Beruang Kutub dan Cara Mereka Beradaptasi

Posted on

daftarhewan.com. Beruang kutub adalah beruang putih besar yang hidup terutama di atas es. Mereka adalah perenang yang kuat. Meskipun sebagian besar dari mereka lahir di darat, tetapi menghabiskan sebagian besar waktu hidupnya di atas es laut.

Nama ilmiah mereka Ursus maritimus atau berarti “beruang maritim”. Beruang kutub berburu makanan kesukaannya seperti anjing laut dari tepi es laut, sering kali hidup dari cadangan lemak saat tidak ada es laut.

hewan kutub, hewan kutub utara, hewan kutub selatan, hewan di kutub, nama hewan di dunia, binatang kutub utara, nama hewan di seluruh dunia, bagaimana beruang kutub beradaptasi, apa itu hewan beruang kutub, kehidupan hewan di kutub utara, apa ciri khas hewan beruang kutub, kenapa di kutub selatan tidak ada beruang kutub

Klasifikasi Beruang Kutub

Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Karnivora
Family: Ursidae
Genus: Ursus
Nama Ilmiah : Ursus maritimus

1. Deskripsi Beruang Kutub

Bertubuh gempal, dengan leher panjang, kepala relatif kecil, pendek, telinga membulat, dan ekor pendek. Jantan, yang jauh lebih besar daripada betina, memiliki berat 410 hingga 720 kg (900 hingga 1.600 pon). Ukuran dewasa bisa mencapai 1,8 – 2,4 meter.

2. Karakteristik

Bulu putih yang tebal membantu menyamarkannya di lingkungan kutubnya. Memiliki dua lapisan bulu, lapisan bawah yang lembut dan lapisan luar dari bulu pelindung. Rambut penjaga berongga dan membantu mengapung di air.

Beruang kutub memiliki bulu di telapak kakinya yang membantu melindunginya dari dingin dan es serta mencegah beruang kutub meluncur di atas es. Kutub juga memiliki beberapa anyaman di antara jari-jari kakinya yang membantunya mendayung di air.

Baca Juga:   Hewan Apa yang Memakan Ular?

Lehernya yang panjang membantu beruang kutub menjaga kepalanya tetap di atas air saat berenang. Beruang kutub jantan lebih besar dari betina.

3. Dimana Beruang Kutub Tinggal?

Dapat ditemukan di sekitar Kutub Utara, di perairan yang tertutup es. Binatang ini dapat juga ditemukan di Greenland dan daerah jauh di utara Amerika Utara, Eropa dan Asia.

Populasi mereka secara keseluruhan dibagi menjadi 19 unit atau subpopulasi. Enam puluh persen dari sub-populasi berada di Kanada.

4. Habitat

Meskipun kadang-kadang ditemukan di tundra, ia biasanya hidup di dekat air dan sering berada di atas gumpalan es yang mengapung di lautan untuk mencari makanan. Itu tergantung pada bongkahan es yang ditemukan di Arktik. Beruang ini akan berpindah dari satu gumpalan es yang terapung ke yang berikutnya untuk mencari makanan.

5. Makanan Beruang Kutub

Makanan beruang kutub yang paling disukai adalah anjing laut. Ia juga memakan ikan, burung laut, dan terkadang rusa. Di musim panas, mereka juga bisa memakan buah beri dan tanaman lain.

beruang kutub, gambar beruang kutub, beruang kutub berasal dari, foto beruang kutub, beruang kutub utara, wallpaper beruang kutub, beruang kutub adalah, beruang kutub makan apa, beruang kutub beradaptasi
Makanan Beruang Kutub

6. Daur Kehidupan

Beruang Kutub kawin setiap dua tahun sekali di pertengahan musim panas. Betina menggali sarang di salju dan tinggal di sana selama sembilan bulan sampai anaknya lahir.

Baca Juga:   Apa Paus Pembunuh "Orca" Berbahaya dan Makan Manusia?

Biasanya memiliki anak antara satu dan empat ekor anak. Anak-anaknya lahir dengan keadaan tidak berbulu dan ompong dan seukuran tupai. Mereka tinggal bersama ibu mereka selama satu sampai dua tahun.

7. Perilaku

Mereka adalah adalah nomaden (pengembara). Ia melakukan perjalanan untuk menemukan makanannya. Ini sering mengikuti anjing laut saat mereka bermigrasi ke selatan.

Biasanya bepergian sendiri dan tinggal di dekat tepi air. Ini adalah perenang yang sangat baik dan menghabiskan banyak waktu di air untuk berburu anjing laut.

Mereka dapat berenang sejauh 60 mil tanpa istirahat dan dapat berenang dengan kecepatan hingga enam mil per jam. Ia dapat menyelam hingga kedalaman 15 kaki (4,5 meter) dan dapat bertahan di bawah air selama sekitar dua menit.

makanan beruang kutub, beruang kutub berasal dari, binatang kutub, hewan yang hidup di kutub, hewan yang hidup di kutub utara, beruang kutub utara, hewan yang tinggal di kutub utara, hewan di kutub, hewan yang tinggal di kutub, makanan hewan di wilayah kutub adalah, beruang kutub hidup di, tentang beruang kutub, beruang kutub memiliki, 5 cara beruang kutub beradaptasi brainly, jenis hewan yang hidup di daerah kutub, ukuran beruang kutub
Beruang Kutub dan anaknya

8. Cara Beruang Kutub Beradaptasi

Hidup di tanah Arktik (Kutub Utara) yang dingin dan bersalju. Mereka adalah karnivora darat terbesar. Bagaimana mereka beradaptasi dengan lingkungan yang dingin, berikut informasinya:

a. Mengapa mereka berwarna putih?

Bulu putih membantu mereka beradaptasi berbaur dengan salju serta es.

b. Bagaimana cara mereka tetap hangat?

Mempunyai lapisan lemak di bawah kulitnya yang dapat membantu tubuhnya tetap hangat. Ia juga memiliki lapisan bulu yang tebal.

c. Mengapa memiliki cakar yang sangat lebar dan besar?

Cakarnya yang lebar dan besar membantu berjalan di salju. Anyaman bulu di antara jari-jarinya membantu untuk berenang.

Baca Juga:   Klasifikasi Hewan Vertebrata dan Contohnya

d. Mengapa memiliki lubang hidung yang bisa ditutup?

Ketika berenang di bawah air, ia menutup lubang hidungnya sehingga tidak ada air yang bisa masuk.

9. Apakah Beruang Kutub Berbahaya?

Mereka adalah hewan buas yang berbahaya karena mereka adalah pemangsa puncak yang terampil di kutub utara. Mereka dapat dengan mudah berlari lebih cepat daripada manusia, dan menjatuhkan kepalanya dengan ayunan kepalan tangannya.

Artinya, meskipun terlihat imut, secara fungsional adalah hewan pemangsa yang besar dari utara.

Hidungnya dapat mencium bau Anda sejauh bermil-mil, cakarnya mencengkeram es dan salju lebih baik daripada sepatu Anda, dan meskipun memiliki kekuatan yang kasar, ia adalah pemangsa yang gesit di darat dan di laut. Jika Anda melihatnya, ia tahu Anda ada di sana, karena indra penciumannya saja.

Bila Anda bertemu dengan salah satu dari mereka, mundur perlahan adalah cara menghindar terbaik. Gerakan cepat kemungkinan akan memicu serangan, baik karena merasa terancam, atau ketakutan Anda akan memicunya untuk melihat Anda sebagai mangsa.

Bukannya mereka adalah ancaman utama bagi manusia atau atau apa pun, mereka telah membunuh kurang dari 20 orang dalam 20 tahun terakhir di Kanada.

Namun, Anda tidak memiliki peluang melawan sesuatu yang beratnya lebih dari 1.000 pon (452 kg). Jadi ya, anggap serius peringatan untuk menghindari hewan ini. Hindari pertemuan yang tidak terlindungi.

Comments are closed.