Asal-Usul Kucing Siam, Ciri dan Fakta Menarik

daftarhewan.com. Keunikan kucing Siam telah lama melegenda. Mereka memiliki semburat gelap di wajah dan spot warna yang ikonik. Karakter mereka yang menyukai interaksi sosial dan kerap mengeong dengan suara nyaring, juga membuat kucing Siam jadi pilihan sempurna, jika Anda ingin menghidupkan suasana hunian.

jenis kucing paling cantik, jenis kucing yang cantik, jenis kucing terindah, jenis kucing bagus, jenis kucing unik, jenis kucing terimut, jenis jenis kucing yang cantik, jenis jenis kucing imut, jenis kucing paling populer

Nah, apakah kucing Siam bisa jadi jodoh yang tepat bagi keluarga Anda? Cari tahu, yuk!

Kucing Siam dan Penjelasannya

Berikut ini fakta tentang kucing Siam, yang perlu Anda cermati:

a. Ukuran

Sedang.

b. Berat Tubuh

  • Jantan: 5,5-7,5 kg
  • Betina: 4-6 kg

c. Tipe Bulu

Pendek, halus, mengkilap.

d. Variasi Warna

Semburat wajah dan spot warna yang kontras di bagian tubuh tertentu, meliputi cokelat kehitaman, cokelat, biru, atau ungu.

e. Karakter dan Perilaku

Kucing Siam menyukai interaksi sosial dan cenderung vokal. Mereka kerap mengeong, kapan saja, di mana saja, dan pada siapa saja.

Maka, hidup berdampingan sebagai hewan peliharaan keluarga, tentu sangat baik bagi perkembangan kucing Siam. Karena, dengan senang hati, mereka akan bersahabat dengan kucing lain dan anjing, serta menjadi teman bermain yang luar biasa bagi anak-anak.

Baca Juga:   20 Daftar Jenis Kucing Paling Mahal di Dunia, Ada Em-eman!

Namun, yang perlu Anda perhatikan, kucing yang sangat cerdas ini kerap mengulik berbagai hal untuk memuaskan rasa ingin tahunya. Jadi, agar tidak terlalu usil, beri mereka kesibukan berupa permainan puzzle, robot tikus, dan sebagainya, untuk membuat kucing Siam tetap terhibur.

Di sisi lain, walaupun sangat aktif dan eksploratif, kucing Siam juga sering kali meringkuk di pangkuan dan mendampingi pemiliknya ketika tidur.

f. Ciri Fisik

Keunikan warna yang mencolok, membuat Kucing Siam cukup mudah dikenali. Mereka menampilkan spot-spot warna yang kontras dan lebih gelap, pada bagian telinga, kaki, dan ekor, dengan spektrum yang beragam, mulai dari cokelat sampai keunguan, dan juga tabby. Tubuh mereka berwarna lebih terang, umumnya putih gading, krem, dan glasial.

Namun, spot warna dengan semburat wajah bukan menjadi satu-satunya ciri khas kucing Siam. Mereka juga memiliki kepala baji yang unik dengan telinga segitiga besar. Kucing Siam pun tampak eksentrik dengan postur tubuh memanjang dan ramping, dengan kaki belakang yang lebih panjang, serta ekor panjang berdiameter kecil.

Baca Juga:   10 Jenis Kucing Unik yang Suka Main Air

Belum lagi, mata biru berbentuk almond turut membuat penampilan kucing Siam cantik, tampak begitu menawan.

g. Masa Hidup

11-15 tahun.

h. Perawatan Bulu

Dengan bulu yang pendek dan lembut, tingkat kerontokan bulu pada kicing Siam tergolong rendah. Namun, Anda tetap perlu menyisir bulu-bulu mereka setiap minggu untuk mempertahankan kilau, dan menjaganya tetap sehat.

i. Kesehatan

Keunikan pada bentuk kepala kucing Siam, dapat meningkatkan risiko penyakit pernapasan dan penyakit periodontal. Beberapa kucing, bahkan berpotensi memiliki kelainan fisik yang tidak memerlukan tindakan medis, seperti mata juling atau ekor menekuk. Kucing Siam juga berisiko mengalami beberapa penyakit, seperti atrofi retina, glaukoma, gangguan jantung, dan batu kandung kemih.

kucing siam berasal dari, kucing siam adalah, kucing siam asli, kucing applehead siamese, kucing siam coklat, kucing siam comel, jenis kucing siam cat, kucing siam dan penjelasannya, fakta kucing siam, foto kucing siam, kucing siam gambar

j. Makanan

Bagi kucing, mengunyah makanan kering menjadi salah satu upaya untuk menjaga kebersihan gigi dan meminimalisir penumpukan plak.

Namun, bentuk kepala dan rahang kucing Siam yang cenderung segitiga, membuat mereka terbiasa menelan makanan secara utuh, alih-alih mengunyahnya. Maka, ada baiknya Anda memilih makanan kucing dalam bentuk dan ukuran yang dapat memaksa mereka untuk mengunyah makanan, serta mengandung gizi yang lengkap dan seimbang.

Baca Juga:   10 Nama Kucing Freddie Mercury

Hal yang sama, berlaku pula untuk anak kucing Siam. Mereka tentu membutuhkan asupan nutrisi terbaik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang. Maka, pilih produk makanan berkualitas yang diformulasikan khusus untuk anak kucing, demi mendapatkan seluruh gizi yang mereka butuhkan.

k. Kucing siam berasal dari mana?

Sesuai namanya, kucing Siam asal muasalnya berasal dari Siam, yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan Thailand. Mereka tidak keluar dari wilayah tersebut hingga akhir abad ke-19.

Sejarahnya, pada tahun 1878, barulah Presiden Amerika Serikat, Rutherford B.Hayes dan istrinya menerima kucing eksotis ini sebagai hadiah. Dan, pada tahun 1906, kucing Siam secara resmi diakui sebagai ras oleh Cat Fanciers Association (CFA).

Kini, kucing Siam telah berkontribusi pada pembentukan beberapa ras lainnya, termasuk Himalaya, Burma, Bali, dan sebagainya.

l. Fakta Menarik

  • Kucing Siam merupakan salah satu ras asli kucing pedigree.
  • Terdapa suatu kepercayaan, bahwa ketika seorang anggota keluarga kerajaan di Siam meninggal, kucing Siam akan menerima jiwa mereka. Maka, kucing itu lantas dipindahkan ke sebuah kuil, dan menjalani sisa hidupnya dalam kemewahan.
  • Kucing Siam pernah tampil dalam film-film populer, seperti The Aristocats and Lady and the Tramp.
error: