Apa Saja Kegunaan Nyamuk? Berikut 10 Manfaatnya!

daftarhewan.com. Siapa yang tidak tahu nyamuk? Makhluk yang kita anggap menjengkelkan dan terkadang kita bertanya-tanya kenapa Tuhan menciptakan nyamuk, apa saja kegunaan nyamuk?

Lingkaran kehidupan tidak dapat disangkal dan rumit. Ekosistem telah berevolusi selama ribuan tahun untuk menjadi saling terhubung sebisa mungkin sambil memastikan kelangsungan hidup. Jadi pertanyaannya adalah, jika setiap spesies membenci nyamuk, terus apa tujuan dan manfaat nyamuk diciptakan?

apa manfaat nyamuk bagi manusia, apa manfaat nyamuk bagi kehidupan manusia, apa manfaat nyamuk diciptakan, apa manfaat nyamuk dalam kehidupan sehari-hari, apa manfaat nyamuk dalam kehidupan kita sehari-hari, apa manfaat nyamuk bagi lingkungan rumah, apa manfaatnya nyamuk, apa manfaat dari nyamuk, apa saja kegunaan nyamuk

Nyamuk telah hidup di Bumi selama lebih dari 100 juta tahun, menjadikannya ahli dalam hal evolusi. Ada sekitar 3.500 jenis nyamuk yang berbeda dan hanya 6 % nyamuk betina yang membutuhkan makanan darah dari manusia untuk membuat telur dan berkembang biak. Hanya dua spesies yang bertanggung jawab atas sebagian besar penyakit yang dibawa nyamuk. Jenis nyamuk Anopheles gambiae membawa malaria. Aedes aegypti menyebarkan demam kuning dan virus Zika baru-baru ini.

Namun, nyamuk memiliki fungsi penting di banyak ekosistem, berfungsi sebagai makanan bagi banyak spesies, membantu menyaring detritus untuk kehidupan tanaman untuk berkembang, penyerbukan bunga, dan bahkan memengaruhi jalur penggembalaan karibu di tundra. Terakhir, para ilmuwan melihat nyamuk sebagai bahan perawatan medis yang potensial.

Meskipun semua spesies nyamuk merupakan makanan lezat bagi banyak hewan seperti ikan, burung, kadal, katak, dan kelelawar, tidak ada hewan yang hanya bergantung pada berbagai jenis nyamuk untuk sebagian besar makanan mereka. Jadi itu berarti kita bisa membasmi semua nyamuk dan tidak menimbulkan hal buruk terjadi, bukan?

Baca Juga:   Alat Pernapasan Pada Hewan

Namun tidak sesederhana itu. Tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi jika kita membasmi semua nyamuk. Ini secara teoritis akan membuka ruang bagi serangga lain, dan para peneliti berhipotesis bahwa hal itu mungkin menimbulkan ancaman kesehatan masyarakat juga. Kita juga bisa menganggap nyamuk sebagai pelindung bagi hutan hujan Bumi.

Ada juga beberapa nyamuk “baik” yang mungkin mendapatkan reputasi buruk karena reputasi keluarga mereka. Ada lebih dari 90 spesies yang termasuk dalam genus Toxorhynchites, juga dikenal sebagai “nyamuk gajah” karena ukurannya. Larva nyamuk ini memakan larva nyamuk lainnya. Baca juga : Mengapa nyamuk bisa berdiri di atas air?

Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa mereka menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan: hampir separuh populasi dunia berisiko terkena penyakit yang dibawa nyamuk, dan kerugian finansial juga nyata. Nyamuk tidak sendirian bertanggung jawab atas kelangsungan hidup spesies lain, juga bukan satu-satunya penyerbuk dari tumbuhan di wilayah-wilayah tertentu.

Berikut ini adalah 10 manfaat dari nyamuk :

1. Larva merupakan makanan bagi serangga lain

Selain Larva nyamuk merupakan sumber makanan bagi jenis larva lainnya. Larva nyamuk juga menjadi santapan bagi serangga seperti capung.

Baca Juga:   10 Daftar Hewan Terancam Punah di Indonesia dan Keterangannya

2. Menempatkan nutrisi ke dalam ekosistem

Larva nyamuk mengkonsumsi banyak bahan organik di lahan basah, membantu mendaur ulang nutrisi kembali ke ekosistem. Larva menyaring partikel organik melalui sistem mereka dan mengubah bahan ini menjadi materi jaringan mereka sendiri.

3. Larva dan nyamuk adalah makanan ikan

Larva dan nyamuk merupakan makanan ikan dan berperan dalam rantai makanan perairan. Beberapa ikan seperti ikan cere (mosquitofish) mungkin punah tetapi para ilmuwan percaya ikan lain akan menyesuaikan diri dengan lingkungan tanpa nyamuk dan mencari sumber makanan lain. Larva nyamuk juga bermanfaat bagi ikan cupang.

4. Memisahkan limbah

Nyamuk membantu menyaring limbah, yang membantu kehidupan tanaman. Nyamuk juga membersihkan bangkai serangga yang membusuk dengan memakannya. Nyamuk membuat nutrisi seperti nitrogen yang dimakan tanaman untuk bertahan hidup.

5. Nyamuk dewasa menyerbuki tanaman

Baik nyamuk jantan maupun betina bergantung pada nektar untuk menambah energi. Ketika mereka mengambil nektar, mereka menyerbuki tanaman, dan hal itu membantu berbagai jenis tanaman bertahan hidup dan menyediakan tempat berlindung bagi organisme lain. Hal ini terutama berlaku di sekitar lahan basah, tempat nyamuk hidup hampir sepanjang hidup mereka. Tanaman seperti anggrek rawa utara dan tanaman berbunga lainnya mungkin terkena dampak jika nyamuk dibasmi atau punah.

6. Makanan di rantai makanan

Jika tidak ada nyamuk. Laba-laba, burung, kelelawar, reptil, dan amfibi akan kehilangan sumber makanan yang penting. Nyamuk berkerumun dalam jumlah besar di tundra Arktik dan burung memangsa mereka. Memberantas nyamuk akan menghilangkan mereka sebagai sumber makanan burung di wilayah itu.

Baca Juga:   Hewan Paling Bodoh di Dunia

7. Studi Ilmiah

Para peneliti sedang meneliti nyamuk untuk perawatan medis, dan melihat air liur nyamuk sebagai pengobatan yang mungkin untuk penyakit kardiovaskular, salah satu pembunuh terbesar manusia. Ilmuwan berharap air liur mungkin mengandung khasiat yang dapat mengarah pada pengembangan obat anti pembekuan darah. Inilah salah satu manfaat nyamuk bagi manusia.

8. Caribou dan Nyamuk

Kawanan nyamuk di Kutub Utara telah menjadi bagian kehidupan karibu (Caribou) atau Rusa kutub selama ribuan tahun. Jika nyamuk dimusnahkan, hewan raksasa tersebut dapat mengubah pola migrasi mereka, mengganggu bagian ekosistem Arktik.

9. Pelindung Hutan Hujan

Satu lagi manfaat nyamuk bagi manusia adalah nyamuk membuat hutan hujan hampir tidak bisa dihuni oleh manusia, mereka dapat mengurangi pembangunan bangunan buatan manusia seperti rumah-rumah penduduk di daerah tersebut. Penulis sains David Quammen pernah berkata, “Tidak ada yang berbuat lebih banyak untuk menunda bencana ini selama 10.000 tahun terakhir daripada nyamuk.”

10. Peluang usaha bagi manusia

Bagi mereka yang mempunyai pabrik obat nyamuk, dan para karyawannya, nyamuk sangat bermanfaat sebagai jalan rezeki mereka.

Jadi, terbukti kan? Tuhan tidak menciptakan sesuatu apapun tanpa ada manfaatnya.

error: