10 Jenis Burung Kecil di Dunia yang Lucu Menggemaskan

daftarhewan.com. Alam selalu memiliki cerita unik tersendiri bagi kehidupan. Salah satunya ialah dari dunia fauna atau hewan yang sering kali menjadi pusat perhatian, terlebih lagi dari spesies burung yang beragam. Mulai dari bentuk, warna, suara, hingga ukurannya pun sangat beragam dan menarik untuk diperhatikan.

Burung sendiri merupakan hewan yang paling diminati terutama jika ukurannya kecil menggemaskan. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan beberapa jenis burung, terlebih lagi yang dijadikan hewan peliharaan. Nama-nama burung sendiri sangatlah banyak, namun sering kali kita sulit membedakannya, terlebih pada ukuran yang kecil. Hal ini disebabkan jarangnya burung berukuran tersebut yang masih bisa ditemukan.

Sayangnya, kebanyakan dari burung tersebut sudah mulai mengalami kepunahan, maupun habitatnya yang jauh dari peradaban manusia. Akan tetapi, beberapa jenis burung memang sulit ditemukan karena ukurannya yang terlalu kecil. Sehingga sangat kontras dengan alam sekitar, dan akhirnya sulit dibedakan. Pada pembahasan kali ini kami sudah merangkum 10 jenis burung kecil di dunia yang pastinya sangat imut dan menggemaskan.

Jenis Burung Kecil Cantik Menggemaskan

1. Burung Kolibri Madu

segala jenis burung kecil, nama jenis burung kecil, jenis burung kecil kicau, jenis burung kecil pengicau, nama dan jenis burung kecil, nama nama jenis burung kecil

Kolibri madu atau juga dikenal secara mendunia dengan Bee Hummingbird merupakan jenis burung terkecil di dunia. Berukuran hanya sekitar 5 cm hingga 6 cm saja, pastilah Anda bisa membayangkan betapa menggemaskannya burung satu ini. Kolibri madu tidak hanya dikenal karena ukurannya yang sangat kecil saja, tetapi juga bentuk paruhnya yang panjang.

Meskipun sering disebut dengan Kolibri Madu, namun jenis burung ini berukuran sedikit lebih besar dari lebah. Beratnya pun hanya sekitar 1,5 gram sampai 2 gram saja. Menjadi salah satu dari daftar jenis burung kecil di dunia, Kolibri Madu cukup sulit ditemui dan langka karena biasanya terdapat di Kuba. Hal lainnya yang juga spesial dari jenis ini adalah kepakan sayapnya yang sangat banyak, berikut kecepatan dalam mengambil sari bunga.

Baca Juga:   Makanan Burung Hantu dan Cara Mereka Berburu Mangsa

2. Burung Weebill

kicau semua jenis burung kecil, semua jenis burung kecil, burung kecil dan namanya, segala jenis burung kecil, nama jenis burung kecil, jenis burung kecil kicau, jenis burung kecil pengicau, nama dan jenis burung kecil, nama nama jenis burung kecil

Weebill masuk ke daftar burung kecil yang menggemaskan selanjutnya, di mana berukuran hanya sekitar 7,6 cm sampai dengan 8,8 cm saja. Warnanya yang kuning kecoklatan dengan bulu bertekstur halus menjadikan Weebill sangat unik. Hidup secara berkelompok dengan lingkup kecil, burung satu ini menetap di kawasan sekitar Hutan Eucalyptus.

Mungkin ketika melihat dalam sekali pandang, Weebill cukup sulit ditemukan karena warnanya yang hampir menyatu dengan pepohonan. Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadikan Weebill sebagai 10 jenis burung kecil di dunia yang menggemaskan. Selain dari ukurannya yang kecil, burung ini memiliki bagian seperti kumis pada atas paruhnya.

3. Burung Spotted Pardalote

macam burung kecil pemakan serangga, macam macam burung kecil dan namanya, aneka macam burung kecil, jenis burung kecil cantik, jenis burung kecil dan namanya, macam2 burung kecil, apa makanan burung kecil, nama burung kecil, nama burung kecil warna warni, nama burung kecil dan gambarnya, jenis burung kecil fighter, burung kecil gampang gacor, burung kecil indah

Memiliki warna yang sangat terang dengan corak unik, Spotted Pardalote juga merupakan jenis burung terkecil nan menggemaskan. Ukurannya sendiri tidak begitu jauh dengan Weebill, yakni 7,8 cm sampai 9,9 cm. Biasanya kita bisa menemukan Spotted Pardalote di wilayah Australia Timur dan juga Selatan.

Hal menarik lainnya dari burung satu ini ialah bintik putih yang ada pada bulunya. Bahkan, Spotted Pardalote ini dijuluki dengan nama Diamond Bird karena kecantikannya. Jadi, wajar saja masuk pada daftar 10 jenis burung kecil di dunia nan cantik.

4. Burung Goldcrest

jenis burung kecil warna abu abu, aneka macam burung kecil, jenis burung kecil cantik, jenis burung kecil dan namanya, macam2 burung kecil, macam macam burung kecil, macam-macam burung kecil, macam macam jenis burung kecil, jenis burung kecil dan gambarnya, jenis burung kicau kecil dan namanya, jenis burung kecil yang rajin bunyi, jenis burung kecil untuk peliharaan, jenis burung ukuran kecil

Daftar berikutnya adalah Goldcrest atau nama ilmiahnya yakni Regulus yang ternyata memiliki arti ialah “Pangeran / Raja kecil”. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan bulu kuning yang ada di bagian atas kepalanya menunjukkan seperti mahkota. Ukuran dari Goldcrest sendiri ialah 8,3 cm sampai 9,3 cm, dengan beratnya antara 4,5 gram sampai 7 gram.

Baca Juga:   Fakta Tentang Burung Macaw yang Harus Anda Ketahui

Ciri khas dari 10 jenis burung kecil di dunia satu ini adalah kemampuan bertelurnya yang sangat banyak. Goldcrest dapat bertelur 10 – 12 butir sekaligus, dan terkenal sangat kuat pada musim kawin. Bagi Anda yang berminat untuk ternak burung, maka Goldcrest bisa jadi pilihan tepat.

5. Burung Cici Merah (Golden Headed Cisticola)

jenis burung kicau kecil dan namanya, jenis burung kecil cantik, jenis burung kecil dan namanya, macam2 burung kecil, macam macam burung kecil, macam-macam burung kecil, macam macam jenis burung kecil, jenis burung kecil dan gambarnya, burung kecil pengicau terbaik, jenis burung kecil yang rajin bunyi, jenis burung ukuran kecil

Bagi Anda yang mungkin pernah berkunjung ke wilayah India ataupun Australia, mungkin sudah pernah melihat burung satu ini. Gold Headed Cisticola panjangnya hanya 10 cm dan juga beratnya pun ringan yakni 10 gram saja. Untuk membedakan burung jantan dan betina ialah dengan melihat dari warna bulunya.

Menjadi 10 jenis burung kecil di dunia yang sangat menggemaskan, kebiasaan mereka cukuplah unik. Di mana Gold Headed Cisticola membangun sarang dari daun dan rumpur, serta jaring laba-laba. Bentuk dari sarangnya pun bulat sempurna dan sangat cantik.

6. Burung Crimson Chat

jenis burung merah kecil, macam macam burung kecil hutan, jenis burung kecil import, jenis burung kicau kecil dan namanya, jenis burung kecil liar, jenis burung kecil langka, jenis burung kecil lokal, jenis burung kecil pengicau, burung kecil pengicau terbaik

Dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan warna dari burung satu ini, di mana jenis jantan berwarna merah cerah seperti buah Crimson. Masuk ke kategori burung terkecil yang ada di dunia, Crimson Chat hanya sepanjang 10 cm – 13cm saja. Tubuhnya pun sangat ringan dengan kisaran 13 gram saja.

Karena warnanya yang sangat cantik, maka Crimson Chat masuk ke 10 jenis burung kecil di dunia yang paling banyak dicari. Anda bisa menemukannya di wilayah Australia Barat dan juga Selatan. Hidupnya pun di sekitar bukit pasir, semak-semak, dan juga padang rumput.

7. Burung American Goldfinch

aneka macam burung kecil, jenis burung kecil cantik, kicau semua jenis burung kecil, jenis burung kecil dan namanya, macam2 burung kecil, macam macam burung kecil, macam-macam burung kecil, poto burung kecil, foto burung kecil berkicau, macam macam burung kecil hutan, jenis burung kecil mahal

American Goldfinch, pastinya yang langsung terfikir adalah Benua Amerika. Memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan kisaran panjang antara 11 cm smapai 14 cm saja, American Goldfinch sangatlah cantik. Hal ini nampak jelas dari bulunya yang berwarna kuning cerah dengan bagian hitam pada sayap dan juga ekornya.

Baca Juga:   Ayam Pegar: Klasifikasi, Karakteristik, dan Penjelasan Lainnya

Bisa ditemukan di wilayah perbatasan antara Kanada, Amerika Serikat, dan juga Meksiko. Goldfinch ini adalah salah satu dari 10 jenis burung kecil di dunia dengan suara kicauan yang unik. Di mana suaranya berdasarkan pada kondisi di sekitarnya saat itu.

8. Burung Verdin

macam2 burung kecil, macam jenis burung kecil, jenis burung kecil kicau, jenis burung kicau kecil dan namanya, jenis burung kecil mirip pleci, jenis burung kecil dan makanannya, jenis burung kecil bersuara nyaring, jenis burung kecil suara nembak, jenis burung kecil pengicau, jenis burung kecil pemakan serangga

Memiliki warna kuning yang dominan, burung berukuran 10,9 cm sampai 11,4 cm ini sangatlah cantik. Berada di wilayah Amerika Serikat dan juga Meksiko, Verdin sangat cantik karena bentuk tubuhnya yang kecil dan juga menggemaskan. makanannya sendiri adalah serangga, ataupun juga gula dari sisa-sisa kolibri.

9. Burung Willow

jenis burung kecil dan namanya, jenis burung kecil pemakan serangga, jenis burung kecil warna abu abu, pikat semua jenis burung kecil ampuh, burung kecil dan namanya, semua jenis burung kecil, jenis burung kecil cantik, jenis burung kecil dan makanannya, jenis burung kecil di hutan, jenis burung kecil dan gambarnya

10 jenis burung kecil di dunia lainnya yang juga menggemaskan dan unik adalah Willow. Memiliki bulu putih halus dengan bagian hitam di atas kepala, jenis satu ini berukuran 11,43 centimeter saja. Willow sendiri sering dianggap sebagai kawanan burung gereja karena kemiripannya. Anda bisa mendapatinya di wilayah Sub-Artik Eropa serta wilayah Asia Utara.

10. Burung Red-Cheeked Cordon-Blue

nama jenis burung kecil, jenis burung kecil kicau, jenis burung kecil pengicau, nama dan jenis burung kecil, nama nama jenis burung kecil, kicau semua jenis burung kecil, semua jenis burung kecil, burung kecil dan namanya

Walaupun tubuhnya lebih panjang dari jenis-jenis burung kecil di atas, jenis satu ini panjang tubuhnya iaah 12,7 cm. Hal yang menjadikannya sangat menggemaskan ialah pada burung jantan memiliki bulatan merah pada bagian pipinya. Terlebih menjadi sangat lucu karena dominan warna biru di tubuhnya. Hidup di Afrika Tengah ataupun Timir, Red-Cheeked Cordon-Blue sering diperjual-belikan.

Dari 10 jenis burung kecil di dunia nan menggemaskan di atas, adakah yang sudah pernah Anda lihat? Burung-burung di atas ini memang cukup sulit ditemukan, namun sekarang ada banyak situs yang menyediakan gambarnya.

error: