Ayam Poland Jambul Mahkota

daftarhewan.com. Ada beberapa sebutan untuk ayam ini, diantaranya ayam jambul poland, poland berjambul dan ayam mahkota. Padahal kalau dilihat dari bobotnya yang hanya 0,9-1,2 kg, tinggi 20-26 cm serta panjang kakinya sekitar 8 cm, ayam ini belum dapat digolongkan sebagai kate.

ayam poland jambul, ayam jambul poland, ayam poland putih, ayam poland asli, ayam poland kapas, harga ayam poland mahkota

Jambul

Ciri utama yang pasti dimiliki ayam ini adalah jambul yang tumbuh di atas kepala, dan jambul inilah yang menjdai kebanggaannya. Susunann jambul yang jantan dengan betina berbeda.Pada si jantan, jambul nampak lebih panjang dan kaku, sehingga ayam itu terlihat seperti laki-laki berambut gondrong yang tak terlihat matanya. Sebaliknya yang betina, bulu jambulnya tumbuh pendek dan tidak terlalu kaku, sehingga tampak tersusun rapi dan menambah cantik penampilannya.

Baca Juga:   Ketahui Jenis Ayam Kate yang Bagus untuk Peliharaan

Selain itu ayam berjambul ini memiliki pial yang khas berbentuk huruf “V”.pial yang berwarna merah ini menggantung di dagunya. Keunikan ayam ini memang terletak pada rambut panjang dan pial khasnya. Ayam ini asalnya dari Polandia.

Empat warna

Ada ayam berjambul hitam dan putih, ada yang berwarna batik dan ayam jambul kapas. Si jambul hitam, semua bulunya juga berwarna hitam metalik kecuali di bagian jambulnya ada kombinasi warna putih. Sedangkan si jambul putih semua bulunya berwarna putih, ayam poland batik begitu memikat. Dan para hobiis lebih menyukai ayam yang berjambul hitam karena anti kotor.

ayam jambul poland, ayam poland putih, ayam poland asli, ayam poland kapas, harga ayam poland mahkota, ayam poland jambul

Perawatannya

Ayam poland asli ini perawatannya mudah sekali, seperti ayam biasa. Karena itu ayam dapat diternakkan dan diberi pakan yang sama. Ayam yang tergolong dewasa biasanya diberi makanan campuran konsentrat jagung tumbuk dan katul dengan perbandingan 2:3:5. Ayam remaja, perbandingan pakannya 3:3:4, terdiri dari campuran jagung tumbuk, voer dan katul. Kalau masih anakan makannya voer saja.

Baca Juga:   Apa Saja Jenis Ayam Hias yang Sering Dibudidayakan di Indonesia?

Kandang yang bersih sangat menjamin kesehatan ayam.Oleh karena itu, kandang sebaiknya diberi lapisan dasar agar kotorannya terserap.Lebih baik jika menggunakan 2 lapisan, yang atas hanya menggunakan sekam, padi sedang yang bawahnya menggunakan campuran pasir dan gamping. Tebal masing-masing lapisan 10 cm. Lapisan alas ini dapat bertahan sampai dua tahun lamanya.

error: