Bebek Mandarin, Lambang Kesetiaan dari China

Posted on

daftarhewan.com. Istilah Itik atau Bebek Mandarin ini sebenarnya adalah jenis burung belibis yang mampu terbang. Penampilan jantannya sangat menarik, dari kepala hingga ekornya berwarna indah seperti dilukis. Sedang sayapnya mencuat ke atas seperti layar ditegakkan. Si betina kebalikannya. Warnanya biasa-biasa saja.

Bebek Mandarin

Kombinasi warna bulunya memang cantik, tidak seperti bebek atau itik lain yang termasuk dalam ordo Anseriformes dan family Anatidae. Bentuk kepalanya pun aneh.

bebek mandarin, harga bebek mandarin, jual bebek mandarin, bebek mandarin olx, harga bebek mandarin anakan, harga bebek hias mandarin, beli bebek mandarin, foto bebek mandarin, berapa harga bebek mandarin

Bagian atasnya berjambul berwarna hitam kecokelatan yang diteruskan hingga ke punggung, seolah memakai topi terbalik. Jambul atasnya hitam kecoklatan, sedang jambul belakangnya hitam kehijauan.

Bulu warna putih terdapat di bagian atas dan belakang matanya. Bebek ini juga bercambang lebat, warnanya orange sewarna dengan sayapnya yang tegak seperti layar. Dadanya berwarna gelap.

Semua kombinasi warna bulu ini sangat kontras dengan warna paruhnya yang merah menyala. Di sinilah letak daya tarik itik mandarin, terutama yang jantan. Warna si betina lebih sederhana yaitu dominan abu-abu gelap kecokelatan tanpa jambul. Sayapnya hijau dan paruhnya kehitaman.

Baca Juga:   Menilik Badak Jawa, Badak Bercula Satu dari Indonesia

1. Lambang Kesetiaan orang China

Itik atau Bebek Mandarin (Aix galericulata), Mandarin duck dalam Bahasa Inggris, juga disebut sebagai simbol atau lambang kesetiaan, terutama oleh orang-orang Tiongkok atau China, karena tingkah lakunya. Jika mereka sudah berpasangan, maka pasangan ini akan tetap dan tidak berubah selama hidupnya. Sehingga seringkali bebek ini dipakai ilustrasi pada kartu undangan pernikahan.

2. Ciri-Ciri Bebek Mandarin

  • Mandarin dewasa berukuran 41–49 cm (16–19 inci) panjang tubuh dengan lebar sayap rata-rata 65–75 cm (26–30 inci).
  • Berat rata-rata adalah sekitar 1 – 1,5 pon (0,4 – 0,6 kg).
  • Memiliki ekor panjang dan sayap pendek. Ekor bebek membantu bermanuver dengan cukup efisien ke pepohonan. Burung itu dengan cepat mengepakkan sayapnya.
  • Jantan dewasa terutama dikenali dari paruh merah dan pola bulan sabit putih yang tepat di atas mata.
  • Mandarin memiliki dada ungu dan ‘layar’ oranye di bagian belakang.
  • Jantan menunjukkan lambang yang jauh lebih menonjol dibandingkan dengan betina.
  • Mereka memiliki cakar tajam yang terletak di ujung kaki mereka yang berselaput.
  • Mandarin jantan disebut ‘drake’. Ketika musim kawin berakhir, drake menggugurkan atau meranggaskan bulunya dan menunjukkan bulu gerhana.

3. Habitat Bebek Mandarin

  • Mandarin berasal dari Asia. Bebek mandarin banyak ditemukan di Cina timur, Jepang, dan Rusia timur. Banyak bebek terjadi di Eropa dan Inggris tenggara.
  • Mandarin cenderung membuat rumah di habitat beriklim sedang termasuk hutan berdaun lebar dan lainnya di sepanjang aliran hutan.
  • Mereka ingin tinggal di dekat tempat-tempat berair dan habitatnya harus berlimpah di vegetasi tepi sungai seperti semak, alang-alang, dan pohon.
  • Mereka akan menghindari habitat terbuka dan hamparan air yang luas.
  • Kawanan kecil mandarin menempati sawah untuk mencari makan.
  • Populasi utara tampaknya bermigrasi ke selatan di musim dingin. Mereka diperkirakan menghabiskan hari-hari dingin di Sungai Yangtze China.
  • Inggris adalah rumah bagi 300 – 400 pasangan kawin. Semuanya berada di alam liar. Populasi terisolasi juga ditemukan di Gloucestershire Norfolk, dan Tayside.
Baca Juga:   12 Hewan yang Berbahaya, Paling Banyak Membunuh Manusia!

sepasang bebek mandarin, mandarin duck, mandarin ducks, mandarina duck, mandarin duck harga, harga mandarin duck, jual mandarin duck, mandarin duck location, mandarin duck wallpaper, mandarin duck habitat

4. Cara Memelihara Bebek Mandarin

Itik bisa dilepas begitu saja dalam kolam, yang terdapat tepi untuk mereka berteduh. Kolam bisa juga dikombinasikan dengan semak-semak. Karena ditempat seperti itulah si itik bisa bertelur.

5. Makanan Bebek Mandarin

Makanan bebek mandarin cukup bervariasi dari beras merah, jagung dan kacang hijau sampai sayuran seperti taoge, jagung rebus, kangkung, selada air dan kubis, dengan banyak makanan sekitar 8-10 % dari berat badannya. Makanan dicincang lebih dulu agar cukup lembut dan mudah dicerna.

Mereka terutama memakan tanaman dan biji-bijian. Spesies ini juga akan menyukai serangga, siput, serta ikan-ikan kecil ke dalam makanannya. Pola makan berubah secara musiman, di musim gugur dan musim dingin, mereka kebanyakan makan biji-bijian.

Baca Juga:   Hewan yang dapat hidup pada ekosistem gurun adalah?

6. Bebek Mandarin Feng Shui

Dalam Feng Shui, khususnya sepasang bebek mandarin, biasa dalam bentuk patung-patung, disimpan dalam rumah untuk meningkatkan dan serta menarik perasaan cinta. Mereka juga dikenal sebagai bebek cinta. Dalam kehidupan nyata juga Bebek Mandarin adalah bebek yang hanya memiliki satu pasangan.

Begitu mereka terpisah, mereka tidak akan bisa hidup lama. Mereka menjadi kesepian dan terus menunggu pasangannya kembali sampai maut memisahkan mereka.

Bebek Mandarin Feng Shui: Signifikansi, Penempatan Serta Bahannya. Dalam Feng Shui mereka adalah cara terbaik, atau alat yang melambangkan (menarik serta meningkatkan) cinta dan gairah di antara pasangan.

7. Harga Bebek Mandarin

Di Indonesia, jenis bebek hias mandarin ini masih tergolong mahal. Satu induk dewasa 6 juta rupiah, sedangkan untuk satu pasang induk bisa berharga 6 juta sampai 18 juta rupiah, sedangkan harga telurnya bisa mencapai ratusan ribu rupiah.