Burung dengan Migrasi Terjauh di Dunia

daftarhewan.com. Hari Burung Migrasi Sedunia (World Migratory Bird Day) yang diadakan setiap tahun pada tanggal 10 Oktober bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang migrasi burung dan cara-cara pelestariannya. Beberapa migrasi burung yang benar-benar spektakuler di seluruh dunia.

Kita tahu bahwa banyak spesies burung melakukan migrasi jarak jauh yang menakjubkan, tetapi untuk beberapa spesies, jarak tempuh yang mereka tempuh setiap tahun sangat mengejutkan.

Faktanya, pemegang rekor terbang setara dengan tiga perjalanan ke bulan dan kembali selama rentang hidupnya. Dara-laut arktik (Arctic tern) adalah pemecah rekor nyata dan memiliki jarak migrasi terpanjang sejauh ini dalam kerajaan hewan, mencakup kurang lebih 44.000 mil (70.000 km) dari kutub ke kutub setiap tahunnya.

Burung migrasi terjauh

Berikut ini adalah beberapa jenis burung dengan migrasi terjauh, serta spesies lainnya yang melakukan penerbangan nonstop terpanjang di dunia.

1. Dara-laut arktik (Arctic tern) – 44.000 mil (70.000 km)

apa itu migrasi burung, apa saja burung migrasi, apa burung migrasi, apa makanan burung migrasi, bagaimana mekanisme migrasi pada burung, bagaimana fase migrasi pada burung, berapa jenis burung migrasi, migrasi burung adalah, jelaskan cara migrasi burung, musim migrasi burung, apa yang dimaksud dengan migrasi burung, penyebab migrasi burung, kenapa burung migrasi, sebab burung migrasi

Burung Dara-laut arktik (Arctic tern)

Pemegang rekor burung migrasi terjauh. Pada tahun 2010, para peneliti menemukan bahwa burung laut Kutub Utara ini melakukan perjalanan dua kali lipat jarak yang diperkirakan sebelumnya, dengan rata-rata perjalanan 44.000 mil (70.000 km) per tahun.

Baca Juga:   Apa Saja Makanan Burung Puyuh agar Sehat?

Itu menjadikannya migrasi terpanjang dari burung mana pun di dunia. Dara-laut arktik (Arctic tern) melakukan perjalanan dari Greenland di utara Kutub Utara sampai ke Laut Weddell di Antartika di kutub Selatan. Migrasi burung dari kutub utara ke kutub selatan ini berpindah dari tempat berkembang biak dan membesarkan anaknya ke tempat mencari makan. Menakjubkan bukan?!

Dara-laut arktik (Arctic tern) dapat hidup hingga 30 tahun dan jika jarak yang dilalui selama masa hidupnya bertambah, itu setara dengan perjalanan pulang pergi ke bulan. Bukan hanya sekali tetapi tiga kali!

2. Burung Sooty shearwater – 40.000 mil (64.000 km)

 contoh burung migrasi, ciri ciri burung migrasi, foto burung migrasi, fungsi burung migrasi, gambar burung migrasi, migrasi burung hari ini, migrasi hewan burung, jenis burung migrasi, nama burung migrasi, penyebab burung migrasi, burung yang suka migrasi, burung migrasi terbang, migrasi burung terbesar, tujuan burung migrasi

Burung Sooty shearwater – via : allaboutbirds.org

Burung Sooty shearwater (Shearwater jelaga) menempuh jarak yang luar biasa setiap tahun, kurang lebih sejauh 40.000 mil (64.000 km) mereka menempuh rute melingkar dari koloni pembiakan mereka di Kepulauan Falkland pada musim semi ke perairan Arktik untuk memberi makan anak-anaknya sepanjang musim panas, dan kembali ke tempat berkembang biak di musim gugur. Burung-burung ini tidak bermigrasi dengan koloni tetapi secara individu atau sendiri-sendiri.

3. Burung shearwater berekor pendek (Short-tailed Shearwater – 27,000 mil (43.000 km)

Burung air laut lain yang memiliki ketertarikan untuk bepergian dan bermigrasi adalah burung shearwater berekor pendek, meskipun ia tidak melakukan perjalanan sejauh burung Sooty shearwater.

Shearwater berekor pendek melakukan perjalanan ke Pasifik setiap tahun, berpindah dari tempat berkembang biak di Australia pada musim dingin austral ke Kepulauan Aleutian dan Kamchatka di ujung utara, kemudian melakukan perjalanan kembali ke pantai barat Amerika Utara sebelum menyeberang ke Australia untuk memulai musim kawin berikutnya. Lingkaran Pasifik tersebut sama dengan terbang sekitar 27.000 mil setiap tahun!

Baca Juga:   Jenis Ayam Pheasant, Gambar dan Harganya

4. Burung penyanyi dari utara (Northern Wheatear) – 18,000 mil (28.900 km)

burung cendet migrasi, burung kicau yang bermigrasi, apa itu migrasi burung, apa itu burung migran, apa saja burung migrasi, bagaimana migrasi burung, kenapa burung migrasi, berapa jenis burung migrasi, jenis jenis burung migrasi, jenis burung migrasi,sebab burung migrasi , nama burung migrasi, nama lain burung migrasi, mengapa burung melakukan migrasi

Burung migrasi yang bersuara merdu ini mempunyai berat badan kira-kira seukuran dua sendok garam, melakukan perjalanan melintasi 9.000 mil lautan terbuka, dataran es, dan gurun untuk berpindah di antara tempat berkembang biak dan tempat musim dingin, melakukan migrasi tahunan sejauh 18.000 mil.

Spesies ini menghabiskan musim semi di utara, mulai dari Asia bagian utara, Asia tengah hingga Eropa, Greenland, Alaska, dan bahkan sebagian Kanada. Ia kemudian melakukan perjalanan ke Afrika Sub-Sahara ketika musim dingin.

Bayangkan saja burung kecil ini melintasi lautan terbuka! Ini adalah migrasi burung penyanyi atau burung kicau terlama yang diketahui.

5. Burung Kedidi dada coret (Pectoral Sandpiper) – 18,000 mil (28.900 km)

migrasi burung adalah, burung migrasi asli, burung migrasi pertanda apa, contoh migrasi burung, musim migrasi burung, jalur migrasi burung melalui indonesia, jelaskan migrasi burung, migrasi burung ke indonesia, burung kicau migrasi ke indonesia, migrasi burung merupakan jenis adaptasi, proses migrasi pada burung, migrasi-besar-para-burung, migrasi burung tanjung tuan, burung migrasi terbang, migrasi tentang burung burung yang migrasi ke indonesia

Bagi sebagian dari kita, sulit membayangkan mengendarai mobil sejauh 18.000 mil dalam satu tahun. Jadi bayangkan terbang sejauh itu rata-rata setiap tahunnya.

Burung Pectoral Sandpiper melakukan perjalanan dari tempat berkembang biak di tundra di timur laut Asia atau Alaska dan Kanada tengah, sampai ke tempat musim dingin di Amerika Selatan, dengan beberapa keturunannya di Asia, pergi sejauh Australia dan bahkan Selandia Baru.

6. Burung Pied Wheatear (Oenanthe pleschanka) – 11.000 mil (17.700 km)

burung migrasi asli, contoh migrasi burung, hari migrasi burung sedunia, burung kicau migrasi ke indonesia, burung kicau migrasi, proses migrasi pada burung, burung migrasi terbang, migrasi tentang burung, tujuan migrasi burung

Anda tidak harus berukuran besar untuk bepergian jauh, seperti yang dibuktikan oleh Burung Pied Wheatear ini. Burung pemakan serangga kecil ini melakukan perjalanan dari ujung tenggara Eropa ke Cina, menghabiskan musim dingin di India dan Afrika timur laut.

Baca Juga:   12 Burung Terbesar di Dunia yang Masih Hidup Saat Ini

Pindah dari tempat berkembang biak ke tempat musim dingin dan kembali pulang, berarti satu burung dapat melakukan perjalanan lebih dari 11.000 mil (17.700 km) dalam setahun.

7. Burung laut ekor blorok (Bar-tailed Godwit) – Penerbangan nonstop (tanpa henti) terjauh yang pernah tercatat

tentang burung godwit, burung godwit terbang, migrasi burung godwit, arti burung godwit, burung warbler, burung tengkruak

Banyak spesies burung menempuh jarak yang menakjubkan selama satu musim, tetapi bagaimana dengan hanya satu penerbangan? Penerbangan nonstop terpanjang tanpa henti untuk seekor burung yang pernah tercatat diambil oleh Burung Biru laut ekor blorok (Bar-tailed Godwit) ketika bermigrasi.

Burung ini terbang 7145 mil (11.498 km) dari Alaska ke Selandia Baru dalam sembilan hari, tanpa pernah berhenti untuk makan, minum atau beristirahat.

Bicara tentang daya tahan! Spesies tersebut melakukan migrasi tahunan dari Alaska ke Selandia Baru dan kembali lagi, para peneliti pun baru-baru ini mengetahui bahwa mereka dapat melakukan penerbangan sejauh itu tanpa berhenti. Seperti itulah rute migrasi mereka menurut penandaan satelit oleh para peneliti. Keren bukan?!

8. Penguin Adélie (600 km)

apa itu migrasi burung, apa saja burung migrasi, apa burung migrasi, apa makanan burung migrasi, bagaimana mekanisme migrasi pada burung, bagaimana fase migrasi pada burung, berapa jenis burung migrasi, jelaskan cara migrasi burung, musim migrasi burung, apa yang dimaksud dengan migrasi burung, penyebab migrasi burung, kenapa burung migrasi, sebab burung migrasi

Salah satu burung yang tidak bisa terbang ini bermigrasi setelah berkembang biak dan tidak kembali ke koloni mereka sampai musim semi berikutnya.

Sedikit yang diketahui tentang distribusi spesies ini. Hanya ada beberapa catatan Penguin Adelie selama musim dingin Antartika. Penelitian terbaru menggunakan telemetri satelit menunjukkan bahwa Penguin Adelie bergerak dan berenang dari Laut Ross pada musim gugur dan bermigrasi sekitar 600 km di utara benua Antartika.

Penguin Adélie diduga melakukan perjalanan lebih jauh ke utara daripada penguin dewasa. Pengembaraan mereka telah tercatat sejauh utara sampai Georgia Selatan, Kepulauan Falkland, Kerguelen, Pulau Macquarie, Tasmania, Pulau Heard, dan Pulau Selatan di Selandia Baru. Trek perjalanan terpanjang mereka tercatat sekitar 10.900 mil (17.600 kilometer).

error: