Burung Nasar: Burung Pemakan Bangkai

daftarhewan.com. Nama lain burung pemakan bangkai yaitu burung Nasar atau burung hering dan dalam Bahasa Inggris disebut Vulture.

burung nazar, seperti burung nasar, burung nasar, seperti burung nasar, burung nazar terbesar, burung nasar adalah, apa yang dimaksud burung nasar, burung nasar

Burung Nasar – unsplash.com/@unuklako

Burung Pemakan Bangkai

Burung Nasar mungkin bukan burung tercantik: mereka sering dicaci maki karena penampilannya, dan memiliki reputasi yang sama sekali tidak berdasar sebagai burung yang menjijikkan dan bahkan naturalis Charles Darwin menggambarkannya sebagai “menjijikkan”. Burung pemulung ini melakukan pekerjaan kotor membersihkan mayat dan membantu serta bermanfaat menjaga ekosistem tetap sehat dan mencegah penyebaran penyakit.

a. Di mana Kamu Bisa Menemukan Burung Nasar?

Dengan pengecualian Australia dan Antartika, 23 spesies burung nasar ditemukan di seluruh dunia dan diklasifikasikan menjadi dua kelompok: Burung Nasar Dunia Lama dan Burung Nasar Dunia Baru. Meskipun semua spesies serupa, kedua kelompok ini sebenarnya tidak terlalu terkait erat dan kesamaan dalam penampilan atau morfologi mereka adalah contoh evolusi konvergen.

Tujuh spesies burung nasar membentuk burung nasar Dunia Baru yang ditemukan di seluruh Amerika. Burung nasar Dunia Lama yang ditemukan di Afrika, Asia dan Eropa terdiri dari 16 spesies berbeda dan berkerabat dekat dengan elang, burung layang-layang, dan rajawali.

Baca Juga:   8 Warna Lovebird Paling Mahal Saat Ini

b. Apa Makanan Burung Nasar?

Burung nasar adalah pemakan bangkai khusus yang memakan bangkai hewan mati dan sangat cocok untuk ini. Mereka semua memiliki lebar sayap yang besar, yang memungkinkan mereka untuk terbang dengan sedikit usaha saat mereka mencari makanan di bawah ini dengan menggunakan beberapa penglihatan terbaik di kerajaan hewan dan mampu melihat bangkai beberapa kilometer jauhnya.

c. Apa Burung Nasar Berbahaya?

Burung nasar pemakan bangkai tidak berbahaya, terlepas dari peran mengerikan yang mereka mainkan dalam cerita dan mitos. Mereka kebanyakan makan hewan yang mati dan tidak memiliki insentif untuk menyerang manusia. Faktanya, burung nasar bermanfaat bagi manusia karena mereka sangat efisien dalam membuang kotoran dan bangkai dari kota, desa, dan jalanan.

Manfaat Burung Nasar

burung pemakan bangkai afrika, burung pemakan bangkai, gambar burung pemakan bangkai, nama burung pemakan bangkai, nama burung pemakan bangkai afrika, jenis burung pemakan bangkai, apa yang dimaksud burung pemakan bangkai, apa arti burung pemakan bangkai

a. Pembuangan Sampah Alami

Burung nasar adalah salah satu pendaur ulang limbah terbesar di alam. Karena alasan ini, mereka bermanfaat bagi lingkungan dan manusia. Burung nasar sering ditemukan di dekat kota karena orang menghasilkan aliran makanan yang signifikan dan dapat diandalkan.

Sampah, roadkill (hewan yang mati karena tertabrak), dan pemeliharaan hewan semuanya memberikan banyak peluang makan bagi burung nasar. Tanpa burung pemakan bangkai, jalanan akan dipenuhi dengan hewan mati di jalan. Masyarakat dan ekosistem alami akan menderita karena ketidakhadiran mereka karena kotoran alami akan menumpuk.

Baca Juga:   65 Nama Burung yang Bagus untuk Peliharaan Anda

Preferensi makanan mereka mungkin membuat Anda jijik, tetapi burung nasar adalah spesialis daur ulang terbaik di alam. Burung nasar memakan daging hewan yang mati karena penyakit seperti antraks dan rabies, sehingga menghilangkan sumber patogen mematikan yang dapat menular ke manusia.

Burung nasar membersihkan jalan, hutan, dan ladang sisa hewan. Penglihatan yang luar biasa umum dimiliki semua burung nasar. Beberapa juga memiliki indra penciuman yang tajam, tetapi yang lain memiliki indra penciuman yang kurang tajam.

Karakteristik Burung Nasar

Burung nasar Dunia Baru, asli Amerika, dan burung nasar Dunia Lama, asli Asia, Afrika, dan Eropa, sama sekali bukan kerabat dekat, tetapi mereka sangat mirip. Anggota kedua kelompok ini berukuran besar, dengan bentang sayap lebar dan kepala serta leher botak sehingga pada saat mereka makan, cairan dari daging yang membusuk tidak mengotori bulu mereka.

Burung nasar melepaskan panas dari kepalanya untuk menjaga suhu tubuh yang stabil. Tapi burung nasar Dunia Lama terkait dengan burung pemangsa seperti elang dan burung nasar Dunia Baru adalah kerabat dari bangau. Adaptasi yang terjadi secara terpisah di kedua kelompok, yang disebut evolusi konvergen, menjelaskan kesamaan fitur yang mereka miliki.

Baca Juga:   15 Manfaat Burung Bagi Manusia dan Lingkungan

a. Burung Nasar Dunia Baru

Di antara tujuh spesies burung nasar Dunia Baru, beberapa memiliki indra penciuman yang sangat sensitif sehingga mereka dapat mencium bau bangkai hewan dari jarak lebih dari satu mil.

Misalnya, burung bangkai kalkun, juga dikenal sebagai buzzard, dapat mengasah hewan pengerat yang membusuk di bawah tumpukan daun.

b. Burung Nasar Dunia Lama

Di banyak negara dengan populasi besar tetapi sistem sanitasi publik yang buruk, burung nasar memainkan peran yang sangat diperlukan dalam menjaga lingkungan bebas dari hewan yang mati serta bakteri dan serangga pembawa penyakit yang dengan cepat berkembang biak pada mereka.

Semua 16 spesies burung hering Dunia Lama yang hidup di seluruh Asia, Afrika, dan Eropa memiliki indra penciuman yang buruk, sehingga mereka sepenuhnya mengandalkan penglihatan untuk mencari makanan.

Selama ribuan tahun, hubungan antara burung nasar dan manusia telah bekerja untuk keuntungan bersama. Burung nasar yang hidup di sekitar daerah padat penduduk mendapatkan banyak makanan, dan orang tidak perlu membuang sisa-sisa hewan yang mati secara alami atau telah disembelih untuk diambil dagingnya.

error: