Anjing Shih Tzu, Si Mini yang Lucu dari Tibet

daftarhewan.com. Anjing Shih Tzu. Penampilan anjing ini cantik, lucu serta menggemaskan. Sosoknya mungil, tinggi badannya tidak lebih dari 27 cm. Bobotnya pun maksimal hanya 6,4 kg, tapi tampak besar karena bulunya yang panjang. Apalagi bulu-bulu di kepala dan tengkuknya, demikian lebat hingga mirip surai singa.

anjing shih tzu, shih tzu anjing, jenis anjing shih tzu, jual anjing shih tzu, anjing shih tzu mini, anjing mini shih tzu, anjing shih tzu coklat, cara merawat anjing shih tzu, anjing shih tzu lucu, model rambut anjing shih tzu, anjing ras shih tzu, gambar anjing shih tzu, umur anjing shih tzu

1. Sejarah Anjing Shih tzu

Tetaplah kiranya kalau ia dijuluki singa kecil. Memang, Jenis anjing Shih-tzu sepintas mirip singa mini, dan julukan ini sudah disandangnya sejak abad ke-6. Seluruh dokumen kuno dari abad itu melukiskan adanya kontes anjing dan Shih-tzu disebut-sebut sebagai singa kecil. Si bulu panjang ini termasuk anjingnya bangsawan. Anjing ini diduga hasil perkawinan silang antara Pekingese dan Lhasa apso.

Dahulu ia hanya dipelihara dalam biara-biara di Tibet sebagai anjing suci. Namun pada abad ke-17, ketika dinasti Manchu berkuasa di China, ia dijadikan persembahan kepada raja. Dari sini Shih-tzu mulai berkembang dengan pesat dan dipelihara oleh para bangsawan di “kota terlarang” Peking. Pada tahun 1930, ia mulai dipelihara di Buckingham Palace dan berkembang di seluruh dunia.

Baca Juga:   8 Perbedaan Utama Antara Anjing dan Serigala

Tidaklah aneh bila dulu ia begitu disayang oleh kalangan bangsawan. Penampilannya yang menarik dan sifat yang manja, membuat orang tertarik untuk menyayang bahkan memeliharanya. Matanya yang bulat, besar dan berwarna gelap itu sering berputar lucu, apalagi bila rambut menutupi wajahnya itu dikucir, semakin tampaklah matanya yang lucu jenaka.

2. Karakteristik Anjing Shih tzu

anjing lucu banget, anjing lucu adalah, anjing lucu jenis apa, anjing lucu bulu lebat, anjing lucu dan pintar, anjing lucu dan kecil, anjing lucu dan imut, anjing lucu dan namanya, anjing lucu di dunia, daftar anjing lucu

Shih tzu mempunyai telinga dan ekor panjang, yang penuh ditumbuhi bulu-bulu. Begitu juga wajahnya, sehingga bila dilihat sepintas seolah-olah ia bercabang dan berjenggot. Umumnya semua warna bulu anjing bisa menjadi warna bulunya, tetapi kebanyakan yang dominan warna putih campur cokelat mudua dan hitam kelabu. Ia bisa jadi sangat bernilai dalam kontes bila ada warna putih di kepala dan ekornya.

Baca Juga:   7 Jenis Anjing Pemburu Babi Terhebat di Dunia

Walaupun termasuk anjing rumahan tetapi ia juga bisa jadi anjing pekerja yang sangat kuat. Si bulu lebat ini sangat waspada terhadap orang asing dan pemberani. Seperti halnya bangsawan, ia juga sering terlihat angkuh, santun dan hati-hati, tetapi sangat dapat dipercaya dan akrab dengan anak kecil.

3. Cara Merawat Bulu Shih tzu

Seperti halnya anjing-anjing berbulu panjang, ia juga sangat memerlukan perawatan yang lebih terhadap bulu-bulunya. Karena panjang bulu-bulunya itu bisa melebihi tinggi badannya, maka ujung-ujungnya perlu digunting. Terutama bulu-bulu yang ada di kakinya, karena bisa kusut dan kotor. Selain itu dua minggu sekali bulunya yang lebat dan panjang itu perlu di keramas dengan shampo khusus anjing.

Baca Juga:   Makanan Berbahaya untuk Anjing, Waspadalah!

Setiap hari, pagi dan malam, ia cukup diberi dog food yang dicampur dengan potongan-potongan kecil daging sapi. Pagi hari ia juga perlu diberi minum susu. Selain pakan yang baik, si manja ini juga memerlukan vitamin-vitamin, terutama kalsium dan minyak ikan untuk bulu-bulunya.

Untuk melemaskan otot-otot kakinya, sekali-sekali ia perlu diajak jalan-jalan. Tetapi tak perlu dijemur dibawah sinar matahari, karena ia lebih cocok berada di daerah dingin dan tidak terlalu sering kena panas.

Dengan perawatan yang baik, Shih tzu dapat berumur 10-16 tahun.

error: