Apa Ikan Tidur? Bagaimana Caranya?

daftarhewan.com. Bagaimana tidur Anda malam hari ini? Apa Anda sempat kepikiran, Apa ikan tidur?

Di jaman sekarang, banyak yang mengeluhkan susah tidur. Bahkan juga ada langsung mengeklaim menanggung derita insomnia.

apa ikan bisa tidur, kapan ikan tidur, ikan tidur seperti apa, ikan tidur ga, ikan tidur jam berapa, ikan tidur gak sih, ikan tidur bagaimana, apa ikan pernah tidur, ikan pernah tidur ga, gambar ikan tidur, ikan tidur berapa lama, ikan yang tidur, ciri-ciri ikan yang tidur

Walau sebenarnya bisa jadi anda tidak sulit tidur, tetapi hanya sulit mematikan handphone dan piranti elektronik lain. Terlebih lagi jika signal, paket kuota, atau koneksi internetnya memberikan dukungan. Pasti anda akan makin susah untuk tidur pada jam-jam normal.

Apa Ikan Tidur?

Walau sebenarnya tidur itu sebagai keperluan primer makhluk hidup. Tidur anda harus cukup dan berkualitas. Dengan begitu, kesehatan anda tetap terjaga. Bagaimana dengan ikan? Apa ikan tidur? Bila iya, tidurnya bagaimana?

Maklum, tiap menyaksikan ikan, mereka tentu sedang berenang. Seolah-olah kegiatannya terus berjalan tiada henti. Tidak sempat ada ikan yang tiduran di kasur dengan mata terpejam. Tetapi kenyataannya, ikan tidur.

Baca Juga:   Peralatan dan Cara Memancing di Laut

1. Bagaimana Cara Ikan Tidur?

Pertama kali, tidak boleh menyamakan tidurnya ikan dengan manusia. Ikan tidak mempunyai neokorteks dan kelopak mata, hingga tidak ada sisi otak ikan yang tertutup dan mata mereka pun tidak terpejam. Disamping itu, sikap tertidur mereka perlu jadi perhatian.

Berdasar hasil study Kampus Zurich, sekitaran 200 spesies hewan (terhitung ikan) mempunyai pola tidur yang bervariatif.

Hasilnya, sebagian besar hewan memang memakan waktu untuk istirahat. Performa badan mereka melamban. Terhitung ikan, yang detak jantungnya lebih perlahan dan pergerakan gerakannya turun saat tidur. Pertanda ini memperlihatkan jika mereka sedang dalam gaya menghemat energi. Pergerakan metabolismenya menyusut. Baca juga : Ikan Cupang Tidur

Bila anda lihat lebih cermat, ikan memang manfaatkan waktu untuk istirahat. Mereka terlihat mengambang, seolah-olah sedang berlatih keseimbangan. Saat Anda menaburkan makanan juga, kemungkinan mereka tidak langsung akan memberi respon.

Tapi bisa saja ikan tersebut bergerak. Bagaimana juga mereka masih tetap membutuhkan konsumsi oksigen pada badannya. Dapat dikatakan, pengalaman tidur mereka seperti manusia yang sedang melamun. Mereka tidak memperlihatkan tidur REM (rapid eye movement) seperti manusia.

Baca Juga:   7 Ikan Lele Terbesar di Dunia yang Pernah Tertangkap

Tidaklah aneh jika Anda cukup kesusahan memastikan, apa ikan itu sedang tidur atau mungkin tidak, bila dilihatnya cuman sepintas. Apa lagi ikan yang tidur masih tetap mengontrol kewaspadaannya. Bila ada pergerakan meresahkan atau teror nyata, mereka akan selekasnya beraksi.

2. Apa Semua Ikan Tidur dengan Cara Sama?

Tidak juga. Beberapa ikan besar, misalkan hiu, umumnya tidur dengan melambankan gerak berenang. Sedang ikan-ikan kecil sekedar gerakkan siripnya sesekali. Ada pula ikan-ikan yang mengikuti langkah tradisional manusia.

apa ikan tidur, apa ikan bisa tidur, ikan tidur seperti apa, apakah ikan tertidur, apa ikan pernah tidur, apakah ikan hias bisa tidur, apa ikan juga tidur, apakah ikan tidur jelaskan, apakah ikan hias tidur, apakah ikan koki bisa tidur

Parrot fish (Ikan Kakatua)

Mereka aktif pada siang hari, lalu memasuki terumbu karang pada malam hari. Mereka mengerjakan hal tersebut supaya bisa tidur dengan tenang dan terbebas dari masalah predator.

Ada pula parrot fish (ikan kakatua), yang memakai ‘kantung tidur’ untuk terlelap. Kantung itu serupa jelly yang berlendir dan digunakan seperti ‘kamar’. Mereka menyengaja memakainya supaya terbebas dari golongan pemangsa.

3. Kapan Ikan Tidur?

Umumnya ikan sebagai diurnal, kontradiksi dari nokturnal. Dalam kata lain, banyak pada mereka yang aktif pada siang hati dan istirahat pada malam hari. Ini logis, karena ikan memercayakan mata atau penglihatannya untuk mencari makanan dan menjaga diri supaya masih tetap aman. Keadaan siang hari yang jelas pasti benar-benar menolong.

Baca Juga:   12 Jenis Ikan Mas Koki Keren dan Tips Perawatannya

Ikan apa yang tidur? Jam tidur ikan sendiri bergantung dari spesies mereka, dapat siang dan juga bisa malam. Ada spesies ikan yang tidur cuman pada waktu tertentu, misalkan saat migrasi atau menjaga anak-anaknya. Ada pula yang tidak tidur sampai umurnya dewasa. Misalkan Tilapia atau Mujaer, yang baru memperlihatkan pertanda tidur saat umurnya lebih dari 22 minggu. Ada juga ikan akuarium akan turut tidur saat lampu dimatikan.

4. Beberapa Ciri Ikan yang Sedang Tidur

Supaya anda tidak mengusik ikan yang rupanya sedang istirahat, seharusnya lihat 4 tanda khusus jika ikan itu sedang tidur:

  • Ikan dalam postur sedang istirahat.
  • Ikan tidak aktif dalam waktu lumayan lama.
  • Jeda gerakan ikan berjalan dengan teratur, pada saat-saat tertentu.
  • Sensitivitas pada stimulan luar (external) turun.

Nah, ternyata ikan juga tidak selama-lamanya terbangun, ya. Anda perlu sensitif supaya tidak mengusik waktu istirahat mereka.

error: