8 Burung Peliharaan yang Bisa Dilatih

daftarhewan.com. Pertunjukkan burung-burung cerdas yang dapat berhitung, bernyanyi, menirukan suara, atau memasukkan bola ke dalam keranjang, barangkali terlihat menyenangkan. Namun, akan lebih menantang, jika Anda terlibat dalam proses latihannya, bukan?

Lagipula, tidak sulit untuk menemukan spesies burung yang dapat dilatih. Secara natural, burung-burung tertentu memiliki potensi untuk nurut, menyelesaikan puzzle, melakukan beragam trik, atau meniru suara manusia.

Di antara mereka, bahkan cukup menikmati sesi-sesi latihan dan cepat belajar. Burung-burung brilian ini sangat cocok bagi para pelatih baru, yang ingin menjajal pengalaman. Siap mencoba?

Jenis Burung Cerdas yang Bisa Anda Latih

Berikut ini 8 burung cerdas yang dapat menjadi pilihan bagi Anda:

1. Burung Nuri Abu-abu Afrika (African Grey)

burung yang dilatih, burung yang bisa dilatih, burung yang bisa dilatih ff, jenis burung yang dapat dilatih, jenis burung yang bisa dilatih, burung mudah dilatih, burung yang dapat dilatih

Panjang: 33 cm

Berat: 500 gram.

Karakteristik Fisik: Bulu tubuh menampilkan variasi warna abu-abu; bulu ekor berwarna merah.

Deskripsi: Terbilang langka, African Grey Parrot atau Congo Grey Parrot merupakan spesies tunggal dari wilayah ekuator di Afrika Tengah. Burung kuno ini kerap disebut-sebut sebagai burung paling cerdas di muka bumi.

Dan, anggapan tersebut tidak terlontar tanpa bukti. Burung paruh bengkok warna abu-abu ini telah mengejutkan banyak pihak, mulai dari pehobi paruh bengkok hingga para ilmuwan, atas ingatan mereka yang luar biasa dan kapasitas emosi yang mendalam.

Implikasinya, jika hendak mengadopsi African Grey Parrot, Anda harus meluangkan waktu yang cukup untuk berinteraksi dengan mereka setiap hari. Anda juga perlu bersiap untuk komitmen jangka panjang, karena African Grey Parrot dapat hidup hingga usia 50-80 tahun.

Baca Juga:   Burung Falk, Si Parkit Australia yang Cantik dan Jinak

2. Burung Macaw

jenis2 burung macaw, burung macaw asli indonesia, jenis burung macaw dan gambar, jenis burung macaw dan gambarnya, daftar jenis burung macaw, jenis dan nama burung macaw, jenis jenis burung macaw dan harganya

Burung Green wing Macaw – via : birdtamers.com

Panjang: 81 cm; bulu ekor meliputi setengah dari total panjang tubuh.

Berat: 1 kg

Karakteristik Fisik: Warna bulu merah tua, biru muda, kuning; bulu sayap-ekor warna biru tua, merah tua, emas, kadang hijau; kulit di sekitar mata berwarna putih.

Deskripsi: Di antara jenis burung paruh bengkok, Burung Macaw yang berasal dari hutan hujan di Amerika Selatan terbilang paling populer dan digandrungi di Indonesia. Makaw merupakan burung paruh bengkok terbesar dan memiliki warna-warni yang kontras dan indah.

Lebih dari itu, Makaw juga kerap menampilkan perilaku yang menghibur, penyayang, dan dapat menjalin ikatan persahabatan yang erat dengan pemiliknya.

Namun, Anda perlu dedikasi maksimal, jika hendak mengadopsi mereka. Selain karena harga burung macaw yang fantastis, burung Makaw membutuhkan area yang luas untuk terbang. Makaw juga menuntut komitmen jangka panjang, karena dengan perawatan optimal, usia mereka dapat mencapai 100 tahun.

3. Burung Kakatua

hewan umur tertua di dunia, umur hewan tertua, hewan dengan umur terpanjang di dunia, hewan yang umurnya panjang, hewan yang umur nya panjang

Panjang: 46 cm.

Berat: 400-800 gram.

Karakteristik Fisik: Sebagian besar bulu tubuh berwarna putih; beberapa bulu kuning di bagian bawah sayap; warna mata kemerahan pada betina dan variasi coklat hingga hitam pada jantan.

Deskripsi: Burung paruh bengkok asal Australia ini merupakan makhluk dengan karakter penyayang, manis, dan sangat cerdas. Kakatua dapat menjalin ikatan yang kuat dengan pemiliknya, sehingga bisa jadi mereka akan mengalami depresi saat diabaikan.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Jika dapat meluangkan waktu dan mencurahkan perhatian yang cukup, Anda akan mendapati teman yang mengesankan dan cepat belajar.

Baca Juga:   Ayam Pegar: Klasifikasi, Karakteristik, dan Penjelasan Lainnya

4. Beo Amazon (Amazon parrot)

burung mudah dilatih, burung yang dapat dilatih, burung yang bisa dilatih bicara, burung yang mudah dilatih, burung peliharaan yang bisa dilatih

Panjang: 33-38 cm.

Berat: 200-700 gram.

Karakteristik Fisik: Bulu tubuh berwarna hijau; ada lebih dari 15 subspesies Amazon Parrot, dengan warna kepala yang berbeda.

Deskripsi: Tampil menawan dengan perilaku yang menghibur, Amazon Parrot mendapat apresiasi dari para ahli, sebagai pembicara terbaik. Burung paruh bengkok asal Amazon ini mampu mengembangkan banyak kosakata, dengan pengucapan yang relatif lebih jelas dari jenis paruh bengkok lainnya.

Selain itu, mereka juga penuh kasih sayang dan suka berinteraksi dengan manusia. Maka, Anda perlu mencurahkan banyak perhatian, agar Amazon Parrot dapat hidup sejahtera.

Menariknya, terdapat berbagai varietas paruh bengkok Amazon yang hidup di alam, namun seluruhnya memiliki level pesona yang tidak jauh berbeda.

5. Parkit (Burung Kesturi)

burung murah yang bisa dilatih

Panjang: 18 cm.

Berat: 30 gram.

Karakteristik Fisik: Bulu tubuh warna hijau muda, corak hitam pada bagian sayap, dan kepala berwarna kuning; Hasil pengembangbiakkan bervariasi, antara biru, abu-abu, hijau, putih, ungu, atau kuning.

Deskripsi: Meski bertubuh kecil, parkit memiliki kemampuan yang luar biasa. Mereka sangat cerdas, sehingga burung bisa dilatih untuk menirukan ucapan dan melakukan berbagai macam trik. Parkit juga amat bersahabat, serta kerap menampilkan perilaku yang menghibur. Seperti banyak burung paruh bengkok, mereka dapat hidup cukup lama dan butuh komitmen jangka panjang dari pemiliknya.

6. Lovebird

warna burung labet paling mahal, warna lovebird termahal, lovebird mahal berdasarkan warna, lovebird warna yang mahal, warna lovebird paling dicari

Lovebird Biola Biru – via : divedirektori.biz.id

Panjang: 12,5-15 cm.

Berat: 80 gram.

Karakteristik Fisik: Dominasi warna hijau; tubuh bagian atas dan kepala berwarna jingga; punggung dan tubuh bagian bawah berwarna kebiruan; paruh merah; lingkar mata berwarna putih.

Deskripsi: Cerdas dan punya rasa ingin tahu yang tinggi, berbagai jenis lovebird pandai menyelesaikan puzzle dan dan cepat belajar. Akibatnya, lovebird bisa saja melakukan pelarian dari kandang mereka.

Baca Juga:   Cara Memelihara dan Merawat Burung Merak

Sementara pada aspek vokal, mereka dapat cukup cerewet jika mendapat latihan sejak dini, meski tidak begitu populer atas kemampuan vokalnya.

7. Burung Kenari

makanan kenari agar gemuk, makanan kenari agar durasi panjang, makanan kenari agar gacor, makanan kenari biar gacor, makanan kenari birahi, makanan kenari biar cepat bunyi, makanan kenari betina agar cepat birahi, makanan kenari biar gacor panjang, makanan kenari cepat gacor, makanan kenari cepat bertelur, makanan kenari kurus, makanan kenari cepat bunyi

Panjang: 20-22,5 cm.

Berat: 15 gram.

Karakteristik Fisik: Bulu tubuh berwarna kuning cerah, dengan variasi keputihan atau kemerahan.

Deskripsi: Jenis burung kutilang dari Kepulauan Canaria ini populer atas nyanyian yang merdu. Meski awalnya terlihat takut, burung kenari dapat dilatih untuk mengembangkan kemampuan vokal dan fisik dalam jarak dekat, ketika telah terbiasa. Burung kenari juga dapat bertengger di jari Anda, atau terbang ke sekitar ruangan, untuk kembali kepada Anda. Baca juga : Makanan Burung Kenari

8. Burung Mynah (Kerak)

Burung beo

Burung beo spesies perwakilan dari Mynah

Panjang: 23 cm.

Berat: 100-150 gram.

Karakteristik Fisik: Bulu tubuh warna cokelat; kepala bertudung hitam, dengan corak kuning di belakang mata; paruh dan kaki berwarna kuning cerah.

Deskripsi: Telah diketahui bahwa beberapa spesies burung Mynah, yang masih sekeluarga dengan jalak, ternyata cukup cerdas. Mereka dapat menjalani proses latihan, dan meniru suara dari manusia, laiknya burung beo.

Tips Memilih Burung Cerdas untuk Dilatih

Bagi pelatih baru yang hendak mengasah kemampuan, memilih burung yang tepat akan mempermudah proses latihan. Berikut ini tips memilih burung yang dapat Anda jadikan acuan:

  • Untuk mendapatkan burung yang potensial, pilih burung yang dirawat oleh pelatih yang berpengalaman.
  • Hindari burung yang tampak bosan dan tidak antuasias untuk belajar, karena bisa jadi kemampuan kognitifnya tertinggal dari burung lainnya.
  • Pilih burung dari penangkaran yang nyaman dan kondusif, karena lingkungan buruk dapat menyebabkan stres, yang menurunkan kemampuan dan ketertarikan mereka.
error: