15 Fakta Tentang Bintang Laut yang Unik

Posted on

daftarhewan.com. Hewan yang bernama ilmiah Asteroidea ini dikatakan sebagai bintang laut (starfish) karena bentuknya seperti bintang. Mereka jadi salah-satu icon binatang yang lucu dan unik. Beberapa orang demikian tertarik dengan bentuk, ukuran, serta warnanya. Mereka dapat mempunyai struktur yang halus, tetapi ada pula yang permukaan atasnya berduri dan sisi bawahnya begitu halus.

tentang bintang laut, jenis bintang laut, ciri bintang laut, bintang laut makan apa, macam macam bintang laut, nama bintang laut, fakta tentang bintang laut, bintang laut 2d, bintang laut matahari
Jenis Sun Star

Bintang Laut

Untuk mengenalinya lebih jauh, kita coba dalami 15 fakta unik dan menarik tentang mereka. Cekidot!

1. Bintang Laut Bukan Ikan

Walau dikatakan sebagai starfish, hewan yang ini bukan tergolong ikan. Bila jadi perhatian, mereka memang tidak mempunyai beberapa ciri yang ada pada ikan secara umum. Mereka tidak mempunyai sisik, insang, atau sirip. Begitupun dengan cara geraknya, yang berbeda jauh dengan ikan. Bila ikan memakai ekor, karena itu mereka menggunakan kaki-kaki tabungnya yang kecil.

2. Bintang Laut adalah Echinodermata

Rekanan satu filum echinodermata, hewan ini yakni landak laut atau bulu babi, sand dollar, dan timun laut atau teripang. Mereka mempunyai kemiripan, yaitu terdiri dari 5 bagian atau kelipatannya.

Baca Juga:   10 Hewan Khas Papua yang Langka dan Dilindungi

3. Mempunyai 2000-an Spesies

Diprediksi jumlah spesies bintang laut ada sekitaran 2000-an. Mereka menyebar di beberapa wilayah. Ada yang hidup di wilayah air dalam, dingin, tropis, dan intertidal atau litoral.

4. Tak Semua Bintang Laut Mempunyai Lima Lengan

Biasanya mereka memang mempunyai lima lengan. Tapi kenyataannya, ada pula yang lebih. Misalnya jenis sun star. Mereka bahkan juga dapat mempunyai 40 lengan.

5. Bisa Melakukan Pergantian Untuk Lengannya yang Patah atau Hilang

Tiap makhluk mempunyai cara tertentu untuk menghindari kejaran lawan atau predator. Satu diantara yang sudah dilakukan oleh hewan ini. Mereka dapat melepaskan salah-satu lengannya untuk menipu lawan, untuk selanjutnya melarikan diri atau kabur, kemudian mereka menumbuhkan lengan baru. Namun prosesnya memang lumayan lama, dapat menghabiskan waktu sampai satu tahunan.

6. Permukaan Bintang Laut yang Kuat

Permukaan yang diartikan ini bergantung pada spesiesnya. Kulit mereka ada yang kasar, dan ada pula yang berduri. Yang pasti pada bagian atasnya, mereka mempunyai penutup yang tebal yang kuat. Permukaan tersebut dibuat dari kalsium karbonat dan duri-durinya. Semuanya didesain sebegitu rupa sebagai pelindungan dari predator. Baik itu berbentuk berang-berang laut, ikan, atau burung.

7. Bintang Laut Tidak Berdarah

Bila manusia mempunyai sistem peredaran darah, berlainan dengan bintang laut yang mempunyai mekanisme water vascular. Maknanya, mereka memompa air laut memakai madreporite atau seperti pelat saringannya ke arah kaki-kaki tabung, hingga dapat memanjang. Otot dalam kaki-kaki itu yang selanjutnya yang menariknya.

Baca Juga:   10 Daftar Hewan Terancam Punah di Indonesia dan Keterangannya
bintang laut kecil, bintang laut berjalan menggunakan, laut bintang, bintang laut berwarna, bintang laut terkecil di dunia
Bintang laut pink – via : commons.wikimedia.org

8. Bintang Laut Bergerak Dengan? 

Mereka bergerak dengan banyak kaki tabung. Tube feet mereka mungkin berjumlah ratusan, dan tempatnya sendiri berada di bawah. Kaki-kaki itu dipenuhi dengan air laut, dipompa, dan dibawa ke atas. Mereka juga dapat bergerak, bahkan juga bisa lebih cepat dari yang kita sangka. Bukan itu saja, kaki-kakinya dapat digunakan untuk memegang makanannya. Entahlah itu kerang, ikan kecil, keong, maupun remis.

9. Cara Bintang Laut Makan? Memanfaatkan Perut Luar-Dalam

Hal unik yang lain perlu diulas yaitu mengenai langkah makan mereka. Mulut binatang ini ada di bawah. Tapi dapat kita bayangkan jika mereka akan makan, dan harus mengupas cangkang kerang atau remis. Begitu susahnya.

Karena itu, mereka mempunyai tehnik tertentu. Biasanya akan merangkulkan lengannya pada makanan, lalu menariknya. Ia selanjutnya menggerakkan perut lewat mulutnya, sampai dapat masuk ke cangkang. Sesudah puas menyantap dan mengolah, perut itu akan balik ke tempatnya. Langkah yang berkesan ajaib ini memungkinkan mereka untuk memakan makanan yang memiliki ukuran lebih besar.

10. Bintang Laut Berkembang Biak Dengan Cara?

Secara Seksual : Ada jantan dan betina tapi biasanya tidak dapat dibedakan keduanya. Mereka biasanya melepas sperma atau telur ke air, yang saat dibuahi, jadi larva dan berenang bebas lalu mengendap di dasar laut.

Secara Aseksual : Yakni dengen pergantian, satu ekor binatang laut bisa meregenerasi lengan dan semua anggota badannya bila disk pusatnya utuh.

11. Memangsa Hewan yang Lebih Besar

Baca Juga:   10 Hewan Khas Indonesia yang Mulai Langka

Makanan mereka ialah macam kerang-kerangan, seperti remis dan hewan lain seperti ikan kecil, tiram, siput dan keong bahkan juga lobster.

12. Mereka Mempunyai Mata

Ya, mereka memang tidak dapat melihat seperti halnya mata manusia. Namun, hewan ini mempunyai spot khusus indera penglihatan di ujung lengannya. Mata itu memang tidak dapat bekerja optimal atau menyaksikan dengan detail. Tetapi mereka dapat merasakan adanya terang atau gelap.

Nah, saat ini kita tidak cuma tahu jika hewan yang kita bahas ini imut, unik, dan lucu. Kita mulai mengenali bagaimana fakta unik dan menarik tentang mereka.

13. Apakah Bintang Laut Bisa Dimakan?

Menurut Fishmasters. Bintang laut bisa dan enak dimakan, tetapi hanya sebagian kecil yang bisa dimakan. Beberapa bagian luar beracun, jadi sebaiknya jangan mengolahnya sendiri, tetapi pesanlah dari restoran atau seseorang yang tahu apa yang mereka lakukan dan sajikan.

14. Apakah Bintang Laut Berbahaya?

Banyak orang bertanya-tanya apakah bintang laut berbahaya karena memiliki duri. Jawabannya tidak, tidak beracun sama sekali bila di sentuh dan durinya tidak akan menyakiti Anda kecuali jika menusuk kulit Anda atau jika duri tersebut memiliki zat beracun yang hanya terjadi pada beberapa spesies yang seperti bulu babi.

15. Dimana Habitat Bintang Laut?

Habitatnya sangat bervariasi; hewan ini dapat ditemukan di semua cekungan laut di dunia dan pada berbagai macam kedalaman dan komposisi dasar. Mereka adalah hewan bentik, yang berarti mereka hidup di dasar laut baik di perairan dalam maupun dangkal.

Comments are closed.