6 Cara Memelihara Ikan Cupang yang Baik dan Benar

daftarhewan.com. Cara Memelihara Ikan Cupang. Merawat dan memelihara ikan cupang itu susah-susah gampang, dengan harga yang murah, disertai berbagai jenis warna yang indah, sebut saja ikan cupang blue rim, ikan cupang giant dan lain-lain. ikan ini disukai berbagai kalangan, dari yang biasa sampai artis papan atas seperti Irfan Hakim dan lain-lain.

Cara Merawat Ikan Cupang

Namun, seperti yang kita ketahui dalam memelihara ikan hias lainnya, memelihara ikan cupang pun cukup tricky. Kita kurang telaten dan malas dalam perawatannya, ikan cupang dapat merasa tidak nyaman, mengalami masalah kesehatan, hingga mengalami kematian.

ukuran soliter buat cupang, ukuran aquarium cupang hias, ukuran standar aquarium ikan cupang, harga aquarium mini ikan cupang, tanaman aquarium cupang, harga aquarium mini untuk ikan cupang, ukuran aquarium untuk cupang, harga aquarium buat cupang, harga aquarium 15x15x20, ukuran aquarium ikan cupang hias, akuarium kecil untuk cupang, ukuran aquarium cupang kontes, ukuran aquarium soliter

Karena itu, saat memilih untuk memelihara ikan cupang, kamu harus mengetahui loyalitas dan resikonya. Kalau kebahagiaan, kesehatan, dan kehidupan ikan cupang itu, akan erat berkaitan dengan tanggung jawab Anda sebagai pemelihara pada mereka. Mereka telah percaya pada Anda, dan Anda sudah mengambil kepercayaan itu.

Ditambah, kita sedang mengulas nyawa makhluk hidup, lho . Maka tidak boleh kira sepele ya. Untuk kamu yang tertarik memelihara ikan cupang, berikut cara memelihara ikan cupang supaya selalu sehat dan tidak gampang mati:

Baca Juga:   Nyari Aquarium Ikan Cupang Keren? Ini Rekomendasi Terbaik!

1. Penyeleksian Akuarium

Pencinta ikan cupang tentu tahu, jika ikan cupang termasuk hewan soliter dan temperamental yang tidak dapat hidup satu akuarium dengan ikan yang lain. Karena itu, dalam memelihara ikan cupang seharusnya tak perlu akuarium yang besar, karena akan memberikan ruangan kosong terlampau lebar.

Yang paling penting, cukup lega dan ikan cupang berasa nyaman, yakni sekitaran 20 x 15 x 15 cm untuk satu ekor ikan. Kamu dapat menghiasi akuarium itu dengan bebatuan dan rumput sintetik untuk membuat nampak cantik. Dan, yakinkan temperatur air pada akuarium ikan cupang selalu konstan, tidak begitu panas atau terlampau dingin.

2. Pergantian Air Akuarium

Air terbaik yang bisa kamu pakai untuk akuarium ikan cupang adalah air sumur, karena karakter airnya serupa air di sawah dan rawa-rawa sebagai habitat dasar dari ikan cupang. Kamu mungkin memakai air dari sumber lain, tetapi sebelumnya harus diendapkan lebih dulu, saat sebelum memasukkan air itu ke akuarium.

Tukar air tiap hari atau minimum tiga hari sekali. Hunian yang bersih pasti membuat ikan cupang berasa nyaman dan tumbuh lebih prima dengan warna yang indah nan cantik.

cara memelihara ikan cupang, cara merawat ikan cupan, cara merawat ikan cupang agar warnanya bagus, merawat ikan cupang, cara merawat ikan cupang blue rim agar tidak bocor, cara merawat ikan cupang blue rim, cara perawatan ikan cupang, cara merawat ikan cupang agar tidak mati, cara memelihara ikan cupang dalam botol, cara merawat ikan cupang aduan, cara budidaya ikan cupang untuk pemula, cara budidaya ikan cupang hias yang benar, cara merawat ikan cupang yang hampir mati, cara merawat ikan cupang giant agar cepat besar, bagaimana cara merawat ikan cupang

Saat akan menukar air, alihkan ikan cupang ke tempat lain memakai saringan khusus. Tetapi, janganlah sampai terjamah dengan tangan, supaya tidak melukai dan mencederai badan ikan.

Baca Juga:   Cara Merawat dan Melatih Ikan Cupang Aduan

Selanjutnya, membersihkan akuarium dari slime serta kotoran ikan, dengan mengelapnya memakai sponge atau waslap. Sesudah bersih, tambahkan air dan diamkan sampai menggapai temperatur ruangan, saat sebelum ikan cupang kembali masuk ke akuarium.

3. Penjemuran Akuarium

Untuk menghindar bakteri dan jamur di akuarium serta badan ikan cupang, adakalanya kamu harus menjemurnya. Melakukan hal tersebut selama kurang lebih 15 – 30 menit, saat matahari mulai memanas sekitaran jam 8 – 10 pagi. Tetapi, jika ikan cupang kelihatan cemas saat dijemur, seharusnya kamu selekasnya mengamankannya kembali lagi ke lokasi yang teduh.

4. Pemberian Makanan

Opsi makanan ikan cupang cukup bervariasi, dimulai dari jentik nyamuk sampai kutu air. Tetapi, umumnya ikan cupang menyenangi makanan yang mengambang atau mengapung di permukaan untuk dia tangkap.

Supaya tidak terlalu berlebih dan mengotori air, beri makanan dengan bertahap atau sedikit-sedikit. Untuk skedul atau jadwalnya, dapat sore dan pagi, dan jauhi pemberian makan pada malam hari, sebab bisa mengusik skema istirahat ikan. Baca Juga : Makanan Ikan Cupang agar Berwarna Bagus

5. Pemakaian Daun Ketapang

Daun ketapang menjadi unggulan untuk menenangkan ikan cupang yang cemas atau resah. Triknya, masukan beberapa lembar daun ketapang dan tutup akuarium memakai plastik hitam, sampai ikan cupang calm down atas kemauannya sendiri. Hmm… bisa saja ia jadi tenang sebab menganggap ada di habitat aslinya yang natural, ya.

Baca Juga:   Ikan Cupang Susah Berenang? Hati-hati Penyakit SBD!

6. Cara Melatih Ikan Cupang Aduan

Sebetulnya, mengadu ikan cupang bukan tindakan yang bagus. Bagaimana juga, ikan cupang memiliki hak untuk hidup tenang tanpa ada perkelahian atau merasa sakit karena pertempuran. Tetapi, bila kamu ingin mengetahui cara melatih ikan cupang yang kamu punyai supaya masih tetap menjaga naluri kekuatannya, kamu dapat coba beberapa cara, diantaranya:

  • Masukkan ikan cupang dalam tempat plastik yang memanjang, hingga ikan cupang bisa latih napas untuk bergerak sampai menggapai ke dasar wadah yang disediakan.
  • Pindahkan ikan cupang ke toples dan buat pergerakan air bersimpangan arah jarum jam, untuk melatih stamina dan fisik ikan cupang.
  • Masukkan ikan dalam toples tertutup dan gerakkan ke semua arah sepanjang 10 detik. Latihan ini akan memperkokoh ketahanan dan psikis ikan cupang bila harus terpaksa bertanding.

Pada beberapa cara di atas, yang paling penting adalah kasih-sayang yang kamu beri kepadanya. Dengan hati dan hubungan tanpa bahasa, kamu bisa mengenali apa ikan cupang yang kamu piara tengah menanggung derita atau betul-betul berbahagia. Karena hidup bersama, harus sama-sama mengerti, ya!

error: