Apa yang Ditakuti oleh Kucing?

daftarhewan.com. Hal apa yang ditakuti kucing? Selain imut, kucing memiliki reputasi sebagai hewan penakut. Namun ada beberapa yang mungkin tidak anda sadari, yang ternyata begitu menakutkan di mata kucing. Anda juga mungkin luput memerhatikan, kalau sensasi takut pada kucing bisa membuatnya sangat cemas bahkan trauma. Kucing bisa jadi tidak lagi memercayai anda.

Sayangnya, banyak orang yang menjadikan ekspresi takut kucing sebagai sesuatu yang lucu. Padahal pada tahap-tahap tertentu, ketakutan itu justru menjadi petaka baginya. Sama seperti pada manusia, sebaiknya tidak keterluan dalam mengganggu atau menjahili mereka.

Nah, berikut ini 10 hal yang ditakuti oleh kucing:

1. Air

kenapa kucing takut dengan air, mengapa kucing takut air, mengapa kucing takut dengan air, mengapa kucing takut air merah, kucing takut air

Kucing takut air

Sudah jadi rahasia umum, kalau kebanyakan kucing sangat membenci air. Begitu air mengalir pada tubuhnya, mereka bisa begitu panik. Memang, mayoritas air mampu berenang. Namun banyak dari mereka yang tidak mengasah kemampuan itu dan memilih untuk menghindari air. Hal ini pun bisa membuatnya takut berlebih dan bahkan tenggelam.

Kucing memang suka kebersihan. Namun di saat-saat tertentu, mereka juga memerlukan mandi menggunakan air. Tidak heran kalau agenda memandikan kucing jadi tantangan tersendiri bagi pemiliknya. Anda harus memastikan kalau kucing nyaman dan percaya pada anda. Pelan-pelan kenalkan air dan tetap tenang. Jangan grusa-grusu, apalagi menjadikan ketakutan mereka sebagai guyonan.

Hanya beberapa anakan kucing saja yang terkenal bisa menikmati sensasi air seperti Siamese, Maine Coon, dan Bengal.

Baca Juga:   Apa Saja Penyakit Kulit Pada Kucing?

2. Bau yang Menyengat

Rupanya tidak hanya anjing yang peka terhadap bau, kucing pun tidak kalah sensitif. Ada beberapa bau yang selalu tidak mengenakkan bagi kucing. Bau tersebut meliputi cuka, gasoline, bawang, buah sitrun, minuman alkohol tertentu, dll. Saking sensitifnya, aroma yang mereka benci akan mengundang rasa takut tersendiri. Namun ada juga beberapa kucing yang justru tertarik dengan aroma lemon yang menguar, bahkan ada yang sampai menjilatnya.

3. Merasa Ditahan/ Dibatasi

Kucing dikenal sebagai hewan yang mandiri alias independen. Namun bukan berarti mereka anti kasih sayang. Bahkan sesekali mereka ingin menghabiskan waktu dengan anda.

Namun sebaiknya anda tidak memaksakan diri ketika memegang atau memeluknya. Kucing bisa saja ketakutan ketika ada yang menyentuhnya secara paksa. Mereka bisa mengira anda hendak menyakitinya. Sebaiknya anda memerhatikan gelagat mereka dulu, apakah nyaman ketika dipegang atau tidak. Anda mungkin perlu pendekatan lenih dulu.

apakah kucing takut timun, apakah kucing takut dengan timun, apakah kucing takut sama timun, benarkah kucing takut timun, benarkah kucing takut dengan timun, benarkah kucing takut sama timun, kenapa kucing takut timun, kenapa kucing takut sama timun, kenapa kucing takut dengan timun, mengapa kucing takut timun, mengapa kucing takut dengan timun, mengapa kucing takut sama timun

Kucing takut dengan timun – via : pinterest.com

4. Orang Asing

Tidak jauh dengan manusia, kadang anda pun merasa kurang nyaman dan percaya diri dengan orang asing. Apalagi kalau tingkah mereka sudah mencurigakan, anda mungkin akan menganggapnya sebagai ancaman. Demikian juga dengan kucing, yang menganggap sosok tidak dikenalnya akan mendatangkan bahaya.

Beda lagi jika sosok tersebut sudah akrab dengannya. Apalagi kalau mereka suka diberi makanan, terlindungi, dan tidak melukai. Hanya beberapa trah kucing saja yang percaya diri dan bersedia mendekati sosok asing tanpa rasa gusar.

5. Suara Berisik

Salah-satu indera kucing yang paling terasa yaitu pendengarannya. Skill ini tentu mendatangkan manfaat ketika mereka hidup outdoor. Apalagi kucing liar memang senang menyendiri dan mengandalkan kemampuan mereka untuk mendeteksi predator atau ancaman lain.

Baca Juga:   11 Jenis Kucing Peliharaan Berukuran Besar

Tidak semua kucing sudah beradaptasi dengan aneka suara bising yang tercipta di tengah manusia. Entah itu suara klakson, vacuum cleaners, mixer, blender, dll. Anda mesti hati-hati kalau suara-suara tertentu terbukti membuat kucing seperti parno.

6. Perubahan Rutinitas

Kucing tampak sebagai hewan pemalas. Namun sebenarnya mereka merupakan makhluk hidup yang disiplin pada kebiasaan-kebiasaannya. Mereka akan rutin makan, rebahan, tidur, bermain, dan siklus itu terus berulang. Jika rutinitas ini terganggu, mereka mungkin saja akan tidak nyaman. Mereka akan merasa was-was kalau-kalau ada sesuatu buruk yang akan menimpa.

Misalnya ketika anda mengganti jadwal makan malam, mereka bisa saja gelisah dan berprasangkan kalau anda sudah tidak sayang dan akan berhenti memberi makan. Tentu saja jika mereka tidak makan, mereka akan takut merasa lapar dan mati lebih awal. Tidak heran kalau perubahan rutinitas bisa membuat anda cemas. demikian juga ketika mereka dikenalkan pada keluarga baru, rumah baru, lingkungan baru, dll.

7. Mentimun

Bukan cuma manusia, kucing pun tidak suka prank atau kejutan yang menyebalkan. Nahasnya, banyak postingan yang menunjukkan reaksi kucing ketika menemukan mentimun. Sebagian orang menilainya sebagai tontonan yang jenaka, padahal mental kucing jadi taruhannya.

Objek mentimun memang tidak begitu menakutkan di mata manusia. Namun bagi kucing, bisa jadi mentimun itu mirip seperti ular atau reptil lain yang menjadi predatornya. Kucing tidak suka dari segi bentuk, tekstur, ukuran, dan mungkin warna. Demikian juga dengan pisang, labu, atau cukini/zukini.

8. Balon

Bagi sebagian manusia, balon tak ubahnya seperti pertanda pesta. Balon itu ceria, berwarna, dan seru. Namun bagi kucing, balon bisa saja menjelma menjadi monster karet yang aneh dan mengerikan.

Baca Juga:   20 Daftar Jenis Kucing Paling Mahal di Dunia, Ada Em-eman!

Apalagi ketika sudah ditiup lalu dilepaskan, balon seperti makhluk kesurupan yang terbang ke sana-kemari tanpa arah. Pemandangan seperti ini akan menambah sensasi takut kucing. Mereka mungkin mengira kalau balon tersebut tak ubahnya sebagai binatang aneh yang sedang menyerang.

9. Anjing

kenapa kucing dan anjing bermusuhan, kenapa kucing dan anjing tidak akur, kenapa kucing takut anjing, kenapa kucing dan anjing selalu bertengkar, kenapa kucing dan anjing tidak bisa akur, mengapa kucing dan anjing bermusuhan, mengapa kucing takut anjing

Sebagian kucing memang bisa bergaul lancar dengan anjing. Namun jarang yang bisa demikian secara tiba-tiba. Prosesnya bisa panjang. Bisa saja anjing dan kucing tersebut memang tumbuh bersama, tinggal serumah, atau dalam satu lingkungan.

Butuh proses yang membuat mereka sadar kalau tidak ada satu dari mereka yang jadi predator dan mereka tidak sedang berebut apa pun. Jika kucing melihat anjing yang tidak dikenalnya, mereka biasanya akan selalu salah paham.

10. Ditatap dengan tatapan tajam

Ketika hidup di alam liar, predator biasanya memiliki gelagat atau tatapan khusus ketika mereka hendak menerkam. Tidak heran kalau tatapan tajam anda pun bisa disalahartikan oleh kucing. Mereka mungkin beranggapan kalau anda sedang membuntuti atau akan memulai perkelahian dengannya. Ditambah lagi kalau postur dan ekspresi anda menakutkan baginya, tentu mereka akan semakin gelagapan. Beda lagi jika tatapan dan gestur anda tampak penuh kasih sayang. mereka pun akan merasa nyaman.

Daftar sesuatu yang menakutkan bagi kucing di atas tentu tidak berlaku bagi semua kucing. Ada beberapa kucing yang justru suka atau toleran terhadap air, anjing, orang asing, dll. Namun yang terpenting, jangan sampai sesuatu yang ditakuti kucing membuatnya hidup dalam tekanan atau stres. Apa yang di Takuti oleh Kucing? #RD

error: