Apakah Kucing Hamil Boleh Dimandikan?

daftarhewan.com. Memandikan kucing hamil. Meski kita tidak memandikan kucing, mereka sudah memiliki insting kuat untuk membersihkan dirinya sendiri. Namun kadang kita masih ragu, apakah tubuh mereka benar-benar bersih. Sehingga kita kerap mengatur jadwal agar mereka rutin mandi menggunakan air. Selain bersih dan terhindar dari parasit, kebersihan juga membuat kucing jadi sangat nyaman.

Demikian juga dengan kucing hamil. Mereka masih memiliki insting kuat untuk grooming atau membersihkan dirinya sendiri. Terlihat sekali gelagat dan raut tidak nyamannya ketika tubuh tampak kotor. Hanya saja, kucing hamil memiliki keterbatasan. Kadang lidahnya sulit menjangkau area-area tertentu.

bolehkah kucing hamil mandi, kucing hamil bolehkah mandi, apakah kucing hamil boleh mandi, kenapa kucing hamil tidak boleh mandi, boleh kah kucing hamil mandi, alasan kucing hamil tidak boleh mandi, bolehkah kucing hamil dimandikan, kucing hamil boleh dimandikan, bolehkah mandiin kucing hamil, memandikan kucing hamil

Kucing hamil di kamar mandi – via : Pictures-of-cats.org

Lalu, bolehkah kita memandikan kucing hamil?

Boleh, silakan saja. Dengan catatan, ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan.

Lakukan dengan Lembut

Mandikan kucing dengan pelan dan perlahan, apalagi ketika membersihkan area perutnya. Basuh dan bilas dengan bersih.Usahakan menggunakan air hangat. Anda tidak perlu memandikan sekujur tubuhnya, melainkan cukup bagian-bagian yang kotornya saja.

Selain itu, pastikan ia bersedia dimandikan. Jangan sampai ia merasa terpaksa dan stres. Anda mungkin memerlukan bantuan orang lain untuk memegangnya secara lembut. Sehinggga anda bisa leluasa memandikannya.

Timing

Kucing kerap menjaga suhu tubuhnya. Sehingga penting bagi anda untuk memerhatikan waktu mandinya. Sebaiknya pertimbangkan jam-jam cerah antara pukul 9-10 pagi. Biasanya di waktu tersebut, temperaturnya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Tidak perlu grasa-grusu memandikannya ketika hujan atau cuacanya dingin. Kulit dan bulunya riskan terkena jamur.

Baca Juga:   Mengenal Nama Kucing Nabi Muhammad

Segera Keringkan

Setelah mandi, anda mesti sigap mengeringkan tubuh kucing. Utamakan bagian-bagian tubuh yang sulit dijangkau yang dikeringkan. Jika tidak, kulitnya bisa gimbal dan kembali menimbulkan masalah.

apakah kucing hamil boleh mandi, apakah kucing hamil boleh dimandikan, apakah kucing hamil boleh di mandiin, kucing hamil apa boleh dimandikan, kenapa kucing hamil tidak boleh mandi, bolehkah kucing hamil mandi, bolehkah kucing hamil dimandikan, bolehkah mandiin kucing hamil

Gambar kucing hamil

Tidak Memaksa Kucing

Sebagaimana manusia, kucing hamil pun terkesan moody. Mereka cenderung mudah stres, termasuk ketika tidak mau mandi, namun terus didesak untuk mendi. Akibat dari stres berlebihan bisa berisiko keguguran. Sebagai alternatifnya, anda bisa menyeka atau mengelap tubuh kucing dengan kain basah dan cepat mengeringkannya.

Selain itu, alangkah lebih baik jika anda peka terhadap masa kehamilan kucing. Pastikan agar grooming yang anda lakukan tidak berisiko keguguran. Bolehkah kucing hamil mandi? #RD

Baca Juga:   Apa Saja Penyakit Kulit Pada Kucing?
error: