Apakah Ayam Sakit Boleh Dikonsumsi atau Dimakan?

daftarhewan.com. Apa ayam yang sakit boleh dimakan? Jika ayam Anda mulai menunjukkan tanda-tanda sakit atau tidak mau makan, apakah Anda akan ikut sakit jika memakannya? Jika demikian, apa hal buruk yang bisa terjadi? Jika dagingnya dimasak dengan benar dan matang, apakah Anda masih bisa sakit?

ayam sakit bolehkah dimakan, bolehkah ayam sakit dikonsumsi, ayam sakit bolehkah dikonsumsi, ayam sakit apa boleh dikonsumsi

Gambar ayam sakit

Jika Anda adalah pemelihara ayam, atau peternak ayam yang tidak ingin menyia-nyiakan sesuatu, tentunya ketika ada ayam peliharaan Anda ada yang sakit, apalagi di musim hujan atau penghujan seperti saat ini. Kemungkinan adanya ayam yang sakit semakin meningkat.

Ketika hal tersebut terjadi, bisa jadi Anda tidak ingin ayam yang sakit, yang telah Anda obati sebelumnya dengan berbagai cara dan kemungkinan terbesarnya tidak dapat tertolong, Anda merasa sayang jika harus membiarkannya mati dan membuangnya begitu saja.

Baca Juga:   Awas, Cacing Hati Pada Hewan Ternak!

Apalagi bila Anda beragama Islam atau seorang muslim, harus menyembelih terlebih dahulu dengan pisau yang tajam dan mengucap nama Illahi. Tetapi itu hanya berlaku bagi ayam yang masih bernapas, apabila ayamnya keburu mati. Tidak diperbolehkan dikonsumsi atau dimakan sekalipun disembelih terlebih dahulu.

Jika Anda ingin memasak ayam yang sakit, sebaiknya perhatikan kondisi fisik ayam. Sebagai bahan perbandingan, kami pernah punya pengalaman mempunyai ayam yang sakit “nguyung” dan bersin serta bersuara ngorok, lumpuh bahkan sampai tetelo, kami pun menyembelihnya, memasak dan memakannya. Syukurnya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika ayam tersebut hanya mempunyai masalah pernapasan, silakan sembelih, masak dan makan. Tentu saja sebelumnya Anda harus membersihkan jeroannya, apalagi ketika melihat jeroan seperti usus, hati atau bagian organ dalam yang terlihat berbeda warna dan tidak seperti pada ayam-ayam yang sehat pada umumnya yang biasa Anda konsumsi, perhatikan pula bagian seperti kepala, tenggorokan, sebaiknya Anda membuang bagian-bagian tertentu yang Anda curigai dan jangan memakannya.

Baca Juga:   Jenis Sapi Potong Lokal Asli Indonesia

Ketika kami memikirkannya, ayam sakit bolehkah dikonsumsi? tampaknya jika Anda menyembelihnya, mengeringkan darah lalu membuang organ dalamnya dan memasaknya, yang tersisa hanyalah tulang dan jaringan otot dan kulit, terkecuali penyakit tertentu yang menyerang sistem otot, maka kemungkinan adanya bahaya penyakit bisa saja terjadi.

Terlepas dari penyakit apa pun yang awalnya membuat ayam sakit. Misalkan ada sisa jamur, bakteri atau virus di dalam daging ayam, bukankah semuanya akan mati begitu saja ketika Anda memasak ayam dengan matang dan benar?

Jadi kesimpulannya adalah janganlah makan ayam, apalagi ayam yang sakit! jika belum disembelih dengan benar, dibersihkan dengan benar, dimasak dengan benar dan disajikan dengan benar di atas piring ke hadapan Anda. Jika semua hal tersebut telah dipenuhi. Maka segeralah makan!

Baca Juga:   Apa Saja Makanan Babi?

Tapi. Semuanya itu tergantung keputusan Anda, jika ragu-ragu janganlah memakannya.

Jika banyak waktu, konsultasikanlah dengan bapak atau ibu keswan dari Dinas Peternakan atau pakar kesehatan di sekitar Anda terlebih dahulu, siapa tahu ada penjelasan yang lebih ilmiah dan tidak hanya mendasar pada pengalaman kami saja. Semoga bermanfaat.

error: