Home » Hewan Ternak » Daftar Ayam Hias Termahal yang Harus Anda Ketahui, Apa Saja?

Daftar Ayam Hias Termahal yang Harus Anda Ketahui, Apa Saja?

daftarhewan.com. Ayam merupakan salah satu jenis hewan yang banyak disukai oleh masyarakat. Sebab, hewan tersebut memang sangat mudah cara pemeliharaannya dan juga tidak terlalu memakan biaya yang cukup mahal. Ayam biasanya dijadikan sebagai peliharaan baik untuk konsumsi, atau hanya sebagai hiasan alias nantinya jika dibutuhkan dapat dijual kembali.

Adapun, untuk harganya sendiri dapat dibilang sangat bervariasi sesuai dengan jenisnya dan berbagai keunggulan lain yang dimiliki ayam tersebut. Ada pula beberapa ayam hias yang dipatok dengan harga sangat mahal, bahkan hingga puluhan juta rupiah. Hal itu tak lepas dari keindahan bulunya, kemampuan yang dipunya dan beberapa faktor yang menentukan mahal atau tidaknya ayam yang dijual.

Ayam hias paling mahal

Di dunia sendiri terdapat beberapa ayam hias termahal yang harganya tidak main-main. Jika Anda salah satu penggemar berat jenis hewan yang satu ini, maka Anda harus tahu apa saja ayam yang dibanderol dengan harga fantastis. Nah, penasaran apa jawabannya? Yuk simak artikel berikut dengan seksama!

1. Ayam Cemani

ayam hias termahal di dunia, ternak ayam hias mahal, ayam hias paling mahal, ayam hias yang mahal, jenis ayam hias mahal, ayam hias harga mahal, ayam hias yang paling mahal, harga ayam hias paling mahal, ayam hias termahal

Ayam cemani, ternak ayam hias mahal

Ayam hias paling mahal yang satu ini asalnya dari Kedu, Jawa Tengah dan telah menarik minat dari peternak luar negeri. Bahkan seorang peternak yang berasal dari Amerika Serikat konon telah menerima banyak sekali pesanan untuk ayam tersebut. Bisa dibilang ayam ini istimewa karena memiliki warna bulu yang serba hitam. Bahkan tak hanya bulunya saja, mulai dari organ, daging hingga kukunya pun berwarna hitam dan itulah yang menjadikannya sebagai daya tarik.

Gara-gara keunikan yang dibawa oleh ayam tersebut, ia bisa dibanderol puluhan juta. Konon meskipun di Amerika Serikat sana harganya hanya 25 juta, akan tetapi di Indonesia sendiri justru dibanderol dengan harga 40-an juta. Tentu sangat mahal dan fantastis. Namun, sangat disayangkan mengetahui fakta bahwa ternyata ayam cemani bisa dibilang sudah hampir punah. Konon, karena tubuhnya yang serba hitam ini, ayam cemani sangat identik dengan perdukunan dan sering dijadikan sebagai sesajen ketika melakukan ritual tertentu.

Baca Juga:   Apa Saja Jenis Ayam Hias yang Sering Dibudidayakan di Indonesia?

2. Ayam Pelung

ayam pelung cianjur, ayam pelung jumbo, ayam pelung garut, ayam pelung juara, ayam pelung super, ayam pelung asli, ayam pelung asli cianjur, ayam pelung adalah, ayam pelung asli jumbo, ayam pelung berasal dari mana

Berikutnya ayam yang masuk dalam kategori ayam termahal ialah ayam pelung. Unggas yang satu ini terkenal karena beberapa kelebihan yang dimilikinya. Mulai dari posturnya yang tegap dan tinggi, hingga suara kokoknya yang begitu khas, mengalun berirama dan cukup panjang. Namun, kelebihan lain yang membuat ayam ini begitu berbeda adalah bahwa ia bisa tumbuh dengan begitu cepat.

Ayam hias termahal ini memang dari segi corak bulu tidak mempunyai sesuatu yang bisa dijadikan sebagai ciri khas. Sebab, campuran warna ayam pelung biasanya hanya merah dan hitam, hijau, kuning dan putih yang mengkilat.

Ayam yang kini terbilang populer ini tak hanya diminati oleh masyarakat Indonesia saja, akan tetapi juga masyarakat dari luar negeri. Konon, ayam pelung yang telah menjuarai kontes bisa dibanderol dengan harga yang sangat mahal yaitu hingga puluhan juta rupiah. Nah, sangat fantastis, bukan?

3. Ayam Ketawa

ayam ketawa harga, ayam ketawa betina, ayam ketawa putih, ayam ketawa semarang, ayam ketawa gretek, ayam ketawa durasi, ayam ketawa berkokok, ayam ketawa asli, ayam ketawa adalah, ayam ketawa anakan, ayam ketawa asli sulawesi, ayam ketawa aduan, ayam ketawa asli harga, ayam ketawa a vendre, ayam ketawa berasal dari mana

ayam ketawa asli – via : radarjogja.co

Satu lagi ayam hias termahal yang juga dibanderol dengan harga fantastis, yakni ayam ketawa. Pasti dari namanya saja Anda sudah menebak tentang ayam yang satu ini. Yap, ayam ketawa memang mempunyai suara kokok yang begitu khas dan mirip dengan suara ketawa. Namun, selain karena suara kokoknya yang unik, ayam ketawa juga dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi beberapa bagian masyarakat.

Zaman dahulu, ayam ketawa menjadi sebuah simbol dari status sosial dan juga budaya bangsawan yang mana gagah berani, sukses serta pantang sekali untuk menyerah. Sehingga banyak sekali bangsawan dari kerajaan Bugis, Sulawesi Selatan yang akhirnya memelihara dan juga menernaknya. Ayam ketawa juga sering dikenal dengan nama Ayam Jantan dari Timur. Bentuknya mirip-mirip dengan ayam kampung yang biasanya kita temui.

Baca Juga:   12 Jenis Sapi Potong Unggulan yang Ada di Indonesia

Ayam hias termahal ini dalam cara mengembang biakkannya tidak terlalu sulit, hampir sama dengan ayam-ayam lain pada umumnya. Hanya saja yang berbeda dari ayam ini adalah fakta bahwa ia bisa berkokok bahkan pada saat usianya masuk 3 bulan. Akan tetapi jika Anda baru mendengar ayam ini berkokok, mungkin saja Anda akan berpikir bahwa suaranya mirip dengan burung perkutut.

Selain itu, ayam ketawa juga mempunyai 3 jenis yang mungkin perlu Anda ketahui. Untuk jenisnya yang pertama bernama Gretek yang merupakan ayam ketawa di mana suara kokok ayam jenis ini memiliki bunyi layaknya orang tertawa tapi dengan jarak, di mana suara tertawanya cepat saat berkokok. Kemudian jenis kedua ada Gaga, yang membedakannya dari Gretek ialah suara ketawa yang dimilikinya lambat dan juga terputus-putus, seolah akan berhenti tapi tetap berlanjut.

Lalu ada pula yang terakhir yaitu Dodo, di mana suara kokok dari ayam ketawa jenis yang satu ini sangat menyayat hati setiap pendengarnya. Ayam hias termahal ini pun sama dengan daftar ayam lainnya, dibanderol dengan harga puluhan juta untuk satu ekor saja. Apalagi jika ayam tersebut telah menjuarai kontes atau pameran, otomatis harganya pun akan melonjak sangat tinggi

4. Ayam Kukuak Balenggek

jenis ayam kukuak balenggek, budidaya ayam kukuak balenggek

Kukuak Balenggek merupakan jenis ayam hias yang tidak terlalu populer dan masih kalah jika dibanding dengan pelung dan ayam ketawa. Ayam ini tak terlalu banyak dipublikasikan, sehingga tak banyak yang mengetahuinya. Meski begitu, ayam Kukuak Balenggek ini juga mempunyai kelebihan atau ciri khas kokoknya yang berbeda dari ayam lain.

Baca Juga:   Ketahui Jenis Ayam Kate yang Bagus untuk Peliharaan

Asal ayam hias termahal ini adalah dari Sumatera Barat, dan mempunyai irama kokok yang bertingkat. Adapun tingkatannya mulai dari 3 lenggek hingga 12 lenggek, tapi bahkan ada pula yang sampai 19 lenggek. Selain itu pada kokokan ayamnya pun bisa terdiri dari 6 hingga 15 suku kata, dan itu semua tergantung pada pelatihan yang didapatkan oleh ayam tersebut atau bisa juga dari faktor genetiknya. Adapun nilai jualnya memang berasal dari suara kokok ayam ini, di mana semakin tinggi suku kata yang dimiliki, maka semakin fantastis pula harga yang diberikan.

Dari segi bentuknya, Kukuak Balenggek mempunyai badan yang terbilang proporsional. Ayam ini juga lincah dan juga kuat serta mempunyai mata tajam yang bercahaya. Sementara itu, untuk warna bulunya sendiri cukup bervariasi mulai dari kuning, merah, putih hingga kombinasi antara warna-warna tersebut.

5. Ayam Hen Deathlayer

ayam hias paling mahal, jenis ayam hias mahal, ternak ayam hias mahal, nama ayam hias, nama nama ayam hias

Salah satu jenis ayam hias yang paling mahal ialah Deathlayer ini. Di mana, ayam ini berasal dari Jerman dan kemungkinan sudah ada sejak 400 tahun silam. Dalam bahasa Jerman, Deathlayer merupakan Totleger dan apabila diartikan dengan bebas maka dapat diartikan dengan ‘bertelur sampai mati’.

Yap, betina ayam hias termahal ini memang dikenal sangat suka bertelur. Namun, itu bukan keunggulan utama yang dimilikinya. Ada keunggulan lain berupa corak bulunya yang unik dan menarik. Bahkan bisa dibilang corak bulu yang dimiliki oleh Deathlayer ini sangatlah cantik.

Itulah daftar dari ayam hias termahal yang bisa Anda ketahui. Setiap jenis ayam memiliki ciri khasnya masing-masing dan tentunya hal itu yang membuat ayam-ayam tersebut dibanderol dengan harga sangat tinggi. Nah, tertarik untuk memiliki daftar ayam hias di atas?

error: