Cara Merawat Ikan Arwana Super Red yang Benar

daftarhewan.com. Di beberapa negara, memelihara arwana merah (Arwana Super Red) tidak semudah di Indonesia. Arwana merah tercatat sebagai hewan yang terancam punah, sehingga praktik penjualan, ekspor, dan impor dianggap ilegal.

Namun, terlepas dari aspek legalitas dan kemudahan dalam mendapatkannya, memelihara arwana merah juga tidak bisa dikatakan sederhana. Anda perlu menyiapkan biaya yang tidak murah, serta seperangat tangki atau kolam berukuran besar, untuk mendukung kehidupan mereka.

arwana platinum red, super red chili arowana, harga arwana super red 40cm, makanan terbaik arwana super red, arwana silver red jumbo, perawatan ikan arwana super red, arowana super red

Ikan Arwana Super Red – via : teahub.io

Kendati demikian, perjuangan itu sepadan jika Anda dapat memelihara mereka dengan baik. Di Indonesia, beragam kompetisi arwana kerap dihelat untuk menjadi ajang silaturahim dan meraup keuntungan bagi para pecinta ikan.

Dan, untuk arwana merah, tentu saja kesehatan, anatomi, postur, dan warna menjadi indikator dan prestise utama. Untuk itu, Anda tidak bisa sembarangan. Sebelum Anda memutuskan untuk berkecimpung dalam dunia ikan kolosal ini, gali dulu informasi tentang arwana merah, berikut ini:

A. Legalitas Arwana Merah

Dalam daftar IUCN, arwana merah berstatus “least concern” atau tidak terancam punah. Namun, faktanya mereka termaktub dalam U.S. Endangered Species Act. Karena itu, Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) pun menempatkan arwana merah dalam Kategori 1, sebagai pembatasan yang mengilegalkan praktik penjualan atau impor arwana merah di Amerika Serikat.

Di sisi lain, habitat alami yangberbeda, juga menyebabkan kekhawatiran. Apabila ada oknum yang melepaskan ikan karnivor ini ke alam liar, akan berpotensi merusak ekosistem lokal. Karena itu, arwana merah hanya dapat dipelihara dan dikembangbiakkan dengan lisensi. Proses ekspor dari Asia juga harus menggunakan microchip, agar kepemilikannya dapat dilacak.

Namun, beruntung bagi Anda yang tinggal di Indonesia, karena arwana merah masih menjadi komoditas yang umum. Arwana merah atau populer juga dengan sebutan arwana super red, boleh dipelihara oleh siapa saja, asalkan siap berkomitmen dan bertanggung jawab terhadap kesejahteraan mereka.

B. Fakta Tentang Arwana Merah

Arwana merah, a.k.a arwana Asia, a.k.a arwana super red, memiliki nama ilmiah Scleropages formosus dan termasuk dalam famili Osteoglossidae, yang tergolong ikan purba. Berdasarkan fosil yang telah ditemukan,ikan prasejarah ini, telah eksis sekita rlebih dari 150 juta tahun yang lalu.

Berikut ini beberapa fakta penting terkait ikan arwarna merah:

1. Habitat alami

Habitat alami arwana merah berupasungai berarus tenangdiAsiaTenggara, yang umumnya bersuhu hangat, sedikit asam, serta memiliki saluran yang luas dan dalam. Karakteristik tersebut memberi ruang yang cukup untuk berenang, dengan substrat halus, berpasir, puing-puing, serta bebatuan, yang jarang vegetasi.

Baca Juga:   10 Jenis Ikan Hias Kolam Air Tawar Terbaik

Karena itu, arwana merah lebih suka berenang ditengah-tengah kolom air yang lapang, meski mereka juga berkeliaran diseluruh area akuarium atau kolam.

2. Perilaku

Arwana merah bersifat teritorial, sehingga mereka tidak akan segan-segan bertarung untuk mempertahankan wilayah. Mereka juga pemburu yang sangat aktif, dan gemar menjelajahi area dibawah permukaan air untuk mencari makanan. Idealnya, Anda harus menempatkan masing-masing spesimen dalam satu akuarium yang cukup luas untuk menghindari insiden.

Selain itu, arwana merah merupakan penghirup udara fakultatif. Artinya, mereka dapat menghirup udara atmosfer, ketika air kurang oksigen.

3. Masa Hidup

Arwana merah dapat hidup cukup lama, hingga lebih dari 20tahun, bahkan ada beberapa spesimen yang mencapai 60 tahun. Dengan kata lain, memelihara arwana memerlukan komitmen jangka panjang, dan pastikan Anda memutuskannya bukan karena euforia sesaat.

4. Relasi Dengan Manusia

Pada budaya Tiongkok, arwana merah menjadi hewan yang berharga, karena dianggap menyerupai naga, serta menampilkan warna keberuntungan. Dalam budaya berbeda, arwana merah bermanfaat sebagai salah satu sumber makanan.

Sementara di Indonesia, arwana merah menjadi komoditas yang cukup mahal, sekaligus hewan kompetisi yang memiliki prestise tinggi.

C. Harga arwana merah

Rentang harga arwana merah sangat bervariasi, tergantung pada ukuran dan usia. Umumnya, spesimen muda sudah menyentuh harga 1–2 juta, namun ada pula yang mencapai75 juta rupiah.
Atas pertimbangan ukuran dan kelangkaannya, arwana merah bahkan menjadi salah satu ikan paling mahal di dunia, yang beberapa spesimen terbaik bisa mencapaiharga 4 miliar rupiah.
Namun, tentu saja Anda perlu mencermati aspek legalitas yang berbeda-beda di setiap negara.

D. Karakteristik arwana merah

Arwanamerah tergolong ikan berukuran besar, yang dapatt umbuh hingga mencapai panjang 90cm. Mereka memiliki suatu struktur “lidah bertulang” dibagian bawah mulut yang berguna untuk menghancurkan makanan di rongga atas. Fitur tersebut menjadi ciri khas ikan arwana, bersama dengan garis rahang yang menurun, mulut bersudut tajam, serta tubuh datar memanjang yang tertutupi oleh lima baris horizontal sisik-sisik besar.

Setiap sisik pada arwana merah memiliki warna dasar, gradasitepi pertama, tepi kedua,sertawarna merah menyala yang seringkali disertai semburat emas yang bersinar. Warna tersebut tampak kontras dengan mata mereka yang hitam legam, berukuran relatif besar, dan terletak tepat di sebelah mulutnya.

Karakteristik lain yang kentara yaitu sirip pektoral yang cukup panjang, dan menempel tepat di belakang kepala. Terdapat pula sirip dorsal, anal, dan ekor yang cukup lebar untukmendukung gerakan tubuh arwana, yang bahkan bisa melompat hingga 1,8 meter di atas permukaan air.

E. Cara merawat arwana merah

Dari segi tampilan, asal-muasal, dan riwayatnya, arwana merah tergolong ikan eksotis. Kendati demikian, perawatan arwana merah cenderung mudah, karena mereka memiliki daya tahan yang kuat dan sangat toleran terhadap kondisi air.

Namun, untuk memastikan bahwa mereka hidup, tumbuh, dan berkembang dengan optimal, berikut ini poin-poin yang perlu Anda perhatikan:

Baca Juga:   5 Ikan Hias Air Tawar Warna Hitam

1. Ukuran tangki

Untuk satu arwana merah, Anda membutuhkan setidaknya tangki berkapasitas 900 liter. Dan, jika memutuskan untuk memelihara lebih dari satu ekor, Anda perlu meningkatkan kapasitas sekitar 400 liter/ikan tambahan.

Poin ini terbilang krusial, karena memelihara arwana merah dalam tangki yang terlalu kecil, dapat mengakibatkan hambatan pertumbuhan, hingga kelainan bentuk.

2. Pengaturan dan dekorasi tangki

Selain berukuran besar, arwana merah juga terbilang aktif, sehingga Anda perlu menyediakan ruang yang cukup luas untuk berenang dalam akuarium.

Hindari memenuhi ruang dengan dekorasi atau tanaman air. Alih-alih memadati tangki dengan aksesori, Anda cukup memasang beberapa batu, latar belakang gelap, atau kayu apung. Sediakan pula substrat berupa kerikil atau pasir yang sangat halus. Dan, jadikanlah sosok arwana merah sebagai daya tarik utama dalam akuarium Anda.

Di samping itu, Anda perlu mempertimbangkan bahwaarwana merahmampu melompatkeluardariair. Pasang penutup yang kokoh atau pas, untuk mencegah mereka lolos, sekaligus mengantisipasi jika ada pemicu seperti lalat yang berdengung di atas permukaan air.

Apabila Anda memelihara arwana merah di kolam, pastikan kondisi iklim mendukung, serta pasang jaring di permukaan demi keamanan ikan.

arwana super red, arwana super red termahal, cara tanning arwana super red yang benar, arwana super red sertifikat, foto ikan arwana super red termahal, arwana golden red vs super red, arwana super red terbaik, arwana super red di alam liar, arwana super red chili

Arowana super red – via : pinterest.com

3. Parameter air dan filtrasi

Arwana merah merupakan ikan air tawar tropis, yang membutuhkan air bersuhu 24–27°C dengan pH netral di kisaran 6 atau 7.

Mereka jugamembutuhkan sistem filtrasi yang efisien, untuk menjaga kualitas air dan kebesihan akuarium. Jaga pula aliran air di akuarium tetap lambat atau moderat, mengikuti habitat asli arwana merah.

4. Akuarium komunal

Menggabungkan dua atau tiga arwana merah dalam satu ruang, bukanlah ide bagus karena mereka berpotensi untuk saling menyerang. Tapi, kelompok yang terdiri dari enam ekor atau lebih, dapat menjadi lebih toleran, dengan konsekuensi Anda harus menyiapkan tangki yang super besar.

Di sisi lain, ada beberapa spesies ikan yang cocok menjadi teman akuarium untuk Arwana Super Red, karena memiliki kebutuhan lingkungan yang hampir sama, antara lain:

  • Ikan pari air tawar, seperti black diamond (famili Potamotrygonidae), dan motoro (Potamotrygon motoro), yang lebih suka berkeliaran di dasar akuarium. Namun, pastikan Anda telah berpengalaman memelihara ikan pari, serta pertimbangkan aspek legalitas di wilayah setempat.
  • Gurami raksasa (Osphronemus goramy), dengan temperamen yang cenderung santai dan individualis, sehingga dapat hidup berdampingan dengan arwana merah, tanpa menimbulkan masalah.
  • Gar (ordoLepisosteiformes), spesies ikan purbadari periode Jurassic. Terdapat beberapa varietas, yang cocok untuk mendampingi arwana merah.
  • Belut dinosaurus(Polypterus senegalus), untuk mendukung nuansa prasejarah bersama gar dan arwana merah. Spesies ini bisa tumbuh hingga 60 cm, dan lebih banyak menjelajahi dasar akuarium, sehingga tidak bersinggungan dengan arwana merah.
  • Ikan belida, yang berpenampilan unik tanpa sirip maupun sisik, dengan ukuran dewasa mencapai panjang 30 cm. Mereka terbilang perenang aktif, sehingga Anda perlu menyediakan tangki yang besar dan luas untuk dapat membagi ruang antara belida dan arwana merah.
Baca Juga:   12 Ikan Hias Teman Pendamping Ikan Louhan

Selain jenis-jenis ikan di atas, Anda dapat berkonsultasi dengan pehobi ikan profesional untuk menentukan spesies ikan pendamping bagi arwana merah.Namun, ada poin penting yang perlu Anda pertimbangkan.

Dari aspek diet, arwana merah tergolong karnivor. Maka, sebaiknya Anda tidak memasukkan ikan atau invertebrata yang berukurancukup kecil untuk menjadi mangsa bagi mereka.
Untuk meminimalisir konfrontasi dan pertarungan dalam akuarium, pilih spesies yang lebih suka menjelajahi kolom air yang lebih rendah. Anda juga perlu mencermati kepribadian tiap spesimen yang berbeda-beda, karena beberapa arwana merah cenderung lebih agresif daripada yang lain.

5. Nutrisi dan pola makan

Ketika arwana merah masihkecil, beri mereka makanan dengan frekuensi sekali atau dua kali sehari. Dan, setelah mereka tumbuh hingga 30 cm, mereka hanya memerlukan makan sekitar dua hari sekali.

Sebagai karnivor, Arwana Super Red mengonsumsi daging, sehingga memerlukan mangsa hidup, seperti ulat hongkong, jangkrik, cacing darah, lalat, udang, katak kecil, atau ikan pengumpan.
Namun, jika memilih ikan pengumpan, pastikan Anda menemukan pemasok yang memiliki reputasi baik, karena ikan pengumpan sering kali mengandung parasit atau penyakit yang dapat mengganggu kondisi dalam akuarium.

Pilihan lainnya, Anda juga dapat menyediakan makanan beku atau pelet karnivor. Hanya saja, Anda perlu mengetahui bahwa makanan yang telah tenggelam ke dasar tangki, bisa jadi akan sia-sia, karena arwana gemar mencari makanan di dekat permukaan.

Anda pun harus membuang makanan yang tidak termakan, untuk menghindari polutan, atau memelihara spesies lain yang kerap mencari makanan di dasar kolam.

Meski mereka bukan pemilih makanan yang merepotkan, cobalah untuk memberi pakan yang bervariasi, agar dapat mengetahui preferensi arwana kesayangan Anda. Lagipula, jika mengonsumsi satu jenis makanan dalam jangka panjang, arwana merah dapat kekurangan suatu nutrisi dan bisa merasa bosan.

Sementara untuk meningkatkan keindahan warna pada arwana merah, Anda dapat berupaya untuk memberi mereka pakan dengan kandungan karotenoid tinggi.

F. Budidaya arwana merah

Mengembangbiakkan arwana merah bukanlah perkara mudah, karena ukuran mereka yang besar dan sifat yang agresif. Di alam liar, arwana merah kawin dan bertelur ketika musim hujan. Ketika itu, arwana betina bertelur, laluarwana jantan mengerami telur yang telah dibuahi sampai menetas. Umumnya, butuh waktu sekitar dua bulan, hingga telur menghasilkan benih yang dapat berenang bebas dan bertahan hidup mandiri.

Seperti beberapa jenis ikan besar lainnya, dalam satu kali bertelur, mereka hanya menghasilkan sekitar selusin telur, dengan total beberapa ratus telur sepanjang musim pemijahan.

Kesimpulan

Suatu keberuntungan bagi Anda yang tinggal di Indonesia atau wilayah Asia Tenggara, karena memelihara arwana merah terbilang bebas dan legal. Namun, mempertimbangkan biaya besar yang diperlukan, pastikan Anda siap dengan komitmen jangka panjang dan tanggung jawab besar dalam memenuhi segala kebutuhan hidup mereka.
Dengan begitu, arwana merah kesayangan Anda dapat hidup sejahtera, tampil optimal, dan jika beruntung, memenangkan aneka kompetisi atau terjual dengan harga yang fantastis.

error: