Bioma adalah? Berikut 6 Contohnya

daftarhewan.com. Bioma adalah satu wilayah yang diklasifikasikan menurut spesies yang hidup di lokasi itu. Kisaran temperatur, jenis tanah, dan jumlah cahaya dan air yang unik untuk tempat tertentu dan membuat relung untuk spesies tertentu yang memungkinkan para ilmuwan untuk menentukan bioma.

Bioma

Tanah, rumah untuk beragam spesies bumi. Ada dalam berbagai macam wujud dan ukuran dari tundra yang beku hingga gurun. Beragam jenis lingkungan disebut bioma. Bioma berbagi iklim, dan kehidupan tumbuhan dan hewan. Bioma darat meliputi:

1. Bioma Tundra

Bioma Tundra adalah bioma paling keras dan tentunya yang terdingin. Ciri-Ciri Bioma Tundra : Temperatur di tundra dapat mencapai minus 25 derajat Fahrenheit atau minus 31 derajat celcius. Di bawah tundra ialah lapisan es. Permafrost ialah susunan tanah yang membeku secara permanen. Ada sedikit hujan atau salju di tundra, umumnya kurang dari 15 inch setahun.

bioma tundra, bioma la tundra, bioma la sabana, ciri ciri bioma tundra, ciri bioma tundra, gambar bioma tundra, contoh bioma tundra, persebaran bioma tundra, pengertian bioma tundra, wilayah persebaran bioma tundra, wilayah bioma tundra, jelaskan tentang bioma tundra, bioma hutan tundra

Gambar Bioma Tundra – via : thecreative.cafe

Ada dua macam tundra, tundra Arktik serta tundra alpine. Tundra Arktik ialah dataran disekitaran Kutub Utara. Tundra alpine bisa diketemukan di atas barisan pohon pegunungan yang tinggi dan dingin. Tundra menutupi seperlima permukaan bumi. Tundra berawal dari kata Finlandia “tunturia” dan mempunyai arti “tanah tandus” atau “tanpa pohon”.

Musim tanam di tundra benar-benar singkat, umumnya hanya 6 sampai 10 minggu. Pada musim panas, susunan atas tanah kemungkinan mencair. Saat es mencair, es tidak bisa mengucur ke tanah karena lapisan es, hingga air terkumpul di rawa dan kolam. Ini menebus rendahnya hujan dan salju.

flora tundra, tumbuhan, jenis tanaman di bioma tundra, flora bioma tundra, jenis flora tundra, bioma tundra flora, bioma tundra flora y fauna, bioma tundra fauna e flora

Jenis Flora di Bioma Tundra – via : ucg.ac.me

Saat susunan atas tanah mencair, tanaman dan mikroorganisme mempunyai peluang untuk tumbuh. Matahari selanjutnya keluar untuk sebagian besar siang dan malam, hingga tanaman mempunyai sinar matahari tambahan dan bisa tumbuh bisa lebih cepat.

Ada beberapa ribu spesies tanaman di tundra Arktik. Tanamannya condong kecil dan dekat dengan tanah. Ini melindungi mereka dari angin kencang dan temperatur dingin. Beberapa tanaman yang tumbuh di tundra terhitung semak pendek, sedges, rumput, bunga, pohon birch dan pohon willow.

Tanaman bantal yang tumbuh di tundra ialah tipe tanaman yang tumbuh rendah ke tanah di area yang sempit. Mereka disebut tanaman bantal karena mereka halus dan empuk. Lumut diketemukan di tundra.

Hewan yang hidup di bioma tundra, Jenis Hewan yang hidup di bioma tundra

Contoh Hewan yang hidup di bioma tundra – via : pinterest.com

Hewan yang hidup di bioma tundra harus sanggup menyesuaikan dengan temperatur yang paling dingin. Mereka harus juga sanggup membesarkan anak-anak mereka sepanjang bulan-bulan musim panas yang paling singkat.

Hewan yang dijumpai di tundra terhitung Muskox, Kelinci Arktik, Beruang Kutub, Rubah Arktik, karibu, dan burung hantu salju. Banyak hewan yang hidup di tundra, seperti karibu dan burung Cerek semipalmated, melakukan migrasi ke cuaca yang lebih hangat sepanjang musim dingin.

Yang lain, seperti tupai tanah Arktik, berhibernasi sepanjang bulan-bulan musim dingin. Reptil dan amfibi sedikit diketemukan di tundra karena suhunya yang sangat dingin.

2. Bioma Taiga

Taiga (ty-ga) adalah bioma darat paling besar. Ini menghampar di sebagian besar Kanada, Asia dan Eropa dan bisa diketemukan antara tundra dan hutan gugur.

Musim dingin di bioma taiga dingin dan musim panasnya hangat. Taiga mendapatkan curahan hujan di antara 15 dan 30 inci satu tahun. Pada musim panas, temperatur dapat capai 70-an. Pada musim dingin, temperatur dapat sedingin 65 derajat di bawah 0.

bioma taiga, bioma taiga terdapat di negara, bioma taiga terdapat di negara ini, ciri bioma taiga, bioma taiga adalah, persebaran bioma taiga terdapat di wilayah, gambar bioma taiga, contoh bioma taiga, bioma hutan taiga, persebaran bioma taiga, pengertian bioma taiga, vegetasi bioma taiga

Contoh Bioma Taiga di Negara Russia – via : wikipedia.org

Taiga terkadang disebutkan sebagai hutan jenis konifera atau boreal. Hutan jenis konifera ditemukan di Kanada utara, Asia, dan Eropa. Hutan jenis konifera ditemukan di dataran tinggi di Amerika Serikat. Di New Hampshire, hutan tipe konifera diketemukan juga di Pegunungan Putih (White Mountains). Taiga merupakan bioma darat paling besar di dunia.

Pohon jenis konifera seperti cemara, hemlock, pinus dan cemara umumnya dapat dijumpai di taiga. Umumnya pohon jenis konifera selalu hijau dan secara eksklusif diadaptasi untuk tetap bertahan hidup di bioma ini. Pohon cemara berupa kerucut untuk menolong salju meluncur dari mereka sehingga cabang tidak akan patah.

Baca Juga:   Apa yang Dimaksud Dengan Autotomi? Jelaskan!

Daun yang seperti jarum pada pohon cemara lebih sedikit kehilangan air dibanding tipe daun yang lain. Ini menolong mereka bertahan hidup. Beberapa pohon berdaun lebar seperti birch dan aspen sudah menyesuaikan dengan taiga. Ke-2 pohon ini benar-benar fleksibel dan tidak gampang patah saat tertutup es dan salju.

flora bioma taiga, flora taiga, flora dan fauna taiga, bioma taiga flora, flora del bioma taiga, bioma taiga flora y fauna, karakteristik flora di bioma taiga yaitu

Ada beberapa hewan yang menjadikan taiga sebagai rumah mereka. Banyak burung berkembang biak di taiga pada musim semi dan musim panas. Saat salju mencair pada musim semi, serangga bertelur di air. Serangga menarik beragam jenis spesies burung ke taiga seperti belibis cemara.

Di Amerika Utara, mamalia seperti Marten pinus eropa, rusa besar, serigala, tipe burung udang atau Cekakak, Lynx Kanada, dan Beruang Grizzly semua diketemukan di taiga. Semua mamalia ini mempunyai mantel atau bulu-bulu tebal yang melindungi mereka dari udara dingin.

Beberapa hewan mempunyai penyesuaian sistematis yang menolong mereka bertahan hidup di taiga. Cakar lebar Lynx Kanada bekerja seperti sepatu salju. Mereka menyalurkan berat Lynx, dan menolongnya bergerak di salju.

Beruang Grizzly menghindari cuaca terdingin dengan pergi ke sarang mereka pada musim gugur dan tinggal di situ sampai awal musim semi. Mereka mempunyai susunan lemak pelindung yang memungkinkan mereka untuk selalu ada di sarangnya saat cuaca dingin. Mereka tidak berhibernasi tapi hanya tidur ringan dan menghindari kedinginan.

3. Bioma Hutan Gugur

Hutan gugur beriklim sedang bisa ditemui pada bagian timur Amerika Serikat dan Kanada, mayoritas Eropa dan sebagian Cina dan Jepang.

Hutan gugur beriklim sedang adalah bioma yang selalu berbeda. Ini mempunyai empat musim yang berlainan: musim dingin, musim semi, musim panas dan musim gugur. Musim dingin terasa dingin dan musim panas terasa hangat.

bioma hutan gugur, ciri-ciri bioma hutan gugur, ciri bioma hutan gugur, gambar bioma hutan gugur, contoh bioma hutan gugur, pengertian bioma hutan gugur, wilayah persebaran bioma hutan gugur, ciri-ciri bioma hutan gugur antara lain, nama lain bioma hutan gugur, flora dan fauna bioma hutan gugur, apa yang dimaksud dengan bioma hutan gugur, bioma hutan gugur adalah, ciri-ciri bioma hutan gugur deciduous antara lain, apa itu bioma hutan gugur

Bioma Hutan Gugur atau disebut juga Deciduous Forest Biome – via : wikipedia.org

Hutan gugur beriklim sedang memperoleh di antara 30 dan 60 inci curah hujan dalam 1 tahun. Curah hujan di bioma ini terjadi sepanjang tahun. Karena tanahnya benar-benar subur dan pohon kayu keras bagus untuk bangunan banyak ditemukan di sini, bioma ini mempunyai beberapa pusat populasi paling besar di dunia di dalamnya.

Daun pohon di bioma hutan gugur ini berbeda warna dan rontok pada musim gugur dan tumbuh kembali pada musim semi. Daun lebar dan rata dari pohon yang berganti daun kehilangan air dengan cepat. Pada musim dingin saat tanah membeku, susah untuk mereka untuk menyerap air, jadi mereka menjatuhkan daunnya.

Mereka tidak aktif pada musim dingin dan mekar kembali pada musim semi. Organisme di hutan luruh beriklim sedang harus sanggup menyesuaikan dengan 4 musim yang berbeda.

Hutan gugur beriklim sedang mempunyai beragam jenis spesies tanaman. Mayoritas mempunyai tiga tingkat tanaman. Lumut, pakis, bunga liar dan tanaman kecil yang lain bisa ditemukan di lantai hutan.

Semak mengisi tingkat menengah dan pohon kayu keras seperti maple, oak, birch, magnolia. Konifer seperti pohon cemara, cemara dan pinus dapat diketemukan berbaur dengan pohon kayu keras di bioma ini. Kadang taiga dan hutan gugur beriklim sedang, bertumpang-tindih.

Ada keberagaman besar kehidupan di bioma ini. Serangga, siput, katak, laba-laba, kura-kura, dan salamander biasa dijumpai. Di Amerika Utara, burung seperti Elang bersayap lebar, Burung Kardinal, Burung Hantu Salju, dan pelatuk bersusun diketemukan di bioma ini. Mamalia di hutan gugur Amerika Utara termasuk rusa berekor putih, rakun, oposum, landak, dan Rubah merah.

Hewan yang hidup di hutan gugur yang beriklim sedang harus sanggup menyesuaikan dengan perubahan musim. Beberapa hewan di bioma ini melakukan migrasi atau berhibernasi pada musim dingin.

4. Bioma Padang Rumput

Padang rumput atau dalam Bahasa Inggris disebut Grasslands menutupi seperempat dari dataran Bumi dan bisa diketemukan di setiap benua, kecuali Antartika. Padang rumput terjadi di lokasi yang terlalu basah untuk gurun, tapi terlalu kering untuk hutan.

Baca Juga:   4 Fungsi Ekor Pada Burung, Ternyata Epic dan Mengagumkan!

Padang rumput memperoleh sekitaran 10 sampai 24 inci curah hujan /tahun, walau beberapa padang rumput tropis dapat mendapatkan lebih dari 40 inci hujan dalam 1 tahun. Grasslands menutupi seperempat dari luas daratan bumi.

Padang rumput tropis dekat dengan khatulistiwa dan panas sepanjang tahun. Padang rumput di Afrika disebutkan sabana atau veldt dan sebagai rumah untuk hewan seperti zebra, singa, serta burung unta.

bioma padang rumput, ciri ciri bioma padang rumput, karakteristik bioma padang rumput, karakteristik bioma padang rumput memiliki curah hujan, jelaskan karakteristik bioma padang rumput, ciri bioma padang rumput, gambar bioma padang rumput, contoh bioma padang rumput, pengertian bioma padang rumput, sebutkan ciri-ciri bioma padang rumput, hewan bioma padang rumput, bioma padang rumput sabana, peta bioma padang rumput, bioma yang memiliki padang rumput yang tinggi

Bioma Padang Rumput – via : twitter.com

Padang rumput beriklim sedang, panas pada musim panas dan dingin pada musim dingin. Di Eropa dan Asia, padang rumput beriklim sedang disebut stepa. Di Amerika Selatan, padang rumput disebut pampas. Di Amerika Utara, padang rumput beriklim sedang disebut Prairi atau prairie.

Tanah di padang rumput baik sekali untuk menanam tanaman dan mayoritas padang rumput di Amerika Utara sudah diganti jadi pertanian dan peternakan.

Gabungan temperatur musim panas yang tinggi, angin kencang dan sedikit hujan membuat padang rumput rawan pada kebakaran. Api menahan pohon tumbuh di padang rumput, tapi rumput dan tanaman padang rumput yang lain bisa bertahan dari api dan bahkan bisa berkembang. Ada tiga tipe padang rumput: rumput tinggi, rumput campuran dan rumput pendek.

Rumput yang tinggi di Prairi mendapatkan curah hujan terbanyak, sekitaran 30 inci /tahun. Mereka mempunyai rumput-rumputan tinggi, bunga matahari dan tanaman yang lain. Rumput di padang rumput jenis ini dapat tumbuh dengan tinggi 1,5 m. Padang rumput rumput tinggi ditemukan pada bagian timur Midwest.

Padang rumput campuran diketemukan di tengah-tengah Midwest. Mereka memperoleh semakin sedikit hujan dibanding padang rumput yang tinggi, di antara 15 dan 20 inci /tahun, dan vegetasi tumbuh sekitaran tiga kaki.

Padang rumput rumput pendek memperoleh curahan hujan paling sedikit, kurang dari 10 inci per tahun. Mereka diketemukan pada bagian barat Midwest. Rumput di padang rumput pendek umumnya tingginya di bawah dua kaki.

Beberapa hewan yang hidup di padang rumput seperti Bison Amerika ialah pemakan rumput. Yang lain seperti Anjing padang rumput dan Luak Amerika ialah penggali dan menghabiskan beberapa waktu di bawah tanah.

Hewan lain seperti coyote memakan hewan padang rumput yang lebih kecil. Padang rumput ini banyak memiliki serangga seperti jangkrik, ulat-ulat bulu, dan belalang dan sebagai rumah untuk burung pemakan serangga seperti burung Sturnella barat dan burung Cerek killdeer.

5. Bioma Hutan Hujan

Ada dua tipe hutan hujan – sedang dan tropis. Hutan hujan tropis dan sedang mempunyai beberapa kemiripan. Ke-2 nya mempunyai vegetasi yang paling lebat. Pohon di hutan hujan beriklim sedang dan tropis mempunyai batang yang melebar pada bagian bawah dan ke-2 tipe hutan hujan itu sebagai bioma yang terancam punah.

bioma hutan hujan, bioma hutan hujan tropis, karakteristik bioma hutan hujan tropis, bioma hutan tropis, ciri bioma hutan hujan tropis adalah, gambar bioma hutan hujan tropis, bioma hutan hujan tropis adalah, hujan hutan tropis, flora di hutan hujan tropis contoh bioma hutan hujan tropis, persebaran bioma hutan hujan tropis, pengertian bioma hutan hujan tropis, flora yang terdapat di bioma hutan hujan iklim sedang adalah, flora bioma hutan hujan tropis, flora dan fauna bioma hutan hujan tropis

Bioma Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan mendaur ulang airnya. Di siang hari, air di hutan hujan menguap dan naik di mana dia mengembun dan membuat awan di atas. Di saat cukup banyak uap air terkumpul di awan, karena itu turunlah hujan.

  • Bioma Hutan hujan beriklim sedang

Hutan hujan beriklim sedang dijumpai di dekat garis pantai. Hutan hujan beriklim terbesar membentang lebih dari 1.000 mil di sejauh pantai Pacific Northwest dari Oregon ke Alaska. Hutan hujan beriklim yang lebih kecil bisa diketemukan di Chili, Australia, Selandia Baru, Norwegia, Jepang, dan Inggris Raya.

Karena hutan hujan beriklim sedang ada di dekat lautan, mereka basah dan sejuk dan bisa menerima sampai 100 inci hujan setahun. Udara lembab dan sejuk dari rimba hujan beriklim sedang membantu memberikan dukungan beragam jenis tumbuhan dan hewan.

  • Bioma Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis diketemukan di dekat khatulistiwa. Hujan turun tiap hari dan hutan hujan tropis dapat memperoleh sekitar 400 inci hujan tiap tahun. Musim tidak berubah dan temperatur rata-rata sekitar 80 derajat Fahrenheit. Sekitaran 1/2 dari rimba hujan tropis dunia ada di Amerika Latin. Hutan hujan tropis yang lain bisa diketemukan di Asia, Afrika dan beberapa pulau Pasifik.

Hutan hujan tropis hangat dan basah. Tanah di hutan hujan banyak mengandung nutrisi. Kondisi yang hangat dan basah mengakibatkan beberapa tumbuhan dan hewan membusuk dengan cepat sekali setelah mereka mati. Tumbuhan dan hewan yang membusuk didaur ulang kembali lagi ke tanah.

Baca Juga:   15 Hewan yang Hidup Berkelompok

Lebih dari 1/2 spesies dunia hidup di hutan hujan tropis. Beberapa ilmuwan berpikiran banyaknya bisa mencapai 90 %. Kelembapan dan temperatur hangat di hutan hujan tropis benar-benar pas untuk menopang banyak spesies tumbuhan dan hewan yang lain.

Pohon di hutan hujan tropis dapat tumbuh sangat tinggi. Daun umumnya tebal dan mempunyai “ujung tetes” yang lancip untuk membantu hujan menggulirkannya. Tangkai pohon lebar dan melebar dan kulit pohon tipis dan lembut. Beberapa pohon mempunyai akar yang ada di atas tanah.

Hutan hujan tropis sebagai rumah untuk bromelia. Ini adalah tanaman yang mengumpulkan air di pusatnya. Airnya membentuk kolam yang bisa memberikan dukungan ekosistem mini. Banyak dari kolam ini memberikan dukungan bakteri, serangga, krustasea, berudu, katak, serta burung.

Hutan hujan sebagai rumah untuk tumbuhan epifit. Epifit tidak tumbuh di tanah. Mereka tumbuh di tanaman inang, umumnya pohon, dan memperoleh nutrisi dari kelembapan dan debu di udara. Pakis, lumut, lumut, anggrek, dan bromelia semua epifit.

Hutan hujan tropis sebagai rumah untuk nepenthes atau tanaman kantong semar. Ini merupakan tanaman yang tumbuh di tanah. Mereka mempunyai daun yang membentuk cangkir di mana kelembapan berkumpul. Tanaman kantong semar menangkap serangga di cangkir tersebut.

Baik di wilayah beriklim sedang atau tropis, semua hutan hujan mempunyai satu kemiripan yakni banyak turun hujan.

6. Bioma Gurun

Gurun ialah yang paling ekstrim dari bioma darat dan bisa panas, bisa juga dingin. Gurun menutupi sekitaran seperlima permukaan bumi. Gurun mempunyai lingkungan yang ekstrim. Gurun mendapatkan antara 1 dan 15 inci curahan hujan /tahun.

Tumbuhan dan hewan gurun mempunyai penyesuaian khusus yang membantu mereka bertahan hidup di lingkungan yang ekstrem ini. Banyak orang memandang gurun sebagai panas dan kering, tapi beberapa gurun sebenarnya dingin.

bioma gurun, ciri-ciri bioma gurun, bioma gurun terdapat di negara, ciri bioma gurun, karakteristik bioma gurun, gambar bioma gurun persebaran bioma gurun, contoh bioma gurun, pengertian bioma gurun, flora bioma gurun, fauna bioma gurun, bioma stepa adalah, bioma gurun pasir, bioma hutan gurun, bioma gurun adalah

Ada empat jenis gurun: gurun subtropis panas dan kering sepanjang tahun; gurun pesisir mempunyai musim dingin yang sejuk dan musim panas yang hangat; gurun musim dingin yang dingin mempunyai musim panas yang panjang dan kering dan curah hujan yang rendah pada musim dingin; gurun kutub dingin sepanjang tahun.

Gurun subtropis ialah gurun terpanas. Mereka dijumpai di Asia, Australia, Afrika dan Amerika Utara serta Selatan. Di Amerika Serikat, Gurun Chihuahuan, Gurun Sonora dan Gurun Mojave semua merupakan gurun subtropis.

Gurun subtropis benar-benar panas dan kering pada musim panas serta lebih dingin namun tetap kering pada musim dingin. Curah hujan terjadi dalam semburan pendek. Udara benar-benar panas dan kering di gurun ini hingga kadang hujan menguap bahkan juga saat sebelum sempat menyentuh tanah! Tanah di gurun subtropis umumnya berpasir atau kasar dan berbatu.

Tumbuhan dan hewan di gurun subtropis harus sanggup menahan temperatur panas dan minimnya kelembapan. Semak dan pohon kecil di gurun subtropis umumnya mempunyai daun yang beradaptasi untuk menjaga kelembapan. Hewan di gurun subtropis umumnya aktif pada malam hari, saat cuaca lebih dingin.

Gurun Coastal atau Gurun pesisir ada di wilayah yang sejuk sampai hangat di sepanjang pantai. Mereka mempunyai musim dingin yang sejuk dan musim panas yang panjang dan hangat. Gurun pesisir berada di pantai barat benua di antara garis lintang 20° sampai 30°.

Angin di laut lepas berhembus dalam pola timur dan menahan uap air bergerak ke daratan. Gurun Namib di Afrika dan Gurun Atacama di Chili ialah gurun pesisir.

Gurun musim dingin yang dingin dikenal juga sebagai gurun semi-kering. Mereka mempunyai musim panas yang panjang dan kering, serta musim dingin yang dingin dengan curahan hujan atau salju yang rendah.

Di Amerika Serikat, Great Basin, Dataran Tinggi Colorado, dan Gurun Merah semua merupakan gurun musim dingin. Gurun musim dingin yang lain termasuk gurun Gobi di Cina dan Mongolia dan gurun Patagonian di Argentina.

Minimnya curah hujan di gurun musim dingin kerap disebabkan karena dampak bayangan hujan. Dampak bayang-bayang hujan terjadi saat pegunungan yang tinggi menghentikan kelembapan dari mencapai suatu wilayah. Pegunungan Himalaya menahan curahan hujan mencapai Gurun Gobi.

Gurun kutub ditemukan di daerah Arktik dan Antartika. Seperti gurun yang lebih hangat, mereka mendapatkan sedikit curah hujan. (DBS)

error: