Apa Itu Ayam Fillet? Yuk, Cari Tahu Kegunaannya!

daftarhewan.com. Ayam fillet. Dulu kita hanya mengenal daging ayam, itu seperti biasa daging ayam saja tanpa mengenal bagiannya. Sekarang, para produsen ayam potong berkreasi untuk membuat berbagai produk dari ayam.

ayam fillet, apa itu ayam fillet, ayam fillet mentah, ayam fillet itu apa, dimana beli ayam fillet, buat ayam fillet, cara fillet ayam untuk steak

Fillet dada ayam

Penjual ayam modern menjual produknya berupa : Berangkas, Karkas, Parting, Paha Utuh, Paha Bawah, Dada, Sayap, Fillet Dada, Fillet Paha, Kepala, Ceker, Hati, Ampela, Usus bahkan hingga Tulang pun dijual per kilo.

Berangkas : Berupa daging ayam utuh tanpa jeroan dilengkapi dengan ceker dan kepala. Parting : Satu ekor ayam dibagi beberapa bagian, biasanya terdiri dari 9 bagian. Karkas : adalah potongan ayam utuh tanpa kepala dan ceker.

Ayam Fillet Adalah?

Fillet ayam atau ayam fillet adalah potongan daging ayam yang biasanya diambil dari bagian dada atau paha ayam. Mereka adalah potongan daging tanpa tulang yang sebagian besar rata, meskipun biasanya tidak memiliki ketebalan yang konsisten melalui panjang daging.

Ada banyak kegunaan, terutama karena mereka adalah potongan unggas yang sangat serbaguna yang dapat disajikan utuh atau diukir menjadi potongan-potongan kecil untuk digunakan dalam resep lain.

Sebagian besar lemak ayam terkonsentrasi di kulit, sehingga dada ayam biasanya dijual tanpa kulit dan tanpa tulang. Tepat di belakang dada ayam adalah filet bagian dalam. Karena ini adalah potongan di bagian dalam tulang belakang, fillet bagian dalam juga disebut “tenderloin” ayam. Untuk alasan yang sama ini adalah bagian ayam yang paling empuk.

Baca Juga:   5 Ayam Terbesar di Dunia, Raksasa di Jenisnya!

Perbedaan pertama yang jelas antara dada ayam dan tenderloin adalah ukurannya. Tenderloin hampir dua kali lebih kecil dari dada ayam. Mereka juga berbeda dalam bentuk, tenderloin lebih sempit dan ramping. Dada ayam juga sedikit lebih ramping dan mengandung lebih banyak vitamin.

1. Fillet Ayam Dimasak Apa?

Sifat lunak dari fillet telah menyebabkan penggunaannya dalam hidangan seperti Chicken Cordon Bleu, di mana fillet diisi, dan ayam gulung di mana fillet ditumbuk rata. Pada akhirnya, hanyalah potongan daging padat dan dapat dibentuk dan dicetak sesuai dengan persyaratan dari hampir semua resep.

Salah satu manfaat menggunakan fillet ayam dalam masakan adalah dapat dimasak dengan sangat cepat, contohnya adalah steak ayam. Panas bergerak cepat melalui daging, memungkinkannya untuk matang di bagian dalam sebelum permukaannya sempat terbakar, yang bisa berguna saat daging dilapisi tepung roti. Bisa dibuat potongan dadu, terutama yang terbuat dari daging paha, cocok untuk menumis atau dibuat sate.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk memasak potongan ayam ini. Salah satu yang paling sering digunakan adalah menggoreng, di mana seluruh bagian ditempatkan dalam wajan panas dan dimasak sampai matang sambil mengembangkan kerak coklat di bagian luar menjaga bagian dalam tetap empuk.

Baca Juga:   Apakah Ayam Sakit Boleh Dikonsumsi atau Dimakan?

Masakan tradisional yang sederhana mengambil fillet dan dilumuri tepung perasa dan digoreng dalam wajan berisi minyak panas lalu jadilah ayam fillet tepung atau ayam fillet crispy.

Anda juga dapat memasaknya di dalam oven, meskipun harus berhati-hati agar tidak terlalu matang dan mengering. Mereka dapat dikukus di atas air mendidih untuk memberikan rasa yang sangat lembab dan netral saat digunakan dalam hidangan lainnya.

Fillet juga bisa direbus dalam air, anggur atau kaldu seperti sup. Ayam panggang sangat umum, terutama bila dilapisi dengan saus barbekyu manis atau direndam dalam kecap dan jahe.

Ada banyak resep yang meminta agar fillet dipotong lebih lanjut. Bisa dipotong dadu agar cepat matang atau dihaluskan menjadi  ayam giling, karena tidak ada tulangnya. Salah satu teknik umum yang digunakan untuk memastikan pemasakan yang merata adalah dengan menggoreng daging.

Ini melibatkan pemotongan fillet memanjang dari samping, tetapi tidak sampai ke seluruh daging, dan kemudian melipatnya terbuka untuk membuat potongan yang lebih besar dengan ketebalan yang lebih merata di sekelilingnya.

Hasil serupa dapat dicapai dengan menumbuk daging ayam secara perlahan hingga rata. Ada banyak resep yang meminta agar fillet dipotong lebih lanjut. Bisa dipotong dadu agar cepat matang atau dihaluskan menjadi ayam giling, karena tidak ada tulangnya.

ayam fillet adalah, daging fillet, daging ayam fillet, ayam fillet crispy, ayam fillet tepung, masakan ayam fillet, ayam fillet asam manis

Fillet paha ayam

Salah satu teknik umum yang digunakan untuk memastikan pemasakan yang merata adalah dengan menggoreng daging. Ini melibatkan pemotongan fillet memanjang dari samping, tetapi tidak sampai ke seluruh daging, dan kemudian melipatnya terbuka untuk membuat potongan yang lebih besar dengan ketebalan yang lebih merata di sekelilingnya.

Baca Juga:   11 Jenis Ayam Petelur Terbaik, yang Jadi Peliharaan Produktif

Hasil serupa dapat dicapai dengan menumbuk secara perlahan hingga rata. Selain itu Anda juga dapat berkreasi dengan banyak resep ayam fillet dengan mencarinya di internet.

2. Harga Fillet Ayam

Saat artikel ini publish. Di sebagian besar toko penjual daging ayam, Fillet ayam dibagi menjadi 2 sebutan. Yang pertama yaitu Fillet Dada dan yang kedua adalah Fillet Paha.

Harga keduanya bisa jadi berbeda, Fillet dada biasanya lebih mahal dari fillet paha. Harga fillet dada saat ini sekitar Rp. 45.000 / kilogram dan fillet paha Rp. 44.000 / kilogram.

3. Apa Manfaat Fillet Ayam?

Jenis daging unggas ini merupakan sumber protein tanpa lemak yang sangat baik. Daging ayam juga merupakan sumber Protein vitamin B, vitamin D, kalsium, zat besi, seng, dan sejumlah kecil vitamin A dan vitamin C.

error: