Home » Ikan Cupang » Nyari Aquarium Ikan Cupang Keren? Ini Rekomendasi Terbaik!

Nyari Aquarium Ikan Cupang Keren? Ini Rekomendasi Terbaik!

daftarhewan.com. Akuarium cupang keren. Ikan cupang sangat memukau. Mereka memiliki kepribadian yang unik dan nilai estetis yang tinggi. Tidak heran, ikan cupang menjadi salah satu hewan peliharaan yang populer di berbagi penjuru dunia.

Namun, patut disayangkan, ketidaktahuan atau keterbatasan pengetahuan tentang ikan cupang mengakibatkan praktik pemeliharaan yang buruk. Di rumah-rumah, bahkan di toko hewan peliharaan, ikan cupang ditempatkan pada kondisi yang tidak ideal, bahkan sering kali berbahaya bagi kesehatan mereka.

aquarium cupang hias, aquarium cupang cantik, cara hias aquarium cupang, contoh aquarium cupang, dekorasi aquarium cupang, aquarium foto cupang, akuarium fishland ikan cupang, cupang betta fish aquarium, aquarium ikan cupang hias, aquarium untuk cupang hias, aquarium mini cupang hias, ukuran aquarium cupang hias

Aquarium cupang cantik – biOrb HALO Aquarium

Panduan Memilih Akuarium Terbaik untuk Ikan Cupang

Karena itu, sebelum memelihara ikan cupang, kamu perlu memahami tentang ekosistem yang ideal bagi mereka. Berikut ini poin-poin penting yang harus kamu ketahui, dalam memilih akuarium terbaik bagi ikan cupang, yaitu:

Ukuran tangki minimal 3 gallon atau 11 Liter

Demi memastikan kebahagiaan dan kesehatan ikan cupang, setidaknya kamu perlu menyediakan tangki berukuran 11—19 liter. Tentu saja, lebih besar akan lebih baik. Maka, apabila kamu pernah mendengar mitos bahwa ikan cupang dapat hidup dalam toples kecil, botol, atau vas bunga, itu jelas-jelas tidak benar. Silakan baca poin 2—5 untuk memahami alasannya.

Kualitas air menjadi priorotas utama

Air pada tangki yang berukuran kecil, lebih cepat keruh karena tercemar oleh kotoran ikan, sisa-sisa makanan, dan serpihan lainnya. Persoalan ini dapat mengakibatkan peningkatan kadar amonia dan nitrit di akuarium, sehingga membutuhkan pemantauan yang lebih intensif dan penggantian air yang lebih sering. Jika tidak, ikan cupang akan hidup dalam air yang beracun.

Baca Juga:   Bagaimana Cara Membuat Ikan Cupang Menjadi Ganas?

Karena itu, hindari penggunaan toples untuk memelihara ikan cupang, dan sediakan akuarium, karena filter akan menjadi komponen yang sangat penting.

Menjaga suhu air tetap optimal

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan tropis. Mereka harus hidup dengan suhu air sekitar 75—80°F, atau sekitar 24—27°C. Hindari penggunaan pemanas pada wadah berukuran kecil, karena fluktuasi suhu air yang sangat cepat dapat mengakibatkan ikan cupang mengalami stres, atau bahkan kematian. Lagipula, iklim di Indonesia secara alami telah sesuai dengan ekosistem ideal bagi ikan cupang.

Ruang untuk berenang

Ikan membutuhkan ruang yang cukup lapang untuk hidup tenang dan berenang dengan bebas. Maka, pastikan ruang pada tangki tidak tersita oleh komponen penting akuarium, seperti filter dan aerator. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan ukuran tangki, ketika hendak memasang dekorasi, tanaman, dan bebatuan untuk mempercantik akuarium.

Gambar Akuarium Ikan Cupang Keren

aquarium cupang, aquarium cupang hias, aquarium cupang mini, aquarium cupang giant, aquarium cupang dengan filter, aquarium cupang untuk aquascape, aquarium buat cupang, aquarium cupang cantik, aquarium foto cupang

Aquarium cupang untuk aquascape mini – Fluval Spec V Aquarium Kit, 5-Gallon

aquarium cupang cantik, aquarium foto cupang, ukuran aquarium cupang giant, aquarium cupang, aquarium cupang hias, aquarium cupang keren, aquarium cupang mini, aquarium cupang giant, aquarium cupang dengan filter, aquarium buat cupang

Aquarium cupang keren, biOrb FLOW Aquarium with LED Light

aquarium cupang unik, aquarium cupang dengan filter, aquarium akrilik cupang, harga aquarium cupang akrilik, aquarium cupang untuk aquascape, jual aquarium akrilik cupang, ikan cupang aquarium aerator, aquarium cupang bogor, aquarium cupang betta, jual aquarium cupang bandung, aquarium cupang cantik, contoh aquarium cupang

Contoh aquarium cupang – Marineland ML90609 Portrait Aquarium Kit, 5-Gallon

Hindari penggunaan botol, toples, dan vas bunga sebagai rumah ikan cupang

Terdapat mitos bahwa ikan cupang berasal dari habitat alami yang sempit dan kotor. Padahal, kenyataannya tidak demikian.

Meski ikan cupang hidup di areal persawahan yang relatif dangkal, sawah menyediakan ruang yang cukup luas untuk berenang. Dan, meski ikan cupang dapat beradaptasi untuk bertahan hidup di genangan air yang kotor dan sempit, itu hanya suatu keterpaksaan. Ikan cupang hanya bertahan hidup, namun tidak sehat dan tidak bahagia.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa, untuk memastikan kesejahteraan ikan cupang, kamu perlu menyediakan akuarium dengan ukuran optimal, yang telah dilengkapi dengan filter. Kamu juga perlu mengganti air, serta memantau suhu dan kualitas air secara rutin.

Baca Juga:   Ikan yang Bisa Dicampur dengan Ikan Cupang

Dan, untuk menciptakan ekosistem yang ideal bagi ikan cupang, sediakan ruang yang cukup luas untuk berenang dan melakukan pelarian, serta tempat persembunyian sebagai suaka yang aman, ketika terjadi pertarungan.

Nah, kondisi ideal bagi ikan cupang, ternyata tidak dapat terpenuhi dengan toples, botol, dan vas bunga, bukan?

Namun, betapa menyedihkannya, karena masih ada toko hewan peliharaan yang menempatkan ikan cupang pada wadah sekecil itu. Maka, jangan sampai kamu menirunya di rumah, karena hal tersebut termasuk salah satu bentuk kekejaman terhadap hewan.

Coba, bayangkan. Apabila kamu memelihara ikan cupang di dalam toples, itu sama saja seperti memaksa seseorang untuk hidup di dalam lemari. Meski dapat bertahan hidup selama diberi makan, namun ia akan tertekan dan tidak bahagia.

Karena itu, sebelum memelihara ikan cupang, pastikan kamu siap bertanggung jawab atas kesejahteraan ikan cupang, dengan menyediakan tempat tinggal yang layak dan ideal bagi tumbuh kembang mereka. Bukan malah sebaliknya, mempersingkat hidup ikan cupang dalam lingkungan yang menyiksa.

Tantangan dalam Memilih Akuarium Ikan Cupang

Seperti yang telah disebutkan di awal, ikan cupang memiliki kepribadian yang unik. Ada perilaku ikan cupang yang membutuhkan penanganan ekstra dan strategi khusus, selama pemeliharaan dan pemilihan akuarium yang tepat.

aquarium mini cupang hias, ukuran aquarium cupang hias, aquarium cupang murah jual, menghias aquarium cupang kecil, lampu aquarium cupang, aquarium mini cupang, rak aquarium cupang, aquarium soliter cupang, aquarium ikan cupang surabaya, aquarium cupang terbesar, aquarium toples ikan cupang

Ikan cupang jantan, menunjukkan sikap yang agresif terhadap satu sama lain. Ikan cupang bersifat teritorial, sehingga mereka saling menantang dan tidak segan-segan untuk bertarung. Karena itu, hindari menempatkan lebih dari satu ikan cupang dalam satu akuarium.

Kendati demikian, kamu dapat memelihara sekelompok ikan cupang betina dalam tangki yang sama. Namun, perlu ada teknik pengenalan dan pengaturan akuarium, yang perlu kamu pelajari terlebih dahulu.

Baca Juga:   5 Penyebab Ikan Cupang Mati Mendadak

Apakah ikan cupang jantan harus hidup sendiri? Tidak juga. Kamu dapat memelihara jenis ikan lain dalam satu akuarium bersama ikan cupang jantan, dengan beberapa pertimbangan tertentu, yaitu:

  • Hindari memilih ikan dengan warna-warni yang cerah.
  • Hindari ikan dengan sirip dan ekor yang panjang dan melambai.
  • Pilih ikan yang tidak terlalu mencolok, dengan perilaku yang tenang dan cenderung stabil.
  • Hindari spesies yang lebih besar atau yang berpotensi mengusik ikan cupang.

Berdasarkan kriteria di atas, pilihan terbaik untuk menjadi teman ikan cupang, yaitu: corydoras dan ikan sapu-sapu. Namun, sebelum memelihara ikan lain, ada baiknya kamu memastikan bahwa ikan cupang telah memiliki teritorial yang cukup besar, setidaknya 19 Liter.

aquarium cupang keren, aquarium cupang dengan filter, aquarium cupang bogor, aquarium ikan cupang berapa, dekorasi aquarium cupang, aquarium foto cupang, ukuran aquarium cupang giant, aquarium untuk cupang giant, aquarium ikan cupang hias

Sebagai catatan, hindari pula menempatkan ikan cupang jantan dan betina dalam satu tangki, kecuali dengan tujuan pengembangbiakkan.

Kebutuhan dasar ikan cupang di akuarium

  • Ikan cupang akan tumbuh dan berkembang dengan baik pada lingkungan yang mirip dengan habitat alami mereka. Ikan cupang berasal dari perairan dangkal dan persawahan, sehingga akan lebih baik jika akuarium berdimensi cukup panjang, dengan lebar ideal, meskipun tidak begitu dalam.
  • Ikan cupang bukan perenang yang tangguh. Maka, gunakan filter dengan arus yang tidak begitu kuat. Menempatkan tanaman atau karang, juga dapat mengkondisikan arus air menjadi lebih lembut dan membuat ikan dapat berenang dengan tenang.
  • Perlu penegasan kembali, bahwa ikan cupang termasuk jenis ikan tropis. Sehingga, pemeliharaan ikan cupang di Indonesia tidak akan membutuhkan pemanas, karena suhu air telah terkondisikan secara alami.
  • Berikan sentuhan natural, dengan tanaman asli, untuk memanjakan ikan, sekaligus menghadirkan pemandangan yang menakjubkan.
  • Berikan dekorasi yang fungsional dan dapat menjadi tempat persembunyian yang nyaman bagi ikan cupang. Pertimbangkan pula sisi estetika di dalam tangki, jika hendak menjadikan akuarium sebagai bagian dari desain interior ruangan.
  • Kembangkan kreativitas kamu dengan membuat aquascape yang dapat melengkapi pesona ikan cupang.

Bagaimana? Siapkah kamu memlihara ikan cupang?

error: