12 Burung Terbesar di Dunia yang Masih Hidup Saat Ini

daftarhewan.com. Burung terbesar di dunia. Semua burung yang ada di dunia ini memiliki sayap yang bisa digunakan untuk terbang di udara, namun ada juga yang memiliki sayap namun tidak bisa digunakan untuk terbang.

Baik itu burung yang berukuran kecil sampai dengan burung yang mempunyai ukuran yang besar, bisa membuat Anda merasa kagum akan keindahan dari mereka. Dengan kelebihan yang dimiliki baik dari warna, suara atau kicauannya, bahkan ukurannya.

Burung Terbesar di Dunia yang Masih Hidup

Tidak jarang ada jenis burung yang memukau akan ukuran bentuk tubuhnya yang besar, bahkan ada yang melebihi manusia sekalipun, berikut burung terbesar di dunia saat ini :

1. Burung Unta

burung terbesar di dunia, burung terbesar yang masih hidup tts, burung terbesar di dunia saat ini, burung terbesar di dunia yang masih hidup, burung terbesar saat ini, burung terbesar di bumi, burung terbesar afrika, burung terbesar yang ada di dunia, burung terbesar dunia

Burung paling berat di dunia dipegang oleh burung unta yang beratnya bisa mencapi hingga 150 kilogram dengan tinggi bisa mencapi 180 cm. Burung ini berasal dari Afrika dan menjadi burung yang tercepat namun tidak bisa terbang.

jenis burung berbadan besar ini memiliki dua jari di kakinya, namun bisa berlari dengan kecepatan mencapai 70 km/jam Burung unta sekilas mirip dengan burung emu, hanya saja ukurannya bisa mencapai tiga kali lipat dari burung emu. Burung unta untuk makannya cenderung memakan tumbuhan, namun kadang ada serangga juga yang dimakan oleh burung unta ini.

Burung unta ini memiliki bulu yang berbeda antara yang jantan dan betina. Burung unta jantan mempunyai bulu berwarna hitam dan di bagian sayap terdapat bulu putih, sedangkan burung unta betina mempunyai bulu warna cokelat gelap.

2. Burung Kasuari Gelambir Ganda

burung terbesar di dunia, burung terbesar di indonesia yang berasal dari papua yaitu burung, burung terbesar saat ini, burung terbesar di irian jaya, fakta burung terbesar di dunia, gambar burung terbesar burung kasuari terbesar, wallpaper burung terbesar, burung terbesar yg masih hidup, burung yang terbesar di dunia, burung yang terbesar, 10 burung terbesar di dunia, 4 jenis burung terbesar di dunia, 5 burung terbesar

Burung kasuari gelambir ganda hidup di hutan hujan tropis yang berada di Indonesia dan Australia. Burung ini merupakan salah satu satwa khas yang berasal dari Papua yang bisa Anda temukan di kawasan hutan Papua. Burung ini juga bisa Anda temukan di Maluku dan Australia  bagian Timur Laut.

Kasuari burung terbesar di dunia ini mempunyai sepasang kaki yang kuat dan kokoh dengan ruas jari depan berjumlah tiga dengan kuku yang panjang. Burung ini dinobatkan menjadi burung terbesar kedua yang ada di dunia.

Burung yang mempunyai warna dominan hitam ini mempunyai tinggi 153 cm dengan berat 75 sampai dengan 80 kilogram. Burung ini tidak bisa terbang karena memiliki sayap yang tumbuh tidak sempurna, namun bisa berlari dengan kecepatan bisa mencapai 48 km/jam.

Perbedaan burung kasuari jantan dan betina terletak pada bentuk tubuhnya dimana burung kasuari betina lebih besar dibandingkan dengan yang jantan dan warna bulunya lebih terang dan mempunyai gelambir yang lebih panjang. Burung ini bisa hidup sampai dengan 50 tahun.

3. Burung Emu

burung terbesar di australia tts, gambar burung terbesar, nama burung terbesar di dunia, burung burung terbesar di dunia, burung asli australia terbesar serta tak dapat terbang tts, burung asli australia terbesar tts, burung terbesar yg masih hidup

Burung emu ini berasal dari Australia dan tercatat sebagai burung yang tidak bisa terbang. Tinggi burung emu ini bisa mencapai 180 cm, dengan berat mencapai 60 kilogram. Burung ini pada ujung kakinya mempunyai tiga jari dan kaki yang panjang dan dapat berlari dengan kecepatan mencapai 50 km/jam.

Burung emu adalah burung terbesar di Australia yang menjadi salah satu burung carnivora atau hewan pemakan daging. Burung ini bisa makan laba-laba atau kalajengking. Burung emu mempunyai bulu yang berwarna cokelat gelap, baik itu burung emu jantan atau yang betina.

Ciri fisiknya mempunyai mata yang lebar, leher yang panjang tanpa bulu, mempunyai kaki yang kuat yang bsia digunakan untuk berlari dengan cepat, cakar yang tajam dan mempunyai otot dada yang tidak berkembang. Sayapnya tidak bisa digunakan untuk terbang, melainkan untuk menarik pasangannya.

Baca Juga:   10 Jenis Burung Kecil di Dunia yang Lucu Menggemaskan

4. Penguin Kaisar

burung terbesar di dunia, burung terbesar di dunia saat ini, burung terbesar di dunia yang masih hidup, burung terbesar saat ini, burung terbesar adalah, burung air terbesar, burung terbesar yang ada di dunia fakta burung terbesar di dunia, gambar burung terbesar, nama burung terbesar di dunia, burung burung terbesar di dunia, burung asli australia terbesar serta tak dapat terbang tts, burung asli australia terbesar tts, burung terbesar yg masih hidup, burung yang terbesar di dunia

Jenis penguin emperor atau penguin kaisar ini merupakan penguin yang tertinggi dan terberat di antara para penguin yang ada di antartika. Tinggi mereka bisa mencapai 85 cm, dan dengan berat bisa mencapai 45 kilogram. Disamping berat badannya itu penguin ini dapat bepergian sampai sejauh 80 km dan bisa menyelam sampai dengan kedalaman 450 meter untuk mencari makanan.

Penguin burung terbesar di dunia ini termasuk jenis burung carnivora, mulai dari ikan, krill (sejenin udang) dan cumi-cumi. Penguin ini bisa menhabiskan makanan sampai dengan 6 kilogram perhari. Penguin ini mempunyai ciri bulu kepala, paruh dan punggung yang berwana hitam serta di bagian perut berwana putih.

5. Kalkun

apa burung terbesar di dunia, apa itu burung terbesar di dunia, burung apa yang terbesar di dunia, burung apakah yang terbesar di dunia, daftar burung terbesar di dunia, dimana burung

Kalkun peliharaan mungkin mungkin telah lama dijinakkan di Mesoamerika tengah setidaknya 2.000 tahun yang lalu. Nama Inggris, “turkey” adalah hasil dari kesalahan identifikasi awal burung dengan spesies yang tidak terkait yang diimpor ke Eropa melalui negara Turki. Mereka bisa tumbuh hingga 39 kg.

6. Burung Greater Rhea

burung terbesar di bumi, burung terbesar adalah, burung terbesar dunia, fakta burung terbesar di dunia, gambar burung terbesar, jenis burung terbesar

Salah satu Burung terbesar di dunia ini dapat hidup hingga mencapai panjang 0,4 sampai dengan 1,4 meter dan dengan berat 27 kilogram. Burung greater rhea ini tidak bisa terbang, walaupun sayapnya cukup besar dan sayapnya akan membentang ketika berlari yang gunanya untuk menyeimbangankan gerak tubuh mereka yang terbilang cukup besar.

Burung ini termasuk omnivora yang pada umumnya memakan daun pehononan, memakan biji, akar buah, serangga dan yang lainnya.

Baca Juga:   Burung dengan Migrasi Terjauh di Dunia

7. Burung Kori Bustard

burung terbesar di dunia yang masih hidup, burung terbesar di dunia sepanjang sejarah, burung terbang terbesar di dunia, burung yang terbesar

Burung kori bustard ini mempunyai rekor burung terbang yang terberat di dunia dengan berat mencapai 20 kilogram. Burung ini walaupun bisa terbang mereka lebih senang tinggal di ti tanah, dan akan tebang jika saat dalam bahaya.

Burung yang berasal dari Afrika ini mempunyai panjang tubuh 1,2 meter dan rentangan sayapnya bisa mencapai 2,7 meter. Berat burung kori bustard jantan bisa dua kali lipat beratnya dari berat burung kori bustard betina.

8. Burung Kondor Andes

burung terbesar di dunia yang masih hidup, burung bangkai terbesar, burung terbesar yang bisa terbang, burung pemakan bangkai terbesar, burung terbesar di dunia yang bisa terbang, burung terbesar di dunia sepanjang sejarah, burung terbang terbesar di dunia, burung yang terbesar

Jika Anda ingin menemukan burung terbesar di dunia ini, Anda bisa menemukannya di kondor Andes di pegunungan Andes dan pesisir Amerika Selatan. Burung ini mempunyai tinggi mencapai 1,2 meter dengan berat 15 kilogram, rentang sayap dari burung ini maksimum bisa mencapai 3 meter. Dalam kondisi normal burung ini bisa hidup sampai dengan 75 tahun.

9. Burung Pelikan Dalmasia

burung air terbesar, burung air terbesar di dunia, burung ikan terbesar di dunia

Burung pelikan dalmansia merupakan salah satu burung yang tercatat sebagai burung terbang yang terberat di dunia. Burung ini berasal dari Eropa dan Asia Selatan yang bisa mencapai tinggi sampai dengan 1,8 meter. Pelikan dalmansia ini mempunyai berat mencapai 12 sampai dengan 14 kilogram dengan rentangan sayap bisa mencapai 2,7 meter.

Baca Juga:   Bagaimana Cara Burung Berkembang Biak?

10. Burung Albatros Pasifik Utara

burung albatros terbesar, burung air terbesar, burung terbesar yang ada di dunia, burung ikan terbesar di dunia

Burung ini tidak memiliki tubuh yang terlalu tinggi, namun burung salah satu burung terbesar di dunia albatros pasifik ini mempunyai rentang sayang yang lebar, yaitu bisa mencapai 2,5 sampai dengan 3,3 meter. Di samudera pasifik terdapat 24 jenis jenis albartos dan burung yang terbesar memiliki berat sekitar 12 kg.

11. Burung Paruh Sepatu (Shoebill)

burung terbesar di dunia yang bisa terbang, burung ikan terbesar di dunia, burung predator terbesar di dunia

Burung paruh sepatu tingginya bisa mencapi 1,2 sampai 1,5 meter dengan lebar sayapnya bisa mencapai 2,4 meter. Burung ini mempunyai warna bulu abu-abu dengan paruhnya yang besar. Burung ini sekilas mirip dengan burung pelikan dilihat dari paruhnya yang sama-sama besar.

12. Angsa Putih

daftar burung terbesar di dunia, burung air terbesar, burung terbesar yang ada di dunia, burung terbesar yang bisa terbang, apa burung terbesar di dunia, apa itu burung terbesar di dunia, burung apa yang terbesar di dunia, burung apakah yang terbesar di dunia, daftar burung yang terbesar di dunia

Angsa putih ini tersebar di wilayah Eropa yang bertahan hidup dengan makan vegetasi air, serangga dan juga ikan-ikan kecil. Panjang angsa putih ini bisa mencapai 1,5 meter dengan berat bisa mencapai 12 sampai 13 kg, jika sayap angsa putih direntangkan panjangnya bisa mencapai 1,8 meter.

Baca Juga:   Jenis Burung yang Dilindungi Beserta Gambarnya

Itu dia burung terbesar di dunia semoga bisa menambah wawasan bagi Anda mengenai hewan burung yang mempunyai tubuh yang besar.

error: