Burung Merak Putih dan Penjelasannya

daftarhewan.com. Merak putih, baik jantan ataupun betina adalah burung asli dari India, namun untuk mencegah kepunahan, ada lembaga yang secara legal memelihara merak putih. Semua merak adalah burung langka. Dan merak putih dikatakan sebagai spesies burung merak yang langka karena kondisi khusus mutasi genetik yang disebut leucism.

merak putih berasal dari, merak putih betina, merak putih di indonesia, merak putih harga, asal merak putih, merak burung putih, burung merak putih wikipedia, burung merak putih dan penjelasannya, filosofi merak putih, klasifikasi merak putih, mitos merak putih, pengertian merak putih, sejarah merah putih, wallpaper merak putih

Sepasang burung merak putih, jantan dan betina

Burung Merak Putih

Penting untuk membedakan bahwa jika kita mengacu pada burung merak, secara teknis kita berbicara tentang burung merak jantan (Dalam Bahasa Inggris disebut peacocks / peafowl) yang cantik dan anggun ketika mengembangkan ekornya. Burung Merak Betina disebut peahens, sedangkan anaknya yang masih kecil disebut peachicks. Dalam bahasa sehari-hari baik jantan maupun betina disebut sebagai burung merak.

Mengapa merak bisa berwarna putih dan kenapa mereka langka? Beberapa orang akan dengan cepat menebak bahwa mereka albino, tetapi ternyata bukan. Penyebab kelangkaan merak putih adalah; Merak putih memiliki mutasi genetik yang disebut leucism. Hal ini menyebabkan pigmen (zat warna) tidak dapat diendapkan ke dalam bulunya yang mengakibatkan munculnya warna putih.

Meskipun leucisme dapat menyebabkan hewan menjadi cukup jinak pada beberapa spesies berbeda, tidak demikian halnya dengan merak putih. Mereka sama bersemangatnya dengan rekan-rekan mereka yang penuh warna dan cenderung mematuk dan menendang orang-orang yang mencoba menanganinya. Baca : Cara Memelihara Burung Merak

Baca Juga:   10 Jenis Burung Kecil di Dunia yang Lucu Menggemaskan

Mereka biasanya bukan burung yang jinak, harus ditangani dengan hati-hati, sepanjang hidup mereka mungkin bisa lebih jinak atau setidaknya toleran. Mereka akan mencoba melarikan diri dari kandang, mematuk atau menendang siapa pun yang mencoba menyentuhnya. Burung merak jantan dengan pola warna apa pun memiliki panggilan “braying” yang sangat keras yang dapat didengar hingga bermil-mil jauhnya. Merak dengan warna apa pun bisa terbang.

Meskipun begitu tetap saja, tidak mungkin untuk tidak terpesona oleh penampilan mereka. Merak putih jantan khususnya, yang memiliki bulu ekor yang sangat memesona ketika “mekar”. Bulu ekor ini memiliki sekitar 150 bulu yang seperti mata, dan mencapai panjang penuhnya saat burung merak berusia sekitar dua tahun. Bulu mereka berkilau di bawah sinar matahari saat mencoba menarik perhatian pasangan betina.

Mengingat penampilannya yang unik, tidak mengherankan jika burung merak putih cantik ini sangat dihargai. Sementara beberapa merak putih dapat ditemukan di alam liar, lebih umum bahwa mereka adalah hasil pembiakan selektif dan dipelihara di penangkaran, di mana mereka dapat hidup hingga 50 tahun.

burung merak putih, merak putih di indonesia, berapa harga merak putih, asal merak putih, merak putih mekar, penyebab kelangkaan merak putih, merak putih berasal dari, merak putih di indonesia, merak putih harga, asal merak putih, merak burung putih, burung merak putih wikipedia, burung merak putih dan penjelasannya, filosofi merak putih, klasifikasi merak putih, mitos merak putih, pengertian merak putih, sejarah merah putih, wallpaper merak putih

Burung merak putih cantik

a. Burung Merak Putih Bukan Albino

Burung merak putih bukanlah albino. Hewan dan burung yang termasuk albino tidak memiliki warna sama sekali dan mata mereka berwarna merah atau merah jambu.

Baca Juga:   Makanan Burung Kolibri, dari yang Utama hingga Variasinya

Merak putih bermata biru. Warna putih muncul pada merak domestik lainnya tetapi dalam jumlah yang berbeda. Anak merak dilahirkan kuning dan menjadi putih saat dewasa, menurut Database Varietas Merak. Burung merak India dari semua warna, termasuk putih, memiliki kulit berwarna merah jambu.

b. Jenis Jenis Merak Putih

Berbagai macam pola warna telah muncul pada merak yang dikembangbiakkan di penangkaran. Termasuk putih; pied white, yang merupakan kombinasi dari warna putih dan warna biru India yang biasa; black pied, di mana warnanya normal kecuali putih di bawah bagian, sayap dan bercak di bawah dagu, dan merak pundak hitam, yang putih bertabur bintik hitam, atau merak berwarna hitam dan putih menurut Database Varietas Peafowl.

c. Umur Burung Merak

Merak umumnya hidup di suatu tempat antara 10 dan 20 tahun di alam liar, sedangkan di penangkaran, ada merak dilaporkan bisa hidup hingga 50 tahun. Peahens (merak betina) biasanya meletakkan sekitar enam telur dalam sarangnya, mengerami mereka selama hampir sebulan sebelum menetas. Anak burung merak dapat terbang dalam jarak pendek hanya tiga hari setelah mereka menetas.

d. Filosofi Merak Putih

Secara historis atau sejarah; fakta merak putih lainnya adalah warna putih dari burung merak ini melambangkan kesucian dan keabadian. Selain itu, burung merak putih juga melambangkan cinta tanpa syarat.

Baca Juga:   Cara Ternak Burung Falk Australia untuk Pemula

e. Burung Merak Putih Berasal dari?

Merak berasal dari dalam dan sekitar India dan Ceylon (Sri Lanka) tetapi ketika Kerajaan Inggris menaklukkan India, mereka menyebarkan merak ke seluruh Eropa dan Amerika. Lalu beberapa tahun kemudian, merak putih mulai bermunculan dan kini dibiakkan untuk mendapatkan warna putih tersebut di penangkaran. Salah satu jenis burung merak langka yang menjadi tontonan meskipun tanpa warna yang berani.

f. Dimana Merak Putih Ditemukan?

Burung ini tidak dapat ditemukan di alam liar. Tetapi mereka sebenarnya dapat beradaptasi untuk hidup di daerah budidaya dan di luar habitat manusia selama air tersedia. Selain itu, Anda juga mungkin bisa melihatnya di peternakan atau kebun binatang terdekat.

Bercak bercak putih akan membuat burung ini lebih terlihat oleh predator di alam liar. Burung merak sebenarnya memiliki habitat di dalam hutan tetapi sekarang sudah hampir punah. Inilah mengapa Anda hanya bisa melihatnya di suaka margasatwa atau cagar alam. Merak putih di India biasanya dilindungi oleh praktik keagamaan dan akan mencari makan di sekitar desa dan kota untuk mencari sisa-sisa makanan.

Apakah Merak Putih Langka? Ya, Merak putih merupakan bentuk langka dari spesies yang terkenal yaitu burung merak biru.

g. Harga Burung Merak Putih

Menurut purelypoultry.com; harga sepasang burung merak putih adalah $1,500.00 atau sekitar 21.000.000 (dua puluh satu juta rupiah).

error: