10 Aturan Merawat Hewan Peliharaan

daftarhewan.com. Mengadopsi hewan bukan hanya tentang kesenangan, melainkan kasih sayang, tanggung jawab, dan komitmen. Sebagai makhluk bernyawa yang tidak berkeliaran bebas di alam, mereka membutuhkan perawatan rutin dari Anda, sebagai pemelihara.

Pastikan Anda Paham 10 Poin Ini Ketika Memelihara Hewan!

Karena itu, untuk menjamin kesehatan dan kesejahteraan mereka, Anda perlu memahami 10 poin penting dalam aturan merawat hewan peliharaan, berikut ini:

aturan hewan peliharaan yang kamu ketahui, peraturan hewan peliharaan, aturan merawat hewan peliharaan, aturan merawat hewan peliharaan yang kamu ketahui, aturan merawat hewan peliharaan kelas 1, aturan memelihara hewan peliharaan, aturan merawat hewan peliharaan di rumah, aturan merawat hewan peliharaan adalah, aturan merawat hewan peliharaan ayam, aturan merawat hewan peliharaan anjing, contoh aturan merawat hewan peliharaan adalah

5 jenis hewan peliharaan – via : facebook.com

1. Pemeriksaan kesehatan

Hewan peliharaan pada umumnya, seperti kucing atau anjing, memiliki usia yang lebih singkat dari manusia. Dengan kata lain, mereka akan menua lebih cepat dari Anda. Implikasinya, hewan peliharaan akan membutuhkan pemeriksaan kesehatan, setidaknya 1 atau 2 kali dalam setahun.

Maka, Anda bertanggung jawab untuk mengatur waktu kunjungan ke dokter hewan. Terutama, apabila hewan peliharaan memerlukan vaksinasi atau memiliki kondisi khusus terkait kesehatannya.

Ada baiknya, jika Anda membiasakan kunjungan ini sejak hewan peliharaan di usia muda, agar ia terbiasa berpergian dan tidak takut naik kendaraan.

2. Vaksinasi

Ketika Anda mengadopsi hewan peliharaan baru di rumah, segera atur jadwal imunisasi dengan dokter hewan. Pada kunjungan pertama, dokter akan memberi anjuran mengenai vaksin yang dibutuhkan, untuk melindungi hewan peliharaan Anda dari berbagai risiko penyakit.

Apabila Anda memelihara anak anjing, lakukan penjadwalan imunisasi lebih awal, pada beberapa minggu pertama. Hal tersebut akan mencegah risiko-risiko penyakit yang kerap menjangkiti anjing, seperti rabies, penyakit Lyme, dan distemper. Sementara vaksinasi pada kucing, diperlukan untuk menghalau virus herpes, leukemia, dan rabies.

Baca Juga:   10 Jenis Hewan Peliharaan yang Lucu untuk Anda

Dan, jika memelihara hewan yang telah dewasa, pastikan Anda juga menetapkan jadwal imunisasi bersama dokter hewan. Karena, pemberian vaksin perlu pembaruan, dan bukan hanya diperlukan oleh hewan peliharaan di usia muda.

3. Identifikasi

Berbagai kejadian tidak terduga kerap terjadi kapan saja dan di mana saja. Misalnya, hewan peliharaan hilang atau tersesat, ketika Anda ajak berjalan-jalan. Salah satu langkah mitigasi yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir dampaknya, yaitu memasang tanda pengenal pada hewan peliharaan.

Apabila Anda memelihara anjing, berikan kalung yang aman, serta menyimpan informasi kontak Anda. Jika perlu, Anda dapat memasang microchip pada hewan peliharaan, untuk mempermudah pencarian dan identifikasi hewan.

4. Sterilisasi

Demi kebaikan bersama, sterilisasi hewan peliharaan perlu untuk menghindari berbagai kondisi yang tidak diinginkan. Misalnya, komplikasi dalam masa kehamilan dan penambahan jumlah hewan di luar kesanggupan Anda.

Untuk itu, tindakan sterilisasi atau mengebiri hewan, terutama pada kucing, dapat mengurangi risiko kanker serviks, menghindari risiko kanker ovarium, dan mencegah masalah di musim kawin. Selain itu, mereka juga tidak akan mengendap-endap keluar rumah untuk mencari pasangan, dan kucing-kucing liar di lingkungan rumah Anda tidak akan terlalu agresif.

Sementara sterilisasi pada anak anjing, dapat membantu mengurangi agresivitas dan kecenderungan anjing berkeliaran di luar rumah, serta mencegahnya mengalami kanker testikular.
Dalam hal ini, hewan peliharaan akan memerlukan pembedahan dengan anetesi umum, dan menginap setidaknya satu malam di klinik hewan untuk observasi dan pemulihan kondisi.

5. Makanan sehat

Asupan wajib hewan peliharaan, meliputi air yang segar dan makanan sehat. Pastikan, kedua asupan tersebut tersedia ketika mereka membutuhkannya. Karena, nutrisi yang tepat, akan memperbaiki kualitas hidup dan menyuplai energi bagi hewan peliharaan.

Baca Juga:   8 Cara Merawat Hewan Peliharaan

Apabila Anda kebingungan memilih produk makanan terbaik, bertanyalah pada dokter hewan atau orang yang lebih berpengalaman memelihara hewan. Misalnya, untuk makanan kucing atau anjing, perhatikan keseimbangan protein, karbohidrat, dan lemak yang tepat. Cermati pula kecukupan serat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Selain itu, pilih makanan dengan formulasi khusus yang sesuai dengan usia, kondisi kesehatan, dan tingkat aktivitas hewan peliharaan. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter hewan, untuk peralihan ke makanan khusus.

6. Kebersihan tubuh

Anda perlu bertanggung jawab terhadap kebersihan hewan peliharaan, melalui perawatan tubuh di rumah, dokter hewan, maupun layanan grooming. Setidaknya,secara rutin, Anda perlu menyikat gigi, menyisir rambut, serta menyediakan asupan yang bersih dan sehat untuk mendukung kondisi fisik mereka.

Jadwalkan segala kegiatan yang berkaitan dengan perawatan tubuh hewan peliharaan dalam kalender, dan bangun kebiasaan melalui rutinitas, seperti memotong kuku atau menyisiri hewan.

7. Lingkungan yang kondusif

Musim berganti, bersama perubahan lingkungan yang bisa jadi akan memengaruhi kondisi hewan peliharaan. Terutama, jika Anda memelihara hewan di luar rumah atau rentan terhadap dinamika suhu dan kelembaban. Terkait hal ini, pastikan Anda telah memiliki rencana antisipatif dan menyediakan kandang yang dapat melindungi hewan dari fluktuasi cuaca.

Selain itu, Anda perlu mencermati segala komponen pada lingkungan tempat tinggal hewan. Apakah ada fasilitas yang rusak atau sarana yang berbahaya? Apakah hewan memiliki tempat bermain, beristirahat, dan wadah makan yang ideal?

Periksa pula instalasi, furnitur, dan segala detail pada hunian Anda secara rutin. Segera ambil tindakan, ketika terdapat kabel yang terbuka, kawat yang mencuat, jendela yang rusak, tanaman beracun, dan sebagainya.

8. Latihan dan bersosialisasi

Sangat penting untuk memastikan bahwa hewan peliharaan Anda cukup terlatih dan dapat bersosialisasi dengan baik. Meski latihan di usia muda akan lebih efektif, namun tidak ada istilah terlambat.

Baca Juga:   Ayam Pegar Ring-neck Pheasant

Setidaknya, hewan peliharaan, terutama kucing dan anjing, harus memiliki keterampilan untuk buang air pada tempatnya, dan patuh pada Anda. Apabila Anda sibuk dan kurang telaten, gunakan jasa pelatihan profesional atau mintalah rekomendasi dari dokter hewan. Poin ini menjadi penting, karena akan menentukan kebahagiaan hewan dan kualitas waktu Anda bersama mereka.

9. Mematuhi aturan

Ada kalanya, Anda perlu membawa hewan peliharaan ke salon untuk melakukan perawatan. Atau, bisa jadi Anda akan membutuhkan jasa hotel hewan, ketika bepergian ke luar kota. Anjing Anda juga tentu akan senang kala berkunjung ke taman khusus anjing.

Tapi, untuk mendapatkan semua layanan tersebut, Anda perlu memenuhi beberapa peraturan dan etika. Misalnya, memastikan bahwa hewa peliharaan dapat bersikap baik dan tidak membahayakan manusia atau hewan lain, serta telah mendapatkan vaksinasi, sehingga tidak tertular atau menularkan penyakit kepada hewan yang ada di layanan tersebut.

10. Waktu bermain yang cukup dan aman

Hewan peliharaan membutuhkan waktu bermain untuk mengoptimalkan kondisi fisik, insting alami, dan kesejahteraan mereka. Selain itu, bermain juga menjadi aktivitas yang efektif untuk membangun ikatan antara Anda dan hewan peliharaan.

Karena itu, sediakan waktu khusus untuk berinteraksi dengan mereka, dan pastikan keamanan dari fasilitas yang tersedia. Anda juga bisa membuat sendiri mainan untuk hewan peliharaan Anda, agar terasa lebih dekat dan menyenangkan.

Satu hal yang perlu Anda tanamkan, poin-poin di atas membutuhkan ketelatenan dan komitmen jangka panjang. Perawatan hewan, tidak dapat Anda lakukan hanya ketika liburan atau untuk mengisi waktu luang.

Sekalipun Anda sibuk bekerja, sediakan waktu untuk memenuhi seluruh tanggung jawab Anda terhadap mereka, atau setidaknya, pekerjakan orang lain untuk menjaga dan merawat hewan-hewan peliharaan kesayangan Anda.

error: