Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

daftarhewan.com. Sangat mudah untuk tahu perbedaan ikan cupang jantan dan betina. Yang pertama dalam cara membedakan ikan cupang jantan dan betina adalah, Ikan cupang betina biasanya tidak terlalu banyak hiasan dan dekorasi pada tubuhnya jika dibandingkan dengan ikan cupang jantan. Sebagai contoh, pertimbangkan pasangan ikan cupang di bawah ini:

cara membedakan ikan cupang jantan dan betina, perbedaan cupang jantan dan betina, ciri ciri ikan cupang betina, membedakan cupang jantan dan betina, cara membedakan cupang jantan dan betina, perbedaan ikan cupang jantan dan betina, ciri ciri cupang betina siap kawin, beda cupang jantan dan betina, ciri ciri cupang betina, ciri ciri ikan cupang betina hamil, ciri ciri ikan cupang jantan siap kawin, cara bedain cupang jantan dan betina

Ikan cupang jantan (kiri) dan betina (kanan)

Ikan cupang jantan terlihat di sebelah kiri, dengan sirip yang jauh lebih besar dan warna yang lebih rumit dan cantik. Ikan cupang betina ada di sebelah kanan, dengan warna yang lebih kusam. Jika ikan cupang betina dalam masa siap kawin dengan ikan cupang jantan maka warnanya bisa menjadi gelap. Ukuran ikan cupang betina biasanya lebih kecil dari ikan cupang jantan.

Baca Juga:   Ikan Cupang Betina yang Bagus untuk Kontes

Ikan Cupang Betina Bisa Disatukan

Berbeda dengan ikan cupang jantan, ikan cupang betina dapat hidup bersama dengan nyaman di dalam satu akuarium. Ketika mereka hidup bersama, kelompok itu disebut  ‘perkumpulan wanita’.

Umumnya jumlah yang baik untuk dipelihara adalah 4-6 ekor ikan cupang betina. Mereka menikmati memiliki ruang pribadi mereka sendiri, yang berarti bahwa mereka harus memiliki cukup dedaunan atau tempat untuk bersembunyi ketika mereka ingin menyendiri. Seringkali, dekorasi tanaman atau akuarium bisa menjadi tempat persembunyian yang baik untuk ikan cupang.

ikan cupang kawin, cara ikan cupang bertelur, cara ikan cupang berkembang biak, cara ikan cupang cepat bertelur, cara ikan cupang menikah, cara ikan cupang agar cepat bertelur, cara mengawinkan ikan cupang agar berhasil, cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur, cara ikan cupang betina full telur, cara ikan cupang betina bertelur, cara ikan cupang bagus, bagaimana cara ikan cupang bertelur, cara membuat ikan cupang cepat besar, cara ternak ikan cupang.com, cara ikan cupang bertelur dan menetas, proses perkembangbiakan ikan cupang

Ikan cupang kawin

Bertelur

Setelah ikan cupang kawin, betina akan bertelur. Telur-telur itu berasal dari apa yang sering disebut “bercak telur”, terlihat dilingkari di atas. Bintik itu tampak seperti sebutir garam, dan sebenarnya adalah tabung ovipositor tempat telur akan keluar. Ini adalah cara untuk mengidentifikasi ikan cupang betina jika Anda tidak yakin dengan jenis kelaminnya.

Baca Juga:   Bagaimana Ikan Cupang Berkembang Biak?

Setelah kawin, pasangan harus dipisahkan. Ikan cupang jantan akan menempatkan telurnya ke dalam bubble nest (gelembung) yang akan dibuatnya (lihat ikan cupang jantan). Bayi ikan cupang akan menetas dalam waktu sekitar tiga hari. Mereka disebut “burayak” dan sangat kecil. Mereka akan mencari makanan sendiri saat mereka tumbuh, dan sebagai pemelihara yang baik, sebaiknya Anda persiapkan makanannya.

Sarang gelembung memungkinkan lingkungan yang bersih, lembab, dan kaya oksigen untuk bayi ikan cupang. Ikan cupang jantan akan tinggal di bawah sarang dan melindungi telurnya dari pemangsa potensial. Jika ada telur yang jatuh, dia akan memasukkannya kembali dan mengembalikannya ke gelembung.

Ikan Cupang Jantan

Berbeda dengan ikan cupang betina, ikan cupang jantan TIDAK DAPAT hidup bersama dengan nyaman dalam satu akuarium dengan ikan cupang jantan lainnya, kecuali tujuan Anda memelihara ikan cupang adalah mencetak ikan cupang aduan. Jika hidup bersama, ikan cupang jantan akan menjadi agresif dan berkelahi.

Baca Juga:   Ikan Cupang Avatar, Sejarah dan Asal-Usulnya

Begitulah cara mereka mendapatkan julukan, “ikan petarung”. Jantan akan bertarung sampai mati jika diberi kesempatan, jadi mereka tidak boleh ditempatkan bersama di dalam tangki atau satu akuarium. Baca : Cara melatih ikan cupang aduan

Saat ikan cupang jantan siap berkembang biak, ia akan membuat sarang gelembung. Sarang gelembung ini akan mengapung di bagian paling atas tangki, dan tampak seperti sekumpulan gelembung kecil.

Setelah dibuat, ikan cupang jantan akan sering tinggal di bawah sarang sambil menunggu kawin dengan betina. Setelah betina bertelur, ikan cupang jantan akan menempatkan telurnya ke dalam bubble nest (sarang gelembung) menggunakan mulutnya.

error: