10 Burung Tercepat di Dunia

Posted on

daftarhewan.com. Burung tercepat di dunia? Apa iya hanya manusia saja yang dapat memecahkan sebuah rekor? Rupanya tidak, ya. Seekor burung juga dapat mencatat namanya dalam daftar rekor.

Burung Apa yang Terbang Tercepat di Dunia?

Seperti burung-burung berikut, mereka mencatatkan rekor untuk beberapa tindakan terbang yang menakjubkan.

Dimulai dari burung yang tercepat, melakukan migrasi paling jauh, burung yang lakukan penerbangan paling panjang non-stop, burung yang terbang tertinggi, burung dengan kekuatan menyelam dan sebagainya.

1. Alap-alap Kawah (Peregrine Falcon)

burung tercepat, burung tercepat di dunia, burung tercepat di dunia adalah, burung dengan kepakan sayap tercepat, burung tercepat di udara, burung yang tercepat, burung terbang tercepat di dunia, jenis burung tercepat, alap alap burung tercepat
Alap-alap Kawah (Peregrine Falcon) – via : pinterest.com

Burung pertama, Peregrine Falcon atau Alap-alap kawah sudah menggenggam piala yang paling cepat di kelas menukik, dia memiliki kecepatan yang mengagumkan pada kondisi terbang kebawah, Kecepatan burung falcon ini 242 mph.

2. Elang Emas (Golden Eagle)

foto elang terbesar di dunia, gambar elang terbesar, burung elang yang terbesar di dunia, elang terbesar di dunia ini, urutan elang terbesar di dunia, poto elang terbesar di dunia, elang terbesar yang pernah ada, elang perampas terbesar, jenis burung elang terbesar didunia

Sementara tempat ke-2 ditempati oleh Elang Emas (Golden Eagle) kecepatan terbang menukiknya mencapai 200 mph. Tetapi di dalam perihal ini gravitasi pasti menolong ke-2 burung ini mencapai kecepatan itu. Baca Juga : Burung Elang Terbesar

Lantas bagaimana dengan burung-burung paling cepat saat terbang secara horizontal ?

Baca Juga:   12 Jenis Ayam Pheasant, Gambar dan Harganya

3. Burung Grey-Headed Albatross

burung tercepat di dunia adalah, burung dengan kecepatan tertinggi
Albatros kepala-abu-abu (Grey-headed albatross)

Jadi Penerbang Horizontal Paling Cepat

Berbicara masalah burung yang terbang tercepat, kita akan sedikit kesusahan untuk memutuskannya. Beberapa hal yang menjadi faktor. Baik itu kecepatan anginnya, cuaca saat sang burung itu terbang, bagaimana kecepatannya diukur, dan lain-lain.

Tetapi Guinness World Records telah memutuskan jika Albatros kepala-abu-abu (Grey-headed albatross) jadi burung penerbang paling cepat dengan arah horizontal. Ia dapat terbang pada 78,9 mph lebih dari 8 jam lamanya, saat dia pulang ke sarang pada kondisi badai. Kandidat lain untuk kelompok ini yakni burung elang emas (80 mph) dan burung Kapinis-jarum asia (White-throated needletail) – 105 mph.

4. Burung Great Snipe

burung yang paling lama terbang

Jadi Penerbang Terlama

Di tahun 2011, sebuah informasi menyampaikan kabar jika burung jenis ini menaklukkan burung melakukan migrasi lain untuk kelompok perjalanan udara nonstop dalam jarak yang jauh. Peneliti memperhatikan jika Great Snipe terbang dari Swedia ke sub-Sahara di Afrika.

Jaraknya menggapai 4,200 mil, dengan kecepatan rerata 60 mph, dan tanpa selang atau rehat sama sekali. Pantas saja burung ini menaikan berat tubuh mereka saat sebelum melakukan migrasi.

5. Burung Arctic Tern

apa itu migrasi burung, apa saja burung migrasi, apa burung migrasi, apa makanan burung migrasi, bagaimana mekanisme migrasi pada burung, bagaimana fase migrasi pada burung, berapa jenis burung migrasi, migrasi burung adalah, jelaskan cara migrasi burung, musim migrasi burung, apa yang dimaksud dengan migrasi burung, penyebab migrasi burung, kenapa burung migrasi, sebab burung migrasi
Burung Dara-laut arktik (Arctic tern)

Burung Dengan Migrasi Terjauh Setiap Tahunnya

Burung unik khas kutub ini memanglah tidak mempunyai kecepatan terbang yang serupa dengan Great Snipe, tetapi ia ialah juara untuk kelompok burung yang melakukan migrasi paling jauh setiap tahunnya.

Baca Juga:   10 Gambar Burung Kakak Tua Peliharaan

Burung yang bersarang di Greenland ini terbang rerata sejauh 44,300 mil ke lautan Weddell di Antartica. Sementara yang bersarang di Netherlands rerata 55,900 mil. Ukuran ini menjadi migrasi terjauh di di dunia hewan. Baca Juga : Tentang Migrasi Burung.

6. Burung Bar-Tailed Godwit

burung yang terbang tanpa henti, burung yang terbang non stop

Jadi Penerbang Paling Panjang yang Non-Stop

Ilmuwan memperhatikan jika burung Bar-Tailed Godwit (Biru-laut ekor-blorok) ini terbang dari Alaska menuju New Zealand. Mereka mengerjakan perjalanan panjang sepanjang 7,145 mil itu sepanjang 9 hari.

Kerennya, sebagian dari mereka tak pernah berhenti. Baik mampir untuk makan, minum atau sekedar istirahat. Beberapa sempat berhenti di daerah pantai timur Asia. Habitat mereka telah turun karena ulah manusia.

7. Burung Alpine Swift

binatangnya jarang tidur, hewan yang tak pernah tidur, hewan yang jarang tidur, binatang yang tidak tidur, hewan yang tidak pernah tidur, hewan yang tidak tidur, binatang susah tidur

Burung Walet yang ini menghabiskan waktu sepanjang 200 hari setahun di atas udara. Persisnya saat mereka bermigrasi dari Swiss ke Afrika Barat, selanjutnya kembali lagi.

Beberapa peneliti memang sengaja menempatkan tag khusus pada 6 burung untuk menegaskan kecepatan terbang mereka dan mempelajari apa mereka mengepakkan sayap atau meluncur begitu saja sepanjang migrasi berlangsung. Waktu ‘istirahat’ mereka cuma saat bertelur di Swiss. Karena cadangannya telah penuh, maka mereka makan-minum-tidur disaat terbang saja.

8. Burung Ruppell’s Griffon Vulture

burung terbang paling tinggi, burung yang terbang paling tinggi, kenapa burung terbang tinggi, burung terbang terbesar, mengapa burung terbang tinggi, burung terbang paling tinggi di dunia, burung apa yang terbang paling tinggi, burung apa terbang paling tinggi
Burung Ruppell’s Griffon Vulture

Burung yang Terbang Tertinggi

Burung jenis ini dapat capai ketinggian 37,000 kaki atau sekitaran 11,300 meter. Ukuran tersebut adalah tinggi rata-rata dari sebuah pesawat komersial pada saat mereka melakukan perjalanan udara.

Baca Juga:   Mengobati Burung Merpati yang Muntah

Bahkan juga pada ketinggian itu, manusia dapat meninggal karena di sana tidak ada oksigen. Tetapi burung ini sanggup mengahadapinya karena mereka mempunyai tipe hemoglobin khusus. Karena keunggulan itu, mereka dapat memakai oksigen lebih efisien.

9. Burung Ruby-Throated Hummingbird

Burung dengan Kepakan Sayap Tercepat
Kolibri berleher rubi (Ruby-throated hummingbird)

Burung dengan Kepakan Sayap Tercepat

Jenis Hummingbirds atau Kolibri memang populer untuk kategori ini. Tetapi ada hummingbird khusus di kelas ini, yakni burung Kolibri berleher rubi (Ruby-throated hummingbird). Mereka mempunyai rata-rata 55 wing beats setiap detiknya.

Wing beat ialah transisi sempurna dari gerak sayap satu ekor burung saat mereka terbang. Bahkan juga saat musim kawin datang, burung jantan akan perlihatkan kemampuannya dan terbang dengan bermanuver, termasuk dengan tindakan menyelam. Bila sang betinanya bertengger, dia bakal kembali dan terbang ke arahnya dengan wing beat mencapai 200 kepakan per detik. Luar biasa!

10. Burung Murre paruh tebal (Thick-Billed Murre)

burung nyelam, burung mencari ikan di laut, burung laut berenang mencari ikan, burung di laut, burung yang bisa menyelam dalam air, burung yang bisa berenang, burung bisa berenang, burung yang berenang,burung yang pandai berenang ,jenis burung pandai berenang burung yang berenang di air, gambar burung berenang
Burung Murre paruh tebal (Thick-Billed Murre) – via : allaboutbirds.org

Burung Penyelaman Terdalam

Burung dapat tenggelam? ya, satu diantaranya burung Murre paruh tebal ini. Nama lain dari burung ini yakni Brünnich’s guillemot. Nah satu ekor burung didapati menyelam sedalam 690 kaki atau sekitaran 210,5 meter. Mereka dapat mengerjakan penyelaman sepanjang 20 kali berturutan, dan hanya menghabiskan minimal satu menit untuk istirahat ke permukaan.

Nah, bagaimana dengan rekor menakjubkan mereka? Mantap, Bukan?

One thought on “10 Burung Tercepat di Dunia

Comments are closed.