Apa Itu Fauna? Maksud dan Pembagiannya

daftarhewan.com. Pengertian Fauna. Istilah flora dan fauna sering kita dengar, tetapi apa sih sebenarnya flora atau fauna tersebut.

Sebelum kita membahas flora, karena ini adalah website hewan. Maka kita akan lebih mendahulukan fauna yang berkaitan dengan hewan.

apa yang dimaksud dengan fauna, apa arti fauna, apa itu fauna, apa yang dimaksud fauna, apa itu hewan endemik, fauna itu apa, apa arti dari fauna, apa itu fauna endemik, apa itu fauna dan flora

Apa Itu Fauna?

Apa yang dimaksud dengan fauna? Fauna adalah seluruh kehidupan hewan yang berada di tempat tertentu atau pada saat waktu tertentu.

Fauna menunjukkan semua bentuk kehidupan hewan, lebih umum digunakan untuk mewakili kehidupan hewan asli tempat tertentu atau endemik.

Kata ‘fauna’ berasal dari berbagai nama seperti ‘Fauna, Dewi bumi dan kesuburan’, Dewa Romawi, ‘Faunus’ dari mitologi Romawi, dan roh hutan terkait ‘Faun’.

Baca Juga:   10 Flora dan 10 Fauna di Indonesia Beserta Gambarnya

Fauna, seperti halnya flora, diklasifikasikan berdasarkan wilayah, karakteristik, iklim, kondisi lingkungan, dan periodenya.

Pembagian Fauna

Pembagian yang paling umum didasarkan pada wilayah. Beberapa flora berdasarkan wilayah antara lain; cryofauna, cryptofauna, infauna, epifauna, macrofauna, megafauna, meiofauna, dan microfauna dan lain-lain :

1. Cryofauna

Cryofauna menunjukkan hewan yang hidup di dalam dan sekitar daerah dingin. Bisa juga diartikan sebagai hewan yang hidup di, atau sangat dekat dengan es, seperti kutub utara.

2. Cryptofauna

Cryptofauna termasuk hewan yang hidup di habitat tersembunyi atau dilindungi.

3. Epifauna

Epifauna adalah kelompok hewan yang hidup di dasar sedimen yang ada di dasar laut.

4. Infauna

Infauna, sebaliknya, menunjukkan hewan samudera paling bawah yang hidup di bawah sedimen atau endapan tersebut.

5. Makrofauna

Makrofauna adalah hewan tanah. Makrofauna disebut juga sekelompok hewan yang ditentukan oleh ukurannya.

Mereka biasanya penghuni sedimen lunak, yaitu pasir dan lumpur, kadang-kadang kerikil, dengan ukuran yang ditentukan oleh jaring saringan kurang lebih 0,5-0,3 mm di mana mereka dapat ditemukan setelah menghilangkan sebagian atau semua partikel sedimen.

Baca Juga:   10 Daftar Hewan Terancam Punah di Indonesia dan Keterangannya

6. Megafauna

Megafauna adalah hewan besar yang hidup di permukaan suatu wilayah atau pada waktu tertentu.

7. Meiofauna

Meiofauna termasuk invertebrata yang lebih besar dari mikrofauna tetapi lebih kecil dari megafauna.

8. Mikrofauna

Hewan mikroskopis atau invertebrata termasuk dalam mikrofauna.

microfauna, mikrofauna

Microfauna atau mikrofauna – via : pinterest.com

9. Avifauna

Avifauna adalah Burung-burung dari suatu wilayah, habitat, atau periode geologis tertentu.

10. Piscifauna

Piscifauna berarti semua ikan yang hidup di tempat, waktu, atau habitat tertentu.

11. Stygofauna

Stygofauna adalah fauna yang hidup pada sistem akuifer atau air tanah, seperti gua, celah dan vug. Stygofauna dan troglofauna (Berdasarkan riwayat kehidupnya) adalah dua jenis fauna bawah tanah.

Keduanya terikat dengan lingkungan bawah tanah, khususnya stygofauna berkaitan dengan air, dan troglofauna dalam gua dan ruang bagian atas permukaan air.

Stygofauna dapat hidup di dalam akuifer air tawar dan di dalam ruang pori batu kapur, kalkret atau laterit, sementara hewan yang lebih besar dapat ditemukan di perairan gua dan sumur. Seperti troglofauna, Hewan stygofauna, dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan riwawat kehidupnya, stygoxenes, stygophiles, dan stygobites.

Baca Juga:   13 Hewan Langka di Indonesia Beserta Gambar dan Asalnya

12. Troglofauna

Troglofauna adalah hewan kecil yang tinggal di gua yang telah beradaptasi dengan lingkungan gelap mereka.

Berdasarkan kehidupannya Troglofauna serta stygofauna merupakan dua jenis fauna bawah tanah.

Keduanya terkait dengan lingkungan bawah tanah, troglofauna terikat dengan gua serta ruang di bagian atas permukaan air sedangkan stygofauna dengan air.

Spesies Troglofaunal termasuk serangga, laba-laba, myriapoda dan lain-lain. Beberapa jenis troglofauna hidup secara permanen di bawah tanah dan tidak bisa bertahan lama hidup di luar lingkungan gua.

Karakteristik serta adaptasi Troglofauna adalah peningkatan panca indra seperti indra penciuman, sentuhan dan indra pendengaran.

Sebagian besar troglofauna kehilangan sebagian indra penglihatan yang digunakan, juga terdapat kekurangan pigmentasi.

Serangga dalam Troglofauna kemungkinan menunjukkan tidak mempunyai sayap serta pelengkap yang lebih memadai.

Baca Juga:   15 Hewan yang Sudah Punah Hingga Tahun 2022

13. Xenofauna

Secara teoritis, Xenofauna merupakan organisme asing yang bisa digambarkan sebagai hewan analogi. Sampai saat ini, tidak ada bukti kehidupan asing, hewan atau lain-lain, yang terbukti adanya.

Walau demikian, ide tentang kehidupan alien tetap menjadi subjek yang menarik di bidang biokimia, astronomi, fiksi ilmiah, astrobiologi, biologi evolusioner serta filsafat.

error: