperoleh cukup olahraga, Anda akan mendengarnya dengan jelas dan keras!

a. Latihan dan Olahraga Anjing Pembroke Welsh Corgi

Training berguna untuk semua anjing, dan Corgi benar-benar responsive pada training karena energi dan tekad mereka untuk menyenangkan orang. Karena mereka cukup mandiri, training bisa menolong membatasi dan menghindari Corgi dari masalah. Ingat-ingatlah jika mereka ialah ras yang peka, hingga training berbasiskankan imbalan bekerja secara baik. Training dapat menolong memperdalam ikatan pemilik-anjing.

Baca Juga:   10 Anjing Mirip Serigala, Keren Banget!

Corgi memiliki tubuh kecil, tapi mereka punyai kualitas anjing besar, jadi bergaul dengan beberapa orang dan anjing lain itu bagus. Anda kemungkinan harus juga mengajarkan mereka naik dan turun tangga karena badan mereka yang panjang. Mereka kemungkinan menanggung derita permasalahan punggung bersamaan pertambahan umur, hingga jumlah dan tipe aktivitas harus diawasi.

b. Olahraga

Sebagai anak anjing yang aktif dan dinamis, Corgi perlu olahraga. Mereka senang jalan-jalan panjang serta pendek dan jogging, dan aktivitas yang lain. Mereka dapat mengambil manfaat dari beberapa training kecekatan, karena karakter penggembalaan mereka.

Tetapi sebagai ras berkaki pendek, keperluan olahraga Corgi haruslah cukup. Yakinkan untuk menyiapkan banyak mainan untuk latihan mental serta fisik, seperti bola dan cincin karet. Jauhi beberapa barang yang dapat dikunyah!

anjing corgi, corgi anjing, corgi adalah, karakter anjing pembroke welsh corgi, jenis anjing pembroke welsh corgi, sifat anjing pembroke welsh corgi, anjing corgis, anjing corgi mix, anjing welsh corgi anjing jenis corgi, corgi adalah, gambar anjing corgi, anjing ras corgi, pemeliharaan anjing corgi, perawatan anjing corgi

Anjing Corgi – via : townsquare.media

6. Kesehatan dan Perawatan

Meskipun Corgi kerap kali mujur secara kesehatan, ada banyak keadaan klinis yang mencemaskan pada jenis ini. Satu perihal yang perlu Anda kenali ialah jika Pembroke Welsh Corgi dipandang seperti jenis dwarf sejati.

Ini memiliki arti mereka proporsional perawakannya, seperti anjing yang besar, walau ukuran kecil. Kaki pendek Corgi yang populer ialah dari fenotip yang disebutkan chondrodysplasia, yang dapat disaksikan pada anjing Basset hound.

Beberapa kondisi yang mungkin ditemui Corgi tertulis berikut ini.

a. Displasia Pinggul

Displasia pinggul ialah istilah umum untuk keadaan yang memengaruhi sendi anjing. Keadaan ini mengakibatkan osteoartritis pada persendian yang terserang dan pada akhirnya kehilangan fungsinya. Keadaan ini terkadang bisa dikelola untuk beberapa waktu dengan makanan dan olahraga yang termonitor dan therapy obat, tapi memiliki sifat progresif dan tidak bisa dibalikkan.

Masalah mata

Corgi bisa mewariskan permasalahan di mata seperti atrofi retina progresif, katarak, borok kornea, aliran air mata yang mampet, konjungtivitis, epifora, dan trichiasis. Ini pada akhirnya bisa mengakibatkan kebutaan. Beberapa penyakit seperti itu dan kebutaan yang disebabkannya bisa ditangani dengan hati-hati.

b. Penyakit Von Willebrand

Ini ialah wujud trombositopatia yang di turunkan atau cacat trombosit kualitatif. Cacat ini mengakibatkan permasalahan pada peranan trombosit, terhitung adhesi, agregasi, dan rilis. Ini pada intinya ialah abnormalitas pendarahan yang biasanya didiagnosa pada Corgi. Bila anjing Anda mengalami pendarahan yang berkelanjutan walau jumlah trombosit dan fungsi pembekuannya normal, ini kemungkinan pemicunya.

Anjing dengan penyakit ini tidak boleh bermain kasar dengan anjing lain karena pendarahan yang terlalu berlebih, tapi keadaannya bisa diatur, terkadang dengan therapy transfusi.

c. Kesehatan Jantung

Bergantung pada study yang Anda baca, salah satunya pemicu paling besar kematian Corgi ialah dari keadaan jantung. Corgi bisa mengalami murmur jantung, kardiomiopati hipertrofik primer, pirau jantung kongenital kanan-ke-kiri, dan duktus arteriosus konsisten (pembukaan dua pembuluh darah yang mengarah dari jantung), di antara keadaan yang lain.

Baca Juga:   Makanan Berbahaya untuk Anjing, Waspadalah!

Masing-masing keadaan ini akan mempunyai rejimen management dan prognosis yang lain yang bisa dipantau oleh dokter hewan Anda.

d. Kanker

Walau banyak riset tidak menguraikan tipe kanker, study Corgi dan kematian purebred memperlihatkan jika kanker umumnya sebagai satu dari tiga pemicu khusus kematian untuk jenis anjing ini. Permasalahan jantung dan umur tua sebagai argumen khusus kematian.

e. Mielopati degeneratif

Anjing yang menanggung derita myelopathy degeneratif (DM) pada tulang belakangnya mengalami permasalahan yang progresif dan akut pada anggota gerak panggulnya, yang bisa mengakibatkan paraplegia dan inkontinensia. Dokter hewan kemungkinan memberi resep rejimen penyembuhan, tapi prognosis periode panjang dari DM buruk. Banyak anjing yang didiagnosa dengan DM pada akhirnya dieutanasia dalam kurun waktu 6 bulan dari waktu analisis.

f. Permasalahan lain

Permasalahan yang lain kemungkinan rawan untuk Corgi ialah:

  • Permasalahan reproduksi (transisi berahi yang tidak teratur, tidak adanya testis, infertilitas, infeksi rahim)
  • Displasia siku
  • Masalah neurologis
  • Permasalahan pencernaan
  • Penyakit autoimun

Kami mereferensikan pengetesan genetik untuk keadaan di atas hingga Anda tahu seberapa sehat anak anjing Anda.

7. Umur, Perawatan, Grooming

Peternak memprediksi usia rata-rata anjing Pembroke Welsh Corgi sekitaran 12-13 tahun. Corgi memang merontokkan bulu-bulu tiap hari serta lebih musiman hingga mereka memerlukan perawatan yang stabil. Pembroke Welsh Corgi harus dirawat tiap hari.

Memakai sisir dan sikat slicker bisa menolong mengatur rambut rontok. Pakai ke-2 alat ini tiap hari. Ini semestinya tidak memerlukan waktu lama – hanya beberapa saat satu hari akan menolong mengontrol rambut rontok.

Semprot mantel dengan air untuk menahan rambut di udara. Khususnya sepanjang musim perontokan bulu-bulu (akhir musim semi, awalnya musim panas), mandikan Corgi Anda untuk mengurangi rambut mati, lalu sikatlah.

Memproses mantel bisa menolong melepaskan susunan bulu-bulu bawah, yang rontok sepanjang musim ini. Janganlah lupa menggunting kuku anjing Anda! Telinga mereka harus juga diperiksa dengan teratur.

8. Pembroke Welsh Corgi Sebagai Hewan Piaraan Keluarga

Welsh Corgi tentu menjadi hewan piaraan yang bagus, karena temperamen manis dan karakter setia mereka. Yakinkan Anda menyosialisasikan dan melatih mereka secara baik! Beberapa training kemungkinan dibutuhkan secara eksklusif pada anak-anak anjing Welsh Corgi untuk membatasi sikap penggembalaan alami di mana ini mempengaruhi anak-anak kecil. Gunakan akal sehat saat memperkenalkan Corgi ke anak-anak dan hewan piaraan.

Anjing-anjing ini dipakai di peternakan untuk mengerjakan ratting dan banyak pekerjaan yang lain, hingga mereka bisa menyaksikan anak-anak dan hewan piaraan yang lain sebagai sisi dari tugas menggembalakan pada awalnya. Anda harus melatih mereka lebih cepat untuk mengungkung tipe sikap ini. Corgi tidak begitu tinggi, tapi mereka bisa membawa ternak dengan menggigit tumit mereka, hingga mereka bisa mencobanya dengan anak-anak.

9. Pro Kontra Memelihara Pembroke Welsh Corgi

a. Pro

  • Menjadi anjing penjaga yang luar biasa
  • Bisa jadi anjing keluarga yang baik sekali bila disosialisasikan dan dilatih
  • Pandai
  • Setia

b. Kontra

  • Rawan pada beberapa permasalahan kesehatan
  • Kemungkinan mempunyai masalah sama
  • Bisa memperlihatkan perasaan menggembala
  • Condong menggonggong
error: