Axolotl: Harga, Klasifikasi dan Fakta Menariknya

daftarhewan.com. Apa itu Axolotl? (dibaca: aksolotil) kedengar akrab atau malah asing? Axolotl bukan ikan, tetapi amfibi yang datang dari danau di wilayah Kota Meksiko. Tidaklah aneh jika mereka sering dikatakan sebagai salamander Meksiko.

Sekarang hewan semacam salamander ini terkenal sebagai hewan peliharaan unik, lucu, manis, kece, dan kadang membuat tampak seperti tersenyum sendiri.

axolotl harga, axolotl adalah, axolotl smile, axolotl pink, apa itu axolotl, axolotl habitat, axolotl makan apa, axolotl adopt me, axolotl colors, axolotl pet

Bagaimana tidak, hewan imut ini mempunyai mulut lebar yang seperti emoji senyuman. Saat Anda menyaksikannya, bukan mustahil Anda akan ‘ketularan’ senyum. Tidak sangsi beberapa orang ikhlas membayarnya di harga beberapa ratus ribu rupiah dan menjaga dan merawatnya di dalam akuarium air tawar.

Klasifikasi Axolotl

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Amphibia
Ordo: Caudata
Family: Ambystomatidae
Genus: Ambystoma
Nama latin: Ambystoma Mexicanum
Type: Amphibian
Pola makan : Karnivora
Ukuran: panjang 15cm – 45cm
Berat: 60g – 200g
Kecepatan maksimal: 17km/h
Umur : 10-20 tahun
Interaksi: soliter/penyendiri
Status pelestarian: Endangered (terancam punah)
Warna: pink, golden yellow, hitam, putih, abu-abu, cokelat
Type kulit: Permeable (berpori)
Makanan Kesukaan: Cacing
Habitat: ketinggian danau air tawar
Mangsa khusus: cacing, moluska, serangga
Predator: ikan dan burung
Ciri-Ciri: Kepala berupa gepeng dan insang yang mempunyai bulu.

Baca Juga:   Ayam Pegar Lady Amherst's Pheasant

1. Keluarga dekat

Mereka mempunyai jalinan kekeluargaan dengan salamander harimau (tiger salamander). Tetapi sudah pasti gampang membandingkan salamander dengan axolotl, karena sepanjang hidupnya, axolotl menjaga bentuk yang serupa kecebong. Terkecuali bila salamander harimaunya masih terbilang muda, mungkin dapat tertukar.

2. Harga Axolotl

Harga Axolotl Salamander ukuran 10 – 12 cm berwarna kuning ataupun pink dihargai Rp. 300.000-an. Sedangkan yang hitam ataupun golden yellow berukuran 15 cm dihargai sekitar 400 ribu sampai 500 ribu rupiah.

3. Keunikan axolotl

Kepalanya berbentuk datar atau gepeng dan ukuran lumayan lebar, bahkan juga melampaui badannya sendiri. Mereka mempunyai insang dengan bulu yang muncul dan mencolok dari ke-2 sisi kepalanya. Organ itu menolong axolotl bernapas di bawah air.

Baca Juga:   Daftar Hewan dari Huruf C, Bahasa Inggris

Mereka sanggup melakukan pembaharuan anggota tubuh, sama dengan salamander dan kadal air. Mereka dapat meregenerasi tulang belakang (sumsum), mata, duri, rahang, dan sisi otak. Oleh karenanya, penelitian ilmiah mengenai kekuatan ini terus-menerus dilaksanakan.

Axolotl albino cukup sering diketemukan, karena mereka habiskan waktu di celah-celah dasar danau atau di tempat bawah batu. Mereka kerap tampil dengan warna merah muda/pink serta putih. Tetapi ada sejumlah axolotl memiliki warna gelap seperti hitam, cokelat, dan abu-abu.

4. Makanan axolotl

Sebagai karnivora, makanan axolotl harus berbasiskan daging. Mereka menyantap larva serangga, cacing, krustasea, moluska, atau ikan-ikan kecil.

harga axolotl, axolotl harga, cara memelihara axolotl, harga salamander air, harga axolotl albino, axolotl murah, axolotl dewasa, axolotl wikipédia

5. Predator

Sebetulnya mereka tidak senang eksis ke permukaan air. Mereka malah lebih suka hidup di bawah atau dasar. Tetapi tidak berarti mereka bebas dari incaran pemangsa. Karena ikan-ikan lain dan beberapa spesies burung siap juga jadi predator mereka. Disamping itu, rawan ditangkap dan jadi hewan piaraan oleh manusia. Apabila sudah demikian, mereka pasti berpisah dengan komunitas alaminya dan harus tinggal di lingkungan artifisialnya.

Baca Juga:   Nama Hewan dari Huruf B Bahasa Inggris dan Penjelasannya

6. Berapa Lama Axolotl Bertahan Hidup?

Umumnya berumur 10-20 tahun. Jarang-jarang sekali ada yang bertahan lama sampai melewati 15 tahun. Tetapi ada banyak yang dapat menggapai lebih dari 25 tahun.

Induk dapat menghasilkan 100 sampai 1.000 telur. Mereka memakai zat lengket untuk menempelkan telur-telurnya pada batu-batuan atau tanaman di di air. Dengan begitu, telur-telur mereka menjadi lebih aman. Sesudah sebulanan, telur-telur itu berkembang jadi bayi-bayi axolotl imut.

7. Sebagai Hewan Peliharaan

Sebagai salah-satu makhluk eksotik, sudah pasti banyak yang membidiknya untuk menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Harganya tentu tidak termasuk murah, karena keberadaan mereka di alam liar sangat tipis. Jumlah populasi mereka makin melorot. Hingga bukan kasus yang simpel untuk mendatangkannya.

Satu diantara sekian pemicu menurunnya jumlah populasi yakni pencemaran atau polusi yang selalu bertambah. Komunitas mereka terusik. Kehidupan mereka terguncang.

Apa Anda terpanggil untuk melindungi serta melestarikan makhluk menggemaskan ini? Itulah tentang Axolotl, Sang “Ikan Berjalan”.

error: