Home » Kucing » Apa Manfaat Memelihara Kucing?

Apa Manfaat Memelihara Kucing?

daftarhewan.com. Apa saja manfaat memelihara kucing. Kucing menjadi salah-satu hewan yang memiliki banyak akun di media sosial. Postingan foto atau video mereka juga kerap menyedot perhatian netizen. Beberapa bahkan viral karena banyak yang membagikan ulang.

Kucing identik dengan hewan yang jutek, mandiri, sekaligus lucu dan menggemaskan. Banyak orang yang tertarik memeliharanya. Apalagi setelah terbukti kalau mereka berpengaruh positif terhadap kesehatan.

manfaat memelihara kucing adalah, manfaat memelihara kucing anggora, manfaat memelihara anak kucing, manfaat memelihara kucing dunia akhirat, manfaat pelihara kucing bagi kesehatan, manfaat kucing bagi wanita

Manfaat memelihara kucing adalah?

Dilansir Goodnet.org (08/08/18), berikut ini Daftar Manfaat Memelihara Kucing:

Menurunkan Risiko Sakit Jantung

Berdasarkan penelitian, kucing mampu menurunkan level stres pemiliknya, yang mana gangguan tersebut berdampak pada kecenderungan penyakit kardiovaskular. Rupanya memelihara kucing bisa membantu meminimalisir risiko penyakit jantung, bahkan stroke, sampai sekitar 30%.

Baca Juga:   20 Daftar Jenis Kucing Paling Mahal di Dunia, Ada Em-eman!

Dengkuran Kucing Membantu Memulihkan Tendon, Tulang, dan Otot

Biasanya kucing mendengkur untuk menyatakan rasa sayangnya pada anda. Suaranya begitu menghibur dan menentramkan. Sehingga ada kesimpulan kalau suara tersebut berhubungan dengan kemampuan penyembuhan terapeutik pada otot dan tulang manusia.

Ketika mendengkur, kucing menciptakan getaran  pada frekuensi dalam kisaran 20-140 HZ. Penelitian sendiri sudah menyatakan kalau frekuensi antara 18-35 HZ bisa menimbulkan efek positif pada pergerakan atau mobilitas sendi pasca cedera. Oleh karena itu, ilmuwan tertarik untuk membahas bagaimana suara kucing bisa memberi dampak positif bagi manusia.

Tidur Lebih Baik

Ada beberapa studi di Inggris yang  menyimpulkan kalau manusia, khususnya wanita, justru lebih nyaman tidur bersama kucing ketimbang pasangannya sendiri. Bahkan mereka mengaku lebih nyenyak tidur bersama kucing dibanding manusia lainnya.

Baca Juga:   10 Nama Kucing Islami yang Bagus Beserta Artinya

Penelitian oleh Mayo Clinic Center for Sleep Medicine juga mengkonfirmasi hal tersebut, di mana manusia cenderung merasa lelap ketika tidur bersama hewan peliharaannya. Hanya 20% yang menyatakan, kalau tidur dengan hewan peliharaan itu mengganggu.

Pemiliknya Jadi Lebih Menarik

Seorang peneliti hewan peliharaan, Dr June Nicolls, mengemukakan kalau wanita justru lebih tertarik dengan pria yang memiliki hewan peliharaan. Hasilnya bahkan cukup mengejutkan. Sekitar 90% wanita lajang menganggap pria pemilik kucing itu memiliki sifat peduli dan baik.

Mengurangi stres dan gangguan kecemasan

Tanpa disadari, kucing di sekitar anda membantu melepaskan bahan kimia, yang hasilnya membuat anda lebih tenang dan baikan. Rasa stres dan kecemasan anda pun berkurang. Apalagi kucing dikenal sebagai peliharaan yang perawatannya tidak begitu rumit. Sesi pemeliharaannya pun cukup sederhana.

Mengurangi Alergi (Pada Anak-Anak)

National Institutes of Health (2002) merilis studi, di mana anak-anak yang sudah mengenal kucing lebih sedikit terkena alergi. Bahkan menurut kepala bagian mekanisme alergi di institut tersebut, pengenalan hewan peliharaan sejak dini bisa membuat anak-anak terlindung dari alergi hewan serta alergi umum lain seperti alergi debu, tungau, rumput, dll.

Baca Juga:   Jenis Kucing Kampung Campuran, yang Tangguh dan Menawan

Menonton Video Kucing Berefek Positif

Jangankan memelihara, menyaksikan video kucing saja bisa memberi pengaruh yang baik. Indiana University Bloomington sempat melakukan penelitian terhadap 7000 orang. Hasilnya disimpulkan bahwa menonton video kucing via internet bisa menumbuhkan emosi positif, mengurangi perasaan negatif, dan meningkatkan energi.

Tidak heran kalau unggahan kucing di media sosial, termasuk Youtube, selalu mendapat respons tinggi. Tentu banyak manusia yang terhibur dan merasakan manfaatnya. Setidaknya, mood atau nuansa hati mereka jadi lebih baik. Apa Manfaat Memelihara Kucing? #RD

error: