37 Buah dan Sayuran untuk Anjing, yang Boleh dan Tidak Boleh!

daftarhewan.com. Buah untuk anjing. Kita semua mengetahui bahwa hewan peliharaan seperi kelinci, marmut, hamster menyukai sayuran. Tetapi, tahukah Anda? bahwa ada juga makanan berupa jenis buah-buahan dan sayur-sayuran yang juga baik untuk makanan penunjang kucing dan anjing?

buah yang boleh dimakan anjing, buah yang bagus untuk anjing, buah yang baik untuk anjing, buah yang bisa dimakan anjing, buah yang dilarang untuk anjing, buah buahan untuk anjing, buah anjing, buah yang tidak boleh untuk anjing

Apabila si pemelihara menginginkan penurunan bobot terhadap hewan peliharaannya agar lebih langsing atau mungkin mencari alternatif makanan sehat untuk berupa pakan komersial. Situs daftarhewan.com telah menyusun daftarnya.

Ternyata, banyak juga sayur-sayuran dan buah-buahan yang biasa menjadi konsumsi manusia juga dapat diberikan kepada kucing maupun anjing, tetapi beberapa dapat berbahaya dan berakibat fatal dan seharusnya dihindari.

Berikut ini adalah buah-buahan dan sayuran yang boleh dan tidak boleh untuk anjing kesayangan Anda ;

a. Buah yang boleh dimakan anjing

1. Apel

Apa anjing boleh makan apel? Ya, Anjing diperbolehkan memakan apel, tetapi pastikan si pemelihara membuang biji dan bagian keras yang keras di tengahnya karena bisa menyebabkan tersedak dan keracunan. Apel sangat baik untuk penambah vitamin A dan C serta mengandung fiber yang untuk metabolisme anjing Anda.

2. Blueberry

Apa anjing boleh makan blueberry? Boleh. Karena buah tersebut merupakan salah satu sumber antioksidan, yang mempunyai manfaat mencegah rusaknya sel pada manusia hingga hewan peliharaan, bahkan juga berguna untuk menguatkan gigi taring. Blueberry juga bisa diberikan sebagai latihan anjing melompat, menangkap makanan yang dilempar ke udara.

3. Buah Naga

Apa anjing boleh makan buah naga? Buah naga dapat diberikan untuk anjing dalam jumlah yang sedang. Anjing menyukai buah naga karena dagingnya yang lembut, manis, mudah dikunyah, dan biji yang dapat dimakan. Buah naga memiliki kandungan gula dan kandungan serat yang tinggi, sehingga memakan buah naga secara berlebihan bisa mengakibatkan anjing menjadi sakit perut.

4. Buah Persik

Apa anjing boleh makan buah persik? Persik boleh dikonsumsi oleh anjing tetapi dengan jumlah yang sedikit serta dipotong-potong. Buah ini merupakan sumber vitamin A dan serat sehingga membantu melawan infeksi, namun harus tetap berhati-hati karena dalam buah ini mengandung sianida yang berbahaya, oleh sebab itu berikan hanya dagingnya saja.

5. Buah Pir

anjing buah pir, apakah anjing boleh makan buah pir, buah pir untuk anjing, anjing makan buah pir, buah pir boleh untuk anjing, anjing buah pir atau apel

Apa anjing boleh makan pir? Buah pir adalah makanan ringan yang enak bagi anjing karena mengandung banyak vitamin C, tembaga, kaya akan serat dan vitamin K. Disarankan juga memakan buah pir untuk menghindari resiko terkena stroke. Aturan pemberiannya adalah memotong-motong buah pir menjadi potongan kecil serta bijinya harus dibuang terlebih dahulu.

6. Durian

Apa anjing boleh makan durian? Untuk sebagian besar, jawaban singkatnya adalah ya, anjing boleh makan durian, tetapi hanya dalam jumlah yang sangat sedikit, serta perlakuan yang khusus, yang artinya harus benar-benar daging buahnya saja yang diberikan. Karena kulit dan bijinya beracun untuk anjing.

Baca Juga:   9 Arti Mimpi Dikejar Anjing yang Bikin Kaget

7. Jeruk

Apa anjing boleh makan jeruk? Menurut pakar kesehatan hewan, Jeruk bagus untuk anjing. Karena merupakan sumber vitamin C, serat dan potasium. Ketika dikonsumsi dengan jumlah yang kecil, jeruk bisa jadi menjadi makanan yang lezat untuk anjing. Tetapi harus dipastikan untuk membuang kulit serta bijinya karena tidak baik bagi pencernaan anjing.

anjing boleh makan jeruk, anjing makan jeruk, bolehkah anjing makan jeruk, anjing boleh makan jeruk ga

8. Kiwi

Apa anjing boleh makan buah kiwi? Ya, anjing boleh makan buah kiwi apapun jenisnya: hijau, kuning, atau kiwi berry. Kiwi sangat aman untuk anjing dan bahkan kulitnya dapat dimakan, meskipun mungkin mengiritasi beberapa mulut anjing. Seperti semua makanan baru, perkenalkan kiwi ke dalam makanan anjing Anda secara sedikit dan perlahan serta pantau reaksi mereka sebelum memberikannya lebih banyak.

9. Kranberi

Cranberry atau Kranberi adalah buah yang bagus untuk dikonsumsi anjing. Baik secara langsung dari pohon yang kita petik atau dalam keadaan kering, baik diberikan pada anjing dalam jumlah sedikit.

10. Kurma

Apa anjing boleh makan buah kurma? Kurma aman untuk dimakan anjing dalam jumlah sedang. Seimbangkan menu anjing dengan hanya menawarkan kurma kering sebagai camilan yang diberikan sesekali. Terlalu banyak memakan kurma dapat mengakibatkan obesitas atau penambahan berat badan.

11. Mangga

anjing boleh makan mangga, anjing makan mangga, mangga untuk anjing, bolehkah anjing makan mangga, mangga boleh untuk anjing, anjing mangga, buah mangga untuk anjing

Apa anjing boleh makan mangga? Boleh. Utamanya pada saat siang, panas matahari sedang terik-teriknya. Dalam buah mangga terdapat potasium, Alfa-karoten serta beta-karoten. Selain itu juga mengandung vitamin A, B6, vitamin C dan E.

Untuk diberikan pada anjing yang pertama harus dilakukan adalah mengupas dan membuang bijinya, karena mengandung sianida, meskipun sedikit tetap berbahaya.

12. Melon

Apa anjing boleh makan melon? Boleh. Nutrisi pada melon yang baik, mengandung banyak fiber dan air juga rendah kalori. Tetapi, dikarenakan kandungan gulanya yang tinggi, si pemilik harus benar-benar mengatur pemberian, khususnya pada anjing yang obesitas atau kegemukan serta diabetes.

13. Nanas

Apa anjing boleh makan nanas? Diperbolehkan. Nanas adalah buah tropis yang mengandung banyak vitamin, serat dan mineral. Bromelain, enzim pada nanas yang membuat anjing lebih mudah menyerap protein. Namun, kulit luar yang berduri harus dikupas dan dibersihkan terlebih dahulu.

14. Pepaya

Apa anjing boleh memakan pepaya? Ya boleh, karena pepaya merupakan buah yang sehat untuk anjing. Seperti buah-buahan yang boleh diberikan pada anjing lainnya, bijinya tidak boleh dimakan oleh anjing. Biji pepaya bisa menyebabkan penyumbatan pada usus. Kupaslah buah terlebih dahulu lalu potong menjadi potongan yang cukup masuk kedalam mulut anjing sebelum disajikan.

anjing pepaya, apakah anjing boleh makan pepaya, pepaya untuk anjing, anjing makan pepaya, manfaat daun pepaya untuk anjing, manfaat pepaya untuk anjing, anak anjing makan pepaya, manfaat pepaya bagi anjing, manfaat pepaya anjing

15. Pisang

Apa anjing boleh makan pisang? Ya, boleh. Namun jangan lupa Anda kupas kulitnya. Kulit pisang tidak menyebabkan keracunan pada anjing tetapi dapat menyebabkan tersedak dan sulit dicerna. Pisang mengandung banyak vitamin, potasium, serat, biotin, natrium dan rendah kolesterol, tetapi karena kadar gula pada pisang yang tinggi, pisang sebaiknya diberikan sebagai salah satu camilan yang diberikan hanya sekali-sekali, bukan bagian dari makanan yang rutin diberikan pada anjing.

16. Raspberry

Apa Anjing boleh makan Raspberry? jika anjing diberi dengan jumlah yang sedang, pencernaannya akan baik-baik saja. Buah ini mengandung antioksidan yang baik bagi anjing. Kandungan gula dan kalori yang rendah, mempunyai banyak vitamin C dan serat.

Lebih direkomendasikan untuk anjing yang sudah dewasa karena buah ini mempunyai sifat anti radang, membantu mencegah rasa sakit karena tekanan pada persendian. Namun, tetap batasi pemberiannya karena mengandung racun Xylitol.

Baca Juga:   Kenapa Kucing dan Anjing Bermusuhan?

17. Salak

Buah salak, juga dikenal sebagai snack fruit, mempunyai kandungan serat yang tinggi, sehingga melancarkan pencernaan. Buah salak kaya akan protein dan karbohidrat, yang memberikan energi dan stamina untuk anjing.

Tetapi ada beberapa resiko jika tidak memperhatikan pemberiannya. Biji buah salak yang besar tidak dapat dimakan dan dapat menyebabkan tersedak. Buah salak mentah terasa asam dan astringen karena sedikit asam tanat.

Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah hati dan ginjal. Salak diketahui dikonsumsi oleh mamalia lain di alam liar; Namun, belum ada penelitian langsung yang dilakukan tentang kesesuaian pemberian makan salak pada anjing.

18. Semangka

Apa anjing boleh makan semangka? Boleh. Tetapi terlebih dahulu harus dibuang biji, serta dikupas kulit luarnya, karena dapat menyebabkan penyumbatan pada usus dan gangguan pencernaan.

19. Stroberi

Bolehkah anjing makan stroberi atau strawberry? Tentu tidak apa-apa dan boleh. Stroberi mengandung vitamin C serta serat, dan membantu memutihkan gigi anjing ketika memakannya. Cukup beri anjing stroberi sedikit saja karena mengandung dula yang tinggi.

20. Lengkeng

Apakah anjing boleh makan lengkeng? Secara teknis, jawaban singkatnya adalah ya, tetapi rekomendasi para pemilik anjing serta sebagian dokter hewan adalah tidak. Terlalu sedikit informasi tentang lengkeng untuk diberikan pada anjing. Disamping itu, ada beberapa unsur buah ini dapat meningkatkan masalah pencernaan pada anjing.

b. Buah yang tidak boleh dimakan anjing

21. Alpukat

Bolehkah anjing makan alpukat? Tidak, anjing harus menghindari buah alpukat walau menjadi camilan yang baik dan menyehatlam bagi orang yang memelihara anjing.

Persin yang terkandung dalam Daun, kulit dan biji alpukat dapat mengakibatkan muntah dan diare pada anjing. Walaupun daging pada buahnya hanya sedikit kandungan persin, tetapi tetap anjing harus menderita setelah memakannya.

22. Anggur

Anjing makan anggur? Sebaiknya jangan dibiarkan dan tidak diperbolehkan. Kismis serta anggur telah terbukti beracun untuk anjing.

Tidak peduli apapun jenis anjingnya, usia dan jenis kelaminnya. Karena bisa mengakibatkan gagal ginjal mendadak yang akut.

23. Buah Ceri

Anjing tidak boleh makan buah ceri. Karena dapat mengakibatkan keracunan sianida dengan gejala pupil mata pada anjing akan membesar, anjing jadi kesulitan bernapas dan gusinya memerah.

Begitu juga pada tanaman atau pohon ceri yang mengandung sianida beracun untuk anjing. Sianida dapat mengakibatkan anjing tidak dapat memperoleh oksigen yang cukup karena transportasi oksigen seluler terganggu.

c. Sayuran untuk anjing

24. Bengkoang

apakah anjing boleh makan bengkoang, bengkoang untuk anjing, anjing bengkuang, anjing makan bengkoang, bolehkah anjing makan bengkuang

Bengkuang atau Bengkoang adalah makanan rendah kalori serta kaya akan nutrisi yang baik untuk anjing. Porsi 1/4 cangkir bengkuang untuk anjing menyediakan 4 antioksidan penting: vitamin C, vitamin E, beta karoten serta selenium.

25. Brokoli

Apakah anjing boleh makan Brokoli? Tentunya dalam jumlah yang sedikit, brokoli boleh dan aman untuk anjing serta disajikan sesekali. Brokoli ini tinggi akan serat vitamin C dan rendah lemak. Tetapi kuntum sayuran ini memiliki kandungan senyawa kimia yang dapat menyebabkan iritasi ringan pada lambung, pada batangnya juga diketahui dapat mengakibatkan penyumbatan usus.

26. Buncis

Anjing boleh memakan Kacang buncis, baik dikukus atau di cincang. Semua jenis kacang berwarna hijau cukup aman dan baik sebagai makanan anjing selama dalam keadaan segar atau tidak busuk. Kacang hijau mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang juga terdapat serat serta rendah kalori di dalamnya.

Baca Juga:   Apa Saja Penyakit Kulit Pada Anjing?

27. Kacang polong (Kacang Ercis)

Anjing juga dapat memakan kacang polong, karena mempunyai beberapa kandungan vitamin, mineral serta kaya akan protein dan tinggi serat. Pemilik anjing dapat memberi anjing makanan berupa kacang polong segar atau beku, tetapi jangan berikan kacang polong kalengan karena mengandung natrium tambahan.

28. Timun

Timun, Mentimun atau Bonteng aka Ketimun sangat bagus dan baik untuk anjing yang mengalami obestias atau kegemukan, karena timun tidak memiliki karbohidrat, minyak atau lemak. Bahkan dapat meningkatkan energi. Mereka mengandung banyak vitamin C, K dan B1, serta tembaga, kalium, magnesium, serta biotin.

anjing makan timun, bolehkah anjing makan mentimun, mentimun untuk anjing

29. Kubis Brussel

Apa anjing boleh makan kubis brussel? Anjing diperbolehkan memakan kubis brussel dikarenakan sayuran ini mengandung banyak nutrisi serta anti oksidan yang baik untuk pemilik dan anjing kesayangannya. Sebaiknya jaga asupannya dan tidak terlalu berlebihan, karena dapat menyebabkan anjing kembung karena kandungan gas ketika kubis dicerna dalam lambung.

30. Seledri

Apa anjing boleh makan seledri? Anjing boleh mengonsumsi seledri. Sayuran ini bagus dan baik karena mempunyai manfaat untuk jantung anjing, disamping itu juga dikenal sebagai sayur penyegar napas anjing.

31. Wortel

Apakah anjing boleh makan wortel? Wortel cocok sebagai sayuran makanan ringan yang rendah kalori, sangat bagus dan kaya akan serat dan beta-karoten, yang baik serta menghasilkan vitamin A. Serta, jika anjing mau mengunyah sayuran oranye ini, tentunya akan sangat bagus untuk gigi anjing.

d. Sayuran yang tidak boleh untuk anjing

32. Jamur

Apa anjing boleh makan jamur? Tidak boleh, sebaiknya anjing terhindar dari jamur. Jamur liar beracun bagi anjing. Walaupun hanya terdapat ratusan jenis jamur yang beracun dari puluhan ribu jenis jamur, tetapi akan lebih aman untuk tidak memberikan jamur sebelum Anda menyesal.

33. Bawang

Apa anjing boleh makan bawang? Tidak boleh, karena tanaman ini adalah bagian dari family Allium yang cukup beracun bagi sebagian hewan peliharaan, utamanya kucing. Memakan bawang dapat menyebabkan sel darah merah anjing menjadi pecah. Disamping itu, gejala seperti mual, diare, muntah serta sakit perut dapat terjadi pada breed anjing seperti Shiba inu dan Akita inu.

34. Kentang

Apa anjing boleh makan kentang? Ya, anjing diperbolehkan memakan kentang karena mengandung zat besi. Memberi makan kentang pada anjing sekali-sekali tidak akan menjadi masalah, tetapi harus dimasak terlebih dahulu, karena kentang yang masih mentah bisa terlalu kasar di.  Kentang sebaiknya dicuci, dikupas dan dimasak. Tidak disarankan memberi kentang bubuk karena mengandung susu, mentega, atau bumbu lainnya.

35. Bayam

apakah anjing boleh makan bayam, bayam untuk anjing, anjing makan bayam, bayam boleh untuk anjing, bayam merah untuk anjing, bayam bagi anjing, bolehkah anjing makan bayam

Apa anjing boleh makan bayam? Ya, tidak apa-apa tetapi hanya untuk anjing yang sudah dewasa serta dengan jumlah yang sangat sedikit. Jika dimakan berlebihan, dapat menghalangi kemampuan tubuh anjing menyerap kalsium karena bayam mengandung asam oksalat dan bisa menyebabkan kerusakan ginjal.

36. Ubi Jalar

Umbi jalar disebut boled dalam Bahasa Sunda. Anjing boleh memakan ubi jalar karena banyak mengandung serat serta nutrisi yang dibutuhkan anjing, selain itu juga mengandung beta-karoten, vitamin B-6 dan vitamin C. Cara memberikan pada anjing adalah harus dimasak terlebih dulu.

37. Tomat

Apa anjing boleh makan tomat? Tidak boleh. Bagian tanaman yang berwarna hijau mengandung zat beracun untuk hewan peliharaan yang disebut juga solanin. Pada umumnya dianggap tidak berbahaya untuk anjing, tetapi akan lebih baik tidak memberikan toman pada anjing supaya lebih aman.

error: