Bawal Putih, Ikan Mahal Kaya Manfaat

Posted on

daftarhewan.com. Bawal putih. Beberapa dari pembaca pasti sudah hafal dengan ikan bawal, ya ikan air tawar yang umum dimakan dan dijual di pasar, yang mirip ikan piranha dengan bagian bawah tubuhnya berwarna kemerahan.

Tapi ini kali kita tidak mengulas mengenai ikan bawal yang biasa kita temui tapi ikan bawal yang berasal dari laut, yakni ikan bawal putih.

Ikan Bawal Putih

Ikan dari famili Stromateidae ini memiliki ciri-ciri tubuhnya yang rata, sirip ekor yang bercabang, dan sirip dada yang panjang.

bawal putih, ikan bawal putih, bawal laut putih, harga bawal putih, harga ikan bawal putih, bawal putih laut, ikan bawal laut putih, harga ikan bawal putih per kg, bawal putih harga, harga bawal putih 1 kg, ikan bawal putih laut
Gambar Ikan Bawal Putih – via : wikipedia.org

Mereka umumnya memiliki warna perak atau putih, dengan sedikit sisik kecil. Bobot berat tubuh mereka bisa tumbuh sampai kisaran 4-6 kg. Tetapi, karena penangkapan yang terlalu berlebih, spesimen dengan berat kurang dari 1 kg (2 lb) seringkali terlihat.

1. Ciri-ciri Ikan Bawal Putih

Ikan ini mempunyai warna putih keperakan pada bagian samping, dan sedikit gelap kebiruan atau keabu-abuan pada bagian belakang.

Baca Juga:   15 Daun untuk Pakan Ikan Mas, Lele dan Lain-lain

Tidak mempunyai sisik yang kelihatan pada badannya. Tubuhnya kokoh, sangat dalam, lonjong, terkompresi; sirip punggung dan sirip dubur didului oleh 5-10 duri pendek seperti bilah dengan ujung runcing (tertanam dan nyaris tidak kelihatan pada ikan dewasa).

2. Distribusi

Ikan ini disebut juga ikan bawal perak (bernama latin: Pampus argenteus) ialah spesies ikan butterfish yang hidup di perairan pesisir Timur Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

Ikan bawal perak jangan disalahartikan sebagai bawal Florida (Trachinotus carolinus), yang disebut ikan jackfish yang ditemukan di laut lepas Florida di Teluk Meksiko, dan tidak dapat sama dengan bawal sejati, yang terhitung dalam kerabat Bramidae.

Indo-Pasifik Barat: Teluk Persia sampai Indonesia, utara sampai Hokkaido, Jepang. Penangkapan ekstralimital sudah dilaksanakan dari Laut Adriatik dan laut lepas Hawaii.

Spesies ini saat ini diketemukan di Mediterania, sesudah menjelajahinya sebagai bagian dari migrasi Lessepsian melalui Terusan Suez

3. Habitat

Bawal putih adalah ikan laut yang umumnya hidup di wilayah demersal di landas benua sampai sekitaran 80 m. Ikan ini umumnya diketemukan dalam ukuran besar.

Baca Juga:   Ikan Kerapu Macan yang Terancam Punah

4. Harga Cukup Mahal

Ikan ini dihargai di wilayah Indo-Asia-Pasifik karena rasanya. Dagingnya lembut dan seperti bermentega saat dimasak. Disebut pamplet atau Maanji di Mumbai, paaplet di Goa dan vawall di sejumlah bagian India Selatan. Di Indonesia, harganya dapat capai Rp. 300.000 / kilogram.

Ikan ini disebut zubaidi dengan bahasa Arab, yang berasal dari kata zubdah, yang memiliki arti ‘mentega’, karena dagingnya yang lembut. Di Indonesia dan Malaysia dikenal dengan nama bawal laut warna putih.

Di Korea, ikan ini disebut sebagai byeongeo (병어) dan kerap dipanggang menjadi gui dan dimakan sebagai banchan (lauk pauk). Ini sebagai sajian terkenal dalam masakan Cina, kerap dihidangkan dikukus atau direbus.

Bawal benar-benar terkenal di Negara Kuwait, dan ini adalah salah satu jenis ikan yang paling mahal di pasaran. Hingga ada sajian Kuwait terkenal yang dibuat dengan bawal goreng, rempah-rempah, dan nasi dibarengi saus pedas buatan orang Kuwait.

Baca Juga:   22 Jenis Makanan Ikan Gurame Biar Cepat Besar

5. Ikan yang Tidak Bau Amis

ikan bawal putih, bawal laut vs bawal tawar, jenis ikan bawal laut, ikan bawal air laut, jenis ikan bawal putih, foto ikan bawal putih, bentuk ikan bawal, foto ikan bawal laut, ikan bawal besar, ikan bawal laut, gambar ikan bawal putih

Ikan bawal putih adalah satu dari sedikit ikan yang tidak terasa amis dan tidak berbau. Ikan laut ini kemungkinan satu diantara yang terpopuler di Asia. Selalu kekurangan pasokan, Ikan bawal Putih ialah ikan yang paling bernilai dan biasanya sebagai salah satu ikan dengan harga tertinggi di pasar lokal.

Ikan bawal putih mempunyai daging warna putih cerah dengan serat lembut yang sedikit kenyal dan sedikit berminyak. Dagingnya mudah pecah di piring tapi tidak di sepanjang garis serpihan yang berbeda.

6. Sebutan Ikan Bawal Putih

Inggris : White Pomfret, Silver Pomfret

Nama Lokal: Ikan Bawal Putih, Bawal perak, Safaid Paplet, Pitho, Ghir Pitho

Nama Ilmiah : Pampus Argenteus

7. Manfaat Ikan Bawal Putih

  • Menurunkan Tekanan Darah
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  • Memperkuat tulang
  • Meningkatkan kesehatan Kulit dan Rambut
  • Ramah untuk organ liver atau hati

Cara Penangkapan : Ditangkap dengan memakai Gillnet, Bottom Trawl, dan Bag-nets.

Cara Memasak – Lebih digemari diolah dengan digoreng, di panggang atau BBQ (Barbecue).