9 Buaya Terbesar di Dunia, Gede Banget!

daftarhewan.com. Di dunia ini ada banyak daerah yang belum terjamah dan dijelajahi, bisa jadi di tempat-tempat tersembunyi tersebut ada buaya terbesar yang hidup bebas di alam liar dan hewan-hewan berukuran besar lainnya.

Buaya Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah 9 daftar buaya terbesar di dunia yang pernah diketahui.

1. Lolong

Lolong, buaya terbesar, buaya terbesar di dunia, buaya paling besar di seluruh dunia, buaya terbesar di bumi

Dengan ukuran 6.17 m, serta berat 1.075 kg (1 ton lebih), Lolong ialah buaya paling besar di penangkaran. Ia buaya terbesar di dunia yang pernah diukur dari moncong sampai ke ekor.

Lolong ialah buaya Indo-Pasifik atau air asin (Crocodylus porosus). Pakar buaya Australia Dr. Adam Britton Notes  membius dan mengukur Lolong di kandangnya pada November 2011, dan mengukuhkannya sebagai buaya paling panjang di dunia yang pernah ditangkap dan ditaruh di penangkaran.

Dia ditangkap di sebuah sungai Bunawan di propinsi Agusan del Sur, Filipina pada 13 September 2011. Dia diamankan atas kerja sama pemda, masyarakat, dan pemburu buaya Palawan.

Buaya raksasa diburu dalam waktu tiga minggu; selesai diketemukan, diperlukan sekitaran 100 orang untuk mengantarnya ke darat. Ia jadi agresif di sejumlah titik waktu penangkapan dan 2x memutus tali penahan sebelumnya terakhir ditangkap dengan benar. Ia diprediksi berumur paling tidak 50 tahun.

Lolong diperkirakan memakan seorang nelayan yang lenyap di kota Bunawan, dan memakan seorang gadis berumur 12 tahun yang kepalanya diketemukan 2 tahun sebelumnya. Ia sebagai terdakwa khusus lenyapnya kuda laut di wilayah itu. Dalam pengecekan isi perut si buaya makan orang ini sesudah penangkapannya, beberapa sisa kerbau yang dilaporkan lenyap saat sebelum penangkapan Lolong diketemukan, tetapi tidak ada sisa-sisa manusia.

Menurut ourplnt.com, nama buaya itu diambil dari nama Ernesto “Lolong” Goloran Cañete, satu diantara veteran pemburu buaya dari Palawan Crocodile and Wildlife Reservation Center, yang memimpin pemburuan itu. Sesudah beberapa minggu mengawasi, pemburuan Lolong berpengaruh jelek pada kesehatan Cañete. Ia wafat karena penyakit serangan jantung beberapa hari saat sebelum buaya ditangkap.

Baca Juga:   Arti Mimpi Melihat Ular Anaconda, Makna dan Interpretasi

Lolong dengan resmi disertifikasi oleh Guinness Book of World Records sebagai “buaya terbesar di dunia yang ada di penangkaran” dengan panjang 6,17 m.

Aktivis organisasi non-pemerintah Animal Kingdom Foundation Inc bekerja sama dengan People for the Ethical Treatment of Animals, sudah mendorong pemda Bunawan untuk kembalikan Lolong ke sungai di Era Barangay Nueva, tempat reptil raksasa itu diamankan.

Tetapi, dalam diskusi yang berjalan, Wali Kota Bunawan Edwin “Cox” Elorde dan warga barangay menentang pelepasan buaya itu, dengan argumen jika dia akan memberikan ancaman terhadap individu yang tinggal disekitaran sungai.

Lolong mati di penangkaran kurang lebih 18 bulan setelah ia ditangkap, persisnya tanggal 10 Februari 2013. Catatan nekropsi mengutarakan jika ia mati karena gagal jantung kongestif yang diperburuk oleh pneumonia jamur, lipidosis hati dan gagal ginjal.

2. Dominator

buaya besar, buaya raksasa, buaya gede, buaya di sungai, buaya makan orang, buaya aligator, buaya paling besar di dunia, buaya yang terbesar di dunia, buaya yang paling besar, buaya raksasa terbesar di dunia

Dominator tak pernah diukur dengan resmi tapi diprediksi dia memiliki ukuran sampai 20 kaki (6,1 mtr.) dan beratnya lebih satu ton. Ia berbagi daerah yang serupa dengan raksasa air asin yang lain, Brutus (Adelaide River, Northern Territory, Australia).

3. Bujang Senang

10 buaya terbesar di dunia, jenis buaya terbesar di dunia, buaya aligator terbesar di dunia, buaya terbesar di dunia ini, buaya paling terbesar di dunia, penangkaran buaya terbesar di dunia, peternakan buaya terbesar di dunia, buaya buaya terbesar di dunia, buaya terbesar di seluruh dunia

Tengkorak Bujang Senang, salah satu buaya terbesar di dunia – via : zoochat.com

Bujang Senang ialah buaya air asin yang besar sekali dan hidup di Kalimantan – Indonesia. Menurut beberapa sumber lokal, ia ialah pemakan manusia (sebagian orang bahkan juga mengeklaim jika ia sudah ada dan menyerang dan membunuh minimal sepanjang tiga puluh tahun). Awalannya, ia diperkirakan memiliki panjang 7,62 meter).

Baca Juga:   Iguana Biru, Kadal dengan Ukuran Jumbo

Bujang Senang dibunuh pada tanggal 20 Mei 1992. Sesudah pembunuhan itu, rupanya panjang tubuhnya terkesan dibesar-besarkan. Panjang sebenarnya adalah 5,88 meter dan beratnya lebih satu ton.

4. Brutus

jenis jenis buaya, macam macam buaya, jenis buaya terbesar di dunia, jenis lidah buaya besar, jenis buaya di dunia, macam buaya, jenis buaya terbesar, sejenis buaya, jenis buaya terganas, macam macam jenis buaya

Buaya air asin raksasa bernama “Brutus” yang statusnya masih hidup ini hanya mempunyai tiga kaki. Dia dikenali kerap mendatangi Sungai Adelaide, Kawasan Utara, Australia. Brutus kehilangan kaki depannya sesudah konfrontasi dengan hiu banteng di muara sungai – membuat beberapa orang bertanya seberapa besar hiu itu.

Brutus secara konservatif diprediksi memiliki ukuran 5,6 meter dan beratnya sekitaran satu ton.

5. Cassius

buaya terbesar di dunia, buaya terbesar di dunia yang masih hidup, buaya terbesar di dunia kalimantan, buaya terbesar di dunia 2020-2021-2022-2023-2024-2025, buaya terbesar di dunia 2019, siapakah buaya terbesar di dunia, buaya terbesar di dunia memakan manusia, buaya apa yang terbesar di dunia, apa nama buaya terbesar di dunia, ok google buaya terbesar di dunia, nama buaya terbesar di dunia

Buaya terbesar di dunia yang masih hidup

Buaya air asin raksasa Australia ini sudah di-claim sebagai buaya terbesar yang hidup di penangkaran dan diakui oleh Guinness World Records di tahun 2011.

Cassius kehilangan kaki kiri depan dan ujung ekornya karena perkelahian. Ia berada di Marineland Melanesia di Green Island di Australia. Buaya itu diamankan di tahun 1987 di Sungai Finniss di Daerah Utara sesudah menyerang kapal.

Cassius mempunyai panjang 5,48 meter dan dipercaya berumur sekitaran 110 tahun. Dinamakan Cassius Clay, nama kelahiran petinju Muhammad Ali.

6. Yai

buaya yang terbesar di dunia, buaya terbesar di dunia yang masih hidup, 10 buaya terbesar di dunia, jenis buaya terbesar di dunia, buaya terbesar di dunia ini, penangkaran buaya terbesar di dunia, peternakan buaya terbesar di dunia, buaya terbesar di dunia kalimantan, gambar buaya terbesar di dunia, foto buaya terbesar di dunia, buaya terbesar di seluruh dunia

Status buaya ini masih hidup dan ada di Penangkaran Buaya Kebun Binatang samut Prakan di Thailand. Walau memiliki panjang 6 meter dia mempunyai toleransi yang besar pada orang-orang. Pemberi makan dan pengasuh dapat membersihkannya, dan menyentuhnya tanpa rasa takut.

Bahkan juga pengunjung juga makin dekat dengannya. Dalam video dengan judul “Buaya Paling besar di Dunia” berikut ini, Anda bisa menyaksikan bagaimana Yai tidak memperlihatkan agresivitas walau dikelilingi oleh beberapa orang.

7. Gomek

buaya yang besar, buaya berukuran besar, buaya yang gede

Buaya Gomex – via : kaskus.co.id

Gomek ialah buaya air asin memiliki ukuran besar yang ditangkap oleh George Craig di Pulau Papua. Ia dibeli oleh Terri dan Arthur Jones di tahun 1985 dan tersimpan di Ocala, Florida sepanjang lima tahun saat sebelum dijual ke Taman Zoologi Peternakan Buaya St. Augustine di Florida.

Baca Juga:   Ular Dapat Masuk ke Toilet, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Sepanjang 8 tahun ia memikat pemirsa dengan kekuatannya yang mengagumkan dan toleransi pada beberapa orang. orang yang akan memberikan makan buaya besar ini dibolehkan masuk ke kandang dan berada sedekat 1 meter (jarak bunuh diri) tanpa rasa takut terserang. Walau pengumpan masih memakai tongkat panjang untuk memberikan makan Gomek, dia pada umumnya dipandang seperti buaya yang “jinak” dan jadi idola di peternakan Alligator.

Sesudah sekian tahun, Gomek mati karena penyakit jantung pada tanggal 6 Maret 1997. Waktu itu, dia ialah buaya yang paling tua, dan satu diantara buaya penangkaran paling besar dan paling jinak yang pernah ada.

Saat ia meninggal, panjangnya 5,42 meter, dan beratnya 860 kg diverifikasi oleh Peternakan Buaya St. Augustine, buaya ini kemungkinan berumur di antara 60 dan 80 tahun.

8. Jaws III

buaya terbesar di dunia 2020-2021-2022-2023-2024-2025, buaya terbesar di dunia 2019, siapakah buaya terbesar di dunia, buaya terbesar di dunia memakan manusia, buaya apa yang terbesar di dunia, apa nama buaya terbesar di dunia, ok google buaya terbesar di dunia, nama buaya terbesar di dunia

buaya terbesar di dunia 2021 – via : youtube.com

Jaws III adalah buaya air asin besar yang hidup di Madras Crocodile Bank Trust and Center for Herpetology, sebuah kebun binatang reptil dan stasiun penelitian herpetologi, terletak 40 km (29 mil) di selatan kota Chennai, di negara bagian Tamil Nadu, India. Itu dimulai pada tahun 1976 oleh herpetologis Romulus Whitaker dan istrinya Zai Whitaker.

Panjang rahang III setidaknya 5,2 m dan beratnya lebih dari satu ton. Buaya ini diyakini sebagai buaya terbesar di penangkaran di Asia Selatan. Dia adalah salah satu atraksi terbesar di taman.

9. Buaya Matara

7 November 2016 – Seekor buaya besar dengan panjang lebih dari 5,1 meter dan berat kurang lebih 1 ton ditangkap di Matara, Sri Lanka. Buaya tersebut terjebak di kanal yang mengarah ke sungai Nilwala. Reptil raksasa itu dilepasliarkan kembali ke sungai oleh petugas satwa liar, dengan bantuan warga sekitar. Status buaya ini masih hidup sampai sekarang.

Seperti terlihat dalam video buaya terbesar ini, orang-orang berbondong-bondong menyelamatkan buaya ini ke tempat seharusnya ia berada.

error: