Belut Listrik: Berapa Volt, Apa Bisa Dimakan?

daftarhewan.com. Mayoritas orang tidak pernah menyaksikannya secara langsung. Maklum, electric eel atau belut listrik ini tinggal di sungai dangkal yang berlumpur seperti Amazon dan Orinoco. Tidaklah aneh jika belut listrik dipandang seperti binatang eksotik yang paling keren.

belut listrik, gambar belut listrik, belut listrik berapa volt, foto belut listrik, makan belut listrik, makanan belut listrik, belut listrik adalah, belut listrik disetrum, belut listrik amazon, kekuatan belut listrik

Info terkenal mengenai belut ini, yakni belut ini hasilkan saluran listrik. Sebagian besar dari kita juga paham, jika ialah sisi dari spesies belut. Walau sebenarnya ada banyak hal yang penting dikeduk dari makhluk menakjubkan ini.

Berikut bukti-bukti mengagetkan tentang mereka:

1. Bukanlah Belut Sebenarnya

Sebutannya saja ‘belut’, tetapi belut listrik bukan belut yang sebetulnya. Mereka memang mempunyai performa serupa belut dan badannya memanjang. Tetapi kenyataannya, binatang bernama latin Electrophorus electricus ini ialah semacam ikan todak.

Di tahun 1766, untuk pertamanya kali Linnaeus menerangkan mengenai hal tersebut. Semenjak waktu itu, telah mengalami beberapa pengelompokan ulang. Hingga saat ini, menjadi spesies tunggal dalam Genus Electrophorus.

Baca Juga:   Narwhal adalah Paus Bertanduk yang Unik

2. Menghirup Udara dari Permukaan

Makhluk ini bertubuh silinder dengan ukuran bisa mencapai 2 meter, dan berat tubuhnya sekitaran 20 kg. Biasanya ukuran jantan lebih kecil dari betina. Mereka memiliki bermacam warna. ada yang hitam, abu-abu, putih, ungu, juga biru. Penglihatannya jelek, tetapi pendengarannya benar-benar tajam.

Ikan ini hidup di air dan mempunyai insang, tetapi kenyataannya mereka bernapas dengan mengirup udara. Tidaklah aneh jika belut ini harus naik ke atas. Dengan begitu, mereka bisa menarik napas tiap sepuluh menit sekali.

Biasanya terbentuk sebagai makhluk soliter. Musim kawinnya terjadi pada musim kemarau. Betina akan bertelur dalam sarang yang dibuat oleh jantan. Sarang khusus itu dibuat dari air liurnya.

Sebagai karnivora, mereka akan mengincar dan menyantap mamalia kecil, ikan lain, amfibi, serta burung. Mereka mempunyai senjata baik berbentuk sengatan listrik untuk melumpuhkan mangsa. Mereka memercayakan senjata itu saat membuat perlindungan diri. Di alam liarnya, hidup sekitaran 15 tahun. Tetapi di penangkaran, keinginan hidup mereka dapat mencapai umur 22 tahun.

Baca Juga:   20 Hewan dari Huruf F Bahasa Inggris, Nama dan Gambarnya

belut listrik, apakah belut listrik bisa dimakan, bagaimana belut listrik menghasilkan listrik, makan belut listrik, berapa volt belut listrik, apakah belut listrik bisa kesetrum, kenapa belut listrik menghasilkan listrik, berapa tegangan belut listrik, bagaimana cara belut listrik menghasilkan listrik, mengapa belut listrik bisa menghasilkan listrik, fakta belut listrik, tentang belut listrik, bagaimana belut listrik bisa menghasilkan listrik

4. Belut Listrik Berapa Volt?

Ada tiga organ dalam perut mereka yang bekerja menghasilkan saluran listrik. Organ-organ ini dapat hasilkan tegangan rendah hingga tinggi. Organ khusus dan organ “hunter” terdiri dari 5000 sampai 6000 elektrosit atau elektroplak, seperti sel khusus yang bekerja seperti batre kecil.

Belut listrik dapat menghasilkan listrik berkekuatan 600 volt sehingga menjadikannya juara diantara ikan-ikan yang dapat menghasilkan listrik.

Pada saat mengetahui mangsa, beberapa bagian organ langsung memberikan signal dan mendatangkan arus listrik. Belut ini bahkan juga sering melonjak ke luar untuk menantang teror pada udara atau mengagetkan targetnya.

Selanjutnya organ “sach” digunakan untuk elektrolokasi. Adapun bintik dalam tubuh belut mempunyai reseptor peka dengan frekwensi tinggi. Dengan begitu, mereka dapat merasakan medan elektromagnetik.

5. Apakah Belut Listrik Bisa Dimakan?

Ya, belut listrik bisa dimakan. Tapi mereka bukan sumber makanan yang baik bagi manusia karena sangat kurus dan memberikan sedikit makanan.

6. Apa Belut Listrik Berbahaya?

Dampak kejut dari sengatan listrik belut ini membentak, hingga dapat demikian mematikan. Umumnya, rasa terkejut itu tidak dapat membunuh seorang. Berlainan dengan belut listrik ini. Karena kejutannya dapat mengakibatkan gagal jantung dan menghasilkan sesak napas.

Baca Juga:   Goliath Birdeater, Tarantula Terbesar di Dunia

Sering kematian karena belut ini terjadi saat seorang tenggelam. Mereka tidak dapat menyetrum dirinya sendiri. Terkecuali bila mereka cedera, karena itu belut ini rentan pada listrik.

7. Masih Ada Ikan Elektrik atau Ikan Listrik Lain

Mereka bukan satu-satunya ikan yang atau hewan yang menghasilkan listrik. Masih tetap ada sekitaran 500 spesies ikan yang lain sanggup menghasilkan aliran listrik. Bahkan juga 19 spesies lele yang dapat hasilkan 350 volt. Spesies lele ini masih sama-sama terkait dengan belut listrik.

Habitat lele listrik ada disekitaran Sungai Nil, Afrika. Orang Mesir kuno memberikan nama sebagai “Angry Catfish”. Antiknya, mereka sering memakai sengatan lele ini untuk menurunkan nyeri radang persendian. Ya, sengatannya memang kuat, tetapi tidak berpengaruh fatal.

Pari listrik bisa juga menghasilkan listrik. Selanjutnya platipus dan hiu bisa juga mengetahui aliran listrik. Tetapi mereka tidak sanggup menghasilkan sengatan atau listrik.

Apa ada fakta sekitar belut ini yang belum diketahui beberapa orang?

error: