Home » Burung » Apa Saja Makanan Burung Lovebird? Ketahui Jenis dan Fungsinya!

Apa Saja Makanan Burung Lovebird? Ketahui Jenis dan Fungsinya!

daftarhewan.com. Apa Saja Makanan Buat Burung Lovebird? – Saat ini, burung bukan hanya dijadikan sebagai hewan peliharaan saja. Tetapi bisa juga diikutsertakan dalam ajang perlombaan. Para bapak-bapak yang sudah lama berkecimpung di dunia burung ini pasti sudah tidak aneh lagi dengan perlombaan burung ini. Dalam perlombaan burung, biasanya yang dipertandingkan adalah suaranya, warna bulunya, dan juga kelangkaannya.

Semakin bagus dan merdu suara yang dipunya oleh burung tersebut, maka harganya pun akan semakin tinggi, begitu pula dengan warna bulu dan kelangkaannya. Salah satu burung yang sering dipelihara dan diikutsertakan dalam ajang pertandingan suara burung adalah burung jenis lovebird.

apa itu makanan lovebird, apa saja makanan burung lovebird, apa nama makanan burung lovebird, apa saja pakan burung lovebird, apa saja makanan buat burung lovebird, apa makanan lovebird biar gacor, jenis makanan lovebird biar ngekek panjang, jenis makanan lovebird dan manfaatnya, jenis makanan lovebird dan fungsinya, apa makanan burung lovebird, jenis makanan lovebird, macam makanan lovebird, macam macam makanan lovebird, makananan burung lovebird

Burung ini diberi nama lovebird diambil dari perilakunya yang sering terlihat bertengger berdekatan bersama pasangannya dan tentunya mereka saling menyayangi satu sama lain. Karena burung ini juga dikategorikan sebagai spesies burung yang mempunyai sifat setia. Burung lovebird ini mempunyai ukuran yang kecil, rata-rata berkisar antara 13 sampai 17 cm dan juga mempunyai berat yang ringan antara 40 sampai 60 gram.

Burung jenis lovebird ini juga mempunyai banyak jenis dan rupanya dengan varian harga yang beragam tergantung dari warna dan suara yang dimilikinya. Jenis lovebird dengan harga tertinggi diantaranya yaitu, lovebird biola blue, lovebird batman, lovebird violet, lovebird kepala elang, lovebird albino, dan lovebird cobalt. Lovebird jenis lain yang tidak disebutkan juga mempunyai harga yang tinggi, hanya saja tidak seperti jenis lovebird yang tadi.

Jenis Makanan Lovebird dan Manfaatnya

Untuk menjaga kualitas dari lovebird itu sendiri, tentunya Anda harus merawatnya dengan baik agar tetap memiliki warna yang elok dan suara yang bagus. Dalam merawat burung lovebird ini, Anda bisa memulainya dari membersihkan kandangnya secara rutin, memandikan lovebird secara teratur, melatih suara lovebird, melakukan pengembunan, dan juga memberikan pakan burung yang baik.

Baca Juga:   Jenis Ayam Pheasant, Gambar dan Harganya

1. Biji Kenari

Nah, pasti beberapa dari Anda bertanya-tanya apa saja makanan burung lovebird? Sama seperti burung lainnya, burung lovebird ini pastinya akan diberi makanan berupa biji-bijian. Namun, untuk mendapatkan suara yang bagus atau para pecinta burung menyebutnya sebagai ‘’ngekek’’, maka burung lovebird harus diberi makanan-makanan tertentu.

Yang paling umum diberikan sebagai pakan burung lovebird adalah biji kenari. Biji kenari ini sudah terbukti ampuh untuk meningkatkan pertumbuhan burung lovebird, karena kandungannya yang mengandung banyak protein, hidrat arang dan juga lemak. Namun, burung lovebird tidak boleh diberi pakan biji kenari dalam jumlah yang banyak, karena dikhawatirkan akan menyebabkan obesitas pada burung.

Selain biji kenari, burung lovebird juga bisa diberi pakan biji oat terutama apabila lovebird sedang mengalami fase mabung. Fase mabung adalah fase pergantian bulu pada lovebird, yang dimana pada fase ini biasanya burung lovebird akan mudah merasa stress. Sehingga dengan diberikan pakan biji oat, maka lovebird akan lebih tenang dan fase mabung juga akan berlangsung lebih cepat.

2. Biji Oat

Biji oat juga akan memperbaiki struktur jaringan bulu, sehingga bulu lovebird akan tamak lebih elok dan tidak mudah terkena iritasi. Selain cocok diberikan pada fase mabung, biji oat juga cocok diberikan pada indukan lovebird yang sedang meloloh (memberi makan anaknya), bahkan anakan lovebird juga akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

3. Jagung Manis

Apa saja makanan burung lovebird yang lainnya? Anda juga bisa memberikan pakan berupa jagung manis kepada lovebird yang Anda miliki. Pemberian jagung manis ini akan membuat suara lovebird semakin ngekek dan gacor. Disarankan untuk memberikan jagung manis yang masih muda agar teksturnya masih lunak.

Baca Juga:   Beberapa Warna Lovebird Paling Mahal Saat Ini

Kemudian, dengan memberikan jagung manis pada lovebird, juga akan membuat mata lovebird terjaga kesehatannya, dan juga membuat lovebird mempunyai otot yang kuat dan lebih kebal terhadap infeksi karena terdapat kandungan vitamin C, vitamin B, betakaroten, asam folat, dan crypthoxanthin.

4. Terasi

Selain dari biji-bijian, lovebird juga bisa diberi makanan jenis lain, seperti misalnya terasi. Mungkin beberapa dari Anda belum mengetahui tentang khasiat dari terasi sebagai pakan lovebird ini. Terasi akan membuat lovebird lebih gairah saat berlomba dan tentunya akan membuat suara kicauan lovebird lebih bagus.

Hal ini dikarenakan di dalam terasi terdapat protein yang tinggi hasil dari fermentasi udang rebon. Cara pemberian pakan terasi ini sangat mudah, Anda hanya perlu memberikan terasi dalam bentuk butiran kecil yang diberikan satu kali dalam seminggu. Lakukanlah pemberian pakan terasi ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal pada lovebird Anda.

5. Toge

Kemudian, Anda juga bisa memberikan toge sebagai makanan burung lovebird Anda. Sama halnya seperti terasi, toge ini juga memiliki khasiat dalam meningkatkan stamina dan gairah burung lovebird. Sehingga lovebird dapat lebih aktif dalam berkicau, dan juga toge ini bermanfaat dalam pembentukan suara lovebird yang akan menjadi lebih ngekek dengan lantang.

6. Millet

Apa saja makanan burung lovebird lainnya yang harus Anda ketahui? Makanan selanjutnya adalah millet, bagi Anda yang merupakan pecinta burung pasti sudah tidak asing lagi dengan millet. Millet berkhasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh lovebird dan juga dipercaya dapat mempercepat burung lovebird dalam gacor. Baik meillet merah ataupun putih, bisa Anda berikan kepada lovebird Anda, cukup berikan di waktu pagi dan sore hari.

7. Beras Merah

Selain millet, ada juga gabah beras merah yang bisa Anda berikan sebagai pakan lovebird Anda. Pemberian gabah beras merah ini bisa Anda campurkan dengan millet agar rasanya lebih enak. Sama seperti millet, gabah beras merah ini juga akan meningkatkan daya tahan tubuh lovebird dan juga akan mempercepat pertumbuhan lovebird-nya.

Baca Juga:   Makanan Burung Kolibri, dari yang Utama hingga Variasinya

8. Buah Apel

Anda juga bisa memberikan buah apel merah untuk lovebird Anda, karena pada dasarnya lovebird ini juga senang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Apel merah dipilih sebagai pakan yang baik untuk lovebird karena memiliki kandungan yang lebih tinggi daripada apel hijau.

9. Telur Rebus

Selain buah-buahan dan biji-bijian, Anda juga harus memberikan protein yang tinggi kepada lovebird peliharaan Anda. Protein yang tinggi ini bisa Anda dapatkan dari telur rebus dan juga jangkrik. Berikan telur rebus ini selama 3 sampai 4 kali dalam seminggu, tetapi untuk lovebird dewasa cukup 1 sampai 2 kali saja untuk menghindari terjadinya obesitas.

10. Jangkrik

Sedangkan, pakan jangkrik bisa Anda berikan sebanyak 1 sampai 2 ekor dalam kurun waktu satu minggu. Sebelum memberikan jangkrik sebagai pakan lovebird, lepaskan terlebih dahulu bagian kepala, tangan, dan kaki jangkriknya. Selain tinggi protein, jangkrik juga dipercaya mampu untuk menghilangkan stress yang dialami lovebird.

11. Jewawut

Burung lovebird juga memerlukan beberapa pakan tambahan, Anda bisa memberikan Jewawut untuk lovebird Anda. Jewawut ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan millet. Nah, Jewawut ini sangat baik diberikan kepada lovebird yang sedang dalam masa bertelur, karena akan meningkatkan daya tahan tubuhnya sehingga kesehatannya selama bertelur tetap terjaga.

12. Sayuran

Selain juwawut, Anda juga bisa memberikan pakan tambahan lainnya seperti kangkung kepada lovebird Anda, apalagi pada saat lovebird ini akan mengikuti kontes. Sehingga dapat mengeluarkan suara kicauan yang indah. Nah, itulah beberapa makanan yang bisa Anda berikan kepada lovebird Anda. Nah, setelah membaca ulasan ini, maka Anda tidak pelru bertanya kembali mengenai apa saja makanan burung lovebird.

error: