Ayam Cacingan? Beri Daun Pepaya!

Posted on

daftarhewan.com. Ayam cacingan. Ascaridia Galli, itulah cacing yang paling banyak menyerang ayam di seluruh dunia. Data kerugian yang ditimbulkan parasit ini memang belum jelas. Pada ayam muda, ia bisa menimbulkan kematian. Sedangkan di ayam dewasa, cacing ini menurunkan produksi disertai defisiensi vitamin B12, mineral dan protein.

ayam cacingan, ciri ayam cacingan, cacing pada ayam, cacingan pada ayam, ciri2 ayam cacingan, penyebab ayam cacingan, mata ayam cacingan, mengobati ayam cacingan, tanda ayam cacingan, cara mengobati ayam kurus cacingan

Penyakit itu biasanya ditanggulangi dengan pemberian obat antelmintik. Bahayannya, obat-obatan itu cepat menimbulkan resistensi. Seandainya jenis obat yang dipakai hanya satu macam, setelah lima generasi, obat itu tidak mempan lagi.

Minimal 2 generasi cacing sudah kelihatan betul akumulasi gen yang resisten. Satu generasi cacing umurnya 3 minggu. Para peternak ayam intensif memakai paling sedikit 3 macam antelminik, dan itu mahal.

Baca Juga:   6 Makanan Angsa dan Kebutuhan Lainnya

Getah pepaya yang terdapat juga dalam daun pepaya diketahui mengandung papain, kimopapain, dan karpain. Papain dan kimopapain merupakan enzim proteolitik, sementara karpain sangat penting untuk mengawali aktivitas kedua enzim itu.

Peneliti yang melakukan penelitian, memakai ayam petelur betina berumur 18 minggu jenis Hy Sex Brown. Ayam-ayam yang terinfeksi A.galli diberi getah pepaya. Hasilnya, pengobatan dengan dosis 2 cc dan konsentrasi 20% dapat membunuh serta menghancurkan cacing dalam waktu 90 menit.

Diduga, getah pepaya itu merusak enzim-enzim pencernaan makanan cacing. Bisa juga yang dirusak protein dan glikoprotein yang penting untuk transportasi hasil-hasil metabolisme.

Papain dalam getah pepaya menghidrolisis protein menjadi asam emino. Asam amino ini rupanya dimanfaatkan oleh ayam dalam waktu 1 minggu saja berat ayam yang tadinya sakit langsung naik.

Baca Juga:   Jenis Ayam Kate yang Bagus untuk Peliharaan
cacing pita pada ayam, cara mengobati ayam cacingan, cacing pada ayam, cacing ayam ciri2 ayam cacingan, penyebab ayam cacingan, cara mengatasi ayam cacingan, jenis cacing pada ayam bangkok, jenis cacing pada ayam
Cacing pada daging ayam – via : cs-tf.com

Penelitian ini tampaknya menarik perhatian ahli luar negeri. Seorang utusan dari sebuah lembaga penelitian di Denmark khusus datang untuk melihat sendiri hasil percobaan itu di sini. Di sana mereka rencananya akan mengembangkan getah pepaya sebagai obat cacingan pada ternak babi.