Apa Itu Ayam Broiler, Apa Bisa Bertelur?

Posted on

daftarhewan.com. Apa Itu Ayam Broiler? Ayam broiler adalah ayam yang dipelihara untuk diambil dagingnya. Biasanya hibrida dari breed yang dirancang untuk tumbuh lebih cepat, ayam broiler menyebar luas di peternakan di penjuru dunia.

Di peternakan, mereka umumnya disembelih saat berusia 5-7 minggu. Peternak memakai sistem yang disebut sebagai pembiakan selektif untuk menghasilkan ayam dengan wujud serta ukuran yang sesuai kemauan perusahaan dengan konsumen pembeli, tetapi pembawaan tersebut menimbulkan kerugian pada sisi kesejahteraan ayam.

Melihat kehidupan ayam broiler kemungkinan membuat Anda berpikir 2x untuk menyuguhkan ayam-ayam ini di meja makan Anda.

Apa Itu Ayam Broiler

1. Kehidupan Ayam Broiler

ayam broiler, ayam broiler adalah, ayam potong, ayam pedaging, apa yang dimaksud dengan ayam broiler

Ayam broiler mengawali hidupnya pada tempat penetasan yang disebut Hatchery, di mana ribuan telur diinkubasi dan ditetaskan. Ayam broiler tak pernah berjumpa dengan induknya, karena ayam ini dipelihara pada tempat penangkaran terpisah. Saat anak ayam berusia sekitaran satu hari (DOC) One-Day-Old Chicks , mereka ditaruh di ban berjalan di mana mereka divaksin.

Baca Juga:   5 Daftar Ayam Hias Termahal, Apa Saja?

Vaksinasi diberikan baik lewat penyemprotan atau suntikan. Sabuk konveyor selanjutnya memasukkan mereka ke peti pengangkut, yang masing-masing memiliki ukuran seukuran laci meja besar. Peti ditumpuk di atas satu sama lain dan ditaruh ke dalam truk untuk diangkut ke tempat atau kandang pembesaran, di mana ayam akan menghabiskan sebagian besar hidup mereka yang lebih pendek.

Lumbung atau kandang umumnya memiliki ukuran besar, seperti gudang tanpa jendela (CH) Close House, di mana ayam berada dalam ruangan setiap waktu. Kandang ini dapat memuat beberapa puluh ribu sampai ratusan ribu ayam.

2. Perbedaan Ayam Broiler Dengan Ayam Layer

Ayam broiler sudah dibiakkan secara selektif untuk mempunyai karakter tertentu yang diharapkan, seperti otot dada yang tumbuh semakin besar, yang selanjutnya dipasarkan sebagai “daging putih” atau “dada ayam”. Baca juga : Ayam Filet.

Yang dimaksud Ayam Layer merupakan Ayam petelur, digunakan sebagai penghasil telur dan sudah dibiakkan secara selektif untuk menghasilkan telur dengan jumlah besar.

Baca Juga:   Ayam Bertelur, Kapan dan Bagaimana?

Peternak biasanya memindahkan ayam Layer dari kandang pembesaran ke kandang battery khusus petelur ketika mereka berusia 18 minggu untuk mempersiapkan siklus bertelur. Ayam biasanya bertelur selama dua belas bulan mulai saat mereka berusia sekitar 21 minggu dan berlangsung sampai mereka berusia sekitar 72-80 minggu.

Perbedaan ayam broiler dan ayam layer

3. Apa Ayam Broiler Bisa Bertelur?

Ayam broiler bisa bertelur. Diketahui sebagai ayam indukan. Ayam yang bertelur membuahi telur yang diperuntukkan untuk peternakan ayam pedaging sebagai bagian integral dari industri unggas. Sebagai anak ayam, peternak ayam pedaging kerap mengalami beragam mutilasi, seperti pemangkasan paruh dan pemotongan jengger, di mana bagian paruh dan sisir (jengger) dihilangkan.

Peternakan ayam broiler indukan disimpan di sarana yang serupa dengan lumbung pembesaran untuk ayam broiler biasa, dalam barisan jenis kelamin kombinasi untuk memungkinkannya perilaku kawin atau perkawinan alami. Telur dikumpulkan dan dikirimkan ke tempat penetasan (Hatchery), di mana kehidupan ayam broiler dimulai.

Baca Juga:   Pemasaran Ternak Kelinci, Memanfaatkan Media Online

4. Ayam Potong

Berdaging tebal dan dengan bulu putih, jadi keunikan ayam potong yang umum dalam pemahaman khalayak. Beberapa orang mengenalinya sebagai ayam pedaging, beberapa yang lain menyebutkan mereka sebagai ayam broiler. Tetapi, istilah dan penyebutan ini memunculkan kerancuan yang cukup membuat bingung.

Apa ayam pedaging hanya mengarah pada ayam broiler? Bagaimana dengan jenis ayam lain yang difungsikan sebagai penghasil daging, seperti ayam ras atau kampung? Apakah ayam broiler bisa bertelur? Bagaimana cara ayam broiler bertelur?

Untuk menjawab beberapa pertanyaan itu, tentunya kita perlu mengerti beberapa point utama. Pertama, tiap unggas betina bisa menghasilkan telur dan dapat difungsikan sebagai penghasil daging. Baik itu ayam, puyuh, atau kasuari, ayam mutiara, ayam kalkun dan lain-lain.

Yang membedakannya, yakni ukuran badan, jatah daging, dan besar serta jumlah telur yang dapat dihasilkan. Ke-2 , berdasar point pertama, istilah ayam pedaging mengarah pada ayam yang mempunyai jatah daging yang banyak.

ayam pedaging, ayam potong terdekat, ayam pedaging adalah, ayam broiler, ayam broiler adalah, ayam potong, ayam pedaging, apa yang dimaksud dengan ayam broiler
Gambar ayam potong atau Broiler – via : quora.com

Istilah ini dipakai pada unggas lain seperti kalkun, entog, bebek, atau angsa. Dapat disebutkan, panggilan itu diberikan sesuai hasil khusus atau kekuatan dari unggas itu. Misalkan istilah lain, ada ayam hias dan ayam petelur (layer).

Ke-3 , untuk menegaskan pengertian ayam pedaging dan membedakannya dengan ayam buras atau ayam kampung, ada persyaratan yang perlu dipenuhi ayam pedaging. Antara lain, ayam yang berumur kurang dari 8 minggu dengan berat badan tertentu saat dipasarkan, mengalami perkembangan yang cepat, dan mempunyai dada lebar dengan daging yang bagus dan tebal.

Dari ke-3 point yang sudah disebut, ayam kampung serta ayam petelur tidak memenuhi persyaratan itu. Perkembangan mereka tidak demikian pesat dan pada umur kurang dari 8 minggu, ukurannya hanya sekitar kepalan tangan orang dewasa. Ayam petelur (layer) serta ayam kampung dapat disebutkan apkir sesudah umur 1,5 tahun.

Peternak skala besar umumnya memiliki breeding farm dan hatchery, untuk membudidayakan ayam broiler dan sebagai tempat penetasan telur dengan jumlah banyak. Usia ayam broiler siap bertelur ialah sekitaran delapan bulan ke atas.

Sedangkan, persyaratan ayam pedaging telah dipenuhi oleh ayam broiler. Istilah ayam broiler datang dari teknik mengolah ayam yang sudah dilakukan oleh orang-orang barat. Tidak ada istilah yang lain dapat gantikan panggilan ayam broiler itu.

Dari sisi perkembangan, ayam broiler mengalami pertumbuhan yang sangat cepat semenjak berumur 1 – 5 minggu. Saat berusia tiga minggu, daging dalam tubuh ayam broiler sudah padat dan saat berusia 6 minggu, besar badan ayam broiler sudah sama dengan ayam kampung dewasa. Bahkan juga, dapat menggapai 2 kg jika dipelihara sampai berumur dua bulan.

Karena itu, bisa diambil kesimpulan jika walau bisa bertelur, ayam broiler diternakkan dengan hasil khusus, yaitu berbentuk daging. Dalam kata lain, sekarang ini ayam broiler jadi salah satu tipe ayam yang terbaik dikatakan sebagai ayam pedaging. Tetapi, istilah ayam broiler dan ayam pedaging tidak dapat dipersamakan atau sama-sama gantikan.

Karena, bisa saja akan ada ayam pedaging lain dengan persyaratan dan keunggulan yang serupa atau semakin tinggi dari broiler di periode kedepan.

Yang paling penting, peternakan ayam pedaging selalu mengerjakan pembaruan dan kenaikan kualitas. Semua ayam diberlakukan secara baik, diberi makanan yang sehat, tanpa suntikan beberapa zat berbahaya, dan tidak memunculkan efek saat manusia mengonsumsinya.