Home » Anjing » Anjing Siberian Husky Warna Putih “White Husky” yang Langka

Anjing Siberian Husky Warna Putih “White Husky” yang Langka

daftarhewan.com. Apakah Anda sedang mencari anjing yang sempurna untuk peliharaan keluarga? Cobalah pertimbangkan untuk mengadopsi White Husky. Karena, tidak hanya memiliki penampilan yang menawan, White Husky atau anjing husky warna putih juga mempunyai kecerdasan, kesetiaan, dan ketangguhan yang menakjubkan.

siberian husky warna putih, anakan siberian husky putih, anjing siberian husky warna putih, gambar siberian husky

Gambar siberian husky warna putih

Terlebih, White Husky juga termasuk keturunan anjing yang langka. Maka, kehadiran White Husky akan menjadi perihal yang berharga dan membawa prestise tersendiri di rumah Andae.
Bagaimana? Ingin mengulik lebih jauh tentang White Husky? Simak selengkapnya!

Tentang White Husky, Anjing Langka yang Penuh Pesona

A. Informasi umum tentang White Husky

“White Husky” merupakan sebutan bagi salah satu variasi Siberian Husky. Namun, tidak seperti kebanyakan Siberian Husky yang bercorak hitam, abu-abu, atau kecokelatan, White Husky berwarna putih polos di sekujur tubuhnya.

Sebagian White Husky juga memiliki semburat kuning atau krem ​​pada bulu mereka, jika dilihat dalam pancaran cahaya yang tepat. Mereka yang memiliki warna semacam itu, juga kerap disebut sebagai “Isabella Husky”.

Menariknya, White Husky memiliki variasi warna mata, mulai dari biru, cokelat, hingga parsial, dengan warna yang berbeda di kedua mata. White Husky bermata biru kerap jadi buruan, namun Anda tidak perlu ikut-ikutan mengincarnya, jika tidak sesuai dengan preferensi pribadi.

B. Asal-muasal White Husky

Ras anjing Husky berasal dari Siberia, Asia Utara. Bukti paling awal menunjukkan bahwa mereka telah hidup lebih dari 3000 tahun yang lalu. Awalnya, Siberian Husky dikembangbiakkan oleh suku Chukchi untuk membantu urusan logistik dan perburuan. Saat itu, seluruh dunia belum mengenal Siberian Husky, hingga awal abad ke-20.

Namun, popularitas Siberian Husky melonjak, ketika sebuah tim kereta luncur memenangkan kompetisi 408-mile All Alaska Sweepstakes Race di tahun 1910. Ras Husky pun merambah ke segala penjuru dunia, dan terus dikenal hingga saat ini.

Perkembangan tersebut, memunculkan berbagai variasi warna Siberian Husky, termasuk di antaranya White Husky yang sangat langka.

C. Kecakapan Ras Husky

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ras Husky dikembangbiakkan sebagai pekerja. Sekelompok Husky juga menjadi penarik kereta luncur, dengan seorang pengemudi yang disebut musher. Dan, hingga saat ini, perlombaan kereta luncur masih terus berlangsung untuk hobi dan olahraga.

Baca Juga:   Apakah Penyakit Anjing Dapat Menular Ke Manusia?

Menariknya, terdapat kisah nyata yang heroik mengenai kereta luncur Siberian Husky. Atas kepemimpinan Balto, sekelompok anjing penarik kereta luncur menyelesaikan perjalanan sejauh 1059 km dalam waktu 5,5 hari, untuk mengantarkan obat-obatan ke desa terpencil di Alaska.

Kisah anjing bernama Balto tersebut, lantas dijadikan film dan patungnya kini berdiri tegak di Central Park, kota New York.

D. Karakteristik Fisik White Husky Galur Murni

White Husky kerap disebut-sebut sebagai anjing terindah di planet bumi. Meski terdengar berlebihan, namun sulit pula untuk menyangkalnya, jika Anda melihat aura White Husky yang memesona.

Seperti ras Husky pada umumnya, White Husky memiliki telinga tegak berbentuk segitiga, dengan mata almond yang tajam. Tubuh White Husky yang kekar, ramping, dan proporsional, ditambah dengan ekor yang tebal, juga membuat mereka tampak menyerupai rubah. Dan, menariknya, meski White Husky terlihat anggun dan tenang, mereka begitu tangguh dan sangat kuat.

E. Karakteristik Bulu White Husky

Siberia, kampung halaman ras Husky, memiliki iklim keras, dengan cuaca dingin yang ekstrem. Maka, Siberian Husky beradaptasi dengan mantel bulu ganda dan tebal. Bulu-bulu terluar menjadi lapisan anti-air, sementara bulu-bulu di bawahnya begitu padat, untuk memberi mereka kehangatan yang cukup.

Dua kali dalam setahun, mereka akan mengalami siklus pelepasan bulu besar-besaran, yang disebut “blowing coat”. Selama periode tersebut, Anda perlu upaya ekstra dalam merawat dan menyikat White Husky Anda, untuk menyingkirkan bulu-bulu rontok yang terperangkap di lapisan bawah. Selain itu, bersihkan segala kotoran atau serpihan, demi menghindari lecet pada kulit White Husky.

Anda dapat melakukannya secara mandiri dan konsisten, tanpa perlu jasa profesional.

white husky puppy, white husky dogs

Anjing siberian husky kecil

F. Ukuran White Husky

Dalam pengembangbiakkan White Husky, terbentuk dua ukuran, yaitu standar dan mini. White Husky standar berukuran relatif sedang, dengan bobot tubuh antara 17-30 kg. Dan, para pejantan umumnya 10 kg lebih berat dibandingkan White Husky betina.

White Husky dewasa ukuran standar, dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 50-60 cm, dengan postur yang ramping, kekar, dan kuat. Sementara itu, berat tubuh White Husky mini hanya sekitar 9-12,5 kg, dengan tinggi 30-40 cm.

G. Karakter dan Temperamen White Husky

Siberian Husky berkembang sebagai anjing pekerja atau terlibat dalam kelompok penarik kereta luncur. Karena itu, mereka sangat mudah bersosialisasi dan menjadi lebih baik jika berada di sekitar anjing lain atau manusia.

Namun, ada kalanya Siberian Husky menunjukkan sikap agresif dan temperamental. Terutama, jika mereka dibiarkan sendiri atau tidak mendapatkan porsi olahraga yang cukup. Maka, sangat penting untuk Anda ketahui, bahwa Siberian Husky yang bosan, dapat menjadi sangat destruktif.

Baca Juga:   10 Jenis Anjing Berekor Pendek dan Tidak Punya Ekor

Mereka bukan anjing rumahan yang bisa Anda pangku sepanjang hari. Ras Husky membutuhkan gaya hidup aktif dan energetik, dengan interaksi yang intensif.

G. Kebutuhan Olahraga White Husky

Naluri anjing pekerja, masih melekat dalam jiwa raga Siberian Husky. Terlebih mereka berasal dari kondisi lingkungan yang keras dan penuh tantangan. Sudah pasti, ras Husky akan memerlukan porsi olahraga yang sangat tinggi, terutama lari.

Namun, jangan biarkan mereka terlepas dari pengawasan Anda. Selain menghindari potensi bahaya seperti lalu lintas, hewan liar, dan situasi tidak terduga, White Husky bisa saja kabur dan menghilang.

Maka, pastikan halaman Anda telah aman dari segala sisi, dengan ketinggian pagar minimal 1,5 meter. Anda juga perlu memasang pengaman di bawah tanah, karena selain gemar berlarian, anjing Husky juga jago menggali.

H. Pelatihan dan Sosialisasi untuk White Husky

Meski White Husky tergolong anjing yang sangat cerdas, melatih mereka terbilang cukup menantang. Apalagi, jika Anda belum memahami tentang sejarah dan kepribadian ras Husky.

Yang umum diketahui, Husky sangat ramah dan suka bersosialisasi, namun mereka terbiasa bekerja dan bergerak dalam waktu yang lama, bahkan bisa berhari-hari. Implikasinya, mereka jarang mendengar perintah konvensional, seperti “sit” dan “stay”. Karena itulah, ras ini membutuhkan pelatihan yang intensif, hanya untuk mematuhi perintah sederhana.

Di sisi lain, Siberian Husky juga dikembangbiakkan untuk membantu aktivitas perburuan. Mereka memiliki insting yang kuat dalam memburu mangsa, dan pembawaan alami tersebut akan sulit Anda hilangkan.

Maka, apabila di rumah Anda terdapat hewan peliharaan lain yang kecil dan rentan, seperti hamster, tupai, atau kelinci, bisa jadi White Husky bukan pilihan yang tepat bagi keluarga Anda.

I. White Husky sebagai Anjing Keluarga

Ras Husky membutuhkan pelatihan dan perawatan yang baik dari pemilik anjing berpengalaman. Dengan kata lain, White Husky bukan kandidat yang tepat untuk menjadi “anjing pertama” bagi keluarga Anda.

Namun, jika keluarga Anda telah cukup mahir dalam mengenal dan memelihara anjing, White Husky bisa menjadi pilihan yang sempurna, karena mereka memiliki kecenderungan untuk menjalin ikatan dengan manusia. Hanya saja, sikap White Husky yang sangat ramah terhadap orang asing, membuat mereka tidak cocok menjadi anjing penjaga.

J. Masalah Kesehatan White Husky

Seperti ras anjing bergalur murni lainnya, White Husky berpotensi mewarisi masalah kesehatan yang bersifat genetik, terutama pada area pinggul dan mata. White Husky dapat mengalami katarak, progressive retinal atrophy, dan corneal dystrophy, pada mata mereka. Sementara pada bagian pinggul, kerap terjadi hip dysplasia yang mengganggu postur dan pertumbuhan tubuh mereka.

Baca Juga:   Tentang Anjing Siberian Husky dan Perawatannya

 

K. Pemeriksaan Kesehatan bagi White Husky

Canine Health Information Center (CHIC), terus memperbarui daftar tes masalah kesehatan genetik yang perlu dilakukan pada White Husky. Apalagi, tidak semua masalah kesehatan dapat terdeteksi ketika lahir. Maka, pastikan Anda mengadopsi White Husky dari peternak profesional, yang berkomitmen untuk menjaga kualitas indukan Husky yang dikembangbiakkan.

CHIC merekomendasikan pemeriksaan kesehatan secara komperhensif untuk mata dan tes displasia pinggul. Mintalah bukti bahwa White Husky terbebas dari masalah kesehatan pada dua hal tersebut, kepada peternak yang Anda pilih. Atau, Anda juga dapat membawa White Husky ke dokter hewan yang kredibel, untuk mendapatkan pemeriksaan lengkap, sebelum Anda mengadopsinya.

L. Tips Memilih White Husky

Jika Anda hendak mengadopsi anak anjing White Husky, cobalah amati atau telusuri riwayat kedua indukannya. Hal ini akan memberi Anda gambaran mengenai penampilan dan ukurannya ketika dewasa, serta temperamen dari anak anjing White Husky tersebut.

Pilih anak anjing dengan bulu putih yang cerah, waspada, dan sehat. Pastikan pula bahwa ia cukup energetik, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, serta percaya diri.

M. Harga White Husky Galur Murni dengan Mata Biru

Terdapat sejumlah faktor yang memengaruhi harga White Husky, yaitu:

  • Garis keturunan
  • Prestasi
  • Jenis kelamin
  • Kualitas sebagai hewan peliharaan dan kontes
  • Biaya pengembangbiakkan
  • Hukum ekonomi mengenai penawaran dan permintaan (supply and demand)

White Husky bermata biru cenderung lebih mahal dibandingkan warna mata lainnya. Namun, secara umum White Husky ukuran standar dibanderol dengan harga sekitar 4-9 juta rupiah. Sementara White Husky mini berada di kisaran 10-17 juta rupiah.

N. Mengadopsi White Husky

Terdapat plus minus yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih antara anak anjing atau White Husky dewasa. Meski anak anjing White Husky bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih murah, namun memilih White Husky dewasa yang telah mendapat pelatihan akan lebih menguntungkan.

Namun, lain cerita jika Anda mengadopsi White Husky yang belum menjalani pelatihan. Tentu akan lebih sulit untuk melatih anjing dewasa dibandingkan anak anjing. Hanya saja, Anda juga perlu mencermati layanan dari peternak yang Anda pilih. Apakah ada bantuan untuk menjalin ikatan dengan pemilik baru, sterilisasi, logistik, atau kelas latihan bagi White Husky, pasca adopsi.

O. Kesimpulan

White Husky galur murni dengan warna putih cerah dan mata biru yang cantik, akan menarik perhatian dan menjadi prestise tersendiri bagi Anda. Namun, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai karakter dan kebutuhan White Husky, bisa jadi ras ini bukanlah anjing yang ideal bagi keluarga Anda.

Maka, meski pesona White Husky begitu kuat dan menawan hati, pastikan Anda tetap rasional mempertimbangkan segala aspek, sebelum menjadikan White Husky sebagai bagian dari keluarga Anda.

error: