Home » Burung » Burung Falk, Si Parkit Australia yang Cantik dan Jinak

Burung Falk, Si Parkit Australia yang Cantik dan Jinak

daftarhewan.com. Bagi pecinta hewan, memelihara burung mungkin menjadi sesuatu yang wajar dan biasa saja. Terlebih saat ini banyak jenis burung yang jinak dan bisa dipelihara. Bahkan, tak jarang memiliki warna yang cantik maupun suara merdu, sehingga banyak orang yang memeliharanya.

jenis burung falk australia, jenis burung falk yang bagus, jenis burung falk termahal, jenis burung falk paling mahal, jenis jenis burung falk, macam jenis burung falk, macam macam burung falk, jenis dan warna burung falk, jenis warna dan harga burung falk, harga dan jenis burung falk, jenis2 burung falk, foto jenis burung falk, gambar jenis burung falk, jenis burung falk yang mahal, jenis burung falk

Mengenal jenis dan warna burung falk – via : lumasleep.com

Mengenal Keistimewaan Burung Falk

Salah satu jenis burung peliharaan yang populer ialah Falk atau juga sering dikatakan sebagai Cockatiel, Kakatua Mini ataupun juga Parkit Australia. Banyak orang yang akhirnya memelihara jenis burung Falk karena warnanya yang cantik serta pandai. Maksudnya di sini ialah burung sangat jinak (nurut) dan juga mudah untuk melakukan perawatannya. Bahkan, tak jarang pemiliki burung satu ini menjadikannya sebagai peliharaan free flight.

Hal tersebut dikarenakan Burung Falk yang sudah jinak dan pandai akan kembali lagi pada pemiliknya meskipun diterbangkan jauh, selain itu burung falk juga bisa meniru suara dan berbicara jika sering dilatih. Menurut penjelasan pecinta burung jenis Falk ini, jika Anda memeliharanya sejak anakan, maka akan lebih mudah lagi untuk menjinakkannya. Apalagi hewan lucu satu ini memiliki tingkah yang unik. Sehingga, tentu tidak salah jika dikatakan sebagai burung peliharaan yang populer.

Macam-Macam Burung Falk

Burung jenis Parkit satu ini memanglah berasal dari Australia dengan warna dasar yakni abu-abu. Namun, semakin terkenalnya jenis Falk ini, maka akhirnya perkawinan pun terjadi. Sehingga munculah jenis baru dengan warna-warna yang sangat cantik. Jika Anda berfikiran untuk memelihara salah satu Falk ini, ada baiknya mengetahui apa sajakah warna yang dimilikinya. Berikut sudah kami rangkum warna-warna cantik dari burung peliharaan populer Falk.

Baca Juga:   Jenis Ayam Pheasant, Gambar dan Harganya

1. Burung Falk biasa

jenis burung falk australia, jenis burung falk yang bagus, jenis burung falk termahal, jenis burung falk paling mahal, jenis jenis burung falk, macam jenis burung falk, macam macam burung falk, jenis dan warna burung falk, jenis warna dan harga burung falk

Jenis yang pertama ialah Burung Falk “asli” atau juga nama ilmiahnya adalah Nymphicus Hollandicus. Bagi Anda yang mengunjungi Australia, jenis burung satu ini muah sekali ditemukan. Bahkan, tak jarang terlihat berkeliaran, terutama jenis jantan yang memiliki warna putih pada sayapnya. Ciri khas Falk sendiri ialah bulatan oranye di pipinya berikut jambul yang berdiri cantik. Namun, Falk satu ini jarang dipelihara oleh masyarakat.

2. Burung Falk Lutino

jenis burung falk yang mahal, jenis burung falk dan harganya, jenis burung falk, jenis burung falk dan harga, jenis burung falk australia, jenis burung falk yang bagus, jenis dan warna burung falk, jenis warna dan harga burung falk, harga dan jenis burung falk, jenis2 burung falk, foto jenis burung falk, gambar jenis burung falk

Burung Falk Lutino

Berbeda dengan burung falk asli Australia yang memiliki warna abu-abu sebagai dominan. Maka, jenis Lutino merupakan cockatiel dengan perpaduan dari warna putih dan juga krem. Ciri khasnya sendiri ada pada bagian kepalanya yang berwarna kuning cerah. Namun, tentu tidak melupakan bulatan oranye yang sangat cantik seperti bersemu-semu. Jenis ini bisa dikatakan yang terpopuler karena banyak dipelihara oleh pecinta burung.

3. Burung Falk White Face (Muka Putih)

macam macam burung falk, macam jenis burung falk, tentang burung falk, jenis jenis burung falk, jenis burung falk yang bagus, jenis burung falk yang mahal, keistimewaan burung falk, mengenal burung falk, jenis burung falk

Burung Falk White Face

Dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan secara mendasar dari jenis Falk satu ini. Ya, Falk White Face memiliki warna yang unik, di mana pada bagian muka bulunya berwarna putih bersih. Namun, dominan pada bagian badan adalah abu-abu gelap hingga ke bagian sayap. Tak jarang juga Burung Falk White Face memiliki perpaduan cantik dari abu gelap dan hitam ini. Hanya saja tidak terdapat bulatan oranye pada bagian pipinya seperti jenis lain.

4. Burung Falk Cinnamon

burung falk cinnamon, jenis burung falk, jenis burung falk australia, jenis burung falk paling mahal, macam jenis burung falk, jenis dan warna burung falk, jenis2 burung falk, foto jenis burung falk, jenis jenis burung falk

Berbagai macam mutasi burung Falk Cinnamon

Berikutnya yang juga tidak kalah cantik adalah Falk Cinnamon yang memiliki warna keperakan. Sedikit berbeda dengan warna yang sebelumnya sudah kita bahas di atas, jenis yang satu ini cenderung berwarna perak ataupun coklat. Namun, jambulnya sangat indah karena banyak dan juga berdiri. Selain itu juga, pada ekornya pun memiliki warna kekuning-kuningan, dan tidak lupa bulatan oranya yang agak pucat pada pipinya.

Baca Juga:   Apa Saja Makanan Burung Lovebird? Ketahui Jenis dan Fungsinya!

5. Falk Mutiara

burung falk mutiara, macam macam burung falk, macam jenis burung falk, tentang burung falk, jenis jenis burung falk, jenis burung falk yang bagus, jenis burung falk yang mahal, keistimewaan burung falk, mengenal burung falk, jenis burung falk

Burung falk mutiara (Pearl cockatiel)

Burung Falk yang juga tidak kalah cantiknya dan sangat populer, serta banyak diincar adalah jenis mutiara atau Pearl Cockatiels. Burung Kakatua satu ini memiliki perpaduan unik namun sangat cantik. Di mana bulunya dominan abu-abu muda dengan corak berwarna putih kekuningan, layaknya mutiara yang mengkilap. Jambulnya juga berdiri sangat lucu, berikut pipi merona bulat oranyenya. Hanya saja bagi pejantan, semakin tua maka corak tersebut akan ikut memudar.

6. Burung Falk Pied

burung falk fied, jenis jenis burung falk, macam jenis burung falk, macam macam burung falk, jenis dan warna burung falk, jenis warna dan harga burung falk, jenis2 burung falk, foto jenis burung falk, gambar jenis burung falk, jenis jenis burung falk dan harga, jenis jenis burung falk dan harganya, jenis makanan burung falk, ukuran burung falk, jenis warna burung falk, burung falk wf, warna burung falk

Burung Falk Pied – via : greyforums.net

Jika Anda melihat jenis satu ini, pastinya akan langsung jatuh hati karena warnanya yang sangat menawan dan unik. Di mana perpaduan antara warna Cinnamon dan juga kuning bersatu padu menjadi corak yang lain dari biasanya. Bahkan, rona oranye yang ada pada pipi Falk Pied ini cenderung lebih cerah. Mutasi satu ini juga banyak dicari, tetapi tidak jarang dipelihara karena sulit didapatkan.

Ada satu jenis lagi yakni Burung Falk albino yang kecenderungan warnanya yakni putih. Jenis satu ini bisa dikatakan yang terlangka karena warnanya yang berbeda. Gambaran untuk warna Falk Albino ini mirip seperti White Face, namun dengan warna keseluruhan yang lebih putih pucat. Hanya saja, karena kelangkaannya itulah, maka harga yang dibandrol pun cukup mahal pastinya.

Apakah Sulit Merawat Burung Falk?

Setelah melihat ada banyak sekali jenis dan juga warna-warna cantik pada burung cantik Falk maka Anda pun pastinya penasaran bagaimana cara untuk merawatnya. Ternyata, burung peliharaan satu ini tidak sulit untuk dirawat, terlebih lagi pada makannya. Falk terkenal tidak terlalu memilih dalam hal makanan, sehingga banyak orang yang senang untuk memeliharanya hingga besar.

Baca Juga:   Daftar Harga Burung Macaw: Termurah hingga Paling Mahal

Makanan Burung Falk

Anda bisa memberikan makanan Burung Falk seperti untuk parkit lokal pada umumnya. Yakni biji milet voer dan juga putih beserta dengan sayur-sayuran berikut buah-buahan sebagai makanan pendukung. Pemberian makanan pun haruslah dilakukan secara rutin dan higienis, ya!

Cara Melatih Burung Falk

Agar bisa membuat Falk menjadi jinak dengan mudah, maka Anda harus memberikan pelatihan-pelatihan yang rutin. Mulailah dari yang termudah, dan jika memungkinkan cobalah melihat panduan melatihnya dari sesama pemelihara ataupun internet. Hal ini ditujukan agar Anda tidak salah dalam memberikan pelatihan pada Falk yang dimiliki.

Perawatan tubuh Falk juga tidak sulit untuk dilakukan, cukup mandikan secara rutin seperti seminggu satu kali. Burung Falk bisa menjadi sangat jinak jika memiliki kedekatan yang baik pada pemiliknya. Maka dari itu, sering-seringlah berinteraksi dengan burung peliharaan Anda tersebut. Untuk pelatihan free flight sendiri bisa mulai diterapkan saat Falk atau Parkit Australia ini sudah cukup meyakinkan untuk terbang.

Biasanya tahapan pelatihan ini dimulai sejak burung berusia satu bulan, di mana pelatih menggunakan suara pluit untuk memanggil Falk. Lalu, setelah itu pada usia sekitar 2 bulan, Falk bisa dimulai berlatih fly to me agar memiliki insting untuk kembali. Gunakanlah makanan yang digemari burung peliharaan Anda satu ini untuk memancingnya datang. Mulailah dari jarak terdekat terlebih dahulu, lalu mencoba dengan jarak yang lebih jauh.

Itulah pembahasan tentang burung peliharaan yang cantik, populer, jinak, dan juga mudah untuk dirawat. Bagi Anda yang ingin membelinya, pastikan untuk mendatangi tempat penjual Falk yang sudah terpercaya. Lihat juga kesehatan Burung Falk tersebut sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Bandingkan juga biaya yang ditawarkan agar Anda bisa mendapatkan harga murah.

Jadi, apakah Anda merasa tertarik untuk memiliki salah satu  Burung Falk cantik ini? Pastinya dijamin menyenangkan karena kepintaran Falk yang sering kali tak terduga.

error: