Trenggiling, Binatang Mamalia Bersisik

Posted on

daftarhewan.com. Binatang bersisik. Apa hewan yang bersisik dari kepala sampai ke ekor dan dapat menggulung menjadi mirip bola?

Jawabannya adalah, Trenggiling!

binatang bersisik, Trenggiling, binatang bersisik keras, binatangnya bersisik, 10 hewan bersisik, hewan bersisik, binatang bersisik tajam, jenis binatang bersisik, binatang apa yang bersisik tajam, binatang apa yg bersisik, binatang apa saja yang bersisik

Hewan penyendiri ini, umumnya adalah hewan nokturnal, gampang dikenali dari sisiknya yang lengkap.

Trenggiling yang terkejut dan merasa terancam akan menutupi kepalanya dengan kaki depannya, perlihatkan sisiknya ke pemangsa potensial.

Bila disentuh atau dipegang akan menggulung seluruhnya menjadi menyerupai bola, dan sisik tajam pada ekornya bisa dipakai untuk mencambuk.

Binatang Bersisik

Dikatakan trenggiling bersisik karena makanan pilihan mereka, trenggiling adalah mamalia yang terbanyak diperjualbelikan atau diperdagangkan di dunia, dengan permintaan khususnya di Asia dengan jumlah yang terus bertambah, sedangkan di Afrika untuk daging dan sisiknya.

Baca Juga:   Apa yang Dimaksud Fabel? Berikut Contohnya

Ada pula permintaan dari Amerika Serikat untuk produk dari trenggiling, terutama kulitnya untuk digunakan dalam sepatu bot, tas, dan ikat pinggang.

Delapan spesies trenggiling diketemukan di dua benua. Dimulai dari Rentan sampai Benar-benar Terancam Punah.

Empat spesies hidup di Afrika: Trenggiling perut hitam (Phataginus tetradactyla), Trenggiling perut putih (Phataginus tricuspis), Trenggiling Tanah Raksasa (Smutsia gigantea) dan Trenggiling Tanah Temminck (Smutsia temminckii).

1. Trenggiling adalah?

Walau banyak yang menganggap mereka sebagai reptil, trenggiling sebenarnya ialah mamalia.

Mereka adalah salah satu mamalia yang sepenuhnya tertutup sisik dan mereka memakai sisik itu untuk melindungi diri dari pemangsa di alam liar.

Bila terancam, trenggiling akan selekasnya meringkuk menjadi bola yang rapat dan akan memakai ekornya yang bersisik tajam untuk menjaga diri.

Baca Juga:   10 Hewan Terlambat di Dunia

Trenggiling, Pangolins species

2. Makanan Trenggiling

Trenggiling makan semut, rayap dan larva dan kerap dikenali sebagai “trenggiling bersisik.”

Karena tidak mempunyai gigi, trenggiling mengambil makanan dengan lidahnya yang panjang dan lengket.

3. Mamalia Liar yang Paling Banyak Diperdagangkan di Dunia?

Mereka sudah pasti adalah mamalia yang terbanyak diperdagangkan di Asia dan, semakin bertambah, Afrika.

Trenggiling benar-benar disukai di beberapa negara seperti China dan Vietnam.

Daging mereka dianggap sebagai makanan lezat dan sisik trenggiling dipakai dalam pengobatan tradisional. Ke-8 spesies trenggiling dilindungi oleh hukum Nasional dan Internasional.

Tetapi perdagangan ilegal internasional trenggiling masih terus meningkat.

Berdasar penyitaan yang dilaporkan di antara tahun 2011 dan 2013, diprediksi 116.990-233.980 trenggiling dibunuh.

Beberapa pakar yakin jika penyitaan hanya mewakili 10 % dari volume aktual trenggiling dalam perdagangan satwa liar ilegal.

4. Adakah Berita Baik untuk Trenggiling?

Ya! Di tahun 2016, sebuah kesepakatan lebih dari 180 pemerintah mengumumkan persetujuan yang akan mengakhiri semua perdagangan legal trenggiling dan seterusnya membuat perlindungan spesies itu dari kepunahan.

Baca Juga:   Walrus Adalah? Berikut Ciri dan Makanan Mereka

Tetapi, perdagangan ilegal spesies ini terus bersambung. WWF, bersama dengan TRAFFIC, bekerja untuk melindungi spesies dari kejahatan terhadap satwa liar

Pada Juni 2020, China meningkatkan pelindungan terhadap Trenggiling asli China (Manis pentadactyla) ke tingkat tertinggi, yang menutup celah penting untuk konsumsi spesies di dalam negeri.

Disamping itu, pemerintahan tidak lagi memperbolehkan pemakaian sisik trenggiling dalam pengobatan tradisional, sebuah keuntungan besar mengingat sekitar 195.000 trenggiling diperjual-belikan di tahun 2019 untuk diambil sisiknya saja.

5. Apa yang dapat Kita Lakukan untuk Menjaga Kelestarian Trenggiling?

Berniat untuk menyelamatkan trenggiling. Laporkan produk trenggiling untuk dijual secara online. Membantu mengakhiri perdagangan
satwa liar ilegal secara online.

Comments are closed.