Ayam Cemara yang Berbulu Lidi

daftarhewan.com. Ayam Cemara. Bulu-bulu di sekujur tubuhnya amat kaku seolah-olah terkena cairan lem, sehingga bentuknya seperti lidi atau bulu landak. Tak salah kalau ayam cemara ini ada juga yang menyebutnya sebagai ayam landak.

ayam cemara, harga ayam cemara, ayam cemara tanjung duren, ayam cemara kaki kuning, ayam cemara lidi, ayam cemoro geni, ayam cemara bulu landak, harga ayam cemara putih, ayam cemara putih

Ayam cemara sebenarnya termasuk ayam kampung biasa. Tetapi karena keanehan bentuk bulunya itu ia punya nama tersendiri. Bentuk bulunya yang aneh lebih disebabkan tidak sempurnanya perkembangan bulunya, sehingga terlihat seperti melekat pada tangkai bulu. Dan karena bulu-bulunya itu sepintas mirip daun pohon cemara, maka ia dikenal sebagai ayam cemara bulu landak.

Warna bulu sama seperti warna bulu ayam kampung pada umumnya. Perpaduan antara warna-warna hijau, hitam, cokelat, merah, kuning atau putih. Tetapi sebagian besar berwarna hitam atau putih polos.

Baca Juga:   Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Lumpuh Secara Tradisional

Pada ayam jantan ada bulu-bulu halus yang menutupi leher, sayap dan pelananya atau yang biasa disebut bulu rawis. Bentuknya normal seperti bulu rawis pada umumnya. Sementara bulu ekor dan bulu sabitnya persis seperti lidi, dan karena jumlahnya banyak jadi terlihat seperti sapu lidi. Sedangkan si betina rata-rata semua bulunya seperti lidi, hanya di leher bulu-bulu itu normal.

Sama seperti Ayam Kampung

Ayam cemara ini tidak rewel dan mudah dipelihara. Seperti ayam kampung ia bisa diumbar atau dikandangkan.

Makanan Ayam Cemara

Pakan diberikan dua kali sehari pagi dan sore, be rupa campuran jagung giling dengan pakan ayam 521 ditambah potongan-potongan daun pepaya, pepaya dan kangkung. Pakan diganti dua kali sehari, pakan pagi diganti sore dan pakan sore diganti keesokan harinya.

Baca Juga:   Ayam Poland Jambul Mahkota

ayam cemara, harga ayam cemara, ayam cemara tanjung duren, ayam cemara kaki kuning, ayam cemara lidi, ayam cemoro geni, ayam cemara bulu landak, harga ayam cemara putih, ayam cemara putih

Minumnya cukup diberikan air tawar mentah. Agar ayam-ayam itu sehat dalam air minumnya ditambahkan vitamin-vitamin baik vitachic maupun vitavit. Dosis yang diberikan sesuai yang tercantum dalam kemasan. Selama enam hari vitamin itu diberikan terus menerus, kemudian istirahat selama satu bulan.

Untuk mencegah penyakit pilek, di musim kemarau sebaiknya jatah minumnya dikurangi. Sedangkan untuk mencegah penyakit lain dan cacingan, setiap tiga bula sekali ayam divaksin dan diberi obat cacing.

Ayam yang unik dan antik ini harganya akan melonjak tinggi bila diperlukan untuk upacara yang memerlukan sesajen, karena itulah salah satu kegunaannya. Hanya sayangnya ia tidak tahan dingin, mungkin karena bulu-bulu landaknya itu tidak rapat menutupi tubuhnya.

Baca Juga:   Apa Saja Makanan Babi di Peternakan?
error: