Apakah Kepala Ikan Boleh Dimakan?

Posted on

daftarhewan.com. Apakah Kepala Ikan Boleh Dimakan? Tentu saja boleh, jika dibersihkan terlebih dahulu dan dimasak dengan baik dan benar.

Memakan kepala ikan tentunya bukanlah hal baru, apalagi bagi orang Indonesia dimana banyak restoran atau rumah makan yang menyediakan ikan dalam menu-nya.

Terutama lokal seperti ikan mas dan ikan gurami.

kepala ikan, kandungan kepala ikan, apakah kepala ikan boleh dimakan, kandungan kepala ikan kakap, apakah kepala ikan mengandung kolesterol, kepala ikan patin enaknya dimasak apa, resep kepala ikan
Sup Kepala Ikan Gurame

Saat ini, kepala ikan biasanya digunakan dalam bahan kaldu dan saus sambal.

Koki spesialis makanan laut merebus kepala ikan sampai daging dan tulang untuk mengeluarkan rasanya, sebelum ampasnya disaring dan dibuang.

Pipi Ikan

Salah satu bagian dari tubuh ikan ini rasanya ditemukan tepat di belakang dan di bawah mata.

Baca Juga:   Komodo adalah hewan khas yang ada di negara?

Bagian ikan ini bisa menipu karena pipi ikan tampak seperti bagian dari lempeng insang yang bertulang, tetapi sedikit irisan ringan dengan pisau memperlihatkan potongan daging yang sangat mirip dengan kerang, tergantung pada jenis dan ukuran ikannya.

Pipi ikan rasanya enak dimasak dengan cara apa pun, dilapisi tepung roti dan digoreng, disangrai, direbus, dikukus, atau dihisap langsung dari kepala yang dimasak.

Seluruh Bagian Kepala Ikan

Budidaya ikan saat ini telah mengalami banyak perkembangan. Bisa jadi semua bagian kepala ikan bisa dimakan.

Kepala ikan biasanya mengandung banyak daging, terutama di sekitar rahangnya.

Ikan yang kepalanya cukup besar seperti ikan gurame, salmon, patin, kakap dan ikan mas memiliki daging paling banyak.

Baca Juga:   Anemon Laut: Cara Berkembangbiak dan Simbiosis Dengan Ikan Badut

Tapi kepala ikan kecil dari laut juga bisa dimakan, meski terkadang hanya diasinkan dan digoreng.

Nelayan di seluruh dunia tahu bahwa ada banyak protein yang bisa didapat dari kepala ikan, baik secara langsung maupun ketika ditambahkan ke sup dan semur.

Di pedesaan, sering dibuat gurame asam manis, gurame pecak, sup kepala ikan gurame, gulai kepala ikan dan lain-lain, yang membuatnya lebih mudah untuk menyedot daging dan cairan dari pipi, serta rongga mata.

Banyak orang juga memakan insang ikan.

Kepala ikan cenderung memberikan rasa yang lebih kuat daripada bagian ikan lainnya, membuatnya sempurna untuk kari, sup, semur, dan kaldu.

Baca Juga:   Perkembangbiakan Hewan yang Dilakukan Dengan Cara Bertelur Disebut?

Di beberapa Negara, kepala ikan juga bisa dimasak dalam satu potong dan kemudian dipisah untuk kue ikan, topping pizza, pasta, lain-lain.