Ayam Bangkok Lemas tak Bertenaga

daftarhewan.com. [1] Pernahkah Anda mengalami punya ayam jago bangkok yang sehat dan kondisi badannya sangat bagus, ternyata cepat loyo, ayam bangkok jago lemas dan tak bertenaga ketika dilatih tanding? Jika pernah tentunya Anda bertanya apa penyebabnya.

Penyebab ayam jago bangkok cepat loyo antara lain; [1] Faktor pakan, cara melatih, memilih bibit cara merawat, pemberian obat-obatan dan kurangnya pengetahuan si pemelihara.

cara mengobati ayam bangkok kaki lemas, ayam lemah lesu, mengobati kaki ayam bangkok lemas, cara mengatasi ayam bangkok lemas, penyebab kaki ayam bangkok lemas, cara menguatkan kaki ayam bangkok yang lemas papaji, kaki ayam bangkok tiba tiba lemas, obat kaki ayam bangkok yang lemas, cara mengobati ayam bangkok yang lemas

[2] Lalu ada lagi pertanyaan, mengapa ayam bangkok aduan yang pernah kalah, sulit sekali untuk kembali berani bertarung?

Ayam bangkok itu sebenarnya sama saja dengan manusia. Permumpamaan pemuda yang sehat dan gagah, belum tentu dapat menjadi atlet yang baik. Mengapa? Untuk dapat menjadi atlet yang baik, masih diperlukan berbagai persyaratan lain. Pertama, gizi atlet tadi harus cukup. Fisik si atlet juga harus terlatih dengan latihan fisik maupun latihan teknik. Meskipun seorang pemuda berbadan atletis dan sehat, kalau tidak pernah latihan, disuruh lari sedikit saja napasnya akan habis. Istilahnya suak swaak / soak atau loyo.

Melatih ayam bangkok sebaiknya dilakukan sejak dini, mulai umur 1 bulan atau pada saat bulu sayapnya sudah tumbuh. Caranya, anak ayam calon jago itu dipegang lalu dilemparkan ke atas dan ditangkap lagi. Secara otomatis, anak ayam itu akan mengepak-ngepakkan sayapnya dan ketika menjejak telapak tangan dia akan mencengkeram dengan cakarnya.

Demikian dilakukan berulang-ulang kali setiap hari sampai ayam tampak lemas dan terengah-engah. Setelah itu, anak ayam dikembalikan ke kandang dan ditaruh di dekat tempat minum agar dia segera minum.

Baca Juga:   Cara Menjadikan Ayam Bangkok Aduan Super Istimewa

Untuuk membuatnya jinak, anak ayam harus mulai ditimang-timang sejak umur satu minggu. Sebab kalau tidak demikian, dia akan bersifat liar hingga sulit ketika akan diambil untuk mulai dilatih kembali.

Proses latihan fisik seperti ini dilakukan terus sampai anak ayam umur 4 bulan. Mula-mula ia dilempar setinggi 0,5 meter dari tangan lalu hari berikutnya bertambah tinggi jarak lemparannya. Pada umur 4 bulan lemparannya bisa mencapai 3 – 4 m dari permukaan tanah. Dengan lemparan-lemparan seperti ini napas ayam akan akan menjadi panjang. Lamanya latihan pun disesuaikan dengan umur ayam. Ayam umur satu bulan cukup dilatih selama 3 menit. Makin lama makin bertambah hingga bisa sampai 15 atau 30 menit. Prinsipnya, begitu ayam tampak lemas, latihan segera dihentikan. Makin lama ayam dapat bertahan berarti mutu dan ketahanannya semakin baik.

Jika Anda memelihara ayam dengan penetasan dan perawatan oleh induknya, anak-anak ayam itu tidak akan kanibal (saling mematuk/memangsa satu sama lain). Pada pemeliharaan dengan induk buatan kecenderung bersifat kanibal sangat tinggi. Karenanya Anda perlu memberi hijauan yang cukup hingga anak-anak ayam itu sibuk mematuk hijauan tersebut. Akan lebih baik lagi Anda sejak dini telah memisahkan anak-anak ayam bangkok itu secara soliter dalam kandang baterai. Dengan cara ini, sejak dini pula ayam dapat dilatih tanding untuk mengasah kemampuan bertarungnya.

Cara melatih teknik ialah dengan mengambil dua ekor anak ayam jantan yang seumur dan sosok fisiknya maupun beratnya sama. Kedua ekor calon jago itu diletakkan berhadapan dan biasanya akan langsung bertarung. Yang perlu dijaga, begitu salah satu diantara mereka tampak mulai kalah, latih tanding segera dihentikan.

Baca Juga:   Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Lumpuh Secara Tradisional

Mengapa? Inilah jawaban untuk pertanyaan ke [2] yaitu, sekali ayam jago bangkok mengalami kekalahan, nyali atau keberaniannya untuk bertarung akan hilang. Kalau sampai terjadi seperti ini, ia bisa dipulihkan dengan menghadapkannya ke ayam kampung biasa yang biasanya akan kalah melawan jago bangkok. Dengan cara ini, sedikit demi sedikit nyali jago yang sudah kalah atau keok itu akan kembali pulih.

ayam bangkok lemas tak bertenaga, obat kaki ayam bangkok lemas, kaki anak ayam bangkok lemas, penyebab ayam bangkok lemas, cara mengobati ayam bangkok lemas, cara mengatasi kaki ayam bangkok lemas, cara mengobati ayam bangkok pucat dan lemas, ayam lemas, mengobati ayam bangkok lemas, mengatasi ayam bangkok lemas

Latihan teknik ini bisa dimulai sejak dini pula, yaitu pada umur 1 – 2 bulan dan harus dilakukan terus meskipun ayam sudah benar-benar menjadi jago. Dengan cara ini, napas ayam menjadi panjang, teknik bertarung baik, dan nyalinya juga besar. Apabila Anda melakukan teknik latihan ini dengan tekun, ayam jago Anda yang kecil dan tidak terlalu gagah pun akan dapat mengalahkan jago lain yang lebih besar namun napasnya pendek.

Berilah pakan ayam jago Anda pakan yang bermutu buatan pabrik karena gizinya sudah cukup baik. Meskipun pakan terbaik untuk ayam jago bangkok adalah gabah.

Sejak dini, misalnya sebulan, anak ayam harus sudah dilatih makan gabah. Mula-mula beri dia sebutir dua butir, lama-lama menjadi segenggam sampai akhirnya menu utamanya adalah gabah. Menu tambahan lainnya berupa protein nabati maupun hewani, lebih baik berupa pakan alami. Misalnya kacang hijau atau jangkrik. Mengapa demikian? Karena gabah dan pakan alami tadi, selain nilai gizinya baik juga akan membuat tembolok, ampela dan usus ayam menjadi kuat. Di samping itu, ayam juga relatif tahan terhadap penyakit.

Perlu diketahui, kekuatan ayam bukan hanya ditentukan oleh tubuh bagian luar tetapi juga organ bagian dalam. Selain karbohidrat dan protein, ayam juga perlu mengkonsumsi hijauan setiap harinya. Minyak ikan diberikan rutin setiap bulan. Demikian pula dengan vaksin ND dan obat cacing diberikan 3 bulan sekali.

Baca Juga:   Ayam Pegar: Klasifikasi, Karakteristik, dan Penjelasan Lainnya

Dengan cara ini, kesehatan ayam jago akan senantiasa terjaga. Vitamin-vitamin buatan pabrik juga obat-obatan stimulan, sebaiknya diupayakan untuk tidak diberikan sebab justru akan membuat tubuh ayam menjadi manja. Kemampuan tubuh menyerap vitamin dari pakan menjadi berkurang. Jadi hijauan yang diberikan secara rutin setiap hari, sudah cukup menyuplai kebutuhan vitamin maupun mineral.

Memilih calon jago bangkok tidaklah mudah, hal tersebut harus dilakukan sejak DOC. Karena yang penting bukan sosok fisik, melainkan kondisi pakan serta latihan yang membentuk jago tadi. Calon jago yang baik tampak dari bentuk kepala, paruh, leher, badan dan kakinya.

Kepala relatif besar dengan bentuk simetris yang sempurna, paruh juga besar dan melengkung serta mengkilap. Bentuk badan dan kaki kekar. Kakinya panjang dan besar dengan jari yang lurus sempurna. DOC jantan berpenampilan demikian harus disisihkan untuk dirawat secara khusus hingga menjadi calon jago yang baik.

Selain tips di atas cobalah Anda menggali informasi melalui buku dan literasi lainnya supaya ayam jago Anda menjadi ayam jago bangkok super yang tak terkalahkan sehingga menjadi ayam bangkok yang harganya sangat mahal.

error: