Ikan Balashark, Asal Usul dan Makanannya

daftarhewan.com. Ikan Balashark berasal dari Asia Tenggara di sungai berukuran sedang hingga besar, serta danau. Mereka pernah ditemukan di Thailand, Kalimantan (Indonesia), Sumatra (Indonesia), dan semenanjung Malaya.

Namun, mereka menjadi langka di banyak daerah yang awalnya mereka huni dan diyakini punah sama sekali di beberapa daerah

Penyebab penurunan drastis Ikan BalaShark di habitat aslinya masih menjadi perdebatan. Beberapa percaya mereka ditangkap secara berlebihan untuk industri akuarium.

Yang lain berpikir bahwa pembendungan sungai adalah penyebabnya, sementara yang lain percaya polusi adalah akar penyebabnya. Semua ini kemungkinan besar menjadi faktor kematian ikan ini yang pada suatu waktu cukup produktif di Asia Tenggara.

Terlepas dari alasannya, tidak diragukan lagi bahwa hiu bala jarang ditemukan di habitat aslinya. Faktanya, sejak 1996 telah masuk dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN.

Ciri-Ciri Ikan Bala Shark

ikan bala shark, balashark, ikan hias bala shark, makanan ikan bala shark, ikan bala shark terbesar, ikan bala shark dewasa, ikan bala shark wikipedia, ukuran ikan bala shark

Ikan BalaShark – via : pets2.me

Spesies ini dikenal dengan beberapa sebutan, yang semuanya memiliki kesamaan: kata “hiu”. Meskipun ikan balashark sama sekali bukan hiu, ia memiliki sirip punggung berbentuk segitiga yang besar dan tubuh berbentuk torpedo, yang membuatnya tampak seperti hiu, tetapi di sanalah kesamaannya berakhir.

Baca Juga:   Informasi Ikan Guppy atau Ikan Gapi, Baca Sebelum Pelihara!

Ikan anggota keluarga Cyprinid, bernama latin Balantiocheilos melanopterus ini memiliki tubuh perak metalik mengkilap dengan sisik yang jelas, mata besar, dan ekor bercabang dalam warna kuning dan luar berwarna hitam. Sirip punggung, ekor, panggul, dan dubur semuanya berwarna hitam pekat. Skema tiga warna perak, kuning, dan hitam ini memunculkan nama umum lainnya, hiu tiga warna.

Mungkin ciri terpenting dari ikan ini adalah ukurannya yang dewasa. Biasanya dijual ketika masih usia muda atau remaja di toko ikan hias atau toko hewan peliharaan, tingginya hanya 10 cm, memberikan kesan kepada pemilik potensial bahwa mereka cocok untuk kebanyakan tangki.

Apa yang belum terlihat adalah fakta bahwa ikan ini dapat tumbuh hingga ukuran 30 cm atau lebih, sehingga cocok hanya untuk akuarium yang sangat besar. Ini sangat penting karena ikan bala shark adalah ikan kawanan yang harus dipelihara bersama jenisnya sendiri.

Baca Juga:   30 Ide Akuarium Ikan Hias untuk Dekorasi Rumah

Banyak toko hewan peliharaan tidak akan menerima kembali ikan berukuran besar, jadi pertimbangkan hal itu sebelum membawanya pulang. Tanyakan kepada toko apakah itu membuat pengaturan tukar tambah.

pH yang tepat untuk ikan ini antara 6,5 hingga 7,0 dan Suhu 22 hingga Celcius.

Teman Ikan Balashark di Akuarium

Ikan Balashark remaja dapat dipelihara dengan berbagai jenis ikan karena sifatnya yang umumnya damai. Namun, saat mereka tumbuh lebih besar karena mereka cenderung ikan yang bisa besar di akuarium, mereka terkadang memakan ikan kecil, terutama ikan yang ramping, seperti neon tetra.

Serta tidak boleh ditempatkan dengan invertebrata, seperti siput atau udang, karena ini selalu menjadi bagian dari makanan mereka di alam liar. Mereka juga cenderung menakut-nakuti ikan yang pemalu dan bergerak lambat, karena aktivitas mereka yang konstan dan kuat di dalam akuarium.

Baca Juga:   Rainbow boesemani, Ikan Hias Warna Pelangi yang Cantik

Ketika dibiarkan sendiri, mereka cenderung pemalu dan gelisah. Jika hanya dua atau tiga Ikan Bala shark di dalam akuarium, ikan dominan dapat muncul dan menggertak yang lain. Jika tangki cukup besar, Ikan Balashark dewasa dapat ditempatkan bersama ikan kuat berukuran sedang hingga besar lainnya.

Makanan Ikan Bala Shark

Spesies ini adalah omnivora yang tidak rewel tentang apa yang dimakannya. Hiu Bala menerima pakan serpihan, pelet, makanan kering beku, dan makanan beku.

Mereka juga dengan rakus menerima makanan hidup, termasuk Daphnia, bloodworms, brine shrimp, larva nyamuk, dan cacing tubifex. Sayuran juga harus dimasukkan ke dalam menu makanan mereka; mereka dengan mudah mengonsumsi sayuran segar seperti bayam dan kacang polong yang dipotong kecil-kecil, serta buah-buahan segar.

Perbedaan Ikan Bala Shark Jantan dan Betina

Seringkali, tidak ada perbedaan eksternal yang jelas antara kedua jenis kelamin. Namun, selama musim pemijahan, perut betina berkembang lebih bulat daripada jantan.

error: